30 July 2010

Panen kompos lagi


Hore mari panen kompos lagi :) .... walau komposternya agak terbengkalai tapi masih bisa diselamatkan panen kali ini sedikit ...tapi mudah-mudahan bermanfaat, gimana? rumput yang Dno tanam waktu itu udah bagus tumbuhnya...dan tanaman yang dibawa dari rumah Nene'nya Hira udah mulai bertunas :) liat kuping gajah raksasa ituuuh ..., Dno ngga semata-mata mengandalkan kompos buatan sendiri ..masih beli juga dari tukang tanaman :( ..tapi untuk selanjutnya mungkin memanfaatkan kompos bikinan sendiri ..doakan ya :)

Kenapa panen nya sedikit, karena sebagian sampah Dno masukin ke lubang biopori di depan dapur ...mumpung punya petugas buat masukin sampahnya :)

Tinggal tunggu panen ... selamat menjaga lingkungan, ... ayo semangat, eh rambut Hira bagus ya? ..mengkilat :)

Berbagi...pohon singkong

Biasanya tukang sayur dateng ke rumah jam 10 pagi, dan biasanya setelah itu Dno bengong mau bikin apa buat makan siang n makan malem? ... Hari ini ayam masih dibandrol Rp 26.000 masih ogah ...tapi akhirnya beli filet ayam, lagi nawar-nawar taunya ada si Aki yang suka jual pisang atau singkong ..

Cerita dikit tentang si Aki, Aki ini suka ajak Dno ngobrol, ngobrolnya sih ngga terlalu penting sekedar obrolan "opieun" ... Aki masih inget aja waktu Dno kasih beras hasil panen, sampe bilang si Nini seneng banget karena berasnya nikmat sampe-sampe makan nasinya ngga perlu pake lauk saking enaknya ... Alhamdulillah, Aki walau ceritanya orang susah tapi kemarin dulu dia sempet kasih Dno pisang Ambon 1 sisir gratis :) ...Dan pagi ini dia dateng bawa singkong..

Aki cerita kalau singkong yang dia bawa ini rasanya lembut seperti roti dan yakin kalo Dno ngga akan nemuin singkong ini dipasar :) ...dia bilang ini singkong yang batang daunnya warnanya merah ..kalo ngga salah dia bilang "sampeu rema" ...Dno ketawa aja karena di kebun sebelah rumah Dno kan nanem ..boleh bawa bibitnya dari rumah Bapak..., kebetulan abis itu Si Aki bilang susah cari bibitnya.

Dno masuk sebentar kerumah, trus keluar sambil bawa 1 pu'un singkong :D hahaha Dno liatin ...kalo Dno punya pu'un nya ..dan Aki boleh ambil bibitnya :) karena batangnya tinggal dipotong dan daunnya juga boleh dibawa pulang ..., hasilnya singkong yang dibeli dikasih bonus :D ... Aki bilang nanti singkong dari bibit ini bakal pulang ke Dno ...

1 jam kemudian Dno n Hira ngemil singkong rebus, yang dikukus pake bawang putih dan garam ... Nin (asisten dirumah) juga ikut ngemil. Nin sempet nanya kenapa Dno sebaik itu sama si Aki ... Dno bilang Entah itu naluriah ... si Aki suka dan merasa deket sama Dno jadi pasti Dno baik sama Aki ...lagipun selama ini barang2 yang dijual ke Dno bagus :) ... Kalau enggak ikhlas singkong rebus ini tentu ngga selezat itu rasanya ...

Ini dia si Aki :) ... suara khas kalo lagi teriak "Neeeeng,...sampeu Aki neeeeng, enak ieu mah cuuuuu" ... terimakasih Aki ..hari ini udah bikin Dno seneng ...apalagi Aki sempet cerita kalo Aki dijutekin sama orang gara gara salah bawa pesenan hahahaha ... semoga Aki selalu sehat dan bisa bawa makanan dan uang buat Nini di tonggoh sana :) Amin


Menggambar dan mewarnai

Pingin ceritain Hira deh... sekarang Hira lagi seneng "gambal" ..menggambar pake crayon, kemarin dulu ceritanya beli buku gambar lagi, kali ini khusus buat dipake design or orat-oret Dno mana tau lagi ada inspirasi, tapi akhirnya ujungnya dipake sama Hira.

Sebenarnya kegiatan menggambar ini sudah dari sejak dia bisa bicara, terutama waktu menghapal beberapa jenis serangga :) , tapi sekarang Hira sudah bisa megang crayon dan belajar menulis, mewarnai, kadang dia yang order Ibunya mesti gambar apa...

