10 October 2010

Kolam Ikan Terpal untuk Nila dan Gurame

Dno mau ceritain proses pembuatan kolam terpal yang dibuat selama 2 minggu ini. buatnya sih setiap weekend aja, yang akhirnya selesai hari ini :

Berikut Dno ceritain tahap-tahapannya
  • Tahap awal adalah membeli kolam terpal yang sudah jadi dari Internet :) ini Mas yang pesen
  • Lalu kita (Mas dan Dno ) beli kayu bekas dari Jalan Sukarno Hatta. karena menggunakan kayu bekas lebih murah dan juga kita lebih sayanglah sama lingkungan, selama ada bahan yang masih bisa dipakai dan tidak perlu menebang pohon :D . kayu diukur dan didesign sesuai dengan besarnya kolam terpal designnya digambar dikertas atau sambil ngelamun-lamun sedikit. Kayu digergaji dipaku dipasang ..ini ngerjainnya bareng-bareng hoho seru banget karena Dno juga nyambi sambil masak juga n Dno sama Mas gantian suapin Hira, sambil gantian gergaji kayu dan maku-makuin kayunya.
  • Setelah rangka selesai, kita beli Cat ke IBCC beli cat kayu dan memilih warna coklat tua. Ini dikerjakan dicicil pagi-pagi setelah bikin bekel buat Mas, maksudnya supaya weekend bisa dilanjutkan langkah berikutnya.
  • Setelah Rangka selesai dicat dan kering seluruh permukaan , baru kolam dipasang, diikat menggunakan tali setelah sebelumnya dipasangi paku pengait supaya terpal kuat menempel pada rangka. "terpal sudah dilengkapi lubang untuk tali lewat dari sononya"
  • Terpal sudah terpasang dengan baik baru di isi air, diiisi setengahnya *ngabisin air dari torn"
  • Lalu kita pergi ke Jalan Peta disana banyak yang jualan ikan. ikan segala rupa ..kebetulan dapet ikan nila (yang masih kecil) Rp 2.000/ekor . gurame Rp 4000/ekor , nila 10 dan gurame 13 ekor itulah piaraan kita sekarang :) . Hira seneng banget di ajak beli ikan,...bisa megang-megang ikan juga ngobok-ngobok ikan disana, sampe ngga mau pulang...
  • Sampe dirumah itu kolam terpal yang udah dimasukin bola-bola hira dibersihin, diisi ikan beneran juga dipasang pompa air *pompa air ini dulu dipasang didrum ikan lele dan ikan lelenya udah jadi pecel lele* pompa air yang sempet patah bagian dalamnya itu diperbaiki dulu ...dicoba ganti pake korek kuping besi yang ternyata ngga cocok, akhirnya pake besi kecil bekas kalender, si pompa akhirnya berfungsi dengan baik...
  • karena kecapean istirahat sebentar, trus buat tutup kolam dari bambu dan kawat, kenapa ditutup...supaya enggak sembarangan dimasukin bola sama Hira hahahahah....

Nah Kolam Terpal sudah jadi...sudah di isi ikan, meski ada beberapa ikan gurame yang kondisinya menyedihkan dari sejak dibeli..salah satunya sudah berenang miring-miring dan terpaksa diungsikan ke aquarium koki sambil dikasih obat supaya jamurnya hilang ...semoga aja dia bertahan hidup untuk jadi ikan bakar ..

Dno, Mas juga Hira semuanya punya andil dalam proses pembuatan Kolam Ikan Terpal ini :) ...Wauaaah senangnya akhirnya kita miara ikan beneran ..ikan yang bisa dimakan. bangga dan senang bisa menyelesaikan Kolam ini ...seru karena dikerjain bareng-bareng ...dan kita nikmatin kolam sambil duduk dipinggirannya sambil jongkok ..plus ngobrol cekakan sama Mas juga Hira yang dari awal sampe akhir kocak banget komentar-komentarnya.

Berhasil atau tidak si ikan hidup ? ...ayo saksikan bareng-bareng. tapi keinginan kita sih pastinya berhasil ...

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam terpal dirumah ini adalah :
  • Terpal ukuran 2x1x0.5 meter Rp 90.000
  • kayu albasia untuk rangka Rp 250.000
  • Paku Rp 15.000
  • Tali tambang Rp.10.000
  • Paku pengait Rp. 10.000
  • cat Rp.60.000
  • pompa kolam /aquarium Rp 90.000 (karena ini pake yang bekas lele jadi ngga dihitung)
  • Ikan Nila dan Gurame ( Rp 72.000)
  • kawat ram 1.5 meter Rp.22.000
total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 529.000 ....

Cerita ini dno tulis untuk orang-orang yang tertarik untuk buat kolam yang sama atau bahkan lebih bagus dan dengan biaya yang lebih murah :) ...Prakarya keluarga Sudartha selanjutnya adalah buat Kebun Mini :) ... dan hari ini Mas udah beliin Dno batakonya...


Prakarya yang sedang berjalan saat ini adalah masang rumput gajah mini di lahan miring di halam depan...masih dalam proses pengerjaan....doakan cepat selesai :) Dno lagi suka sama aster yang baru dipindah ke pot...rame bunganya putih dan oranye :)

terimakasih sudah mampir ...


3 comments:

sepudin (asep) said...

Kami dari suplier bahan terpal dengan jenis UNO 410g Warna Putih dengan harga Rp.16.000,-/m2 NEGO.
Ukuran bahan 2.5x70m
Hub.082125097973

sepudin (asep) said...

Kami dari suplier bahan terpal dengan jenis UNO 410g Warna Putih dengan harga Rp.16.000,-/m2 NEGO.
Ukuran bahan 2.5x70m
Hub.082125097973

Andri Purwanto said...

inspiratif banget...thx postingannya,