14 October 2010

Panen kunyit dan nasib kebun mini ebo

Hari ini masih bertapa di sebelah rumah, masih ngebenerin sikebun mini...diubah ukurannya jadi 3x4 karena waktu ngobrol pagi-pagi sama Mas kayaknya lebih bagus ditempel ke dinding. Mangkas 2 pohon mangkokan sambil ngambilin kunyit-kunyit yang berserakan,..itu kunyit yang diambil baru setengahnya masih banyak yang tertanam didalam tanah. Udah ngos-ngosan aja ngerjainnya.. apalagi naikin tanah sampe ke permukaan batako ...iya, tapi seru :)

Sambil ditonton Hira yang lagi mainin HP,..gile tu HP berapa kali dijedot-jedotin ke kursi sama dinding sampe mati segan idupun ngga mau... Dno ogah ganti HP sampe HP itu bisa diperlakukan dengan baik oleh Hira :( ..tapi si Hira sekarang udah bisa motret pake HP hahahah pinter :D ...
Sudah hari ke-3 Hira dapet sariawan di bibir sebelah kanan, rewel dan pengen digendong ..ada aja alesannya. Dari mulai sakit kepala, enggak bisa jalan atau sakit perut ...obatnya digendong. Ngga makan nasi atau sayur ..maunya cuma nyedot susu dan activia, kasian banget..tapi harus sabar ...karena sariawan nanti juga sembuh :) ...jadi ibu ngga perlu bujuk hira jalan-jalan naik angkot :p ..ahahahaha gile hiburannya naek angkot chooooy...

Kemarin waktu mampir di toko Barokah dikasih Tips sama yang jaga toko, buat mengatasi kaki pecah-pecah, rendeman sama air garam habis itu disikat kaki jadi licin, jadi malem itu dipraktekin yang pastinya Hira sama Mas juga ikut nimbrung... tapi beneran kaki jadi licin lagi ...jadi suka sama mbak-mbak yang jaga toko :D . baek banget udah mau ngasih tau ...
Seneng lho liat foto ini,... dapet kunyit bisa banyak begitu. Ngga sabar ngasih Mbak'yu ratri si penjual jamu ...juga kirim-kirim tetangga yang mau hahaha ...Alhamdulillah...

By the way, seledri dan kemboja jepang sudah mulai tumbuh ...bayi bayi tanaman itu lucu banget ..... ngga sabar metikin seledri buat sop atau soto :D

12 October 2010

lagi seneng main dikebun

Haduh ...lagi hobi berkebun dan main dikebun sebelah ...dari pagi sampe jam 12 siang bisa ngudek uplek disebelah sampe kecapean....

Ayam petelur yang dipiara sisanya tinggal satu, karena sebelum lebaran udah dipotong 4 ekor ...sisa seekor tiap hari bertelur sebiji, keren deh ...berasa gimana gitu ngambil telur fresh dari pantat ayam :D, terhitung 2 hari sejak piara ikan ..ikan gurame sudah mati 3 ekor dugaan sementara adalah karena terkena jamur dari tempat belinya diduga kena saprolegnia dan sisa dari semua ikan Dno rendem di air biru, obat buat penyakit ikan..yah mudah-mudahan sembuh :).

Prakarya yang Dno kerjain di halaman depan masih belom selesai, 75% ...dan siram-siram rumput dibantuin sama Hira :)

Pagi ini anter hira ke posyandu, ..oleh-olehnya banyak dapet sedus susu SGM ditambah snack...tingginya masih 89 kok diposyandu ...dan berat 11 kg...timbangan dan ukurannya ngga sama dengan yang dirumah..lebih gede ditimbang dirumah ..tapi ngga apa yang penting Hira sehat :)

abis anter Hira ke posyandu, mulai lagi deh main dikebon sebelah,...hari ini list pekerjaannya

