17 February 2010

Cuti dulu dari IRT buat operasi appendix

Wah 2 minggu ngga menyentuh Internet,...gara-gara ngungsi kerumah Ibu,..Suatu Malam menjelang subuh menuju tanggal 2 feb kemarin, tiba-tiba demam ...kedinginan dan ribut pengen dipeluk sama mas :p ...beneran demam sampe subuh, sampe akhirnya minum obat, si demam hilang waktu menjelang pagi. tapi badan udah berasa ngga enak banget, akhirnya telp Kaka buat dateng nemenin soalnya pasti bakal bedua di rumah,...tapi menjelang jam 8 pagi bukannya malah baikan ...malah makin sakit, sakitnya pindah dari ulu hati ke bawah pusar berhenti di perut ...

Jam setengah sembilan akhirnya memutuskan buat ngungsi kerumah Ibu, supaya bisa istirahat dan Hira bisa banyak temen. tapi sampai dirumah ngga kunjung baikan,...karena mulai ngga tahan pergi deh ke RS Muhamadiyah, dicek darah leukosit 11.100 .., ngobrol sama dokter UGD trus dikasih AB + obat anti mual, katanya kena virus pencernaan ...???? manggut-manggut aja trus pulang...sambil bingung itu AB mesti diminum apa ngga???? ...

Menjelang malam,...sakit perut hilang timbul..seperti berjeda dari arah dada turun ke bawah pusar dan berhenti diperut kanan,...jeda 20 menit..kadang-kadang 30 menit, bahkan 2 menit ... sampe pagi enggak ilang...Kamis siang akhirnya tanya sama Ibu rumkit terdekat dari rumah ...pergi deh ke sana, ngobrol panjang lebar sama Dokternya...sambil nunggu cek darah,... dokternya masih muda...

D : "ibu mau pake testpack?"
Ebo : "Hah?!@#$" ... ngga mungkin hamil ...ciri-cirinya terlalu jauh ke hamil
D : "Eh bisa aja lho bu?"
Ebo : "Enggak ah...ini bukan hamil"
D : "Atau mungkin DB?"
Ebo : "Hah DB...saya kan demam beberapa hari lalu...sekarang seger, cuma sakit perut"
D : "DB sekarang cirinya udah bukan demam"
Ebo :"Ah ini bukan DB, masa iya sih DB, eh coba liat hasil lab dari RS.sebelumnya deh"
...Terus dilihatlah hasil lab tersebut, lalu ...

D : "Wah leukosit tinggi...coba saya tekan disini...(diperut kanan)
Ebo :"Wuaaaaaaaaaadaaaaaaaw......atiiit :p"
D : Jangan-jangan Ibu kena usus buntu
Ebo :"Wah dokter nakutin,..dari tadi banyak banget penyakit saya???"
D : "Kayaknya Ebo harus ketemu sama Dr. Xxx beliau ahli dokter bedah, harusnya ibu diusg dulu, tapi udah sore begini usgnya ngga ada..
Ebo : ya udah saya ketemu dokter Xxx deh ...

hasilnya nunggu 4 jam lebih buat nunggu si dokter datang, dan akhirnya kesimpulan si dokter harus operasi malem itu juga, tapi Dno nolak dong, mending besok aja deh kalo udah telusur usg dan kesimpulannya bener itu appendix...

besoknya jam 9 dateng buat usg 2 organ, dan positif ada penebalan di appendix artinya udah bengkak, sarannya ya diangkat/dipotong...belakangan rupanya baru tau kalo operasi app harus sesegera mungkin dilakukan ketika sudah diketahui ada peradangan minimal 36 jam setelah didiagnosis radang usus buntu, akan sangat berbahaya bila terlambat apalagi sampai pecah, karena dapat menyebabkan kuman, nanah masuk ke rongga perut dan terjadi abses trus infeksi [peritonitis] lebih syerem.

Gejala appendix yang Dno rasain pertama : demam, sakit punggung,mual,sakit perut bermula dari dada turun kebawah pusar dan berhenti diperut sebelah kanan- rasanya mirip usus keram kalau dimasukin makanan berasa bergerak dan sakit, yang paling jelas nggak bisa angkat kaki kanan dan perut kanan kalau diteken sakit banget. Muncul tiba-tiba mengingat bukan pemakan pedas, dan biji-bijian ngga pernah menduga ini appendix...
Operasi berlangsung 15-30 menit pake bedah biasa (laparatomy) lebar sayatan 5 cm bukan ala laparascopic appendectomy (kalo ngga salah dilubangi ditiga tempat di daerah perut) , pake bius total (enak...hehe), usus yang dipotong segede jempol, abis operasi hari ke-1 : baringan ngga bisa bangun ngga bisa miring kiri or kanan, pee masih di pispot *engga pake kateter* , hari ke-2 bisa miring kiri, dan malemnya bisa duduk....hari ke-3 bisa Jalan dan ke kamar mandi sendiri ...duh berasanya kayak abis melahirkan belajar jalannya mirip banget :p ..., Nasib buruk ambil kelas 1 tapi AC nya rusak+ berisik. mesti berantem sama perawat gara gara kekencengan neken selang infus buat masukin Antibiotik ...asem !, juga sebel waktu benerin selang infus yang mampet sebel ! sakit banget :p tapi senangnya selalu ditungguin Mas, juga keluarga ..gantian. Iya ada beberapa hal yang baru Dno tau... ada aja hikmah dari Musibah...Bersyukur Alloh mengingatkan untuk selalu ikhlas dan bersyukur...
Berikut hasil Lab (potongan si umbai cacing yang udah bengkak itu) :
Makros : Appendix dengan jaringan penyangga panjang 7 cm, diameter 0.6 cm, lumen berisi masa hitam (Hieeeeee syerem)
Mikros : Dinding appendix vaskuler dengan sebagian lapisan epitel mukosa erosi; jaringan limpoid subepitel hiperplastis, besebukan sel-sel radang PMN dan MN, Dalam lumen terdapat exudat, tidak tampak tanda ganas atau spesifik
kesimpulan : Appendicitis akut

Jadi kesimpulan lagi, tepat hari itu dilakukan operasi :p ..padahal sebelumnya sotoy kekeuh menunggu ...menunggu hari esok kali aja tu sakit ilang :p

Hira begimana kabarnya? 4 hari duong ditinggal.. tanpa "nenen" ...bisa lho malah ngga rewel *katanya* ..anak hebat,...pas pulang dari RS ngga sabar rasanya ketemu sama hira kangen berat,..selamanya di RS Hira ngga boleh jenguk soalnya masih dibawah umur, takut terpapar penyakit...rasanya tiap ngedip kebayang terus mukanya...sambil nelp or liat2 poto di HP dan denger cerita orang-orang tentang kegiatan dia dirumah si nenek...

Lalu kemarin pas sampe rumah ibu, begitu dipanggil dia langsung lari sambil nangis..terus meluk..waaaa terharu, mungkin maksudnya "Ebo kemana aja?????" langsung deh minta nenen hahahahaha...enggak hira belom saatnya disapih..belom genap 2 tahun...Ebo kan udah janji sama Hira kasih ASI sampe 2 tahun or lebih

Sekarang hanya tinggal perawatan bekas luka, luka luar udah kering, tapi dalem kayaknya belum sembuh betul, masih sakit kalau dipake berkegiatan, belom bisa lincah kayak kemarin...setelah seminggu ngungsi dirumah si Ibu, minggu kedua memutuskan buat pulang kerumah,...kangen bobo sama mas :p ...jadinya cari asisten pulang hari, itu juga bersyukur banget dibantuin cari sama tetangga, jadi ngga harus nunggu lama...sengaja cari asisten pulang hari biar ngga ribet, buat 3 bulan ..sampe betul betul sembuh banget.

Oh iya gara gara harus merawat sibekas luka operasi kemarin jadi punya persediaan : Lomatuell, curafor, betadine, NaCl, plester ...biar ngga ribet kalo mandi tak pasangin curafor, or plastik diplester sana sini ...hehehe...secara ternyata ada acara cabut benang jahitan yang rasanya agak-agak pedes dikiiiiiiiiit.

Tips buat menghindari radang usus buntu, rajinlah anda makan makanan serat tinggi, makan buah-buahan dan banyak minum air putih... jangan sampai sembelit dan terjadi pengerasan tinja karena ini berakibat tertutupnya lubang usus buntu... Ibu muda yang oon kayak si Ebo ini, kadang kadang suka rela menahan ransangan pup demi Hira yang masih nempel didada ...jadinya siklus terganggu..., dan suka males masak sayur menu kambing...ditambah sangat ogah minum air putih ..aaah rasaaaakaaan AKIBATNYAAA !!!!! harus diingat karena usus buntu konon kabarnya fungsinya berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh dan menjaga flora usus ... browsing deh jadinya apasih usus buntu itu .... salah satunya dari sini

Menyesal..karena sudah ada yang hilang dari badan,...tapi ya sudahlah ...kemarin Mas masih mengakui istrinya ini masih cantik kok ...hahahaha ...iya betul? engga percaya ... ini bukti percakapannya.

...Suatu pagi menuju rumah Nenenya Hira didepan Metro Jalan Sukarno Hatta ...jam 6.45 menit :
Dno : "Mas..Dno cantik ngga !?@#$"
Mas : "Cuuantiiiiik..doooong ..." ..(dicatat..sampe monyong bibirnyah hehe :p)
......Kekekekekekeekekekkekeke...kami bedua ngikik ...Hira Pucet mungkin karena kepagian dibangunin :p, I love you mas ....bulan ini berasa berat ya buat kita ... maaf udah ngerepotin, kow sih seneng direpotin sama aku n Hira ..huehuehuheuhue...

4 comments:

Dunia Kecil said...

ya ampuun ka deno..aku baru tau sakiit..dah mendingan ka..duh menggerikan yah..fifi juga suka makan kambing dan menahan pup even pipis pada mlm hari..n of course jg tertunda krn rara..dan paling tidak sukaa bangett air putihh..
but masi seneng ya ada mama..fifi mah dah ngga kaya py ortu :( mama malah ngurusin sepupuuuu di nengeri kangguru buat jagain anak adenya drpd rara hahahah..
aniweii cepet sembuh..penyakitt jaugg jauuh dari eboo..hussh aah jgn dkt..smoga Allah selalu memberikan kesehatan ya buat kita semua n tentunya kebahagiaan dunia akhirat..amiinn

dheno said...

engga sering makan kambing, tapi menu kambing alias rerumputan :p, sekarang sudah sembuh, luka bekas operasi kayak garis aja...mungkin salah satunya karena konstipasi sering nunda karena sikecil itu kali ya...
Iya bersyukur banyak kemarin banyak dibantu, mungkin karena mamamu dah nganggap mandiri sangat kali Fi, jadi ngga khawatir lagi..ini lagi kebagian aja kena sakit yang tidak terduga ..ini juga masih bersyukur sangat, sudah diingatkan buat jaga kesehatan.. :) thx ya Fi

kopiluwak nya said...

https://www.facebook.com/bantalsilikongrosir
http://bantalsilikon01.blogspot.com/2014/12/a.html
http://jualsangkarpleci.blogspot.com/2014/12/a.html
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/2014/12/a.html
http://vvty.in/uncategorized/marinir-seo/

http://marinirseo.blogspot.com/2014/12/a.html
http://marinir-seo.blogspot.com/2014/12/a.html
http://bumbu-pecel-malang.blogspot.com/2014/12/a.html
http://distro-seo.blogspot.com/2014/12/a.html
http://restoran-seo.blogspot.com/2014/12/a.html
http://bantalmalangmurah.blogspot.com/2014/12/a.html
http://distrobantal.blogspot.com/2014/12/a.html
http://kesethandukmalang.blogspot.com/2014/12/a.html

https://www.facebook.com/bantalsilikongrosir
http://bantalsilikon01.blogspot.com/http://jualsangkarpleci.blogspot.com/http://kopiluwakliar01.blogspot.com/http://vvty.in/uncategorized/marinir-seo/http://marinirseo.blogspot.com/http://marinir-seo.blogspot.com/http://bumbu-pecel-malang.blogspot.com/http://distro-seo.blogspot.com/http://restoran-seo.blogspot.com/http://bantalmalangmurah.blogspot.com/http://distrobantal.blogspot.com/http://kesethandukmalang.blogspot.com/

http://tasya.marinirseo.web.id/?p=4http://caca.marinirseo.web.id/?p=4http://anne.marinirseo.web.id/?p=4http://jeannet.marinirseo.web.id/?p=4http://jelita.marinirseo.web.id/?p=4http://brenda.marinirseo.web.id/?p=1http://ruth.marinirseo.web.id/?p=4http://tasya1.marinirseo.web.id/?p=4http://caca1.marinirseo.web.id/?p=4http://anne1.marinirseo.web.id/?p=4http://jeannet1.marinirseo.web.id/?p=4http://jelita1.marinirseo.web.id/?p=4http://brenda1.marinirseo.web.id/?p=1http://ruth1.marinirseo.web.id/?p=4http://tasya2.marinirseo.web.id/?p=4http://caca2.marinirseo.web.id/?p=5http://anne2.marinirseo.web.id/?p=4http://jeannet2.marinirseo.web.id/?p=4http://jelita2.marinirseo.web.id/?p=4http://brenda2.marinirseo.web.id/?p=1http://ruth2.marinirseo.web.id/?p=4http://ruth3.marinirseo.web.id/?p=3http://jelita3.marinirseo.web.id/?p=3http://brenda3.marinirseo.web.id/?p=3http://jeannet3.marinirseo.web.id/?p=3http://anne3.marinirseo.web.id/?p=3http://caca3.marinirseo.web.id/?p=3http://tasya3.marinirseo.web.id/?p=3http://tasya4.marinirseo.web.id/?p=4http://caca4.marinirseo.web.id/?p=4http://anne4.marinirseo.web.id/?p=4http://jeannet4.marinirseo.web.id/?p=4http://jelita4.marinirseo.web.id/?p=4http://brenda4.marinirseo.web.id/?p=6http://ruth4.marinirseo.web.id/?p=4http://tasya5.marinirseo.web.id/?p=4http://caca5.marinirseo.web.id/?p=4http://anne5.marinirseo.web.id/?p=4http://jelita5.marinirseo.web.id/?p=4http://ruth5.marinirseo.web.id/?p=4
http://tasya.marinirseo.web.id/http://caca.marinirseo.web.id/http://anne.marinirseo.web.id/http://jeannet.marinirseo.web.id/http://jelita.marinirseo.web.id/http://brenda.marinirseo.web.id/http://ruth.marinirseo.web.id/http://tasya1.marinirseo.web.id/http://caca1.marinirseo.web.id/http://anne1.marinirseo.web.id/http://jeannet1.marinirseo.web.idhttp://jelita1.marinirseo.web.id/http://brenda1.marinirseo.web.id/http://ruth1.marinirseo.web.id/http://tasya2.marinirseo.web.id/http://caca2.marinirseo.web.id/http://anne2.marinirseo.web.id/http://jeannet2.marinirseo.web.idhttp://jelita2.marinirseo.web.id/http://brenda2.marinirseo.web.id/http://ruth2.marinirseo.web.id/http://ruth3.marinirseo.web.id/http://jelita3.marinirseo.web.id/http://brenda3.marinirseo.web.id/http://jeannet3.marinirseo.web.id/http://anne3.marinirseo.web.id/http://caca3.marinirseo.web.id/http://tasya3.marinirseo.web.id/http://tasya4.marinirseo.web.id/http://caca4.marinirseo.web.id/http://anne4.marinirseo.web.id/http://jeannet4.marinirseo.web.id/http://jelita4.marinirseo.web.id/http://brenda4.marinirseo.web.id/http://ruth4.marinirseo.web.id/http://tasya5.marinirseo.web.id/http://caca5.marinirseo.web.id/http://anne5.marinirseo.web.id/http://jelita5.marinirseo.web.id/http://ruth5.marinirseo.web.id/

raybanoutlet001 said...

tiffany and co outlet
cheap jordan shoes
hogan outlet online
oakley sunglasses
huarache shoes
cheap authentic jordans
adidas nmd runner
true religion outlet
air max thea