25 April 2010

Wikend Icip-icip kelapa bakar

Wikend ini ada acara pertemuan RT tapi sore, Pagi-pagi Mas ngajakin kita beli makanan ayam ke Caheum, dulu sebelum beli ke Caheum, biasanya beli di Arcamanik situ, tapi kayaknya memang lebih enak toko yang di Caheum ini, letaknya sebelum indogrosir sebelah kiri jalan kalau dari arah Cibiru. Begitu masuk mobil tiba-tiba telunjuknya bergerak trus bilang "Kita jajan kelapa!" sambil ketawa .... ahak-ahak ahak, penasaran ...berhentilah kita di Jalan Jakarta
Semula dikirain es kelapa muda, karena udah jam 11 siang dan Bandung lagi panas... Dno pesen kelapa bakar pake rempah, Mas pesen yang spesial, Hira? Hira cukup pesen kicimpling ajah ..sebab kelapanya ada jahenya ... Awal mula ngerasain berasa aneh, tapi lama- kelamaan enak juga,... katanya ini minuman khas kalimantan, Dno baru pertama kali ngerasain kelapa muda dibakar trus ditambahin rempah,..kayaknya menu ini lebih cocok diminum didaerah dingin...atau pas udara lagi dingin atau pas musim ujan kali ya ... makan kelapa kunigor enak ternyata :) ...

sorenya Dno pergi ke pertemuan RT, tapinya ngga sempet poto-poto,.. tapi malah bawa bungkusan makanan banyak dari tempatnya Bu Ading,... masakannya enak banget...kebetulan Mas dirumah belum dimasakin, jadi ngga usah masak lagi, Hira ngga rewel ditinggal pergi tadi ..senangnya :)

Nah karena waktu hari sabtu Hira nangis pengen berenang, ini lho kemarin itu Mas bayar tagihan air , nah disamping gedungnya itu kan kolam renang, Hira tiba tiba nangis "Eeh belok...belok.. mandi..mau mandi?" ...Kekekekekek dia pengen mandi dikolam renang kan males banget wong udah jam 12 siang jadinya hari Minggu dijadwalkan berenang kebetulan sudah sebulan lebih ngga berenang...

Minggu ditungguin bangun susah bangun :p ... sebelum berangkat renang, sediain spageti dulu buat Mas, telur rebus serut keju buat Hira sarapan,..abis itu berangkat... dengan girangnya bocah nyanyi di mobil "Hila..belenang..hila mau lenang" ....kita bedua hepi deh denger hira makin jelas gitu ngomongnya...
Ini waktu ada dikolam kecil yang airnya anget,..cuci-cuci disitu dulu kalo udah kedinginan ... hira ini paling seneng berenang, sekarang udah lincah kakinya, lagunya juga banyak kalo berenang udah macam orang pinter aja, padahal belom bisa pun. Berenang dari jam 9 sampe jam 11 ...berikut belum puas masih dilanjutkan berendem air anget diember gedenya..sambil sabunan... habis berenang yang laper malah Dno,.. siang-siang minta ditraktir kelapa kunigor lagi :D ...hehuehueuhe senangnya wikend kumplit plus wisata kuliner ... 2 hari ini Mas kayaknya mikirin ayam terus ... sibuk menata dan menghias kandang Joko... no no...aku tak cemburu sama ayam kok ... itu calon ayam bakar kita hahahaa....

23 April 2010

Bubur sumsum - bubur lemu

Gara-gara tadi pagi mimpi makan bubur sumsum a.k.a bubur lemu, jadi kepingin banget makan bubur lemu. karena ngga mungkin banget nyari tukang jual bubur lemu, jadi mantapkan hati buat sendiri...
Bahan :
  • 2 gelas beras direndem air sampe pada bengkak kurleb (4 jam juga cukup) trus dibikin tepung beras, kenapa tepung berasnya harus baru? karena biar enak.
  • santan 2 gelas
  • gula merah , gula pasir, garam, daun pandan
Cara buat :
  • air santan + tepung beras + daun pandan diaduk + air secukupnya diaduk, taru diatas kompor aduk terus sampe mulai kalis, dan tambahkan sisa santan + air secukupnya sampe mulai terbentuk seperti bubur sumsum ... tambah garam sesuai selera
  • gula pasir dan gula merah masak karamel, kalau udah jadi karamel siram air, kalau mau agak kental kasih tepung maizena ...tambah garam dikit
bikinnya gampang banget, tapi harus sabar ... sebelumnya pernah bikin tapi ngga sebagus ini :) beneran yang ini mirip sama yang mang-mang tukang bubur bikin itu.

Hari ini Bandung panas sekali sodara-sodara, dan bocah dirumah jadi susah tidur.. segala pake minta main "ayin" (maksudnya ayunan) ...jadinya dipasanglah ayunan ajaib itu dipintu

Bukannya malah ngantuk,..jadinya malah seger, pake jerit-jerit kegirangan, tadi siang abis ngambek dia sama Dno, ngambek gara gara pipinya Dno gigit ..hahahaha... abisan gemes. Dia nangis nyamperin Bi Aan ....sambil nangis "Ibuuuu..ngga boleh...cubit..." enggak kok Ibu ngga cubit ira...cuma gigit :p ...kan dikit ... dijawab " Ibu engga boleh..cubit " ...laaah dibilang enggak cubit..ibu gigit :p ... Bi Aan ketawa ketawa aja liat emak sama anak ribut...


21 April 2010

Mas,..selamat ulang tahun pernikahan kita :)


Mas,.. selamat ulang tahun pernikahan yang ketiga, walaupun orang-orang hari ini pada ngerayain hari Kartini :) , Makasih 3 tahun ini Mas udah jadi imam buat aku n Hira, udah jadi suami yang baik dan sesuai dengan harapan serta mimpiku ...udah jadi Ayah yang baik untuk Fahira ..

Jangan pernah berhenti untuk selalu bersyukur dan bertakwa pada Alloh SWT,...mohon maaf kalau selama ini Dno suka membangkang, ngelawan dan tidak patuh ...setiap hari Dno akan perbaiki insyaAlloh menjadi lebih baik,..dan lebih sabar ...

Mas, terimkasih sudah menjadi pelipur lara dan penghilang rasa sedih Dno selama ini. terimakasih sudah hadir setiap hari disamping Dno,... juga jadi orang yang pertama Dno liat kalau bangun tidur ... meski mas sekarang udah 99 Kg tapi Dno tetep sayang sama Mas... semoga kesabaran Mas diganti dengan syurga oleh Alloh SWT, semoga anak kita menjadi anak yang sholehah..dan semoga kita semakin kuat dan kompak menghadapi hari esok ...Amien....

20 April 2010

Buat Baju Hira lagi...

Hari ini buat rok untuk Hira ... :) ... waktu dipakein ngga mau dilepas hahaha...jadi kejer-kejeran, dia suka sama bajunya ... liat aja gaya centil bak modelitralala - trilili. tadinya hari ini pingin bikin baju quilt buat Hira, tapi diundur :D ... nunggu lain waktu aja...

19 April 2010

Wiken kita ngapain?

Tante Ella ...Ini lho bajunya sekarang jadi baju favoritnya Hira ...kalo pake baju ini keliatan udah kayak ABG ...dipasangin bunga trus jalannya bisa geol sana geol sini ...kekekkekeke ..

Saptu bangun siang banget, padahal mau jalan-jalan ke Sapan, buat ambil beras... abis itu ke carefour weekend ini diajak Mas jajan Pizza , mampir ke Borma bentar abis itu pulang... sampe rumah tidur sore ..bener-bener nikmat hahahah...soalnya kekenyangan..

Ini lho sambil nunggu menu dianter Hira main-main sama piring & tissue, muter-muter meja trus berapa kali balikan cuci tangan ...bagusnya Hira ngga doyan sama pizza cuma mau beberapa suap.. abis itu nempel hihihi.. orang pada aneh kok ngeliatin Dno kasih ASI sama Hira :D ...

Kemarin sempet beli stiker di Borma main-main gambar tempel dibuku gambar, Dno buat sesuai rikues, kalo Hira minta "rumah" bikin potongan rumah trus tar dia yang nempel,...seru nih dia udah pinter nempelin pohon ...bintang, bunga dan rumah sejajar, trus dibawahnya dikasih ikan dilangit-langit nya ada bintang juga baju ..heh baju??? iya dia mau bajunya ditempel dilangit hahaaha...

Kalo ini ceritanya masih keranjingan sama layangan kemarin Dno coba terbangin layangan, tapi ngga sukses malah diketawain sama Mas,... lagian anginnya ngga jelas gitu jadi bingung kan layangannya mau terbang kemana ... malah jadi sakit tangan,..mainnya mesti dilapangan trus Hira nya mesti dipegangin dulu soalnya dia ribut narik benang kenurnya juga :( ...jadi repot abis itu layangan nyangkut dikawat berduri ...jadi sobek :D hahahhahaha putus asa dah nerbangin layangan ngga sukses ...

Buat Qai ...cepet sembuh ya, jangan lama-lama sakitnya :) ...biar bisa main lagi ngerepotin Ibu :)

16 April 2010

Cute dog... & cute girl .. :p

Ini pasti efek cikopi digulaan ...tadi siang, abis nemenin temen begadang sambil chat sambil browsing, ngefans banget sama segala bentuk kreatifitas yang bisa bikin kita lupa sama waktu,...sebenernya dari kecil pengen kuliah yang berbau-bau seni tapi apadaya Ibu dan Bapak tidak mengijinkan jadi sekarang tetep aja hasrat itu suka menggebu-gebu...

Abis mampir ke Blognya mbak Gina (penasaran ada gambar baru ngga :D ) jadinya liat juga ke web ini jadi kepengen nyoba padahal udah subuh Wakakakaka... penasaran juga ya akhirnya, tertarik buat papercraft yang Dog, sayang printer warna dirumah dah rusak, jadi pake printer laser item putih... hasilnya lumayan lucu, thx banget sama mbak Gina yang udah share kegiatannya :D ...


Tadi sore sambil tunggu Mas pulang dan abis mandiin Hira juga, dno iseng bikin boneka dari kain Flanel, padahal ide awalnya bikin iket rambut lumayan dapet 5 biji tadinya bingung, pengen bikin tempat buat naro iket rambut karena suka jorok sih simpen iket rambut ... trus jadi coba bikin boneka, ceritanya tar iket rambutnya dijadiin rok aja buat si boneka, tapi malah ngga bagus ...
Abis nemenin Mas makan malem, sambil nonton OVJ, badan boneka udah jadi... dipake main dulu sama Hira ... "Buuh..patat eka e'eh" gitu katanya ,...Hihihi iya itu bonekanya belon jadi say,...masih mau dibajuin tar... nanti Ibu bersiin patatnya ... (dalem pikiran..bisa ya dia ngayal sama boneka flanel yang lon jadi itu?? tapi kenapa mesti ngayal boneka lagi e'eh ya????) ..ah gudek-gudek kepala ...sabodo ah ...

Abis Hira bobo, finishing boneka yang bakal punya nama "Neneng Gaya" manis juga ditaruh diatas tumpukan CD n Buku dimeja kerja si Mas hehehehe ...biar tiap koding ntar dia ingat dengan kegenitanku :p ...hahahaha >:p

15 April 2010

layang-layang nyasar ...

"Buuuuuuh, iebuuuh...ibuuuuuuuh...niniiiiih"

"iyaaaaaaaa !!!" ngga kalah histeris deh suara Dno nandingin lengkingan suara Hira yang membahana keseluruh penjuru rumah. orang lagi asik banget nikmatin lagu Isabela nya Amy search, lagi paaas diresapi sampe Dno niruin gaya Amy search yang ngejauh-jauhin mic kalo nyanyi...udah heboh nyamperin eeeeh taunya...

"Tuuh, ..iyat ! ayang-ayang..." ...sambil nunjuk heboh banget selembar layang-layang nyasar lagi terbaring tak berdaya...

Wah ternyata ada layangan nyasar ke pekarangan kebon kita ya. padahal acaranya baru bangun tidur trus mau makan nih, udah kheuseus goyeng ayam pake kerupuk segala, (goreng sambil nonton si Amy search) tapi sibocah pengen diajarin main layangan. serta merta nunjuk sepatu bot ungu trus minta dipakein *soalnya khusus yang ini dia belom ahli makenya.

"Tunggu !!" Dno bilang ma Hira soalnya mau ambil piring yang isinya tentu nasi hangat dan ayam goyeng+ kerupuk , buat nyuapin Hira.

Abis nyamperin Hira disebelah, dia masih mau nunggu..dan selama main layangan Dno nungguin ajah, begini ceritanya
  • Layangan diambil trus berusaha diterbangkan dengan cara dilempar....trus jatuh
  • Layangan diambil benangnya lalu dililitkan dileher ....tentu ini ngga berhasil
  • Layangan dikibas-kibas trus dia bilang "Buuh kupas...angin..kupas..angin" (maksudnya kipas angin kali yak?)
  • Layangan akhirnya di injek-injek, mungkin dia berharap layangan bakal berontak dan terbang hihihihi kabur)
  • Akhirnya layangan dibawa masuk rumah dan dicuekin hahahahah
Gimana nasib piring makan siang dan menunya? ...tentu habis sama Dno :p, karena dia bilang "ngga mau !!! " akhirnya dia cuma makan coco + susu, dan agar-agar cokelat...besok mau beli layang-layang ah... jadi pengen main layang-layang.

Hari ini cuacanya panas... sampe kesian liat rumput dan ayam kepanasan,..si Joko kayak stress tiap protes Hira teriak.. "Buuh Ayam kaget" ... tiap kokokkokokkukuruyuk Hira bilang "Apaan tuh?" ..Hahahaha demen deh gue kalo dia dah bilang "Apaan tu?"

14 April 2010

Cabe-cabeku yang malang

Lagi jalanin proses weaning..kayaknya susah banget, sekarang udah mau 25 bulan tapi ASI nya belom berenti. nenen sebelom tidur siang , nenen sebelum tidur malem .. :( ...sampe pegel2 banget badan..., nyoba semalem tanpa nenen..ujungnya malah nangis kejer sampe jam 2 besoknya dia masuk angin trus diare ...pupupnya cair banget...jadi merasa bersalah...

Iseng kemarin baca blognya mbak Gina, trus jadinya liat juga web purlbee lucu, jadi pengen bikin boneka jari kelinci buat Hira dirumah, jadinya ambil stok flenel sambil nunggu Hira bangun tidur...
Hasilnya sih ngga sebagus yang bikin aslinya :p ..tapi ya lumayan Hira seneng dibikinin itu...dia bilang "Buh meeooong" ..."meoong" ...hmm sepertinya Dno salah pola kali ya? maksudnya itu kan bikin kelinci? mana ada meong kupingnya tinggi begitu? Abis Dno bilang "itu meong? kayaknya itu kelinci?" ..eh Hira bilang "guguk...guguk?" ....gedungbrak ...ya udah deh terserah Hira mau kasih nama apa ..Meong boleh,..guguk boleh ... :( sepertinya aku gagal lagiii Ibu kasih nama bonekanya "Meguk" (meong belegug!)

Hira belakangan ini lagi ngincer cabe rawit nih, tiap main disebelah selain abis nggosipin KD ama Raul lemos dia juga kasih perkembangan kasus Gayus sama si Joko (Ayamnya Hira) sambil abis itu jalannya miring-miring setengah mindik-minding buat curi-curi petik cabe ... kalo dah ketauan Dno suka teriak "OOOooooh Tidaaaaaaaaak" pake logat Pocoyo waktu keilangan balon merahnya. Tersangkanya sih meringis-ringis sambil bilang "Cabeeeeee....ejooooooo" trus nyengir...sambil liatin giginya yang gude-gude itu
Tuh liat aja..gimana ngga sayang cabe udah merah dan menggiurkan itu setiap hari ada aja yang dipetik... :( bukan akibat ulat or bekicot...tapi hama gede yang tangannya ada dua

Hari ini goreng krupuk buat temen makan, sambil ditemenin Hira yang lagi sibuk sama masker, iya dia masuk gudang trus nemu masker yang masih dibungkus plastik, Dno lagi sibuk goreng krupuk dia lari tegopoh-gopoh bilang "Buh ini kuping" minta disangkutin kekuping

Kemarin abis minta Haris buat potong rumput disebelah, Hira kan takut sama mesin potong rumput jadi dia duduk dengan tekun dan tidak bergerak sama sekali hahaha..tapi karena rumput dirapiin jadinya enggak enak buat diinjek sama kaki telanjang, dia mesti pake sendal ...

Beneran sekarang itu Hira memang lagi "it's ok I'll do it by my self" ..dan "I don't need your help Buh" ..pake sendal aja dah ngga mau dibantu. walau sendalnya kebalik kiri sama kanan. tapi kocaknya kalo pake sendal kuning itu dia selalu benerin arah boneka burungnya jangan sampe salah arah..
Ini Hira lagi ngecek perkembangan cabe rawit yang Dno tanem... kadang-kadang dia komentar "Mbakus..mbakus" (bagus-bagus) ... sambil ngeliat reaksi dno kalo dia udah mulai megang cabe ... oh Tuhan..kenapa anak ini jahil sekali ?????

Sekarang dah jarang buka FB, lagi males...sekarang lagi suka nonton gosip...haha beritanya Hot ...ada aja kepinteran wartawan ya buat selalu cari bahan berita ...Maap ya buat Ibu-ibu , neng-neng yang ngga suka sama acara gosip dan atau ngga sempet nonton acara gosip karena sibuk baca or nonton berita politik, ekonomi dan telekomunikasi .. :p ...eikeh masih punya banyak waktu buat nonton gosip-gosip...sumpah terhibur banget apalagi kalo udah baca komen-komen diforum...

Pagi ini aja si Bi Aan sampe ngakak-ngakak liat Dno komen-komen waktu lagi nonton, yang teriak "bennerrrr...ah yang beneeerrrr?" ...hahaha pas ngeliat KD mewek di Infotainment "Wooo tuh kalo artis pacaran ditanya ngga ngaku...giliran putus aja ngaku deh" ...abis itu "Nah lo dia nangis...tapi bisa banget ya nangisnya bentaran kayak pura-pura ah, ngga percaya deh" ....haaaaa lama-lama Dno bisa punya hobi ngomong sendiri...iya emang ini lagi seru-serunya .. udah beberapa hari belakangan ini sampe dibuat penasaran..bener ngga nih tebakannya kalo semua itu "sandiwara" ..OOOOOOoooooh kegiatannku ngga penting sekali ya Hahahahahahaha.....sudahlah

10 April 2010

Coba bikin Siomay kuah & kantung buat remote

Kemarin lagi nemenin Mas koding, sambil browsing detikfood kebetulan baca resep siomay..sluuuurp-sluuuurp... terus si Mas kayak ngiler sama siomay pake kuah ini tapi karena tak ada pangsit jadinya bersabar saja sampe sabtu tiba, karena Dno sms dolo tukang sayur buat pesen kulit pangsit nya... dan begitu dibikin ... enak :) . Mas bilang "lumayan" .. Dno bilang "Enak" :p ... Hira juga suka ..sama kulit pangsit yang dikuahin itu :D
Bahan :
  • Daging sapi, udang, ayam
  • Bawang daun
  • kulit pangsit
  • bawang putih, garam, ebi, bawang bombay, gula , merica
Cara buat :
  • Blender (daging sapi,udang, ayam)
  • sambil haluskan ( bawang putih, garem, merica, ebi)
  • campur blenderan daging dengan bumbu halus, tambah irisan bawang bombay cincang dan bawang daun yang di iris tipiiiiis ...
  • tambah tepung kanji 1 sendok + tepung maizena 1 sendok
  • tambah air, adoni sampe kalis
  • Adonan ini bisa ditaruh di tengah kulit pangsit bentuk sedemikian rupa dan taruh di panci kukus ..kukus 15 menit saja
KUAH :
  • kaldu sapi atau kaldu ayam (air rebusan tulang sapi boleh, atau rebusan daging ayam )
  • bumbu halus (bawang putih, bawang merah, jahe sedikit, merica, garam, gula)
  • Bawang daun iris tipis
cara buat :
  • Rebus tulang or daging sampai mendidih
  • Tumis bumbu halus, setelah harum beri air rebusan daging ..lalu masukan ke panci kaldu
  • Tambah bawang daun (boleh langsung kepanci, or pas mau menyajikan ditabur di piring)

Dno buat ini banyak, jadi siomay ditaruh dikulkas,... kalau mau makan tinggal panaskan lagi aja Kuahnya sambil ngikut cemplungin si siomaynya...enggak bikin bumbu kacangnya karena males ah :p ...

Kemarin Dno ngurangin sampah sisa kain bekas yang ditumpuk di ruang jahit,.. bikin celana panjang buat Hira lagi, plus bikin tempat buat naro remote TV sama DVD player. soalnya kalo ditaro dipinggir TV or nampang di lemari kayaknya ngga asik, selain itu horor aja suka tiba-tiba keilangan remote lupa naro or kebawa ke dapur hahahah..

Jadi sekarang resmilah tempat remote ini sodara-sodara, letaknya di lekatkan pake kancing di kursi dipan tempat kita nonton TV dibawah, dan seperti biasa pas dipasang rebutan sama Hira ..Hira semangat masukin dan keluarin remote ..kekekekek maenan baru...seru liat Hira ngomel-ngomel karena kalo lagi ngomel bibirnya bisa kembang kuncup...itu bibir bisa dia geser kiri kanan lho tenanan ...
Ini contohnya... Dia lagi jelasin apa gitu bibirnya suka heboh ampe monyong-monyong apalagi kalo dah ngomel-ngomel sambil bilang "Eeeeeeeh ngga boleeeeh man mainan !!! " judes (itu maksudnya bilang "eh ngga boleh bukan mainan!"

Owh Tuhan,...Dno mau dong upgrade mesin jahit :p ...

2 kali ganti mesin obras dan masih ngga becus aja nyetelnya.. ada baiknya ditaro disini biar hapal benangnya masuk kemana aja ... dari make merek pegasus yang bagus itu tuker sama yang kecil merek kupu-kupu terbang, tetep weeh mungkin nanti kalo ada rejeki beli yang beneran :D ..biar semangat ngobrasnya hahahah yu mariii...


8 April 2010

Ayo Imunisasi Varicella

Kemarin tanggal 20 Maret jadualnya Hira imunisasi Varicella (Chickenpox - Cacar air), tapi delay ..jadinya baru sempet hari kemarin 7 April 10, tapi ngga apa apa imunisasi tetep jalan, jam 6 sore udah siap tunggu Mas pulang, Hira girang banget mau diajak pergi..., padahal mau disuntik kekeke *dia pan ngga tau* ..sampai di Harbun juga jalannya semangat sampe kayak melayang diudara. Daftar kebagian no 8 dan begitu masuk, cium tangan sama Dokter Dida, abis itu mulai bengong liat mainan pak dokter *jarum suntik* ... Hira panik ditidurin di kasur sama Mbak Susternya jadinya udah nangis duluan, tapi pas bangun dan udah disuntik diem dia...abis nangis Dno dudukin dikursi depan dokter sementara Mas diskusi jadual imunisasi selanjutnya ..polio dan DPT ulangan, udah beres Hira bilang "Maacih yaaa" sama Dokter nya ... Imunisasi Varicella ini harganya 440 ribu dah sama dokter ...bismillah semoga benar bermanfaat buat badan Hira :) ..Amien ..dan Alhamdulillah akhirnya Hira dapet Imunisasi Varicella ..makasih Yaaah.. :)
Hari ini hari ke-3 acara open days TK abatatsa, ada acara donor darah, jadi pagi ini ikut Mas buat Donor , sekalian nonton acara karnavalnya, Hira bengong waktu Dno jelasin kalo Ayah lagi mendonorkan darahnya, ... Dia malah balik tanya "pusiiing? ...cakit?" ...Dno bilang sama Hira "Sakit sedikit tapi nanti sembuh lagi" .. sambil nunggu kita liat karnaval juga main ayunan..

Siang ini Hira main baskom sama belajar masukin benang ke kayu yang udah dno pasangin paku, kalo benang udah penuh gantian masukin ke kaleng ...sambil nunggu Dno beres-beres alat jahit yang berantakan... buat mengalihkan perhatiannya biasa sambil foto-foto :D kali ini sambil ditanya "anggota badan" iya sekarang Hira sudah fasih betul menyebutkan semua anggota badan :) verbal maupun pake gerakan. Kita bisa tukeran ditanya ... karena kadang dia nanya sama Ibunya "Idung Ibu?" ... trus idung Dno kembang kempis..sama kalo dia ditanya "Idung Ira manaa??? ...trus idung mungil nya kembang kempis hahahaha.....

Semua ditunjuk arahnya ..kacuali kalo ditanya idung (kembang kempis) mata (merem melek)

Sekarang udah ngerti kalo disuruh mengekspresikan "ketawa" sama "nangis" macam ekting gituh? udah ngerti "acem" ..tapi masih bingung asin & manis

Melatih kejujuran itu harus dilakukan sejak kecil ...termasuk kejujuran dalam hal sekecil apapun ... seperti waktu kemarin, pas kita lagi dalam perjalanan pulang

Hira : "Eh..Buh..Ila..ituut" (sambil nutupin idungnya trus ketawa gombal)
Ebo : Waaaah Hira tuut ....ya?
Ayah : WAhahahaha...Hira tuuut...tooh

Hari ini panas...udah jemur krupuk tapi kok masih ngga puas dengan hasil gorengnya ya?? ...krupuk yang penuh tanda tanya..

7 April 2010

Belajar lebih memahami Fahira (2 Tahun)

Hira yang udah 2 tahun, mungkin akan lebih ekspresif untuk memperlihatkan emosinya,gampang marah, gampang nangis (kadang-kadang air mata buayanya keluar), suka menendang, menggigit dan menjerit.Dan pasti Ibu harus pintar menghadapi semua itu, mengekspresikan emosi itu sehat buat Hira

Ngebiarin Hira buat merasa ngga hepi, ngerasa sedih itu nggak apa-apa karena sedih dan marah adalah bagian dari hidup. tapi akan lebih baik kalau Ibu memberi respon atas semua yang Hira lakukan...karena ngga baik juga kalo Ibu selalu bikin Hira senang :) .. kayak kejadian kemarin waktu kita baru pulang dari TK ...

Begitu turun dari ojeg .. Hira langsung teriak dan nangis "Kaaaaaakaaaaaak maiiiiiiiiiiiin ...pegiii" Hira pasti pengen balik lagi ke Tk dan main sama Kakak-kakak di TK ..tapi sayang itu waktunya kita pulang dan tidur siang :) .. Hira nolak Ibu gendong malah mukull Ibu, tapi Ibu tetep Gendong Hira kita sempet ngobrol

Ebo : "Hira sedih ya harus pulang? sama Ibu juga sedih..tapi kita harus pulang, makan siang dan tidur siang biar Hira jadi anak yang sehat
Hira : "ngaaa mauuuuuu .....maiiiiiin kakaaaaaak" (nangis makin keras)
Ebo : "Iya Hira sedih...kita besok lagi kesana ya..sekarang Hira ganti baju dulu trus kita makan...

Hira tetep nangis..sampe akhirnya cape sendiri, dan berhenti nangis waktu Ibu kasih liat Ibu punya pisang yang perlu dihitung...lalu kita sama-sama ngitung pisang.

Ngga apa-apa buat marah sesaat, dan nangis sekeras-kerasnya atau nendang bahkan gigit Ibu, ...nanti kita bisa sama sama mendiskusikan itu kalo Hira bisa jelasin kenapa marah Ibu mungkin bisa ngebantu sedikit dan ngejelasin kalau kadang-kadang semua berjalan ngga seperti yang kita inginkan :)

Sekarang Ibu punya PR buat ngajak Hira belajar, supaya Hira mengerti konsep di sana, di mana, di dalam, di luar, di atas, di bawah, jauh-dekat,dan jauh sekali, juga mengajari Hira ukuran, bentuk, jumlah dan jenis semuanya pelan-pelan akan kita pelajari..bersama

Ibu udah bangga sih, Hira udah ngerti kalau Ibu minta tolong "Ambil gelas diatas meja"...dan Ibu udah ngerti kalo Hira bilang "Buh..mau bawah" yang artinya Hira mau ke bawah :) tapi kita harus terus belajar supaya Hira cepat mengerti... terutama beberapa kondisi seperti

Ebo : Ayah kemana?
Hira : pegi...
Ebo : Kakak kemana?
Hira : cekolaa
Ebo : Om boy mana?
Hira : pegi

Tapi rupanya Ibu belum cukup buat banyak pertanyaan untuk Hira :) ..mungkin lain kali kita akan bahas, ikan hidup dimana? burung terbang dimana?

Satu lagi Ibu juga punya PR buat meningkatkan Vocab nya Hira... Hari ini dapet tips untuk membantu kemampuan berbicara Hira,

  • Ibu harus mengulang kalimat yang Hira ucapkan juga tidak mengoreksi kesalahan ucap ...melainkan dilain waktu Ibu harus lebih jelas mengucapkan itu didepan Hira
Hira : "buh nala..gedeo"
Ebo : "Hira mau Ibu nyalain Radio ?"
Hira : "buh Hila mau minum"
Ebo : "Hira mau Ibu ambilin minum?"
  • Ibu disarankan untuk ngga nyuruh kamu mengucapkan sesuatu dengan paksaan seperti " Ayo bilang..Bu Hira minta tolong" .. :( padahal selama ini Ibu sering begitu ..ternyata salah ya
  • Ibu juga disarankan buat selalu bertanya tentang apa yang Hira lihat dibuku dan nanya Hira buat menceritakan apa yang ada digambar buku tersebut, lalu apa yang akan terjadi selanjutnya :)

Selalu ada hal baru yang buat kita menjadi lebih semangat ...., Semoga Ibu dan Ayah bisa jadi Guru yang baik buat kamu ...

6 April 2010

Day 1..trial di abatatsa

Pagi-pagi udah bangun buat siapin Hira ikut sekolah hari ini...biasanya bangun siang, ini lagi merem juga dicemplungin ke dalem bak aer anget... hebatnya engga nangis. Hari ini mau ikutan trial Taman kanak-kanak di TK Abatatsa, mulai acaranya jam 8 pagi....sekalian bareng sama Mas pergi kerja.
Pas mulai acara Hira masih ngantuk, berapa kali nguap..juga masih bengong liat anak kecil banyak banget...tapi ngga lama dia mau gabung juga... sifat Hira dah bisa ketebak nih...mesti banyak belajar kalo lagi bermain sama yang lain...karena dirumah kebiasaan sendirian dipikirnya semua orang bakal nurutin kemauan dia hahahaha...dan dia maunya main sama anak yang lebih besar ...gimana ini?
Kegiatannya banyak, ini kayak acara numpang main di TK...buat senang-senang .. atau memang begitu kali ya :) ...dan emang si Hira belom ngerti di suruh begini begitu ..baru 2 tahun masih ngga mudeng..apalagi pas acara senam pagi..dia bengong kayak takjub ngeliat guru olahraganya bergerak lincah banget hahahaha....

Bukan Hira namanya kalo ngga nyamperin makhluk yang dia panggil Uwiiiii...ampe puluhan balikan ...sambil jerit-jeritan, dan akhirnya waktu pulang tiba...Hira ngamuk ngga mau balik, sampe dirumah ngadat, terus nangis sambil manggil "kakaaaa, kakkkaaaak..maiiiink" kesian amat ya...Dno juga dipaksa pake kerudung lagi ...tapi udah siang terik banget dan acaranya ngga seperti yang Dno harapkan...mungkin salah mengerti kali Dno nya,...itu lebih ke arah bermain bersama aja..., tapi tetep tertarik buat sekolahin Hira disitu...

Setelah dibujuk pake nenen *iya proses weaning by love jadi belom berhenti nenen..masih dalam tahap dikurangi...* akhirnya dia pules...tidur 2 jam, bangun-bangun Dno kasih mainan tepung tapioka diwarnain...warna ijo...lalu dicampur pewarna merah..., seru dia ngeremes-remes tepung tapioka yang kadang lengket dan kadang bisa cair...jadinya dia sama sekali ngga inget sama sedihnya... abis itu nemenin Hira makan sambil main...bener-bener lagi susah banget makannya, udah bikin macem-macem cuma masuk sesuap,...akhirnya ya sudah Dno taruh semuanya diatas meja kecil biar dia yang ambil sendiri :) ... in case kalo laper ..dia pasti nyamperin makanan itu udah alami ... abis disuapin ngga mau :D ...
Tepung tapioka + air + pewarna makanan ....
Main ini lama banget,...sampe akhirnya hujan turun ...dan kita bubar ngotorin rumah ...

