30 March 2010

Nasi Hainan -Hainanese chicken rice


sore ini nyoba bikin ini ...Nasi Hainanese ala Ibu Doddi Sudartha alias Dno alias emaknya Fahira

Nasi Hainan
  • beras
  • bawang putih cincang
  • garam or penyedap
  • bawang daun
  • air kaldu ayam (udah nyetok dikulkas :D)
  • olive oil, or minyak wijen

oseng cincang bawang putih
plus bawang daun iris, masukan beras oseng sebentar lalu masukan kaldu ayam ...beri garam or penyedap, trus pindah ke rice cooker tunggu sampe mateng ...

Kuah Hainan
  • Filet ayam
  • bawang putih
  • jahe
  • bawang daun
  • olive oil
Rebus ayam dalam panci, oseng bawang putih halus siram air rebusan ayam pindahin kepanci ayam rebus ...parut jahe ke panci ayam yang lagi mendidih,..tunggu sampe mateng, kalo perlu kasih tomat ...juga bawang daun iris :), ayam filet iris iris biar gampang makannya ntar :D

Sambelnya
KUKUS :
  • 6 cabe rawit merah
  • 5 cabe merah setengah keriting
  • bawang merah 3
  • bawang putih 1
  • tomat 1/2
udah mateng blender , trus oseng pake olive oil diwajan kasih parutan jahe dikit,...masukin 2 sendok makan kaldu kuah ayam.... , sambel ini kalo diceburin ke kuah mantap pedesnya...

sore tadi brosing ttg ayam hainan sambil chat sama Ibunya Qai,...juga mampir ke blognya mbak Dita ...wah blognya keren banget sumpah ....ini juga sedikit nyontek dari blog nya mba Dita juga baca sumber lain..rata rata sama ...modif cara masaknya aja ...terutama bagian sambel kekekeke, ... Mas aku sehah sehah nih Mas :p ...

No comments: