31 January 2010

Menghadapi ujian GE - diare

Akhirnya dikasih soal ujian yang berat ... minggu ini Hira kena GE/diare, ini udah hari ke 3 awalnya pagi-pagi, waktu bangun tiba-tiba muntah bening 2 kali, muntah sambil berdiri diatas kasurnya ..., trus pup pertama hari itu encer seperti air, keliatan banget bibir pucat kayak lemes ...dan sehari itu 9 kali pup 4 kali muntah,...hari ke dua cek timbangan berat turun 6 ons sedih sekali rasanya, sembari menahan diri buat tidak panik dan stress ...dari pertama tau diare langsung buka pedialit, dan rajin kasih hira minum + ASI , hari pertama diare sama sekali susah makan ...dikasih makan langsung muntah ...waktu hari jumat cuma berdua aja, untung hari sabtu Mas libur jadi berasa ngga terlalu berat dan repot,... cucian celana jadi banyak :p, Dno sengaja ngga pakein diapers soalnya memang harusnya begitu ...biar tau dia pup atau ngga :) ...dan memang selama ini siang udah lepas diapers.

Sabtu sore, ngerasa udah mulai nyerah takut salah ambil keputusan,...Kita berunding untuk ke Dokter atau enggak, dan akhirnya keputusannya ke Dokter. Dno ngga lulus nih ujian hometreat diare ...karena pertama : Dno takut salah ambil keputusan, kedua: berat badan udah ilang 6 ons, ...dalem ati kayak ngga yakin perasaan bilang "pasti bisa" ..tapi pas dipikir lagi kok kayak ibu yang egois ngga kasian ma Hira ..., lagipula Dokternya Hira Dokter yang bisa diajak konsultasi dan bisa nanya banyak lewat telp juga. Jadi setelah oleh-oleh AB dan obat anti mual yang dibawa dari Dokter... dan Dokter bilang belum terlambat. Bukannya ngga berpikir rasional,...Kita ngga tes fesesnya berbakteri or nggak, AB akhirnya diminumin aja ..., sekarang udah ngga muntah dan mau makan banyak...tapi pupnya masih cair :( ...

Mungkin memang sudah saatnya sembuh sih, pasti bukan karena AB, obat anti mual nya ngga tak kasihin,..ingat pesen kalo dilarang kasih obat anti mual karena akan sangat berbahaya..., kalao-kalo besok lupa kemarin cari info tentang Diare-GE catet deh disini biar entar ngga usah browsing lagi.


APA ITU DIARE

Diare atau gastroenteritis (GE) adalah suatu infeksi usus yang menyebabkan keadaan feses bayi encer dan/atau berair, dengan frekuensi lebih dari 3 kali perhari, dan kadang disertai muntah. Muntah dapat berlangsung singkat, namun diare bisa berlanjut sampai sepuluh hari.Pada banyak kasus, pengobatan tidak diperlukan. Bayi usia sampai enam bulan dengan diare dapat terlihat sangat sakit, akibat terlalu banyak cairan yang dikeluarkannya.

JENIS DIARE

Penatalaksanaan diare bergantung pada jenis klinis penyakitnya, yang dengan mudah ditentukan saat anak pertama kali sakit. Pemeriksaan laboratorium tidak diperlukan. Empat jenis klinis diare antara lain:

a. Diare akut bercampur air (termasuk kolera) yang berlangsung selama beberapa jam/hari: bahaya utamanya adalah dehidrasi, juga penurunan berat badan jika tidak diberikan makan/minum

b. Diare akut bercampur darah (disentri): bahaya utama adalah kerusakan usus halus (intestinum), sepsis (infeksi bakteri dalam darah) dan malnutrisi (kurang gizi), dan komplikasi lain termasuk dehidrasi.

c. Diare persisten (berlangsung selama 14 hari atau lebih lama): bahaya utama adalah malnutrisi (kurang gizi) dan infeksi serius di luar usus halus, dehidrasi juga bisa terjadi.

d. Diare dengan malnutrisi berat (marasmus atau kwashiorkor): bahaya utama adalah infeksi sistemik (menyeluruh) berat, dehidrasi, gagal jantung, serta defisiensi (kekurangan) vitamin dan mineral.

MENGAPA DIARE BERBAHAYA?

Diare menyebabkan kehilangan garam (natrium) dan air secara cepat, yang sangat penting untuk hidup. Jika air dan garam tidak digantikan cepat, tubuh akan mengalami dehidrasi. Kematian terjadi jika kehilangan sampai 10% cairan tubuh. Diare berat dapat menyebabkan kematian.

PENATALAKSANAAN

Anak dengan diare ringan dapat dirawat di rumah. Penatalaksanaan yang utama adalah menjaga agar asupan cairannya tercukupi, yaitu dengan memastikan anak tetap minum. Cairan ini dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang lewat muntah ataupun diare. Cairan sangat penting untuk diberikan, bahkan bila diare bertambah buruk.

Jangan berikan obat yang dapat mengurangi muntah atau diare. Obat-obatan itu tidak berguna dan berbahaya.

Berikan sedikit cairan namun sering. Berikan cairan semulut penuh setiap 15 menit sekali, hal ini baik diberikan untuk anak anda yang sering muntah.

HAL PENTING YANG HARUS DIINGAT

  • Bayi dan anak kecil mudah mengalami dehidrasi, oleh karena itu mereka butuh cairan yang diberikan sedikit namun sering.
  • Bayi berusia di bawah enam bulan dengan diare perlu diperiksa oleh dokter setelah 6-12 jam penanganan diare.
  • Beri minum setiap kali bayi muntah. Tetap berikan ASI untuk bayi yang masih menyusui. Bagi bayi yang minum susu formula, susu tetap diberikan sampai lebih dari 12-24 jam.
  • Berikan anak yang lebih besar satu cangkir (150-200 ml) cairan untuk setiap muntah banyak atau diare.
  • Teruskan pemberian makanan jika anak anda masih mau makan. Jangan sampai anak tidak mendapat asupan makanan sama sekali dalam 24 jam.
  • Bayi atau anak anda sangat infeksius, jadi cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air hangat, khususnya sebelum memberi makan dan sesudah mengganti popok atau celana.
  • Pisahkan anak atau bayi yang terkena diare dari anak atau bayi lain sebisa mungkin, sampai diare berhenti.

TANDA-TANDA DEHIDRASI

Derajat dehidrasi dinilai dari tanda dan gejala yang menggambarkan kehilangan cairan tubuh.

Pada tahap awal, yang ada hanya mulut kering dan rasa haus. Seiring meningkatnya dehidrasi, muncul tanda-tanda seperti: meningkatnya rasa haus, gelisah, elastisitas (turgor) kulit berkurang, membran mukosa kering, mata tampak cekung, ubun-ubun mencekung (pada bayi), dan tidak adanya air mata sekalipun menangis keras.

Dehidrasi minimal atau tanpa dehidrasi

* Status mental: baik, waspada
* Rasa haus: minum baik, mungkin menolak cairan
* Denyut nadi: normal
* Kualitas kecukupan isi nadi: normal
* Pernapasan: normal
* Mata: normal
* Air mata: ada
* Mulut dan lidah: lembap (basah)
* Elastisitas kulit: cepat kembali setelah dicubit
* Pengisian kapiler darah: normal
* Suhu lengan dan tungkai: hangat
* Produksi urin: normal sampai berkurang


Dehidrasi ringan sampai sedang (kehilangan 3 – 9% cairan tubuh):

* Status mental: normal, lesu, atau rewel
* Rasa haus: haus dan ingin minum terus
* Denyut nadi: normal sampai meningkat
* Kualitas kecukupan isi nadi: normal sampai berkurang
* Pernapasan: normal; cepat
* Mata: agak cekung
* Air mata: berkurang
* Mulut dan lidah: kering
* Elastisitas kulit: kembali sebelum 2 detik
* Pengisian kapiler darah: memanjang (lama)
* Suhu lengan dan tungkai: dingin
* Produksi urin: berkurang

Dehidrasi berat (kehilangan > 9% cairan tubuh)

* Status mental: lesu, sampai tidak sadar
* Rasa haus: minum sangat sedikit, sampai tidak bisa minum
* Denyut nadi: meningkat, sampai melemah pada keadaan berat
* Kualitas kecukupan isi nadi: lemah, sampai tidak teraba
* Pernapasan: dalam
* Mata: sangat cekung
* Air mata: tidak ada
* Mulut dan lidah: pecah-pecah
* Elastisitas kulit: kembali setelah 2 detik
* Pengisian kapiler darah: memanjang (lama), minimal
* Suhu lengan dan tungkai: dingin, biru
* Produksi urin: minimal (sangat sedikit)


PENANGANAN DI RUMAH

a. Pemberian makanan bayi

Jika ibu menyusui, ASI terus diberikan dan diberikan lebih sering. Bayi dengan susu formula boleh diberikan cairan rehidrasi oral selama 12 jam pertama, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian susu formula lebih sedikit dari jumlah yang biasa diberikan, namun diberikan lebih sering.

b. Cairan Rehidrasi Oral (CRO)/Clear fluid

Anak dengan diare harus terus minum CRO atau clear fluid. CRO yang kita kenal bisanya oralit (dalam bentuk kantung sachet dengan atau tanpa rasa tambahan) atau CRO khusus anak (yang tersedia dalam kemasan botol plastik dengan aneka rasa). Cairan tersebut dapat dibeli di apotek atau toko obat, tapi bila tidak tersedia dapat diberikan CRO lain seperti yang disebutkan di bawah ini. Untuk bayi hingga usia sembilan bulan, pembuatan CRO harus menggunakan air mendidih yang telah didinginkan.
CRO

Oralit

CRO khusus anak (kemasan botol)

Larutan gula

Limun (bukan yang rendah kalori)

Jus Buah

CARA MEMBUAT

Satu sachet dilarutkan dengan dua gelas (400 ml) air

siap digunakan

Satu sendok makan gula dilarutkan dengan dua gelas (200 ml) air

Satu gelas limun dilarutkan dengan empat gelas (800 ml) air

Satu gelas jus dilarutkan dengan empat gelas (800 ml) air

PERHATIAN: Minuman mengandung gula harus diencerkan, karena terlalu banyak gula pada bayi kecil dapat memperberat diare.

PEMBERIAN CRO BERDASARKAN BERAT DAN DERAJAT DEHIDRASI

BERAT SAAT INI
[kg]

DERAJAT DEHIDRASI

SEDANG (4-6%) BERAT (>7%)
ml/jam
0 – 6 jam
ml/jam
7 – 24 jam
ml/jam
0 – 6 jam
ml/jam
7 – 24 jam
3.0 kg 25 20 45 20
4.0 kg 35 30 60 30
5.0 kg 45 35 75 35
6.0 kg 55 40 90 40
7.0 kg 60 45 100 45
8.0 kg 70 50 115 50
9.0 kg 80 55 130 55
10 kg 90 60 150 60
12 kg 105 65 175 65
15 kg 135 70 220 70
20 kg 175 85 290 85
30 kg 260 90 440 90


MAKANAN

Anak awalnya akan menolak bila diberi makan. Hal ini bukan masalah selama CRO tetap diberikan. Anak dapat diberikan makanan apa saja yang mereka suka, dan berikan setiap kali mereka ingin makan, dan jenis makanan tidak dibatasi. Anak tidak boleh berhenti makan lebih dari 24 jam.


KE RUMAH SAKIT BILA

  • Anak tidak mau minum dan tetap muntah dan diare.
  • Anak dengan diare yang sangat banyak (8-10 kali atau 2-3 kali diare dalam jumlah yang banyak), atau diare berlangsung lebih dari sepuluh hari.
  • Anak muntah terus-menerus dan tidak bisa menerima asupan cairan.
  • Anak dengan gejala dehidrasi yaitu TIDAK/JARANG KENCING, PUCAT, BERAT BADAN TURUN, KAKI DAN TANGAN DINGIN, MATA CEKUNG, ATAU SUSAH BANGUN.
  • Anak dengan sakit perut hebat. atau
  • Orangtua khawatir dengan alasan apapun.


DIARE DAN MENYUSUI

Meningkatkan upaya menyusui dengan ASI pada bayi sampai usia 6 bulan dapat menyelamatkan kurang-lebih 1,5 juta bayi setiap tahunnya. Sampai dengan 55% kematian pada bayi akibat penyakit diare dan infeksi saluran napas akut terjadi akibat upaya menyusui yang tidak tepat. Upaya menyusui optimal bagi kesehatan anak dan pertumbuhannya adalah memberikan ASI dalam beberapa jam setelah melahirkan, ASI eksklusif selama enam bulan, memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada waktunya dengan makanan yang tepat, serta meneruskan memberikan ASI sampai umur dua tahun atau lebih.

Selama enam bulan pertama, bayi harus diberikan ASI eksklusif. Hal ini berarti bahwa bayi yang sehat hanya menerima ASI, dan tidak ada cairan lain termasuk air putih, teh, jus, dan susu formula. Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif lebih jarang mengalami diare atau mengalami kematian akibatnya, dibandingkan bayi yang tdak mendapatkan ASI, atau mendapatkan ASI tidak eksklusif. Memberikan ASI juga melindungi bayi dari risiko alergi, dan infeksi lain seperti penumonia.

Jika tidak memungkinkan memberikan ASI, susu sapi atau susu formula sebaiknya diberikan menggunakan cangkir. Hal ini mungkin sekalipun terhadap bayi kecil. Botol susu jangan digunakan karena sukar dibersihkan dan dengan mudah membawa organisme yang menyebabkan diare.

