31 January 2011

cerita terakhir bersama Papa tercinta



Jumat itu, terakhir Dno masak buat Papa, dan Kamis terakhir juga Dno siapkan makanan untuk buka Puasa hari Kamisnya Papa,...Kamis sore Dno n Hira sengaja nunggu Papa datang sambil main main, Papa datang pas kita lagi beli Tahu didepan rumah, sekitar jam 2 siang,...datang dianter Ojek dari depan komplek.

Hira seneng banget liat Kakek datang, antusias sambil tanya "kok Kakek pake motol?" ..."Kakek dari kajata?", dijawab sama Papa "Hira lagi apa? lagi beli Tahu ya, ayo masuk kedalem kakek bawa oleh oleh buat Hira" sambil kasih tangan kanannya ke Hira untuk salim

Di ruang tamu Hira langsung ngetes Kakeknya beberapa Abjad, ini apa "O" ...eeeh salah tauuu ini "P" ...dan juga seperti biasa Kakek bilang "Waaaah Hira pinter ya sekarang!" Sore itu Dno siapin gorengan tahu iris udang juga soto buat Kakek buka puasa...Sore itu juga Papa ngobrol banyak dikebun sebelah sambil duduk-duduk, Papa tertarik sama kolam nila yang kita bikin, banyak tanya mengenai kolamnya. Papa juga minta supaya pohon belimbing wuluh dan sirsak dipangkas, kita ngobrol lebih banyak dari biasanya,...bahkan Papa sampe ngingetin sekolah nya Hira n sekolahnya Mas. Sore itu Papa cerita Dadanya sering sakit dan ngga kuat lagi jalan terlalu jauh...Sore itu juga Papa main sama Hira sampai ketawa ketawa...bahkan selagi dno siapin makan buat buka puasa...Papa gendong gendong Hira.

Jumat Pagi Nini telp minta supaya Kakek pulang ke Jakarta, Pagi itu juga kita anter Papa ke Baraya, Papa kasih uang jajan buat Hira sambil ketawa ketawa ..."buat beli bubur" katanya ...

Minggu malam menjelang Senin pagi,...telp Mas bunyi, Dno masih tiduran ngerasa aneh Mas gelisah bolak balik kamar ruang tengah, Mas bilang "Papah di UGD" ...waktu itu dno bilang "Mas ayo kemas-kemas kita ke Jakarta" ...kita bedua bingung mungkin masing masing merasa gelisah,..sampai akhirnya...telp kedua ...."Papah udah enggak ada" ...saat itu, waktu itu...waktu seperti berhenti mungkin masing masing dari kita saling menahan airmata untuk saling menguatkan,.."Maas sabar yaaa"...tapi dalam hati Dno berkecamuk "Ya Alloh ya Alloh ...ya Alloh tahan air mataku dan buatlah aku ikhlas menghadapi ini" berkemas bergegas menuju Jakarta...jemput Ibu n Kakak ke bubat dulu...

Sepanjang perjalanan di Tol, Mas aku cuma bisa nangis ngga bersuara...sibuk seka idung juga airmata, karena disitu ada Hira, Ibu juga Kakak dno. pengen cepet sampe ke Rempoa pengen cepet liat Papa...sampe salah keluar Tol dan akhirnya ketemu sama Papa,... Papa udah tidur, udah tenang,...udah pulang... dan kita semua nangis,...nangis karena ini terasa tiba-tiba, tapi juga berusaha untuk ikhlas...ternyata kedatangan Papa kemarin ke Bandung untuk terakhir kalinya ketemu kita ...terakhir kalinya becanda dan main sama Hira...

Ya Alloh, terimalah kepulangan Papa mertuaku, terimalah dengan penuh kasihsayangMu, ampuni segala dosanya, sayangilah Papa mertuaku , kakek dari anak anaku sebagai mana beliau menyayangi kami sepenuh hati. Tempatkan beliau ditempat yang sangat istimewa, hingga tidak merasakan dan terjauh dari siksa kuburMu, Imam kami..Imam keluarga kami, Dialah panutan kami dan sertai kami selalu untuk tidak lupa menjalani ibadah kami, untuk selalu mengirimkan doa untuk Papa..Amien. Selamat Jalan Papa..Papa kami yang Sholeh,..Papa kami yang taat beribadah dan selalu peduli dengan orang-orang disekitarnya.. yang menyayangi siapapun yang ada disekitarnya,...semoga ajaranmu dan kasih sayangmu bisa kami teruskan pada keturunanmu ...semoga kami bisa membuatmu bangga, dan bisa membuatmu tidak merasa berat ketika diminta pertanggungjawaban atas kami ....Amien..Amien..Amien ...

Ya Allah ampunilah dosanya, sayangilah dia, maafkanlah dia, sehatkanlah dia, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah kuburannya, mandikanlah dia dengan air es dan air embun, bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana kain putih bersih dari kotoran, gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka." (HR Muslim).

No comments: