31 March 2010

Waktu yang terus meninggalkan kita...

Gara-gara minum kopi jadinya ngga bisa tidur ..., iseng baca-baca tulisan jaman dulu dan kemarin-kemarin ..Iya, waktu begitu cepat berlalu, kangen sama kehidupan yang dulu...tapi juga nggak mau balik ke kehidupan yang dulu...karena itu ngga mungkin :). Blog kamu mencatat curahan hati dan cerita konyol yang pernah Dno lalui ..juga nemenin pada saat susah dan senang...apalagi pada saat Dno bener-bener ingin sekedar mengungkapkan uneg-uneg yang bikin pegel hati.

Bagaimanapun juga, semua yang sudah Dno alami kemarin semuanya indah,...dan baca-baca lagi kejadian kemarin Dno jadi senyum-senyum sendiri...gila ya, bisa gitu, not bad. Keliatan banget sifat grasak grusuk sama ngga pernah bisa buat bersikap...dan yang jelas ngga tau mana yang bener sama yang enggak... keliatan banget sering merasa kesepian, tapi lumrah kok semua orang juga pernah merasakan itu bahkan sering kali ...

Blog... jadinya baca lagi postingan postingan kemarin ...kok mata jadi berkaca-kaca kebanyakan cerita pahit ... luka dan kekecewaan...makanya ngga mau sampe nginjak masa-masa itu...udah deh setop ngga pengen terulang lagi ... balik kemasa itu selalu membuat Dno menangis...

Dno bener-bener senang dan bahagia dengan kehidupan yang sekarang ...bersyukur sama Alloh SWT yang udah segitu sayang banget dan perhatian sama Dno...berharap sesuatu dari orang selain diri kita "manusia" itu adalah hal yang paling sering bikin kita jadi kecewa ...dan untuk sampai ke Hari dimana Dno ketemu sama Alloh nanti itu adalah "hidup yang pasti penuh perjuangan" ...kadang ingin menyerah ... tapi pada saat yang sama terasa banget kalau Tuhan menentramkan hati ini ... :)


Cumi Asam manis

Beberapa hari ini lagi rajin mencatat masakan lagi,...hari ini kebetulan beli cumi, tapi bingung mau diapain...karena keburu males jadi dibikin cumi asam manis. kenapa males? karena pagi tadi sibuk ngegergaji kaso & triplek buat bikin meja buat naro DVD player diatas TV..., kesian Hira kalo DVD ngga dipasang tar dia ngga bisa nonton film favoritnya ...tanganku lagi sakit kepalu tadi :(

Hari ini mendung,..hawanya hawa malas ...owh iya mau tak catet itu proses masak Cumi asam manis...buat pemula yang ngga jago masak kayak dno, ini harus dicatat supaya nanti kalo ngga punya ide bisa bikin lagi ...

Bahan :
  • Cumi
Bumbu halus :
  • Bawang merah 3, bawang putih 1, kemiri, cabe merah (dihaluskan )
  • Merica hitam
  • Kecap
  • Garam
  • daun jeruk
  • asam jawa (masukan ke air 3 sendok remes2 biar mencair)
  • Sereh (geprek)
  • Lengkuas (parut)
  • Jahe (parut)
  • Minyak
Cara masak :
  • Potong cumi, masukan ke air mendidih ...tiriskan (biar bau anyir ilang)
  • Tumis bumbu halus dalam minyak 3 sendok, sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk,
  • Beri kecap sampe agak karamel
  • Masukan Cumi
  • Masukan air asam jawa
  • beri garam, tambah kecap sesuai selera

Sajikan dengan nasi anget, sama sambel kecap ...biar kalo mau pedes tinggal siram sambel ..., Duh asisten pulang cepet hari ini ... kerjaan belon beres,..keluarganya ada yang meninggal ..jadi mesti ngerjain sendiri ...

30 March 2010

Nasi Hainan -Hainanese chicken rice


sore ini nyoba bikin ini ...Nasi Hainanese ala Ibu Doddi Sudartha alias Dno alias emaknya Fahira

Nasi Hainan
  • beras
  • bawang putih cincang
  • garam or penyedap
  • bawang daun
  • air kaldu ayam (udah nyetok dikulkas :D)
  • olive oil, or minyak wijen

oseng cincang bawang putih
plus bawang daun iris, masukan beras oseng sebentar lalu masukan kaldu ayam ...beri garam or penyedap, trus pindah ke rice cooker tunggu sampe mateng ...

Kuah Hainan
  • Filet ayam
  • bawang putih
  • jahe
  • bawang daun
  • olive oil
Rebus ayam dalam panci, oseng bawang putih halus siram air rebusan ayam pindahin kepanci ayam rebus ...parut jahe ke panci ayam yang lagi mendidih,..tunggu sampe mateng, kalo perlu kasih tomat ...juga bawang daun iris :), ayam filet iris iris biar gampang makannya ntar :D

Sambelnya
KUKUS :
  • 6 cabe rawit merah
  • 5 cabe merah setengah keriting
  • bawang merah 3
  • bawang putih 1
  • tomat 1/2
udah mateng blender , trus oseng pake olive oil diwajan kasih parutan jahe dikit,...masukin 2 sendok makan kaldu kuah ayam.... , sambel ini kalo diceburin ke kuah mantap pedesnya...

sore tadi brosing ttg ayam hainan sambil chat sama Ibunya Qai,...juga mampir ke blognya mbak Dita ...wah blognya keren banget sumpah ....ini juga sedikit nyontek dari blog nya mba Dita juga baca sumber lain..rata rata sama ...modif cara masaknya aja ...terutama bagian sambel kekekeke, ... Mas aku sehah sehah nih Mas :p ...

Menghias telor rebus buat Hira


Keluarga Pak Eyoy lagi berkunjung ke museum Telor di China,...ini juga lagi poto bareng sama telor yang terbuat dari kuningan, konon kabarnya isinya kadal :p tapi udah ditunggu-tunggu ampe 3 kali puasa 3 kali lebaran belon netes-netes juga :p nunggu bang Toyib balik kali ya...

Habis chat sama mamanya arka,..kekekek sambil nunggu Hira bangun bikinin ini buat dia, telur rebus favorit, biasanya pagi makan 1 ...sore makan 2 butir, karena sekarang dia udah bisa ngomong jadi biasanya dia minta langsung ngga mesti ditawarin...

"Buh,..hila mau eyoy..." hehehe trus tar ngupas sendiri deh tuh telor rebus...Mama arka cerita kalo ponakannya suka bekel telor ke TK tapi telornya dikasih muka dulu :p ...coba jadi ngga sabar nunggu dia bangun,... gimana reaksinya liat telor ada matanya :p ...

Bikinnya gampang cuma 3 menit ajah,...ngga ngitung sama lama ngerebus ya :p, cuma , spidol gunting ,kertas, sisa kain n stepler dah...jekrek jekrek ..jadi dah...nanti deh Ebo bikinin yang bagusan dikit ..tapi kalo mo bagus bikinnya bakal sehari semalem ..hahahaha


sorenya :
Begitu bangun dia bengong trus ngomong

"Buh..eyoy..mata..alis...tuuh tuuuh..."

Abis itu telor disamber, ngga pake diajak ngomong langsung dijedotin ke lantai...prek ..kupas-kupas...cilakanya dia kupas semua telor...dan musnahlah dalam sekejap..cuma disisain kuningnya doang ... :D , aaaah besok2 ngga lagi didandanin telornya..kamu terlalu sadis ngupas telor yang udah ebo kasih mata, alis sama gigi ....huhuhuhuhu :'( ..sedih

29 March 2010

Skotel buat Hira...