  • Buat kebun mini, untuk tanaman sawi dan kangkung juga tomat,..ukuran batako 4x2 batako, dan tanahnya dinaikan setinggi batako, dibantu Hira yang tugasnya memadatkan tanah. Tanah juga dicampur dengan kompos dan tanah lembang. lumayan menguras tenaga karena nyangkul dan masang batako itu berat hahahaha...sekedar informasi harga batako 1 buah Rp.2100 .. :)
  • Ganti tumpukan batu penahan cabe rawit, semula pake batu alakadar sama bata merah jadi diganti sekalian pinggirannya sama batako...biar lebih rapih..
  • ngelurusin Batako diarea depan kolam terpal, dan ngumpulin batu kali sedikit-sedikit ...biar kalau hujan turun, airnya diserap langsung (ini maunya si emas), juga kepengennya itu ditaruh batu kali aja ..biar enak diinjek kaki buat refleksi :)
  • Eh kita pesen lagi bor biopori, karena bor yang satunya itu diminta sama ibu buat nanam pohon jati..., rencananya wiken ini mau mindahin pohon naga...tapi itu harus nunggu emas dulu heheh soalnya biar ngerjainnya rapi :) eh bor biopori itu pesennya ke IPB, total kirim ke bandung dengan harga Rp 205.000 (sekedar informasi)

10 October 2010

Kolam Ikan Terpal untuk Nila dan Gurame

Dno mau ceritain proses pembuatan kolam terpal yang dibuat selama 2 minggu ini. buatnya sih setiap weekend aja, yang akhirnya selesai hari ini :

Berikut Dno ceritain tahap-tahapannya
  • Tahap awal adalah membeli kolam terpal yang sudah jadi dari Internet :) ini Mas yang pesen
  • Lalu kita (Mas dan Dno ) beli kayu bekas dari Jalan Sukarno Hatta. karena menggunakan kayu bekas lebih murah dan juga kita lebih sayanglah sama lingkungan, selama ada bahan yang masih bisa dipakai dan tidak perlu menebang pohon :D . kayu diukur dan didesign sesuai dengan besarnya kolam terpal designnya digambar dikertas atau sambil ngelamun-lamun sedikit. Kayu digergaji dipaku dipasang ..ini ngerjainnya bareng-bareng hoho seru banget karena Dno juga nyambi sambil masak juga n Dno sama Mas gantian suapin Hira, sambil gantian gergaji kayu dan maku-makuin kayunya.
  • Setelah rangka selesai, kita beli Cat ke IBCC beli cat kayu dan memilih warna coklat tua. Ini dikerjakan dicicil pagi-pagi setelah bikin bekel buat Mas, maksudnya supaya weekend bisa dilanjutkan langkah berikutnya.
  • Setelah Rangka selesai dicat dan kering seluruh permukaan , baru kolam dipasang, diikat menggunakan tali setelah sebelumnya dipasangi paku pengait supaya terpal kuat menempel pada rangka. "terpal sudah dilengkapi lubang untuk tali lewat dari sononya"
  • Terpal sudah terpasang dengan baik baru di isi air, diiisi setengahnya *ngabisin air dari torn"
  • Lalu kita pergi ke Jalan Peta disana banyak yang jualan ikan. ikan segala rupa ..kebetulan dapet ikan nila (yang masih kecil) Rp 2.000/ekor . gurame Rp 4000/ekor , nila 10 dan gurame 13 ekor itulah piaraan kita sekarang :) . Hira seneng banget di ajak beli ikan,...bisa megang-megang ikan juga ngobok-ngobok ikan disana, sampe ngga mau pulang...
  • Sampe dirumah itu kolam terpal yang udah dimasukin bola-bola hira dibersihin, diisi ikan beneran juga dipasang pompa air *pompa air ini dulu dipasang didrum ikan lele dan ikan lelenya udah jadi pecel lele* pompa air yang sempet patah bagian dalamnya itu diperbaiki dulu ...dicoba ganti pake korek kuping besi yang ternyata ngga cocok, akhirnya pake besi kecil bekas kalender, si pompa akhirnya berfungsi dengan baik...
  • karena kecapean istirahat sebentar, trus buat tutup kolam dari bambu dan kawat, kenapa ditutup...supaya enggak sembarangan dimasukin bola sama Hira hahahahah....

Nah Kolam Terpal sudah jadi...sudah di isi ikan, meski ada beberapa ikan gurame yang kondisinya menyedihkan dari sejak dibeli..salah satunya sudah berenang miring-miring dan terpaksa diungsikan ke aquarium koki sambil dikasih obat supaya jamurnya hilang ...semoga aja dia bertahan hidup untuk jadi ikan bakar ..

Dno, Mas juga Hira semuanya punya andil dalam proses pembuatan Kolam Ikan Terpal ini :) ...Wauaaah senangnya akhirnya kita miara ikan beneran ..ikan yang bisa dimakan. bangga dan senang bisa menyelesaikan Kolam ini ...seru karena dikerjain bareng-bareng ...dan kita nikmatin kolam sambil duduk dipinggirannya sambil jongkok ..plus ngobrol cekakan sama Mas juga Hira yang dari awal sampe akhir kocak banget komentar-komentarnya.

Berhasil atau tidak si ikan hidup ? ...ayo saksikan bareng-bareng. tapi keinginan kita sih pastinya berhasil ...

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam terpal dirumah ini adalah :
  • Terpal ukuran 2x1x0.5 meter Rp 90.000
  • kayu albasia untuk rangka Rp 250.000
  • Paku Rp 15.000
  • Tali tambang Rp.10.000
  • Paku pengait Rp. 10.000
  • cat Rp.60.000
  • pompa kolam /aquarium Rp 90.000 (karena ini pake yang bekas lele jadi ngga dihitung)
  • Ikan Nila dan Gurame ( Rp 72.000)
  • kawat ram 1.5 meter Rp.22.000
total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 529.000 ....

Cerita ini dno tulis untuk orang-orang yang tertarik untuk buat kolam yang sama atau bahkan lebih bagus dan dengan biaya yang lebih murah :) ...Prakarya keluarga Sudartha selanjutnya adalah buat Kebun Mini :) ... dan hari ini Mas udah beliin Dno batakonya...


Prakarya yang sedang berjalan saat ini adalah masang rumput gajah mini di lahan miring di halam depan...masih dalam proses pengerjaan....doakan cepat selesai :) Dno lagi suka sama aster yang baru dipindah ke pot...rame bunganya putih dan oranye :)

terimakasih sudah mampir ...


8 October 2010

Ayo senang-senang..

Masih dalam rangka meneruskan pengecatan rangka si kolam ikan terpal, yang akhirnya selesai juga, lalu abis itu keidean buat ngeratain tanah diwilayah pohon cabe rawit sampai ke ujung tembok dekat tiang listrik, jadinya niat itu pun dilaksanakan ...akhirnya berhasil rata sampai batas naro pasir :) ...dan nemu pohon buah naga .. yang ternyata tumbuh dengan cantiknya. Pohon Naga ini sempat kena musibah, dulu kepotong Kang Haris yang lagi ngerapiin rumput liar pake mesin ...dan dikirain udah mati, ternyata tumbuh :)


lalu pagi ini, niatnya adalah mencabuti rumput liar, jadi nambah pengen sekalian pasang rumput gajah mini, jadi tanah dicangkuli sedikit supaya gembur, setelah itu pergi ke tukang tanaman belilah 15 iket saja "mudah-mudahan cukup" ditambah tanah lembang dan bonus bunga aster. pergi ngendap-ngendap dari Hira yang lagi asyik kasih makan ikan diakuarium :) ... lumayan berat 15 iket dapet 2 karung ditaru di atas si Karim, dan jalan pelan-pelan aja karena takut jatoh ..berat bo hehehe...

jam 3 rumput selesai dipasang lalu turunlah hujan,..senangnya. habis itu mandiin Hira dan nemenin bobo karena dia ngantuk....

Acara mandi sekarang ditambah sama mainan rambut pas kramas, iya setiap hari mandi selalu pake acara cuci rambut...rambut disampoin trus dibediriin,...

biasanya kalo udah dibediriin trus hira maunya diangkat depan kaca,...Nah ebo siap tuh nyanyi "selamat ulang tahun kami ucapkan...tiup lilinnya tiup lilinnya tiup lilinnya sekarang jugaa...." fyuuuuuuuh ...niup rambut hira sampe mlenyon ..wakakakak abis itu dia ketawa juga kegelian trus bilang "booo..lagi booo...lagiiiii" ......hahahahah

Hampir setiap tukang sayur datang dan bilang "Yuuuuuur" depan rumah, yang heboh pasti Hira ...biasanya langsung lari terbirit-birit, terus teriak dari jendela ruang tamu..."tungguuuu ebo pake bibab....Mang bawaaa apaaaa? Mang bawa apaaaaaa?" ..si Mang Adi biasanya senyum-senyum sambil jawab pertanyaan si Hira..."bawa ayam..bawa daging..bawa sayuuur" ..hahahah dan pagi ini Hira teriak-teriak tanya Mang sayur sambil pake helm....

"Hira ayo mau ikut ngga ebo mau beli sayur nih?"
"tunggu buu ila pake ini dulu..."

tapinya lalu nangis ribut minta gendong, pengen ngintip gerobak si mang.
Ini dia, anak tetangga yang main sama hira ...umurnya 8-9 tahun, kalo main sama si Kaka hira bisa skip tidur siang, jadi Ayah pulang hira sudah merem...kasian Ayah. liat coba deh mimik muka hira yang seneng banget ditemenin main sama Kakak... :) .. tiup 8 balon semuanya diletusin pake ujung rumput ...bikin berantakan aja...

5 October 2010

beca dan delman sukamiskin

Beca dan delman apa yang sangat spesial dari 2 jenis kendaraan ini? wah spesial banget karena Minggu kemarin si Mas ngajakin beli gado-gado sambil mampir ke tukang batako ..laaah hubungannya sama batako? enggak ada heheehe...

Jadi karena hari Minggu pasti ada pasar kaget di Arcamanik situ, kita pergi kesana jajan gado-gado buat sarapan, tentunya habis Dno masukin cucian baju... Udah punya niat buat ajak Hira naik delman lagi, dan kali ini Hira juga diajak naik beca ... ya ya ya ...hiburan yang sangat menghibur buat Hira ... sederhana tapi menyenangkan buat dia hahahah enak banget punya anak kayak Hira :) ...

Sepanjang naik beca ...Dno salah terus nyanyi jadi sepanjang naik beca diomelin ma Hira suruh nyanyi yang bener, padahal dia juga ngaco ngaco nyanyinya ... masa naik beca nyanyi semut-semut kecil ? ....
Hira naik delman...bengong takut jatuh
ini lagi naik beca seru banget sampe jerit-jerit
udah disuruh turun sama Ibu ...

Hira ini tipenya kalo lagi nemu sesuatu yang ngga biasa dia bengong dan menyimak semua hal yang ada disitu ...dan Dno tinggal siap siap nerima celotehan dia yang ajaib-ajaib ...dan kalimat ajaib itu adalah "bu ahak ahak ahak *ketawa* ..ila bingung naik beca" hahahahah

kamboja jepang dan cabe rawit ebo

Iya, kamboja jepang sejenis tanaman hias dan dirumah punya 2 pot boleh kasih dari omi Mul. Bawa jauh jauh dari Jakarta akhirnya berbuah juga dan mengeluarkan biji bakal bibit. setalah kering pecah dan didalamnya muncul seperti biji panjang yang disebelah kiri dan kanan ditempeli semacam bulu. Percaya fungsi dari bulu ini pasti supaya bisa terbawa angin terbang...setelah beberapa minggu menyemai bibit akhirnya muncul juga bayi kamboja jepang, dengan daun yang kecil dan batang yang gendud ..lucu banget deh...

Owh iya, cabe rawit yang waktu dulu itu sudah sebesar ini *liat di gambar tinggal di klik* cabe rawitnya pedes banget,..konon ini dinamai cabe rawit domba ..karena warna cabe rawit kalau matang merah dan melengkung mirip tanduk domba :) ...

Nah sekarang Dno lagi sibuk nyiapin lahan buat nanam sayur daun sawi dan kangkung ...juga nyiapin tempat buat pepaya, paria juga tomat :) nanam tomat belom berhasil nih masih cari ilmunya gimana sampe subur dan berbuah lebat ....

buat kolam ikan lagi ...

Sudah 2 minggu ini setiap weekend acaranya padat, hehe bukan jalan-jalan rekreasi..tapi jalan-jalan cari kayu, motongin kayu, gergaji juga paku-pakuin kayu :) ... minggu kemarin itu Mas beli kolam ikan dari terpal ukuran 2 x 1 meter jadi kita rame rame ..tepatnya betiga (dno-mas-hira) bikin rangka buat kolam ikan ...

untuk terpalnya sendiri Mas, beli online, dan kayu nya beli kayu bekas di jalan sukarno hatta :) lebih murah jadinya...ini baru sampai tarap pengecatan rangka, belom pasang terpal sama pompa juga air ... kolam ikan ini kaplingnya ada di sebelah rumah :) jadi InsyaAlloh 2 minggu kedepan piaraan dan mainan dirumah nambah lagi :) ...

cape juga ternyata gergaji kayu dan maku-makuin kayu supaya jadi kotak begitu .... hahah tapi menyenangkan :)