17 August 2010

Akhirnya dia kembali....

Iya, akhirnya kharismaku kembali,..senangnya. Lho emang dari mana? begini lho beberapa tahun yang lalu sewaktu hamil Fahira mungkin 3 bulanan. Tengah malem itu tiba-tiba pengen pulang ke rumah Ibu, tapi ngeliat Mas yang udah pules banget dan dibangunin susah ...sebenernya waktu itu udah minta dianter ..tapi Mas jawabnya sambil ngelindur .."tunggu pagi" tapi entah kenapa nggak mau nunggu, jadi mindik-mindik ke garasi bawa motor dan baru dinyalain di ujung blok 13,...melesatlah pergi ke rumah Ibu jam 2 pagi.

Syukur Alhamdulillah, tidak dipertemukan dengan geng motor yang konon kejam, atau dengan penjahat ditengah jalan ...Alhamdulillah sampai didepan pintu rumah Ibu sambil ngetuk pintu.
Ibu sama Bapak kaget, dikata pulang sendiri? ngga ada yang anter? berantem? ...trus Dno ya ngeloyor masuk tempat tidur dan tidur pules ...tau tau Mas nyusul ...
Paginya ditanya,..Iya Dno bilang "pengen pulang kerumah Ibu" ...lalu Ibu ngomel dong ...dibahaslah itu tabiat NEKAT nya diriku ini, Dan diputuskan bahwa kharisma disimpan saja di rumah Ibu, sampe entah kapan ..hahaha soalnya Dno lagi hamil dan takut NEKAT lagih...
Tiga tahun ...iyah kira-kira udah tiga tahun, akhirnya dia kembali ada digarasi ..menongkrong dengan indahnya ...teman ugal-ugalanku telah kembali, semoga dia tetep setia menjaga dan nganter Dno dengan selamat kemana-mana ...Duh senengnya ..hahahaha Alhamdulillah ...

16 August 2010

Celotehan Hira

Kalo Nyanyi yang bener dong ...

Ceritanya Dno ngajakin Hira ke warung dibelakang komplek. Jadi kalau tukang sayur ngga lewat dan kita ngga mungkin pergi kepasar, maka Dno akan buka pintu belakang dan belanja sayur diwarung, Nah buat sampai ke warung kepunyaan bu Marni ini, kita harus lewat tangga yang lumayan curam dan harus jalan agak jauh..., Hari itu belanja telur dan sedikit bahan sayur.

Kalau ngajak Hira kewarung diperjalanan akan ada acara ngitung jumlah anak tangga, dan sedikit nyanyi-nyanyi, sore itu waktu kita lewat kebun Jati ada sekelompok burung gereja lagi cari makan, Hira antusias tunjuk-tunjuk burung ...

Hira : Buuuu tuuh liat ada burung ...
Ebo : Owwwh iyah itu burung,...burung..burung... (sambil dno nyanyiin dengan nada ngga jelas)
Hira : bu...bu...buuuu, kalo nanyi yang bener dong ...
Ebo : Wahahaha...ibu salah ya
Hira : iya..calah...
Ebo : gimana tuh yang bener?
Hira : bulung kaka tua ...inggap dijenela, gigina tinggal duwaaaa....

Sepanjang jalan ketawa cekikikan inget diprotes Hira tadi, hebat ya sekarang dia udah bisa protes ...

Ibu.., Ila minta Kipik doong

Sebetulnya ngga perlu Dno musuhin makanan yang bernama "krupuk", Habis buka puasa perut kenyang rada ngantuk, Mas udah pules aja depan tv, sementara Hira main segala rupa. Hira ini jenis anak yang susah banget makan, mungkin ini juga karena dia masih nenen jadi kalo lapar kayak masih ngandelin nenen. tapi bukan masalah nenen yang mau kita omongin, ini masalah krupuk.
Sambil main sambil juga Dno nyuapin dia, makan cuma sama tahu aja sampe akhirnya ...ribut mau bersihin mulut, "Ila mau belsih mulut yaaa, Ilaa mau minum" gitu katanya. tapi rikuesnya enggak pake gelas, tapi pake botol ..jadi minumlah dia pake botol, udah acara minum selesai, muter-muter diruang tengah sambil cengengesan, lalu

Hira : " ibu Ila mau kupuk doong"
Ebo : "Engga ada kita ngga punya !, ngga ada"
Hira : "Tuh ada bu! itu apa" (itu krupuk nyempil dibalik rice-cooker)
Ebo : "Itu bukan kupuk ..itu kipik !" -- soso galak padahal malu lupa sembunyiin
Hira : "HILAAAA MAUUU KIPIIIK DOOOONG"

Duh Gusti... kalo udah makan krupuk maka dia akan amnesia sama nasi :(

Hira Liat Siapa?

Ruang sebelah itu memang jarang ditempati, dan kita cuma lewat kalo mau kekebun, tapi ruang sebelah itu hampir tiap hari di bersihin, disapu dan dipel. Sore-sore kira-kira jam 5 Dno lagi mau siap-siap di dapur, nata makanan di meja makan, dan Mas lagi mandi di kamar mandi atas, sementara TV mati dan Hira duduk-duduk di kasur depan TV ...

Percaya deh waktu Hira liat ke arah ruang sebelah, perasaan udah ngga enak..dan

Hira : "Ibuu itu sapa bu" sambil nunjuk keruang sebelah..padahal pintu ke arah kebun udah ditutup
Ebo : "Sapa? ngga ada sapa sapa disitu?"
Hira : "Itu orang bu, eh Ayaaaaah bu..itu ayaaah"
Ebo : "Gak ada sapa sapa disitu Ayah lagi mandi di atas"

dan lalu Dno males berdebat sama Hira juga udah ngerasa serem duluan, buru-buru deh nyalain TV, syukur abis itu Mas turun. Serem deh kalo udah gitu, mengingat Dno juga kurang suka sama ruang sebelah itu. Jadi inget sama pesen Ibu "jangan biarin anak main sendiri kalau udah mau magrib" ..tapi bukannya ini bulan Puasa? ..atau itu cuma ketakutan kita semata aja ya..mudah mudahan kita tidak saling mengganggu ya...

10 August 2010

Selamat datang Ramadhan

Kami mengucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa ... semoga Amal Ibadah Ramadhan kali ini diridhoi dan diberkahi Alloh SWT ..Amien ..Mohon Maaf Lahir dan Bathin ...

Agustus, week- 2

Posyandu dan Vitamin A
Hari ini, dibangunin pagi sama emas,..dibisikin "Dheno..gw lapar :p" ...padahal lagi males bangun, belio rikues nasi goreng ajah ...ditambahin sama telor ceplok n perkedel jagung, kebetulan Hira udah bangun dan ikut sarapan pake "lengkeng" ...nah abis itu Dno minta anter ke Posyandu ajak Hira biar dapet Vitamin A, bulan ini jadwal dapet Vitamin A, sekalian beli pisang ambon di tukang buah :) ...geblek pisang sekarang mahal ya 18 biji Rp 20 ribu ... (itu satu sisir)
Begitu dateng dan masuk ke balai RW, Hira langsung tau dia mau ditimbang dan diukur tingginya ..abis itu mangap deh dimasukin Vitamin A, datengnya paling pagi biar ngga antri dan ngga pake mandi :D ....
Hira lagi pake bando tanduk... buat Ibu, Hira tetep keliatan kayak Angel kok hehehe.... malaikat yang "kreatif" ..iya iya iya ...


Kebun Sayur Ebo
Hari ini pengen cerita kebun, sebenarnya ngga tepat juga dipanggil kebun sayur tapi ya apa daya, ini adalah lahan andalan saat tukang sayur ngga dateng ...dan juga kalo bumbu masak kurang lengkap,..dan lebih hebat lagi kami nyetok daging ayam .. :D 6 biji plus si joko yang tugasnya berkokok setiap subuh..walau kadang jam 10 malem dia udah berkokok ...

sayang masih belum kesampaian punya kebun yang rapi dan lengkap ...ini aja masih belajar dan nunggu mood buat ngerawat tanaman, beruntung juga Dno punya tanaman cabe rawit dan kebetulan sedang berbuah... si Adi (kang sayur) kemarin nawarin cabe rawit merah sebiji Rp 200 perak, jadi ngga beli dong kan punya tanemannya ... kalau ngomongin cabe rawit Dno suka inget sama Mas yang suka bawa pulang cabe rawit sisa dia beli gorengan hahaha sampe rumah gorengannya ngga dibagi ...dibagi bonus cabe rawitnya doang buat bikin sambel kecap...

Kalau Sereh dulu Ibu Roy yang tanam ...lumayan banget punya sereh, kalo lagi masak tinggal potong,...pohon jeruk itu juga boleh dibeliin sama Mama mertua dari Jakarta biar kalau bikin sambel bisa ditambah irisan daun jeruk, Nah kalau pohon Singkong yang batangnya merah itu boleh bawa dari Jogja (bawa bapak) waktu itu ambil bibit dirumah Nenenya Hira...Singkong ini udah jadi macem-macem mulai dari getuk,combro, sayur daun singkong, oseng daun singkong,..tinggal ada satu lagi yang belom dicoba ..tumis kulit singkong ..penasaran gimana rasanya ...

Sebenernya banyak banget tanaman dikebun sebelah itu ...pohon yang hampir ngga pernah dno perhatiin ada pohon blimbing wuluh sama sirsak ...belimbing wuluh hampir selalu berbuah dan rajin ngotorin tangga juga tanah,... Pohon sirsak jadi sarang semut ...dan letaknya deket kandang ayam ...males main-main kesana hahahah bau...

Gimana caranya basmi Kutu beras ???
Waktu lagi masak buat sahur nanti ...- iya kebagian hari pertama sediain sahur buat 17 orang - pas beres-beres gudang tiba tiba ngeh kok banyak kutu beras ??? ... CELAKA ! begitu didenger lebih jelas ..dari karung beras bunyi "ssssssssss" wah, kutu berasnya berkembang biak. Lupa balikin ke kamar pembantu ..asalnya naruh beras disana, padahal udah diingetin berkali-kali jangan naru beras digudang situ.. terlalu lembab kutu beras itu sepertinya suka yang adem2 n lembab...
Langsung aja 3 karung beras dibongkar karena yang sekarungnya udah duluan di masukin ke ember merah besar ... Hiiiiiiih banyak banget, Dno sampe histeris liat kutu beras sebanyak itu, bayangin aja beras dituang keluar debu semacam tepung beras ..kacau kan.

Sampe bingung buang kemana, iyahhh dikumpulin aja dibotol minuman pengen tau sebanyak apa ntar ...liat deh, itu baru bersiin yang ada dipermukaannya ..belom dikorek diambil sebiji sebiji, jadinya hari ini cari tau gimana cara yang benar menaruh beras untuk jangka waktu yang lama...mengingat sebentar lagi InsyaAlloh dapat bekarung-karung beras lagi buat disimpen :( ....
Sedih banget ya liat musibah ini ...buat Dno ini musibah ...karena udah teledor nggak balikin lagi ke tempat semula :( ...

sambil cari tau sambil tanya sama orang-orang, Mama Qai bilang suruh pake cabe rawit yang merah dicemplungin, Icha bilang suruh dialasin pake kapur bagus dibungkus pake kain ...tapi kayaknya Dno tertarik coba pake cabe rawit merah deh, sebelum-sebelumnya pernah coba pake bawang putih tapi nggak mempan, ..iya juga sih itu kan kutu beras - bukan dracula...

Sahur Pertama
Masih ambil giliran sediain hari pertama sahur, tahun ini buat 17 porsi aja, dengan menu sebagai berikut (semur cincang-tempe-tahu-telor , capcay,krupuk,pisang,aqua gelas). masak semurnya pagi...masak capcaynya malem, masak nasinya jam 1 malem ( 1 panci rice cooker penuh aja cukup)...ngepak ngepaknya sendirian :( ..ditemenin Hira n Mas yang tidur diruang tengah ding ...

capcay nya di icip sama Hira...

Jam 2 pagi baru telp pos buat suruh ambil ...abis itu baru sediain sahur buat Mas, soalnya Dno lagi ngga puasa..., paginya berasa ngga enak badan, langsung kerokan ... hahahahah kurang tidur n masuk angin ..tapi berasa udah lega ....



9 August 2010

Agustus, week- 1

Nginep

Ini dia, Hira lagi penasaran sama alat siram tanaman punya nene' ....2 hari kemarin itu kita nginep di rumah nene'nya hira, lagi jenuh sama Tamansari kita ngabur ke rumah Nene, sebenernya minta ijinnya sehari aja, tapi besokannya minta semalam lagi nginep disana.

Jadi Hira ngapain aja nih? ... Hira main sampe puas, jajan sampe puas ..disini banyak orang, banyak yang jajanin ..disuruh mandi aja susahnya minta ampun. bayangin 2 hari ini mandi ditaman sambil diguyur...bukan bukan tepatnya disemprot pake selang buat nyiram taneman ..mirip mandiin kebo ..mending kebo disemprot pake air dari selang..biasanya juga ngerendem di kali. ya ngajarin sapa??? si Aki yang bisikin ke telinga Hira supaya mandi disemprot selang.

Akhirnya udah puas nginep, kitapun dijemput... walau sebenernya masih pengen nginep satu malam lagi, tapi apa daya ..nantilah kita nginep lagi..kapan-kapan kalo bosen lagi

Jalan-jalan

Kemarin ngajak Mas ke anak kecil buat beli baju main si Hira, disana sekalian juga beli kaos n celana buat Riza (sepupunya Hira) ..., Dno pilih kaos spongebob tapi yang modelnya beda nggak pasaran,...kayaknya merchan resmi soalnya gambarnya proporsional...Nah ceritanya begitu masuk mobil Hira bilang "Ila mau pake mombop pepew" ...Halah ...kok bisa kelupaan kalo Hira udah gede :( ..udah punya kepengen dan selera sendiri...lupa beliin kaos Mombop nya buat Hira ..., ya sud ya wis..tak balik lagi aja cari yang buat anak umur 2 taun. begitu masuk mobil -keduakalinya- ... Taraaaaaaaa !!!!! Ibu punya baju Mombop buat Hira..., dan dia langsung mau buka bajunya trus bilang "Ila mau ganti ini ...jelek,Ila mau pake baju Mombop, itu buat kaka iza itu" .... sambil nunjuk kaos yang diminta sebelumnya .... itu ....dasar bocah.


Sebelum berkunjung "lagi" kerumah nene, Mas ngajakin jajan cuanki di jalan lodaya buah batu sana, lumayan enak...sesuai lah dengan yang diceritain di detik. tapi sayang Mas ngga kesampean makan cuanki plus bacangnya,... tapi Dno suka cuankinya enak :) ...coba deh kapan-kapan :) Dno nambah lho... seger karena gurih dan pedesnya ..cocok banget ditemenin sama yoghurt kurang tambah lagi aja sama teh botol..kurang ? pesen lagi aja siomaynya ...kurang? pulang aja deh bikin ndiri :p ...


2 August 2010

Sedang tidak ingin mengerti
tak ingin mencoba
tak ingin bersabar
merasa sedih dan marah
kadang-kadang mungkin harusnya kita sejenak berhenti
ini terlalu melelahkan ... dan aku jenuh