Lagi sebel sama makannya Hira, susah banget...kebanyakan main, atau dia emang lagi bosen sama masakan Dno, disuapin sayur asem lari, dibikinin perkedel cuma masuk 2 suap, ditawarin kue ngga mau ...padahal sarapan itu penting, jadinya hari ini bikin skotel aja pake bahan yang ada...

Bahan I :
  • Kentang parut kasar
  • Wortel parut kasar
  • Telur 2 butir
  • tepung 2 sendok
  • Mie rebus
  • Filet tuna iris tipisssss..
Bumbu halus :
  • bawang putih, garam, gula dikit
Cara :
Campur bahan I + bumbu , masukan loyang taruh di oven..tunggu 45 menit jadi deh,

Kali ini dia mau tuh makan ampe 2 potong habis bersih, berarti memang lagi bosen makan nasi ... seperti biasa disajikan ala resto hotel bintang setengah...sambil meluk boneka juga sambil pegang garpu ...syukur deh, jadi selamanya makan Dno ambil batu putih yang kemarin dibeli trus di taro di halaman depan...
Nunggu rumput nutup tanah lama juga ya, jadi enggak sabar ... batu ditaro di bawah pu'un delima, juga ditempat jatuhnya air ujan dari genteng sudut itu, sisa batu kepengennya disemen dibikin batu buat jalan refleksi kayak dirumah Omih Mul di Jakarta, Duh bulan ini lagi banyak banget kepengen nih,...yang jelas nomer 1 paling prioritas pengen beresin rumah sampe rapi...ahaha itu aja dulu deh...

damn so much wishes ...

28 March 2010

Makan-makan, jalan-jalan...

Hari ini, dirumah ngadain acara makan-makan, ngundang sahabat juga keluarga Mr.David buat icip-icip ayam piaraan yang kemarin kita potong :D , Menunya: Sayur asem, Ayam goreng (sambel terasi+sambel kecap), perkedel jagung, lalap timun, brownis, kopi juga nutrisari :p ...ngga dalam rangka apa-apa hanya sekedar ngumpul sambil makan bareng :) ....

Pagi jam 8 mulai buka dapur ..dibantuin sama Hira, Hira dah pintar bantu taruh telur di kulkas, juga sambil menghapal jenis2 barang yang ada didapur,..karena dia suka sekali dilibatkan didapur...
Hira ngitung berapa telur yang udah dia pasang ...
Habis mateng sayur asem, Mas ajak ke Jalan Soekarno Hatta buat liat kandang ayam, tapi ternyata kandangnya muahal, kisaran 400-500 ribu jadi sayang banget ah, jadinya kita sepakat buat bikin di tukang las.. :) bukannya beli kandang jadinya beli batu putih buat ditaruh di sekitar pohon delima...
Jadi penasaran akan jadi seperti apa kandang si Joko nantinya ...

Selagi dalem perjalanan tadi Dno sama Mas ngobrolin jalanan rusak di Bandung,...yang lagi rame diberitain di detik, Facebook, twitter ...jadi iseng motret jalanan berlubang sepanjang jalan yang kita lewati ...,

Jalan berlubang di perempatan Jalan Soekarno Hatta dari arah Kiaracondong, dan sepanjang jalan di Cisaranten ...ngocok perut juga nih kalo lewat.

Hari ini juga kedua kali Tasha/Rover ketemu lagi sama Hira, pertama ketemu dulu mereka masih sama sama bayi :p, sekarang udah bisa main bareng dan ngobrol pake bahasa planet :D ... bai de wai... makasi ya buat acara hari ini, beneran seneng lho bisa kumpul-kumpul trus ngobrol tentang segala hal ... :)
Mudah-mudahan lain waktu kita bisa berenang bareng ya Sha....
bisa nyanyi bareng pake bahasa planet lagi :)

Iseng nih kemarin bikin oseng tahu sawi, gara gara abis ngobrol sama Mamanya Qai, jadi keidean lagi bikin,.. udah beberapa minggu ini lagi males buat masak

Ini lagi yang satu, nyoba praktek dapet tips dari Mbak Asri juga,... kalo simpen cabe merah or cabe rawit dikulkas lebih bagus dikasih alas koran keringetnya terserap jadi ngga basah,...beneran lho bisa seger ampe 2 minggu :D ..ngga benyek or jadi lembek...ini sudah dibuktikan...benernya Dno lagi pengen bikin dapur super bersih,..lagi semangat karena sekarang dah punya asisten lagi ...jadi sekarang lagi cicil2 ngerapiin isi kulkas dan manage sayuran dan bumbu dengan baik...,

Bumbu seperti laos, jahe, dan kunyit juga Dno taro di Freezer jadi kalo pake tinggal parut or iris :) ...bumbu ini lebih awet dan jadinya ngga kebuang lantaran kering didapur...
... Nanti lanjut lagi, Hira lagi pundung sama Dno.... :(

27 March 2010

Menjadi anak besar ...

Wiken ini ngga akan berkunjung ke rumah nenenya Hira, Ebonya lagi males :D..dirumah Bapaku lagi pada kerja bakti bikin gorong-gorong jadi orang-orang mesti pada repot,...yang atu lagi sibuk bantuin kerjaan Ibu yang satu lagi selalu pamer sama kerjaannya,...jadi kalo kesana suka berasa jadi penonton ...lagi pula keliatannya Ibu lagi puyeng sama kerjaannya ... jadi kita diem dirumah aja ya...

Jadi Saptu pagi,...tetep bikin bekel buat Mas karena hari ini harus ngantor, sambil bikin camilan buat Fahira, dapet resep dari Mbak Asri... Hira juga ternyata suka,..kalo Mas sih ngga usah ditanya hehehe...
Manis-manis kayak pisang aroma, soda kue nya bikin kres-kres pisang gorengnya ...jadinya makannya seru, sambil nonton Pocoyo...

Waktu lagi asyik ngemilin pisgorsirsala (pisang goreng siram saos gula :p)... Hira sibuk cari boneka si Nenen,..ni boneka hadiah dari Acil Ota yang di Banjar, kadang dipanggil Nenen, kadang dia manggil "adik" ...iya karena temennya disebelah (Nadia-red) punya adik yang masih bayi dan dipanggil Adik :D ...jadi setiap ada bayi dia pasti teriak "adiiiiiiiiiiiiiik" ....

Hira : Buh..buh..buh ...tuh, adik nenen dulu ( sambil mbuka kaosnya )
Ebo : Ra..adik nenen pake dot ajah...
Hira : eeeh ngga bolleh...
Ayah : "waaah adik lagi nenen ya? tepuk-tepuk adiknya Ra"

Bagus sejak dari kecil sudah tau ..adik harus nenen dari "situ" bukan dari "botol" :p ...calon Ibu yang baik ..heheheh *bangga*, tadi jadi melamun.... Ebo pengen kalau suatu saat Hira punya adik Hira jadi Kakak yang sayang sama adik, dan selalu memberi contoh yang baik juga melindungi adiknya ...