Dno kok berasa lemes banget ya hari ini :'( ...

Bon Bin tra lala ...


Mari kita pergi ke kebun binatang,...iyee diajak Mas main kekebun binatang di Jalan Tamansari Bandung, abis dari indogrosir ...melaju ke bon bin... ngenalin Hira sama berbagai jenis hewan...nyata ini mah ngga liat dari kartu or tipi ..
Sayang ke Bonbin pas jam tidurnya..jadi Hira agak lesu ..walau antusias waktu liat onyet..., Dno juga agak lesu..berasa ngga enak badan ...padahal bonbin lagi sepi ..lagi lucu-lucunya buat didatengin biasanya ni bonbin banyak orang ...kenapa sekarang ngga banyak ??? karena kita datengnya hari SENIN sodara-sodara...
Hira sama ebo dan anak angkat ..ketemu di bonbin...namanya Artin ..bibirnya mirip sama hira kalo lagi bilang "ngga boleeeeeeeh"
Gajah...sampe muter2 pengen ketemu gajah ternyata si gajah ditaroh diujung banget ..
Unta...hira nunjuk-nunjuk unta terus
Monyet yang pengen Hira ajak pulang...dan dijadikan teman tapi mesra ...
beruang !!!.... awas galak lho...judes banget lagi

Kebon binatang lagi direnov, curiga nanti akan ada semacam wahana n pertunjukan,..tangga juga diganti sama paping blok... Ular-ularnya kasian pada lecet juga kayak stress... kurang terawat, dan binatangnya pada lesuu..apa karena kita datengnya siang ya ? bukan subuh ...?



3 April 2010

Mengisi Long Wikend Maret ini ....

Bulan ini kayaknya memang kepikiran terus buat ngasih rumah baru untuk si Joko,...kasian banget soalnya...kukuruyuk nya ngga pernah sampe tamat..keburu kejedot sama kandangnya...kandang si Joko kan pendek...setelah hunting ke Soekarno Hatta ke toko burung dan makanan burung kita dapetnya kisaran 500 ribuan,.. ogah banget :D

Hari jumat siang, Mas ngajakin ke Pasar Sukahaji,..Pasar burung... banyak macam burung yang dijual disana..dan unggas-unggasan lah pokoknya. tapi tentu saja kita ngga beli burung ...karena kita mo beli kandang ayam HAHA ... setelah keliling buat memastikan .. ..sama gede dan sama banget sama "kandang yang ngga bisa ditawar lagi yang di Soekarno Hatta itu" ...dapet dengan harga 240 rebu...

di Pasar burung Mas nunjukin jangkrik sama Hira, ..iya dia kan lon tau jangkrik .."Ra tu apa ra? ...itu jangkrik namanya" ....trus disautin Hira .."Ngunguk...tuh..tuh..ngunguk" -(cecunguk-red) Iya lain kali harus lebih giat lagi mengajari Hira :D... karena setiap dia ngeliat boneka kelinci atau kangguru dia masih teriak "TIKUUUUUUUUUUUUUUUUUS" .....oh Tuhan ...maafkan saya yang belum mengenalkan tikus dengan baik ...

Hira sepanjang jalan bengong ..dia kepuyengan liat burung..iya burungnya kebanyakan ... :p , kepasar burung ini juga sekalian beli DOC orok ayam petelur 6 ekor buat nemenin si Joko ..tar tetanggaan mereka ...kalo beli orok ayam gitu pan dimasukin ke kantong kertas trus tar kertasnya dibolongin dikit...baru dibawa pulang

Berikut percakapan Hira sama orok ayam waktu perjalanan menuju pulang ke rumah

Hira : "Yam...pulang...ngga papah..." sambil mau ngelus ayam dalem tas kertas takut-takut gimana gitu.
Orok Ayam : "ciak-ciak" ..."ciak-ciak"
Hira : "Ngga papah....takut" ... (maksudna ngga apa-apa jangan takut)
Orok Ayam : "ciak-ciak-ciak" (maksudna siayam "ngomong opo to nduk...ra mudeng aku)
Ebo : Wah ini calon ayam bakar kita Ra...>:D .... (diiringi tawa sadis yang membahana...) "Eh Ra..ini cocoknya nanti jadi ayam bakar ato mending di ungkep aja ya ?!@# (bingung sambil megang dagu)

Ini orok ayam lagi dibujuk buat kenalan...kabur-kaburan mulu

Ngomong-ngomong kelupaan mo naro hasil kebaya yang di jahit, beuuugh jangan ditanya..tadinya ini dibikin model kerah ciang'i ..tapinya butut...trus dibongkar lagi..dibikin yang sederhana aja ...tapina kurang berkesan, ngga kayak yang kain bordir padang itu...tapi saya masih mau belajar lagi..ternyata buat kebaya dari kain yang udah tinggal potong lebih susah, lebih mudah bikin kebaya dari kain brukat..

Hari ini lumayan sibuk banget, pagi-pagi aja kita belon mandi udah diajak si Mas ke pasar baru, beli bahan kaos kiloan sama bekatul di apotik AA ...trus sekalian mampir ke pasar suci buat belanja *hari ini mo bikin soto Bandung...dan pas ngeblog ..lagi nunggu mateng :D* .... capeeee...pengen dipijetin :p

Eh tadi di pasar ngeliat buah ...ternyata namanya terong belanda :D ..maklum emak yang satu ini ngga hobi main kepasar dan kurang pengetahuan...rasanya asem dan bisa dijus...tapi lon pernah nyoba, jadi tadi cuma beli stroberi sama jambu ...pas nyampe kerumah abis Hira dan Mas bangun dari bobo siang ...tak sajikan jus jambu ...