Salah banyaknya ya seperti gambar itu, Hira minta digambarin helikopter, lainnya itu gambarku kanan atas itu ceritanya Hira lagi baca buku tapi dia selalu bilang "itu Ila nangis" ...kiri tengah Hira lagi main sendiri, Dno juga gambarin dia beruang kesayangannya, Ayah yang lagi tidur juga gambar Hira yang lagi asyik main balon diatas bantal ...dari situ Hira udah bisa menyimpulkan tema gambar ...senangnya :)
Hari ini Hira lagi seneng sama mewarnai, dari pagi dia minta Dno gambar objek yang akan diwarnai,... mulai kotak, bulat, bulan dan bintang kecil ...atau mewarnai mobil ..keta api..kacawat telbang, heli koptel ..., beberapa hari yang lalu Dno juga ngenalin Hira seni mozaik :) ...kita main tempel -tempelan pake lem dan gunting ...belepotan tapi seru :) ..., Kadang kita gambar bertiga ..kadang juga Hira asyik ngegambar sama si Ayah ...apalagi 2 hari ini Ayah lagi ngenalin "helikoptel" sama Hira ... ho-oh supaya dia tau bukan cuma Kacawat aja yang bisa telbang ... :)

28 July 2010

Buat camilan untuk Fahira dan Nadia


Iya, hari ini sambil masak soto, habis makan bersama diteras rumah Nadia n Fahira main bersama ...Dno bikinin sate pisang coklat yang bikin muka mereka pada belepotan semua hahahaha, main dari jam 10 sampe jam 1 siang enggak pake nangis-nangisan tapi akur :) senangnya...,

Lebih senang lagi karena sekarang mereka udah bisa ngobrol pake bahasa manusia, liat Nadia nyontohin Hira buang air minum lewat mulut disemprot-semprot, juga saling ledek-ledekan waktu makan sate pisang cokelatnya ...kalau udah main berdua, udah kayak punya anak dua ...hahah begini kali rasanya punya anak dua :) yang satu minta pup..yang satu minta pipis ...

Moga moga mereka bisa berteman, bersahabat dan saling menyayangi sampai besar nanti ...Amien... Ebo sayang lho sama kalian bedua ..

25 July 2010

Ulang tahun Mas ..

Minggu ini, sebenernya banyak yang mau diceritain, selain cerita Hira yang tambah pinter buat diajak ngobrol :) dan acara nyanyi bersama yang biasa kita lakukan di kebun sebelah...Bulan ini Mas juga ulang tahun, Dno ngga bikinin soto spesial atau nasi kuning yang biasa tapi tahun ini Dno belajar bikin Cake :) ...pake logo jagoan yang sayangnya kebalik :p ...walau Mas orang yang ngga begitu perhatian sama hari ulang tahunnya ...tapi Dno udah seneng bisa bikinin Mas kue ulang tahun yang penuh krim dan coklat itu.

Mas selamat ulang tahun :) semoga Mas semakin sabar ngadepin Ibunya Hira ini dan selalu jadi Imam yang baik dan Sholeh ..Amien.

Minggu ini jadual makan Hira dno tambah, yang biasanya kalo malam ngga Dno kasih makan, sekarang frekuensinya Dno tambah acara makan sambil main kalo malem. dan sore kita makan sambil duduk diteras begitu makanan habis, kita langsung siram-siram tanaman dan main sampe keringetan :)

Minggu ini juga bisa bikin satu blog lagi, blog khusus buat cerita tentan masakan yang udah Dno coba dirumah, coba liat deh klik DAPURNYA EBO , kenapa dikasih nama itu...EBO adalah suara panggilan Hira dari umur 1o bulan ..kalo sekarang dia udah bisa panggil "IBU" kadang-kadang kalo lagi ngece ...manggilnya "ebo bo bo booooo" juga sekarang kebanyakan orang manggil Dno .."Ebo"
Minggu ini Dno juga lagi keranjingan ngerapiin taman juga memelihara tanaman lagi ...fyuh pengen punya banyak aglonema merah memenuhi taman..., juga pengen lebih memperhatikan si mawar putih yang diserang banyak hama ...

Fahira,...semakin hari menjelma menjadi sahabat kecil buat Dno :)

18 July 2010

mari belajar memasak lagi ...


Garang Asem :

Bahan : ati ampela ayam, daun pisang

Bumbu : bawang putih, bawang merah, sereh, salam, laos, belimbing wuluh, daun kemangi, garam, bawang daun , cabe rawit utuh, cabe merah, cabe hijau, santan, garam

cara buat : ati ampela dan bumbu, beri santan lalu bungkus daun pisang lalu kukus...

Enak dimakan sama nasi anget, ditemenin sama krupuk mping...
------------------------------------------------------------------------------------

Tumis Brokoli Tahu
Bahan : brokoli dan tahu
Bumbu : iris (bawang merah, bawang putih, tomat, bawang bombay, bawang daun) garam

Cara buat : tumis bumbu, masukan tahu (tahu iris segi empat goreng mel' mel') masukan brokoli, tambah garam dan taburi garlic powder kalau punya ...beri air sedikit...

Hira suka banget sama brokoli ..dan ini memang bagus buat Hira :)
-----------------------------------------------------------------------------------

Sambel Goreng Daging + Kentang

Bahan : Daging sapi, kentang
Bumbu : (Bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, kemiri, laos, tomat), garam dan gula merah, asem jawa, daun salam

Cara buat : daging sapi dan kentang direbus dalam panci press 15 menit supaya empuk banget, Bumbu dihaluskan lalu tumis beri asam jawa, gula, dan garam, beri daun salam..masukan daging dan kentang beri air rebusan daging sedikit saja ...

Ini termasuk makanan favorit Dno :) ...karena pedes gurih manis... makannya mesti nambah :) daging dan kentangnya empuk ...jadi ngga repot makannya ...air daging nya bikin kuah berasa lebih mantap ... :)


Ngga pernah berhenti

Foto ini diambil pagi-pagi, iya betul rutinitas selama menjadi Ibu rumah tangga dipagi hari buat dno adalah siapin bekel buat Mas, :) ... kadang bingung sama menu, tapi dijamin bergizi dan sehat, dno beruntung banget punya suami yang ngga doyan jajan diluar, lebih milih makan masakan istrinya hehehe..., walau kadang bingung juga setiap hari isi menu apa..ini termasuk yang menu kilat 15 menit jadi... Nasi goreng, roti dan agar-agar hehehe ..., selesai dikemas..kadang kadang kita ngerumpi sama-sama sambil duduk dimeja makan ..minum kopi atau teh hangat sambil sarapan roti ... :) santai ..karena jam segitu Hira masih pules dong ...

"Mas... ingat jaga kesehatan hehehe "

Nah Ini waktu Hira ribut pengen "toti cokat"..., kalau sudah begini Hira duduk dimeja makan ngoles dan nabur roti, walau acak-acakan acara oles mentega dan tabur coklat ini juga termasuk melatih motoriknya semakin halus ...Hira bisa sampai termanyun-manyun ngolesin mentega hahahaMinggu ini Dno bongkar mesin jahit, soalnya mendadak bunyi dan bunyinya ngga enak, ganti sama yang ada digudang, udah cape bongkar taunya ngga sreg juga jadinya dipasang lagi, dibantuin sama Mas n Hira ..mesin jahit ini lumayan berat...Hira sempet kejepit kakinya...trus nangis,.. ngga lama yang kejepit tangannya ..masih nangis juga, trus tangannya direndem sama air es..biar lupa sama sakitnya.. ngga lama dari itu dia udah ngerecokin mesin pake obeng ...

Dno juga sempet beli aglonema yang daunnya merah ...pengen punya, doain ya supaya bisa tumbuh banyak, udah berguru nih sama nene'nya Hira...moga moga berhasil merawat tanaman-tanaman yang ada dirumah :) ..., Hira minggu ini lagi hobi menggambar ...Iya Dno ngajarin hira membuat garis juga menggambar ...menggunting dan menempel ...senang banget ngeliat dia antusias dan ngerti apa yang kita gambar ...

Sempet gambar hira lagi duduk mirip nggak ? ...bulan ini Hira semakin aktif, tidurnya malem terus ...kadang Dno ngerasa kurang istirahat ...tapi ya memang sampai tahun ke-4 kali ya baru bisa ngerasain istirahat lebih enak ...insyaAlloh ...bersyukur banget Hira tidak mengecewakan :) malah cenderung menyenangkan ... :) ...

Well cerita minggu ini sampai disini dulu ...mau posting resep masakan lagi, maklum masih pemula ...sekaligus mencatat masakan apa yang udah Dno coba...

6 July 2010

Ayo belajar memasak lagi ...

Waktu Hari Minggu kemarin, Dno bawa penggorengan bulet-bulet macem cetakan takoyaki dari rumah nenenya Hira, jadi rada semangat buat makanan yang bisa dibikin bulet-bulet kayak gitu ...sejauh ini baru beberapa makanan ini yang bisa Dno buat :

Dadar waka-waka :
Bahan : 2 telur, bawang daun iris, tahu , sosis iris, seledri, daging cincang
Cara buat : semua adonan campur jadi satu lalu tuang ke penggorengan

Pukis
Bahan : 2 telur, 200 ml santan, 200gr terigu, 11 gr yeast, 100 gr gula (atau selera), 3 sendok minyak, meses coklat, keju lumer
cara buat : 2 telur dan gula di kocok sampai pucat, baru masukan santan lalu terigu, lalu yeast lalu 3 sendok minyak, biarkan 1 jam sampai adonan mengembang, lalu tuang ke penggorengan isi 1/2 nya karena akan mengembang, taburi meses atau keju lumer.

Sop Kaki sapi
Bahan : kaki sapi /kikil , wortel, jagung muda
Bumbu : bawang putih, bawang daun, merica, garam, seledri, tomat

Cara buat : rebus kaki sapi/kikil dalam panci presto. bila sudah lunak masukan bawang putih, merica, garam, wortel dan jagung muda, masukan tomat, seledri dan bawang daun ...
sebentar aja buatnya...sebentar juga ludes nya :p...


nanti Dno cerita lagi....makasih lho sudah mampir :)

2 July 2010

Tahu jamur kukus buat Hira


Kemarin bikin Tahu jamur kukus buat Hira..., biasanya orang buat dibungkus pake daun pisang, mirip pepes kali ya, tapi Dno buat pake cetakan ager aja biar gampang dan cepat.

Bahan :
  • Tahu, jamur kancing, telur 3 butir, udang cincang
  • Bumbu :( iris bawang daun, bawang bombay, bawang merah, bawang putih) merica, garem, daun kemangi
Cara buat :
  • Oseng bumbu , masukan tahu yang sudah dihancurkan dan jamur, tambah merica, garem, daun kemangi tunggu sampai setengah matang, dinginkan
  • campur osengan barusan sama 3 butir telur mentah
  • Masukan ke dalam cetakan lalu kukus :) ...tunggu sampai matang
Enak dimakan sama nasi anget , atau sama bubur juga bisa ...

belajar jahit baju Hira ...

Bulan ini hampir ngga punya kegiatan, selain ya diem aja dirumah, enggak pergi kemana-mana ...buat membunuh rasa bosan yang bikin penat pikiran juga hati, apalagi selain bikin hal yang bisa dikerjain, minimal tangan jadi sibuk ... kepala jadi mikir dan waspada supaya ngga ketusuk jarum ...

Yang ini dibuat dari sisa kain yang Dno pakai buat jahit gamis panjang itu ..senangnya Hira suka walau ukurannya terlalu besar sedikit :) ..biarin lah ya biar bisa dipake lama, bikinnya lumayan puyeng juga soalnya Hira ngga mau diukur, dia selalu kabur kalo Dno dateng bawa meteran, besoknya dia rikues pake baju itu buat jalan-jalan kedepan...



Kalau yang ini lain lagi ceritanya, kemarin dulu Dno dikasih baju baju jaman dulu sama mertua, nah karena badannya ngga pas pastinya baju baju itu ngga akan bisa kepake meski buat dirumah... salah satunya baju yang ada bordirnya, bajunya Dno bongkar hahaha...Dno sulap jadi baju buat Hira main ..., Dno suka hasilnya dan ini jadi baju Favorit Dno ...

Ini Dno buat dari sisa kain spre, dulu ada yang ngadoin spre yang ada rumbai-rumbainya, nah rumbai2nya Dno bongkar dapet sekitar 6 meter panjangnya, karena masih sisa banyak Dno bikin jadi tempat simpan alat-alat jahit seperti (gunting,pinsil, penggaris,meteran) ditambah buat tempat jarum berbentuk Dadu ...dikasih pemberat batu dibagian bawahnya supaya kalo tusuk cabut jarum tempatnya tidak bergeser karena ada pemberatnya ...

Kalau yang ini foto Hira waktu bantu Dno buat masak Nasi :) ...sudah 3 hari berturut2 dia bagian masukin beras ke panci rice cooker :) ... masih sedikit-sedikit dilibatkan dalam pekerjaan Ibu Rumah Tangga dirumah ...

Bener deh rasa bosan itu musuh yang paling Dno takutin, karena itu menguras energi banget, sampai sekarangpun masih berjuang banget buat mengatasi itu, meski kadang berasa frustasi hahaha...tapi ya coba disyukuri aja, dengan itu Dno pasti bisa bertahan .. lho kok jadi curhat???

Blog ini bener2 penghibur buat Dno....apalagi hari ini lumayan berat, karena Hira lagi jadi pengacau ...nangis terus. mungkin dia juga bosan kayak Dno ...hehuehueue....sekarang dia lagi tidur siang ... wah semoga nanti waktu bangun mood nya berubah jadi lebih baik..

Udah ah nanti cerita lagi ...terimakasih lho sudah berkunjung ...