7 April 2010

Belajar lebih memahami Fahira (2 Tahun)

Hira yang udah 2 tahun, mungkin akan lebih ekspresif untuk memperlihatkan emosinya,gampang marah, gampang nangis (kadang-kadang air mata buayanya keluar), suka menendang, menggigit dan menjerit.Dan pasti Ibu harus pintar menghadapi semua itu, mengekspresikan emosi itu sehat buat Hira

Ngebiarin Hira buat merasa ngga hepi, ngerasa sedih itu nggak apa-apa karena sedih dan marah adalah bagian dari hidup. tapi akan lebih baik kalau Ibu memberi respon atas semua yang Hira lakukan...karena ngga baik juga kalo Ibu selalu bikin Hira senang :) .. kayak kejadian kemarin waktu kita baru pulang dari TK ...

Begitu turun dari ojeg .. Hira langsung teriak dan nangis "Kaaaaaakaaaaaak maiiiiiiiiiiiin ...pegiii" Hira pasti pengen balik lagi ke Tk dan main sama Kakak-kakak di TK ..tapi sayang itu waktunya kita pulang dan tidur siang :) .. Hira nolak Ibu gendong malah mukull Ibu, tapi Ibu tetep Gendong Hira kita sempet ngobrol

Ebo : "Hira sedih ya harus pulang? sama Ibu juga sedih..tapi kita harus pulang, makan siang dan tidur siang biar Hira jadi anak yang sehat
Hira : "ngaaa mauuuuuu .....maiiiiiin kakaaaaaak" (nangis makin keras)
Ebo : "Iya Hira sedih...kita besok lagi kesana ya..sekarang Hira ganti baju dulu trus kita makan...

Hira tetep nangis..sampe akhirnya cape sendiri, dan berhenti nangis waktu Ibu kasih liat Ibu punya pisang yang perlu dihitung...lalu kita sama-sama ngitung pisang.

Ngga apa-apa buat marah sesaat, dan nangis sekeras-kerasnya atau nendang bahkan gigit Ibu, ...nanti kita bisa sama sama mendiskusikan itu kalo Hira bisa jelasin kenapa marah Ibu mungkin bisa ngebantu sedikit dan ngejelasin kalau kadang-kadang semua berjalan ngga seperti yang kita inginkan :)

Sekarang Ibu punya PR buat ngajak Hira belajar, supaya Hira mengerti konsep di sana, di mana, di dalam, di luar, di atas, di bawah, jauh-dekat,dan jauh sekali, juga mengajari Hira ukuran, bentuk, jumlah dan jenis semuanya pelan-pelan akan kita pelajari..bersama

Ibu udah bangga sih, Hira udah ngerti kalau Ibu minta tolong "Ambil gelas diatas meja"...dan Ibu udah ngerti kalo Hira bilang "Buh..mau bawah" yang artinya Hira mau ke bawah :) tapi kita harus terus belajar supaya Hira cepat mengerti... terutama beberapa kondisi seperti

Ebo : Ayah kemana?
Hira : pegi...
Ebo : Kakak kemana?
Hira : cekolaa
Ebo : Om boy mana?
Hira : pegi

Tapi rupanya Ibu belum cukup buat banyak pertanyaan untuk Hira :) ..mungkin lain kali kita akan bahas, ikan hidup dimana? burung terbang dimana?

Satu lagi Ibu juga punya PR buat meningkatkan Vocab nya Hira... Hari ini dapet tips untuk membantu kemampuan berbicara Hira,

  • Ibu harus mengulang kalimat yang Hira ucapkan juga tidak mengoreksi kesalahan ucap ...melainkan dilain waktu Ibu harus lebih jelas mengucapkan itu didepan Hira
Hira : "buh nala..gedeo"
Ebo : "Hira mau Ibu nyalain Radio ?"
Hira : "buh Hila mau minum"
Ebo : "Hira mau Ibu ambilin minum?"
  • Ibu disarankan untuk ngga nyuruh kamu mengucapkan sesuatu dengan paksaan seperti " Ayo bilang..Bu Hira minta tolong" .. :( padahal selama ini Ibu sering begitu ..ternyata salah ya
  • Ibu juga disarankan buat selalu bertanya tentang apa yang Hira lihat dibuku dan nanya Hira buat menceritakan apa yang ada digambar buku tersebut, lalu apa yang akan terjadi selanjutnya :)

Selalu ada hal baru yang buat kita menjadi lebih semangat ...., Semoga Ibu dan Ayah bisa jadi Guru yang baik buat kamu ...

4 comments:

Anti said...

nice story...cepat pintar ya hira..salut buat ebo nya...kisses for both of u..

Chenzhen 20160303chenzhen said...

20160319chenzhen
michael kors outlet online
kevin durant shoes
louis vuitton handbags
michael kors handbags
true religion jeans
ugg boots
michael kors handbags
cheap air jordans
coach factory outlet
polo ralph lauren outlet
coach outlet store online
kate spade outlet
cheap air jordans
coach outlet store online
oakley outlet
christian louboutin outlet
nfl jerseys
ray ban sunglasses outlet
michael kors outlet online sale
coach outlet
true religion
canada goose outlet online
coach outlet
michael kors outlet
air jordan shoes
louis vuitton bags
air max 95
louis vuitton handbags
ralph lauren
canada goose outlet
ghd hair straighteners
ray ban sunglasses
ugg boots outlet
coach outlet online
gucci outlet
tory burch sandals
louis vuitton
copy watches
michael kors outlet
retro jordans 13

Libin Huang said...

20160406libinpandora jewelry
longchamp handbags
juicy couture outlet
ray ban sunglasses
true religion jeans
kobe shoes
asics,asics israel,asics shoes,asics running shoes,asics israel,asics gel,asics running,asics gel nimbus,asics gel kayano
michael kors wallet
louis vuitton bags
prada outlet
michael kors outlet store
longchamp pliage
toms outlet
cheap nfl jerseys
mulberry outlet
nike air max
cheap mlb jerseys
michael kors canada
michael kors sale
nfl jerseys
prada outlet online
nike mercurial
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
rolex uk
kobe bryant shoes
hermes outlet
michael kors outlet
christian louboutin online
michael kors handbags
mcm outlet
nike air max 90
soccer jerseys wholesale
pandora outlet
michael kors uk
michael kors outlet

dong dong23 said...

nike air max
hollister outlet
cheap oakley sunglasses
christian louboutin shoes
nike uk
air jordan 13
jordans
oakley sunglasses
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors handbags
louis vuitton handbags
tods shoes
toms
tiffany outlet
michael kors outlet
oakley sunglasses
fitflops sale clearance
christian louboutin outlet
nike outlet store
nike air max
gucci handbags
coach outlet
hollister clothing
cheap oakleys
adidas originals
jordan shoes
designer handbags
nike free run
air max 90
coach factory outlet
cheap ray ban sunglasses
replica watches
polo ralph lauren
cheap jordans
abercrombie
kate spade outlet
louis vuitton
oakley sunglasses
toms outlet
20165.21wengdongdong