Kemarin malem Mas psst-psst sama Dno, suruh liat Hira lagi pakein diapers sama bonekanya sampe bibirnya manyun ngeces-ngeces ..hihihi, dari sejak 1,5 tahun pake diapers cuma malem, meski bukan prestasi... kita masih belom pinter dan banyak malesnya buat ngurusin spre basah karena pipis... padahal mestinya natur tuh dah dimulai dari sejak orok ya? ... masih kurang perjuangan si Ebo yang satu ini sih ...
Waktu pulang dari Jakarta kemarin itu, Hira dapet banyak banget kado ulang tahun salah satunya beauty set,.. alat-alat kecantikan hahaha,..dapet dari Mama Calysta, syukur alhamdulillah jadi Hira ngga akan berebut lagi sama Ebo kalo lagi make lipstik,...atau kalo abis cuci rambut...Hira ngga perlu ganggu Ebo ngeringin rambut kekekkeke....
Aduh Mas, liat deh bibirnya Hira yang monyong pas lagi pake lipstik, majuan bibirnya dibanding idung ..kekekekekekek, serius banget pake lipstiknya, hari ini dia dandan menor kedondong, rambutnya rapi disisir sendiri ...mulai belajar mengurus dirinya sendiri ...besok-besok tau tau udah minta dibeliin pembalut ...hawahawhawhawa...Oh Tuhan waktu sungguh cepat berlalu...

25 March 2010

Bye bye ayam...

Kemarin malem Ayah ngajakin ke Gunung Agung buat liat Al-Quran digital yang Papa pengen punya itu,...dari sekian banyak merek yang ada, akhirnya dibelilah yang paling murah,..brosing di inet merek venus cuma 595 rebu, dan ternyata walaupun disitu harganya pada sejuta lebih tetep aja dalemnya sama kok,...bedanya cuma memori card atau ada fitur tambahan yang kurang penting gituh..., beli yang paling murah yang ada di etalase itu ngga jauh sama yang merek venus karena kontennya semuanya sama..., pake teknologi Al-Hira ... :) semoga Papa suka dan bisa make itu tanpa menemukan kesulitan ...si Ebo juga jadi pengen punya,..tapi si Ebo ngeceng yang atunya lagi... semoga ngga lama

Nah...sekarang mari kita cerita yang sesuai dengan judul,...si Joko dan kawan-kawan kan sudah besar..montok dan gagah kemarin Ebo janji sama Ayah buat motong ayam-ayam sehabis dari Jakarta, jadi Ebo memutuskan mau memotong temen-temennya Joko...yang 3 ekor ntu hari ini...mumpung Hira lagi main sama Nadia, jadi ngga perlu liat proses menyembelih ...Hira liat pas proses bersihin ayam nya....

Pertama Ebo siapin deh tu lubang kecil pake bor biopori buat nadang darah ayam ntar,..trus brosing bentar agar syah menyembelih hewan dan halal dimakan berikut petunjuknya :

Tata cara menyembelih yang Islami :

1). Membaca Basmalah. Mayoritas ulama mengatakan wajib membaca Basmalah. Tidak membacanya dengan sengaja ketika menyembelih menyebabkan tidak halalnya hewan yang disembelih, dengan berlandas kepada ayat surah al-An'am : 121 "Dan jangan kamu sekalian memakan hewan yang tidak disebutkan nama Allah kepadanya".

Menurut Syafi'i membaca basmalah hukumnya sunnah, dengan berlandaskan kepada hadist yang mengatakan "Sembelihan mukmin adalah halal, membaca basmalah atau tidak" (H.R. Ashabussunan).

2) Sebaiknya dilakukan pada siang hari.

3)Menghadapkan hewan yang disembelih ke arah kiblat dan penyembelih juga disunnahkan menghadap ke arah kiblat.

4) Menidurkan hewan yang hendak disembelih pada sisi kirinya dan menajamkan pisau yang digunakan untuk menyembelih.


Nah ini sebenernya pengalaman pertama Ebo menyembelih a.k.a motong ayam pake tangan sendiri,..dulu pernah liat Nenenya Hira nyuruh si Aki motong ayam piaraan kitah..dan sekarang Ebo kudu berani dong melakukannya hahahaha....Bismillah ...

Sang Asisten megang badan ayam ..si ebo megang lehernya dan mulailah gemeteran deh tangan karena takut,..tapi Bi Aan bilang "Sok neng...Bismillah, neng mah wanteran" sambil buang muka ngga mau liat ... Ebo mulai, "Bismillah...Allohuakbar!!!" sekali iris ....*pisonya panan tajem wong diasah dulu*

Abis itu hilang gemeterannya,...ngeliat dan nemenin ayam pas lagi sakaratul maut sambil baca-baca doa...dan berbisik "Makasih ya Yam,...udah nemenin kita 3 bulan ini...semoga perjalananmu lancar ker surga ..Amien" ...dan begitu sampai ayam ke-3 terakhir disembelih ...

Ternyata lebih simpel beli dibanding motong hehehehe...repot banget dah morotin bulunya, sama melakukan ritual "weredon" (istilah si Bi Aan) ngeluarin isi perut ayam sebelum dicelup ke air panas...
Hari ini untuk ke seribu seratus sembilan puluh dua kali nya...si Bi Aan menyatakan kegaguman dan pujiannya sama Ebona Hira wekekekekekeke ...

"Hebat ya neng mah segala bisa...segala mau dicoba...pantes kalo pinter juga, da geuning segala bisa"

Ebo idungnya kembang kempis aja... kagum juga ternyata berani juga ya menyembelih ayam piaraan sendiri ..hahahahaha syukurlah jadi ada pengalaman ..ngga cuma liat doang minimal pernah melakukannya dengan benar ..InsyaAlloh :)

Eh tau ngga ..tadi ada yang ribut ..." Buuh Ayam matiiih" ...sambil nunjuk-nunjuk ayam , iya Hira kecilku bengong liat ayamnya ngga bergerak ...trus berikut nya "Woooooooow....ayaaaam matiiiii" Wakakakakakaka.... "Wow" nya keluar lagi .... "Wooooooooow...ibuuuh ebaaaad ayam matiiih" ....hahahahhihihihiii ebona cekikikan ...trus nyuruh dia masuk kedalem soalnya dia belon mandi dari pagi...

Waktu post ini di publish ..ayamnya udah jadi ayam ungkep..siap digoreng jadi temen makan.. :) Alhamdulillah ....

Si Joko sekarang tinggal sendiri di Kandang...semoga Ayah berkenan buat beliin kandang khusus...buat dia seorang biar bisa kukuruyuk dengan bangga tanpa kudu sembari nunduk kejeduk karena kandang kurang tinggi ..lagi pula Ebo berencana masukin Ayam betina kedalem kandang ini nanti :p ...

24 March 2010

Merawat luka lecet lutut Hira

lagi puyeng sama luka dilutut Hira nih, abis jatuh gara-gara terlalu semangat main waktu dirumah kakeknya kemarin ...selain sempet tubrukan sampe mental sama Mbaira..cucunya Tante Voni, Hira juga sempet jatuh, lututnya lecet,.. salahnya waktu kemarin itu dari Jakarta ditutup tensoplas jadi malah basah lukanya :( ...kesian berasa sakit kali jalannya dipincang-pincangin..trus rewel minta gendong mulu, kalo dah digendong kakinya di kakuin ... ;)) lucu sih hihihihi....tapinya kalo kelamaan dikerjain si ebonya jadi sebel toh..
Dikasih betadine malah perih ...karena posisinya dilutut jadi susah buat kering karena lututnya kan gerak-gerak terus,... untung keingetan sama Lomatuell ..kasa yang bersalep itu, waktu abis operasi ususbuntu kemarin itu kan pake lomatuell dicobain dipasangin seukuran lukanya trus ditutup perban kasa biar cepet kering ..heheeh manut tuh, rewelnya berkurang dan bisa main normal lagi ...walau kalo diingetin lukanya langsung jalannya jadi pincang trus bilang "cakiiiiiit" ...hahahahah dasar bocah ...

Dan rupanya ngga cuma lomatuell ...ternyata ada daryant-tulle dan juga satu lagi keluaran bioplasenton tapi namanya lupa ngga tanya, kasa bersalep ini enak makenya, buat luka bakar juga bisa ..rasanya adem ...ini kayaknya jadi barang yang wajib ada dikotak obat deh...

Luka Hira karena posisinya dilutut jadi lama sembuh, selain karena tangannya kreatif banget juga karena kulit lutut itu agak berkerut...Jadi lomatuell harus rajin diganti sehari 2 kali...lukanya diameternya 2 cm, sebagian udah mengering nah bagian mengering ini riskan dipocelin jadi waktu dia tidur Dno olesin minyak hipocrates (beli di toko obat cina toko Bintang di Kosambi-Bandung) kulit bekas luka yang kering itu jadi mengelupas tanpa paksaan .... Wah kalo nggak ketil ngurusinnya bisa-bisa lama deh sembuhnya ... :)

Merayakan Ulang Tahun Hira ke-2

Hal yang pertama dilakukan sebelum pergi ke Jakarta, ya pastinya beresin rumah, ngosongin kulkas dapur...terus mindahin ayam ke garasi biar asisten nanti dateng cuma kasih makan ayam aja..., hari itu ayam dipindahin deh ke garasi.., liat Hira lagi pamitan sama Ayamnya seru banget :) ...
sampe ngotot banget pintu garasi engga boleh ditutup, supaya ayamnya tetep keliatan dari dalem kalo sewaktu-waktu dia pengen nengok,...jam 6 udah siap semua barang , tinggal tunggu Ayah pulang...kunci sana dan sini, terus cari kue dulu, ...taunya pasteur macet karena banjir ...depan Aston kerendem..macetnya sampe 1,5 jam abis itu baru masuk tol..dan sampe di Jakarta jam 12 malem...lama di Jalan nih...

Ke Jakarta dalam rangka merayakan ultah Hira sama Nini dan Kakeknya ..tapi rupanya Nini pengennya dirayain bareng sama Nabila,...karena memang ulang tahunnya tanggalnya sama, Nini sama Nene Roy jadinya sibuk banget, termasuk si Kakek, Ayahnya pada beres-beres ...Rame banget keluarga banyak yang dateng,...Hira juga keliatan seneng karena banyak orang buat diajak main...
Perkenalkan...keluarga besar di Jakarta ... walau isinya ngga lengkap semua, tapi kemarin itu lumayan seru :)
Acaranya hari Minggu...jadi hari libur,...Senin siang baru kita balik lagi ke Bandung ...bawa barang banyak ..termasuk kado-kado buat Hira juga oleh-oleh dari Nini buat menuhin kulkas di Bandung kekekekeke,...selama perjalanan dari Jakarta ke Bandung ..nemu 2 mobil yang tebalik,..panas banget begitu sampe purwakarta hujan lebat
Selama perjalanan Hira ngga mau diem..ampe puyeng ngikutin gerakannya...blingsatan kedepan ke belakang...bikin sebel,...
Sampe di Bandung jam 8 malem, rapiin semua barang bawaan ...siapin air panas..bikin indomie...trus tidur....heheheheh , besoknya ngecek tanaman bareng Hira
Balik ke rutinitas biasa...huaaaaah seger ya ketemu orang-orang di Jakarta...bikin fresh pikiran..., sehari abis dari Jakarta mulai nerusin proyek ganti rumput halaman depan ...

Ebo beli rumput gajah mini seiket isinya 9 ...harganya patrebuan + tanah lembang , minta anter sama sopir angkot ampe depan rumah...abis itu..mulai deh ngeratain tanah, tanahnya dicangkulin dulu dibikin gembur dulu...tadi sempet diajarin kilat sama situkang rumput buat masang rumput gajah manila ....
  1. Tanah cangkulin dulu dibikin gembur...
  2. Siram sama tanah lembang n pupuk dikit
  3. Pasang rumput dengan jeda 2 jari or 3 jari
  4. Gebuk-gebuk pake bata,
  5. Biarin deh keujanan...tar juga numbuh lagi :p
Mungkin beberapa hari jangan diinjek-injek dulu kali ya..biar bagus tar jadinya
Wah gile..pokoknya cuaaape banget..ampe sakit pinggang masang ni rumput...tapi cuma abis Rp.150.000 aja dong buat belanja rumput dan lain-lainnya..semoga bener bisa rapi tumbuhnya tu rumput...Amien....

20 March 2010

Selamat buat Fahira...


Selamat Hira dah lulus ASI 2 tahun ....Ibu sayang kamu nak .. :) ...

17 March 2010

Menjadi mbak dalang ...

Suatu hari ketika sedang melamun ditengah rel kereta api,.. tiba tiba si ebo dapet ide, untuk bikin pernak-pernik buat orang-orang pas Hira ulang tahun nanti, Ebo pingin bikin souuuuuvenir buat mereka, yaitu boneka penutup pinsil ..Nah ceritanya mulailah si Ebo bekerja dengan tangan ajaib pemberian Tuhan,... :p dan jadilah tiga buah.., pak kumis, si memeng dan si ikan... tapi setelah dipikir-pikir ini lebih cocok buat mainan Hira ... Nah pagi tadi diterangkanlah pada Hira satu profesi yaitu menjadi Mbak Dalang ...

Ebo : Ra,...ini bisa dimainin kaya sandiwara-sandiwaraan gitu...kalo dalang biasanya main pake gedebog pisang, tapi hari ini Ebo buatin pake jojodog ajah ya ..biar Hira bisa jadi Mbak dalang
Hira : ho-oh ...buuuh..ayamm..pusiiing (dia malah nunjukin ayam yang lagi saling matuk )
Ebo : Liat nih ra..Ebo masukin ke pinsil biar bisa bediri ..ayo sini ..
Hira : Picuuuuuun..pijeeeeem (yang artinya : pinjeeem..piiinjeeem ! sambil lari-lari nyamperin si Ebo)

Dan mulailah hira menjadi Mbak dalang ...seru banget kalo diurut percakapannya sebagai berikut :

Pak Kumis : "kucek kucek kucek kucuk"
Ikan : "Ikaaaaan..nam nam nam "
Memeng : "miong..mioong...kutuk kutuk kutuk..hallooooo "

Kocak lho ngedengerin n ngeliat si Hira jadi Mbak dalang ...dia bisa bikin 3 biji boneka itu saling bicara dalam bahasa rumput :p... kenyang deh ketawa...

Abis itu Ebo nyelesaiin tas kecil ...ini udah lama banget digunting nya ada kali ngendon 4 or 5 bulan dilaci,...dulu abis bikin celana pendek buat Mas, yang akhirnya tu celana pendek cuma dijajal sekali trus ngga dipake lagi ... padahal berharap celananya bakal kepake :D ternyata Mas kurang berkenan sama celana bikinan Dno hahahahhaa ...sisa kainnya dno mo jadiin tas, dihias sama kain flanel dikit ... lumayan kalo lagi pegi -pegi buat ngisiin dompet/hp, pampers or celana/baju buat hira ganti ...bikinnya tadi bentar aja wong tinggal jahit ...tau ngga ini tas waktu proses menjahit sempet dicolong sama Hira ...dia bilang ...