Kapan-kapan pengen nyoba bikin jus terong belanda ....

2 April 2010

Belajar jahit bersama Hira

Hari ini lagi males brosing, jadi bongkar lemari... *eh pan si ebo punya stok kain yang belon dijait ada selemari :p* jadi tadi milih kain yang dikasih mama..bordiran padang punya, cengo mo dijahit model apaan ..karena udah tinggal ngitung pola,...jadinya ya kayak biasa cuma panjang tanggan 3/4 biar bisa pake daleman or tangan dihias pake gelang ...:p sok ipreeeet deh. Seperti biasa kalo udah ngegelar kaen diatas meja makan pasti rebutan dulu sama Hira...

Kain direbut, trus dijadiin selimut, abis itu dia sholat diatas kaen ...abis itu lari kekaca trus kain diputer-puter dibadan macam orang india pake kain sari...abis itu Ebonya manyun sambil nunggu dia bosen mainin bahan kain :( ..., giliran pola dah jadi dan kain dah dipotong sesuai pola ... acara ganti jadi rebutan Mesin jait sama Mesin obras ...paling sebel sama adegan ini soalnya takut kena jarum mesin jahit.

Selama Dno ngejahit baju tadi, tiba-tiba suaranya ilang sisa cuma suara pato sama pocoyo yang niup-niup peluit di TV...

"Bi ...si Hira ada disitu ngga? kemana ya kok suaranya ilang"
"Ini neng...ada disini lagi main..."

Ternyata tikus kecil lagi asyik main beras...pantesan aja suaranya ilang,..orang main beras ampe bibirnya ngeces begitu ..hahahahaha, berikut bunga bekas penghias Bra merek Wacoal nempel di bajunya hahahaha, bunganya bagus kali dari pagi nggak dilepas-lepas tu bunga...

Ini seru,..dari pagi udah selalu dikasih tau "Ra,...kalo pipis bilang ya ...." 1 jam kemudian "Ra,..kalo pipis bilang ya" ... lalu beberapa menit kemudian ....tikus kecil diri deket kulkas

"Buh...Bilang...Pipis ! " ... (sambil nunjuk kearah kaki yang udah becek ama air pipis)
"Heh..?!@#" (--> maksudnya pengennya Ebo bilang nya sebelum pipis... bukan ngasih tau kalo kamu lagi bilang pipis sambil pipis...kekekekke)


Hari ini, menu makan standar ..Hira tak empanin ceker ayam total habis masuk ke mulutnya berarti 20 biji ...doyan dia. Kelar jahit jam 4 sore jadinya bagus deh..sesuai dengan harapan ..tinggal cari jilbab yang senada sama stelan rok or celana yang cocok buat dipake sama itu ...: )

Sekarang lagi penasaran mo nyoba jahit Kebaya (kemarin waktu ke Jakarta dikasih Bahan Kebaya sama Ibu Roy )...udah mikirin ide mo dibikin kayak apa..cari inspirasi sambil ngeliatin wajah ganteng si Mas ... :D ...abis update blog mo motong pola ..mumpung Hira dah tidur ... tar kalo udah jadi Dno liatin disini ... doakan supaya tidak gagal hahaha namanya juga masih belajar :) ...

1 April 2010

Puisi tanpa judul ...

Dapet email dari Mas,... dan puisi ini memang layak buat kita renungkan ... :)


PUISI TANPA JUDUL - Puisi terakhir Alm. WS Rendra (semoga ada manfaatnya juga bagi semua teman2 selain tentu kepada saya..., insyaALLAH)

Seringkali aku berkata,
Ketika semua orang memuji milikku

Bahwa sesungguhnya ini hanyalah titipan
Bahwa mobilku hanyalah titipan-Nya
Bahwa rumahku hanyalah titipan-Nya
Bahwa hartaku hanyalah titipan-Nya
Bahwa putraku hanyalah titipan-Nya

Tetapi, mengapa aku tak pernah bertanya:
Mengapa Dia menitipkan padaku ?
Untuk apa Dia menitipkan ini padaku ?
Dan kalau bukan milikku, apa yang harus kulakukan untuk milik-Nya itu ?
Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yang bukan milikku ?

Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu diminta kembali oleh-Nya ?
Ketika diminta kembali, kusebut itu sebagai musibah
Kusebut itu sebagai ujian, kusebut itu sebagai petaka
Kusebut itu sebagai panggilan apa saja untuk melukiskan kalau itu adalah derita
Ketika aku berdoa, kuminta titipan yang cocok dengan hawa nafsuku

Aku ingin lebih banyak harta,
ingin lebih banyak mobil,
lebih banyak popularitas, dan
kutolak sakit,
kutolak kemiskinan,
seolah semua "derita" adalah hukuman bagiku

Seolah keadilan dan kasih-Nya harus berjalan seperti matematika:
Aku rajin beribadah, maka selayaknyalah derita menjauh dariku, dan nikmat dunia kerap menghampiriku.

Kuperlakukan Dia seolah mitra dagang, dan bukan kekasih
Kuminta Dia membalas "perlakuan baikku",
Dan menolak keputusan-Nya yang tak sesuai keinginanku

Gusti,
Padahal tiap hari kuucapkan, hidup dan matiku hanya untuk beribadah.

"Ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja"


(Puisi terakhir Rendra yang dituliskannya diatas ranjang RS sesaat sebelum wafat)