Hira : "Pijem ...! "
Ebo : "Jangan ! Belon selese ! hiiiiih !
Hira : "Ngga maaauh....katangana topih...." (maksudnya ..ngga mau jangan ini topi )
Ebo : "Bukan..itu tas..belon jadi..siniiin !!!"
Hira : "weeeeeh !!! ngga bolehhhh !!" (manyun dia 0,5 m)
Ebo : "Balikin !!!"

sahut-sahutan terus ampe dia bosen ..akhirnya bisa dilanjutin lagi...sambil denger dia nyanyi

"TOPIIIIH...SAAAYAAAAH ..BUNDEEEEL"

hihihi hahahahahahaha ....guaaaaayaaaaamuuuu !! ...

Habis jadi Mbak Dalang dan rebutan tas sama Ebo ..Hira pun mandi , sambil ngabisin sabun mandi, anak ini kalo mandi suka lama-lama susah diajak berenti, Hari ini aja dirayu pake janji kalo mandinya cepet boleh duduk diatas mesin cuci ..hahahah...
"Hiraa ayo cepetan mandinya,...nanti kalo udah Hira boleh duduk di atas mesin cuci, nemenin ebo yuk?"

Eh dia bilang "Anuuuuuk...tan anuuuuk " (anduk cepetan anduk) ..lalu duduklah dia di mesin cuci sambil menikmati getaran mesin cuci yang lagi ngeringin :p ...abis itu dipijit-pijit trus bobo siang sambil nenen ....terusan ebo nerusin bikin kare sapi didapur ...hari ini sama sekali engga belanja ... bikin sayur dari bahan yang ada dikulkas ...hari jumat kita ke Jakarta ...mau merayakan Ulang Tahun Fahira sama Nini dan Kakek nya .... doakan kami selamat di perjalanan ya :) ...atau yang mo kirim kado monggo ..ojo sungkan-sungkan lho .. :p


Ps : Ebo lagi semangat nih,...hira bilang tas dan boneka nya "mbagus !" :p

16 March 2010

Belajar jahit lagi...

waktu orang-orang pada sibuk bikin acara ogoh-ogoh di Monas, Si Ebo lagi motong pola..Nah besoknya giliran tanggal merah dateng... Ebo nerusin kerjaan kemarin, ngesom sama ngerapiin atasan baju yang dijait kemarin itu... sekalian karena sisa kain tinggal sedikit dan hanya muat buat baju kecil, akhirnya diputuskan untuk menjahit sebuah baju untuk tikus kecilku,...baju ini bagus dipake sama kaos or daleman ... pas dipotong polanya belom jadi aja Hira dah komentar

"buuuuh..Mbaagus" sambil monyong-monyong bibirnya ... :)

Ini baju yang dijahit kemarin, tanpa lengan,...jadi harus pake kaos tangan panjang item, biar gampang makenya... , jait kain kotak-kotak itu paling males, soalnya mesti nemuin kotak supaya ngga tabrakan

Ini dia baju buat Hira :) ... sibocah sekarang masih tidur siang, tadi subuh dia sempet ngelindur..ngitung 1..2...3...4... hahah enggak tau lagi mimpi ngitung apaan?


Perasaan dah lama banget ngga belajar jahit,...duh banyak banget kepengen ya?!@#$ termasuk cita-cita punya mesih bordir ... biar bisa bikin yang lebih macem-macem lagi ...

14 March 2010

Kisah Tikus kecil dan balonnya

Hari ini keidean rapi-rapi lemari karena bentar lagi mo ke Jakarta, sekalian mau bikin baju dari kemarin ditunda mulu ...pagi-pagi nyuci baju ampe 2 ronde,...Nah ceritanya waktu lagi mbilas dan mau masukin ke pengering si Hira masuk ke dalam keranjang cucian dong ...
Ini bentuk keranjang nya, dan memang kalo keranjang cucian ini kosong dia gatel pingin masuk kedalamnya ..., terus suka keras kepala kalo dibilangin...kayak kejadian hari ini nih ...

Ebo : "Ra..keluar Ra, berbahaya..." sambil mau megang tangannya buat mbantuin keluar
Hira : "Nggak mauuuh " tangan si Ibu ditangkis dan mulailah dia nyanyi teu pararuguh liriknya ... sambil ngangkat dua tangan keatas dong...
Ebo : "Kalo jatuh tar sakit !" ....Ebo histeris dah

nggak ada 6 detik setelah Ebo berpidato ...., GEDUNGBRAAAAK..KYAAAAAWAAAAAAAA suara tangisnya didepan mataku ini...mebahana...bibirnya berdarah dan gusinya coak dikit ...Naaaah kaaan,...tongkol deh kalo dah gini, jadinya dikompres pake aer es.... sambil dengerin coba urutan nangisnya ....

"Eboooooo...daaatuhhhh...cakiiiiiit...kageeeeet...." .... huhuhuhuhuhuhuh ....

sebel kan ... sebel kan .... diem deh dicocol es beku yang dibungkus sama tysu...abis itu dia nangis lagi ....darahnya banyak

"Mauuuu ... iniiih .. bolaaah, bolaaah " tapi kok nunjuknya ke payudara ku ?!@#$ Wahaha efek jatuh tadi dia bisa lupa istilah "Nenen" ..dituker sama "Bola" ... kekekekkekeekkeke apa 2 payudara si Ebo sekarang bentuknya dan kayak bola? wakakakakaka.... ada ada ajaah pan. akhirnya selesailah peristiwa itu dengan adegan feeding love ..alias Neneeen :p nggak lama dari itu dia udah ada diatas meja makan ...sambil gangguin si ebo yang lagi mau motong pola ..
Wiken ini giliran kunjungan kerumah Nene, juga kondangan nikahan Yunan di Jalan Martadinata..., ketemu lagi sama Danang jaya-bhebep,sangga-pacar,met,boim-Lely ... abis itu mampir ke anak kecil ...sembari hujan besar,..trus ke lavie ..abis itu ke babybones trus ke parental advisory... Cuaaaaapeeee buanget,...bawa barang trus buka kunci sambil masih pake tas gendong sapi dipunggung langsung mbuka dapur trus masak sayur bening (bayam,tahu,telor,toge) ..goreng perkedel jagung... tiba-tiba denger suara Hira nangis ...kok nangisnya keras :p .. si Ebo panik sambil setengah lari menghampiri tikus kecil lagi menangis ...
Si Ayah cerita, abis turun dari mobil dia mukul-mukulin balonnya ..trus meletus?!@#$ ..waktu Ebo nanya "Hira kenapa??? balonnya meletus?" ....dia jawab sambil nangis "Baaalonnn...ilaaaang....kaget" ..sambil nepuk nepuk dada...trus mbungkuk-mbungkuk nyariin si balon yang ilang ..*padahal meletus* ...si Ebo n si Ayah ngikik aja ya..tuh anak belon bisa bedain mana meletus sama ilang kok...

Lalu makanan hangat pun disajikan buat Fahira yang masih ngambek karena kehilangan balonnya..., ndelalahe tu anak bukan mau makan..tapi malah ngantuk..jadi acara nyuapin batal...ganti sama acara ngASI sampe bobo ...puleslah dia sampe jam 6.30 an sore..kebangun karena ngedenger suara pintu lemari ditutup... begitu bangun nangis lagi.."nggak mauuuh ..balonnn ilaaaaang" ....beuuuuuuh masih aja inget sama balon... si Ayah nyaut dari ruang tengah "Udah tar Ayah beliin ...eh di Dani Jaya ada ngga ya?" ..sampe akhirnya ngambeknya berenti gara gara liat balon baru ....
Ini lah Sang balon yang dikasih mbak-mbak di parental advisory ...setelah dia dengan hebohnya main blon itu dalem mobil,..bayangin aja mobil lagi melaju kencang, didalem tikus kecil ajrut-ajrutan main balon sambil jerit-jeritan,..ditendang ditepok sampe dicium trus dinaikin ... takut aja kepentok palanya ..kan ajaib.

Kejadian seperti ini ? besok-besok mungkin akan kejadian lagi dengan benda yang berbeda..tapi bahagianya Ebo n Ayah waktu hira banyak berimajinasi sama balon,...balon bisa jadi bola,tempat duduk, sasana tinju, sampe jadi payung ...kocak bener gayanya megang balon kayak lagi megang payung...mendadak balon itu begitu istimewa sampe dia ketawa ngga ada abisnya,...cuma karena si balon dibunyiing "dwuuuung"..."dwuuuung" ...padahal Ebo berasa capeeee banget karena acara hari ini...berasa ilang liat hira seneng begitu.

Gambar ini diambil sabtu pagi, jalan-jalan pagi kedepan komplek sambil beli majalah kesayangan Hira juga koran, terus si Ebo beli onde-onde isi kacang ijo, Hira sama Ayahnya nungguin sambil buka-buka majalah di pinggir trotoar, abis itu main sebentar di TK , sengaja kadang-kadang suka main disitu biar Hira suka ..InsyaAlloh mungkin akan sekolah TK disitu :) ...yang pake jaket merah itu namanya Kaira beda 3 bulan lebih muda dari Hira...

"Buuuh....Copoyoooh,...copoyoooh?" ..itu sebutan Copoyo maksudnyah..., mana ada pocoyo ngupil?!@# jorookh Hira demen banget ya ma si pocoyo, kalo nonton copoyo dah macem nonton opera van java bisa ngikik nggak keruan...lagian itu dus bekas cemilan kan rencananya mo dibuang? kok bisa nyasar dikepala ya? ... ngomong nomong tentang upil kapan hari tu Dno lagi browsing ..tiba tiba dipanggil si Hira...

Hira : "buuuuuuh iiinisss ...tan iniiis!!" (yang artinya buu sini cepetan sini)
Ebo : "Ada apa sayang ?" ..tergopoh-gopoh deh gue
Hira : "Inis..tuh liat..." (dia nunjuk noda masih lembek dan baru )..."tuuuh kolong !" (tuh korong-upil-red)
Ebo : "Yaaaaaa salaaaaaaam!" .... speechless

dikirain mo nunjukin apaan ..sial, anak umur 23 bulan manggil ibunya suruh nyamperin buat ngeliat hasil karya dia...yaitu ..."meper korong/upil di pinggir tempat tidur ....ampuuuuuun

Kalau udah lagi mberesin lemari jangan deh ada si Hira, alamat ngga beres...ikut nimbrung bukannya bantuin rapiin tapi malah bantuin ngacak..., oh iya si ebo bikin alat ukur tinggi badan dari kertas foto, segede A4 dipotong panjang trus ditempel di dinding, setiap bulan ada acara pengukuran tinggi badan,...dicatet tgl, berat, lingkar kepala, dan tingginya berapa, kalo lagi iseng digambarin kalo enggak iseng ..ya cuma disetripin sama ditulisin :D tapi lumayan daripada beli :p....dah ah mo order aqua dulu keabisan hehehe...sama mo nerusin jaitan baju ...

Bersyukur

Posting yang rada seriusan dikit,...beberapa subuh terakhir ...Mas rajin banget ngingetin Dno buat sembahyang...bahkan mbangunin, meski rasanya maleeees buat bangun,..semenjak ada sikecil jam tidur rasanya kurang banget,.. salah satunya karena breastfeeding,..tidur miring kiri, gantian kanan, kepala ketekuk, pinggang punggung pokoknya sakit semua,...tapi semua Ibu yang melakukan breastfeeding pastilah mengalami itu,..jadi saya kurangi mengeluh karena malu :p ...cuma inget semuanya itu dno yang mau, dno yang milih ...karena itu yang terbaik buat Fahira...

Ebo pingin lihat hasilnya, Ebo akan kasih ASI buat Hira, dengan doa pada saat melakukannya,..dan usaha serta keikhlasan...Maha Benar Alloh atas segala Firmannya dalam Al Baqarah ayat 233
"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan"

InsyaAlloh beberapa tahun kedepan kami (Ebo dan Ayah) akan melihat hasilnya ... ASI adalah makanan dari langit ...makanan ajaib buat bekal awal Hira menghadapi hidup...

Nah lanjut,...karena masalah itulah bangun pagi adalah hal yang sangat sulit dilakukan,..ditambah ritme perasaan dan semangat yang grafiknya naik turun...terus terang semenjak habis sakit,..sholat sambil berbaring karena abis operasi dan itupun susah karena orang ngobrol terus dan dno ngga mau orang tau kalo dno lagi sholat...*aneh kan* ...lalu kok keenakan sampe trus malah berhenti...mulai lagi trus belang-belang .."bener-bener udah berani lagi" ...dan hasilnya ...bertambahlah perasaan gelisah dan murung,..juga pikiran-pikiran kotor.... sampe kata-kata kotor...sampe kesel sendiri...dan beberapa hari ini sempet dilanda sedih sampai menangis...

Suatu subuh,..Mas mbangunin, dengan malas...karena masih ngantuk banget, berasa cuma baru 10 menit lebih 10 detik pules,..pegi deh ke kamar mandi buat ambil air wudhu ...segerrrrr...sholatlah saya, dan mengakhirinya dengan mengucap Alhamdulillah...ngelipet mukena dan niat tidur lagi ...hahahahahhaha... parah tapi saya harus tidur karena masih butuh..

Nah keingetan sama Ibu Roy yang hobi nonton mamah Dedeh di Indosiar, Dno pilih deh tuh chanel...dan Subhanalloh...Allohuakbar, Dno hari itu diingatkan buat bersyukur... bahwa hal-hal yang kita jalani itu adalah berkah...sedih - senang - buruk - indah - miskin - kaya ....semuanya adalah berkah... bukan seberapa besar yang kita terima???? tapi SEBERAPA BESAR KITA DAPAT MENSYUKURI APA YANG KITA TERIMA ... sedih rasanya kenapa selalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi atau hal-hal yang tidak kita miliki ...dan mengabaikan apa yang ada didepan mata saat ini... menyedihkan ya

Jeda iklan chanel saya pindah ke TPI,...dan masih membahas syukur,... Ustad di TPI itu bilang supaya kita selalu mengucapkan Alhamdulillah untuk setiap apapun yang kita terima..., beliau mencontohkan kasus :

kita susah mendapat jodoh...tapi lebih susah menjaganya, istri susah sekali menjaga suami, memikirkan makannya kesukaannya apa, bajunya disetrika dilipat atau digantung, kopinya pait atau manis, tehnya hangat atau dingin..ucapan harus selalu lemah lembut ..bla-bla..begitupun sebaliknya susah sekali dapet istri ....begitu jadi suami, suami susah menjaga istri... mencari cara supaya istri menjaga kehormatannya,, menjaga rumah dan anak-anaknya, memberi nafkah dan mendidiknya... , karena proses yang susah tersebut sepatutnya sesudah mendapatkan tentunya bersyukur...dan menjaganya setiap saat pun patutnya bersyukur, termasuk bersyukur pada Alloh karena Alloh sudah menjaga semua ciptaan-Nya ...maka Ucapkan Alhamdulillah...dengan demikian Alloh akan terus menambah rejeki dan berkah...

Sambil megang remote,..berpikirlah si Ebo,...berapa banyak yang udah dilewatkan? seperti perasaan nikmat ini? bisa baringan dan berbadan sehat ...lain bener sama rasa waktu abis dioperasi...mo pipis aja pake pispot,..mo jalan aja mesti bungkuk nahan sakit,...tapi mana ucapan Alhamdulillah? ...trus inget juga sama wejangan Ibu Roy waktu dia ngga denger deno baca bismillah pas nuang air panas ke termos

" Heh...kalo mo ngapa-ngapain tuh baca Bismillah....abis itu...baca Alhamdulillah " ... itu dijadiin kebiasaan cuma didapur aja..tapi kenapa ngga deno terapkan untuk setiap apapun kegiatan dno ...? biar biasa...Alloh dan Dno pasti akan senang karena disegala kegiatan Dno mengingat Alloh ... selama menikah menginjak dapur itu dari hari pertama sampe sekarang Alhamdulillah ..belum pernah keiris ...atau kesiram air panas ...Alhamdulillah Alloh melindungi ....semoga selalu tetap begitu ...

Juga percakapan konyol kemarin sama Mas

Dno : "Mas kita kok jarang berantem ya? kapan terakhir kita berantem?" --( lupa-red)
Mas : "Ya baguslah..."
Dno : "Heeh?"
Mas : "Bagus supaya Hira tumbuh jadi anak yang sehat dan ceria"

Alhamdulillah....sampai saat ini kami masih rukun dan itu adalah harta yang paling berharga :) ...meski hidup kami ngga berlebihan... kami masih ngga bisa punya blekberi or jalan-jalan ke malaysia :p ...tapi rasanya kerukunan ini amatlah sangat berharga...

Itu baru poin bersyukur....yang wajib? gimana ...penuh perjuangan...tapi InsyaAlloh Dno terus mencoba melawan rasa malas yang masih susah dilawan *malu tapi lebih baik jujur* ...setidaknya dno mencoba...ya Alloh dno bersyukur banget...untuk kesekian kalinya Engkau bener-bener menyayangi aku ...tolong jangan biarkan Mas menyerah..terus berikan Mas semangat buat mendidik Dno ya Alloh ...hehe juga jadikan Mas lebih sensitif hihihi...engga terlalu cuek hihihi ...hilangkan galaknya :p ..tambah gantengnya...tambah sabarnya dan lemah lembutnya...dan bantu kami untuk saling mengisi hal-hal baik dalam hidup kami...untuk mendapat ridhoMu ..Amien ...Alhamdulillah ....terimakasih ya Alloh ...

semoga dno bisa selalu istiqomah dan selalu ada mahluk Alloh Ta'ala yang selalu ikut mengingatkan ...

12 March 2010

Kelabu...


Hari ini seperti orang bego,..bangun tanpa semangat berasa ogah banget ditambah mimpi ketemu ninja yang bawa pedang samurai serem banget, sebenernya bukan hanya hari ini aja..udah satu bulan ini sangat berusaha untuk bersemangat,..salah satunya dengan cara melakukan kegiatan apa aja..sampe hal hal ajaib. seperti contoh... daster yang dikasih sama Ibu Roy sekarang udah berubah bentuk jadi serbet..., kerudung merah berubah bentuk jadi celana panjang buat Hira ...halaman depan berubah bentuk jadi tanah gundul ... oh sungguh mengerikan

Ini pasti memang lagi masanya buat jenuh,...dan setiap hari Ebo bilang sama diri sendiri "Jangan menyerah..jangan menyerah...hidup adalah anugrah" ..(dmasiv-mode on). dibanding orang-orang yang ngga beruntung si Ebo tentulah masih lebih beruntung... "ini kan cuma sementara" .. --> kesannya kayak depresi..hahahaha...uh tolonglah aku Tuhan ... airmata ini susah sekali keluar, karena gengsi menangis ...

Ingat banget, Ingat sekali ...dahulu pada jaman kegelapan, si Ebo pernah memanjatkan doa yang kurang lebih bunyinya seperti ini

"Ya Alloh, suatu saat kalo dapet suami yang seiman ya...Dno minta jadi Ibu Rumah Tangga aja, Dno cape kerja duitnya entah kemana,..apalagi bos Dno begonya setengah idup, kasi gaji kecil tapi kerjanya ajaib...atau kasih Dno rejeki banyak supaya Dno bisa libur lama banget dan cukup ngurusin anak-anak Dno..Amien..."

Sambil terus abis itu tidur....dan...beberapa tahun kemudian,...terjadilah keadaan sekarang, harusnya bersyukur banget kan?...emang manusia itu selalu tidak puas...*nepok-nepok pipi supaya cepet sadar*... jadi berniat menyusun doa yang mantap..agar beberapa Tahun lagi dikabulkan :) ...

Iya sekarang musti mengurangi intensitas didepan komputer dan browsing ampe bego, karena ternyata bikin rada stress...Apa lagi ujug ujug suka ngomel kalo dah baca berita teroris atau pergumulan orang-orang yang lagi rapat di DPR ataw status orang di FB hahaha ini dampak negativenya.. ..ngeliat orang-orang yang bikin FB jadi tempat curhat or sekedar mempermalukan seseorang demi menyenangkan dan memuaskan hati karena ngga sanggup buat mengatakannya langsung....oh tentu tidak ...saya tidak sebodoh itu. FB bukanlah segalanya dan sangatlah tidak tepat membuat laporan tiap menit situasi dan apa yang sedang dikerjakan sekarang...itu berbahaya sekali :) dan enggak bijak.. jadi inget percakapan sama si Mas ...

Ebo : "Mas, aku lagi males sama pesbuk nih, males apdet status...lagi bosen banget"
Mas : "Laaaaah !!@#$% emang siapa yang ngewajibin? "
Ebo : "heheh ngga ada sih" terbengong-bengong , trus nyengir kuda iya bener pesbuk itu cuma hiburan ..bodohnya gue...otak gue kemana ya?
Mas : "Mending apdet blog Hira .."

Lalu apa bedanya posting di blog? ...yaaa emang blog fungsinya itu ... :p, si Ebo bikin blog buat jadi tempat curhat yang ngga bakal nyela balik dan banyak protes :) ..happy with blog,...jadi terimakasih ya blog yang sekarang berganti template terus untuk tetap setia menampung cerita si Dno yang baru menjadi Ibu Rumah Tangga dan seorang Istri Sholehaaaaaah *menurut versi majalah kebun binatang* ... :p

11 March 2010

Buat Biopori bersama Hira

Hari ini berencana buat melanjutkan proyek membongkar rumput halaman depan, juga buat 1 lubang biopori di halaman tengah, mindahin pot cabe rawit, dan leyeh-leyeh dikasur :p ....

Ini adalah proyek pembuatan lubang biopori dihalaman tengah,..dibantu asisten kecil Fahira...haah pekerjaan Ebo jadi sangat ringan karena hari ini kamu membantu Ebo :) ..tapi itu tidak termasuk insiden dipotongnya daun anturium ya? ...gile daun anturium yang susah sangat sekali banget tumbuh itu dalam sedetik bisa hilang karena dipotong hira pake gunting, sedih banget si ebo...sampe harus bikin indomie rebus spesial pake telor sebagai pelipur lara.

Hari ini Ebo mulai mencicil nyangkulin halaman depan,...rencananya pengen diganti rumput sama rumput gajah duduk (itu merek sarung ya?) ..yang bener rumput gajah manila, yang kecil-kecil gemuk gitu..., jadi berhubung kepingin coba masang rumput sendiri Ebo sama sekali tidak berniat untuk menghubungi si Haris karena konon kabarnya tarif keringatnya sampai 300 rebu buat masangin rumput..., menurut infonya dia itu masang rumput susah, musti dicangkuli...dgemburkan dulu, lalu disiram tanah lembang dan kompos..baru dipasang dengan jarak sekian cm supaya rumput tumbuh dengan bagus,..okeh secara sadar dia udah kasih tau Ebo cara memasang rumput yang benar...jadi tinggal dipraktekin ntar.

Eh, sadar ngga ya Hira semakin kesini semakin gede rasa penasarannya,...dengerin komentar Bi Aan (asisten Ebo-red) "Duh neng mau engga pinter gimana,...tiap hari bantuin Ibunya terus" ...dari sejak bangun dan ditinggal si Ayah kerja, Hira kayak buntut..peniru hebat semua yang dikerjain Ebo dia liat dan tiru,...tapi juga itu karena Ebo pingin Hira tau. Hari ini aja dia ikut bersiin udang didapur...masukin udang yang udah dibersiin kedalam plastik, dan Ebo musti naru kursi biar dia bisa taru udang ke kulkas hehe..., Habis itu dia bantuin bikin lubang biopori ..., juga sempet protes enggak setuju waktu Ebo mau mindahin pot cabe rawit ke dalem rumah...hahahhaah kocak. Yang lebih kocak hari ini dia motret-motret pake HP sampe beguling-guling ...jongkok ..gayanya macem Photographer betulan, walau yang betulan ngga sampe begono kaleee....
Ini hasil jepretan hira motonya sambil baringan... ngeliatnya aja ampe ngakak,...sebelum moto dia ngitung "catu..tigaa..apaat"....trus dilanjut"yima..anam ..tuju...lapan..ilan..cepulu" ..kekekeke ngitungnya kebanyakan dah...

Ow iya lupa kemarin dapet paket 2 biji, satu buat si Ayah satu lagi buat Hira ....
Makasi banget Tante Ella mamanya Arka...udah inget kirim paket buat Hira, bajunya lucu-lucu.. :D Hira jarang pake baju kayak gitu, yang pink langsung dicobain begitu bangun tidur..trus dipipisin :p ...jadi hari ini dicuci...yang satu lagi dipake waktu abis mandi ...tapi sayang Hira keserimpet jadinya jatoh hahahhaa....
Tuh keliatan masih kegedean, tapi pasti bakal kepake lama...heehheheh badannya belom ngegedein :) ...yak demikian cerita hari ini...Ebo mau meneruskan proyek berikutnya yaitu leyeh-leyeh baringan dulu :) ..sambil menulis besok mau ngapain aja dan mencatat beberapa wishlist..semoga Ibu Peri yang baik hati berkenan memikirkan beberapa harapan si Ebo

9 March 2010

mari menjahit celana ....

Hari ini, jadual bikin celana buat Hira, dari kemarin dah bikin pola dan motong kain,..digudang ada jilbab bekas ngga kepake jadi ebo bikin aja celana buat hira. potong sana potong sini jadi deh celana buat Hira, lumayan dangdut..bawahnya ngebraaaay wekwkwkwkwk....begitu jadi maunya langsung dipake buat bermain :)

pindah keruang sebelah,...dia jalan trus kejedot pintu trus ngadu sama ayam hahahaha dia bilang
"yam....jedoooot...cakiiit" sambil nangis kekekek dalem pikiran, ngapain dia ngadu sama ayam? ...eh mulai dari sejak kami tau tu ayam jenis kelaminnya Jantan maka semua resmi ganti nama dari Elizabeth jadi Joko..., Ayam nya dah pada besar dan siap potong, apalagi ayam negeri...niat potong ntar aja, kalo udah pulang dari Jakarta biar nyantai

8 March 2010

Wiken kita ngapain?

Wiken ini berasa bosen banget, seminggu lebih tukang sayur ngga jualan, ditambah ujan mulu tiap hari, mulai deh uring-uringan sendiri,..hari minggu ngajakin Mas jalan-jalan keluar udah 2 minggu nggak keluar rumah, pengen ke CFC sembari tar mampir ke Borma,...tapi karena ngeliat Jalan Jakarta macet jadi puter arah ke MTC...kita jadinya makan di KFC trus belanja sekalian disitu, Hira kampring ..suka godain manekin..bikin tengsin ajah...,
Udah kenyang makan ayam + kentang goreng sambil nemenin Hira main disitu...trus sekalian beli-beli ..padahal si Ebo n Hira lon mandi :p ...cape nggendong Hira taro digerobak dah sambil nginjek-nginjek belanjaan,...anehnya sampe rumah mendung, padahal sepanjang perjalanan puanas... dan sorenya tiba-tiba kram perut ...syukurnya agak malem udah baikan...
Eh, Di KFC tu Hira suka banget maen "uuuwiiii" ..., dirumah juga uwii itu maksudnya prosotan, entah dapet bahasa dari mana, tapi sekarang saban hari kasur minta dinaikin biar dia bisa main prosotan,..dan kalo dah main uwiii nya itu dia bisa turun dalam berbagai gaya ajaib,..mulai dari kaki duluan ampe kepala duluan bahkan pantat duluan ..kejedot ke lemari udah bukan masalah..tapi lama-lama tu busa kasur bisa rusak :( ... Herannya dia bisa betah banget main begituan ..pake acara nyanyi atau jerit-jerit ...bulan ini makin aktif banget,.. kalo udah keterlaluan biasanya Dno ngeluarin jurus jepit jempol kaki...dia takut kalo ngeliat jempol kaki ebo begerak-gerak kayak mau nyubit...bisa lari kocar-kacir nubruk sana-sini... sambil teriak "hiii takuttt..takuttt " ....

3 March 2010

New days...with Fahira

"Ciluuuk..baaaaa...kekooook !" ..terus diulang-ulang sampe akhirnya dia kejedot dinding disebelahnya, si Ebo? ya ketawa ngakak-ngakak...bisa pura-pura jadi robot dari abad 22 terus jalan kayak vampir china ...hehehe, tas kertas itu dia bawa dari gudang lho ...

Ini lagi tunggu Ayah antri di Indogrosir, waktu lagi kena GE, tapi kita ajak jalan-jalan, keliatan ngga matanya agak cekung, berat badannya turun beberapa ons,... Fahira menjelang 2 tahun pertama kali kena GE ..
Gambar ini diambil waktu dia ngotot pingin ngupas Eyoy...sarapan kesukaannya sama telor rebus, tapi masalahnya dia ngga bisa bedain mana telor mentah dan rebus :( ...suka main ambil aja terus dikupas...
Bakwan sayur + mie waktu kehabisan Ide buat camilan dirumah....tapi rasanya enak juga kok :)
Abis bantuin Ebo jemur pakean disebelah,..abis itu dia main aer ... :(