Risiko lain juga terjadi pada bayi yang mulai mendapatkan MPASI. Hal ini dikarenakan potensi kuman yang terdapat dalam makanan, dan kehilangan perlindungan dari ASI yang memiliki potensi anti infeksi. Untuk itu perlu mempersiapkan makanan bergizi, dan higienis dalam penyajiannya.

(Farian Sakinah (Ian) dan Arifianto (Apin)/NIH )

Sumber dari milis sehat

25 January 2010

Akhirnya sikulkas diservice ...dan tanaman mulai berbunga

Ini lagi iseng kemarin, udah agak sebel sama kasa yang dipake buat cuci piring,...udah ngga asik pokoknya buat ngegosok piring :p , kapan taun tu dibeliin sama Mas, numpuk di gudang, pas dicoba selembar kok jadi letoy tipis ngga seru,... jadinya digunting terus dijahit rada tebelan gitu biar awet dan enak dipake buat nyupirnya... kemarin dulu suka kesel berasa cucian piring ngga bersih ..abis dikasih tau sama Mas *kebetulan baca tips dari Pak Bondan* sekarang nyuci piring jadi menyenangkan hahaha..maklum secara dulu waktu single cuci piring adalah pekerjaan yang paling dihindari .. sampai piring sudah habis ditempatnya alias kotor semuaaah... :p

Berikut urutan yang benar :
  1. Piring,gelas,sendok, blah bleh bleh yang kotor itu dibersihkan dulu pake aer gosok pakai sikat yang dari sabut itu, sisa makanan disaring buat masuk komposter.
  2. Baru siapin sabun, Dno biasa pake sunlight (2 sendok+air)
  3. Trus mulai deh acara mandiin piring, gelas, sendok dan kawan-kawannya
  4. Habis itu bilas dan keringkan ditempat perabotan...
  5. Trus masukin lemari :) ... InsyaAlloh dapur anda rapi walau hanya tahan beberapa saat :D
Bener ya keliatan banget cewek jadi jadian kalo gini, ...diluar sana pasti banyak yang sudah ahli cuci piring ..tapi si Dno ??? baru tahun ke-2 setelah menikah :p dia baru nyadar mencuci piring itu bisa menyenangkan ..kalau dilakukan seperti iklan ...piring digosok trus bunyi cekit-cekit ..hahahahah

Eh ngomong-ngomong ...

Setelah ditimbang-timbang, dipikir-pikir dan didiskusikan beberapa kali, kami memutuskan buat menservice kulkas yang jebol beberapa bulan yang lalu, rasanya sayang banget kalau harus beli kulkas baru, ngeliat harga kulkas mahal :p ..apalagi yang nofrost 2 pintu ...males banget deh buat beli baru,...yang bagus rata-rata 4 jutaan ...yang lebih murah bodynya ngga bagus... tipis dan kurang meyakinkan ...

Kemarin jadinya pake STS (sinar teknik service- 022-5227906/76562402) orang yang sama dengan yang dulu dateng, buat ganti, termostat, kompresor, freon dan bla bla yang baru (pake mesin LG) abis 1,4 Juta tapi selesai satu hari , dikerjain ditempat dan sampe hari ini memuaskan ..kulkas didapur berfungsi lagi,..Alhamdulillah jadi masak ngga harus bolak balik lagi :p , eh ini bukan pamer lho ya (malu pamer beginian).. tapi barangkali ada yang butuh informasi kalau kulkas kalian ada yang rusak juga mungkin ini bisa dijadiin sumber informasi ... :) jaman susah begini kayaknya lebih bijak kalau berhemat ...


Kemarin ada kejadian lucu sama Fahira, suatu sore Hira teriak-teriak didepan lemari item dikamar Ayahnya

Hira : " Buuu....ketek..ituh ..ketek...mauuh"
Ebo : ( -- bengong -- bingung dia nunjuk apaan )
Hira : "ketek..ketek....ketek" (mulai merenyeng mau nangis)
Ebo : "Yang mana? Hira mau yang mana? Ini? (ambil satu-satu yang dia tunjuk tapi dia jawab)
Hira : "ngga mau" (Ibunya makin ngga ngerti)
Ebo : "Sini Ibu angkat ..biar Hira bisa ambil apa yang Hira mau"
Hira : "Hehehe " (dia ambil termometer )

Langsung dong ngakak ...itu termometer...bukan KETEK ...ya tapi kalo Hira sakit itu dipasang di KETEK ...hihihahahhihi ...Dno jadi cekikikan sendiri sekarang si termometer punya nama baru "KETEK" :p

Eh gimana kabar si kebun ? ini dia kabarnya ...si tomat, paria, cabe rawit, dan singkong

Tips menanam singkong, cangkulin dulu tanah sampe gembur, tanam batang miring supaya tunas tumbuh lurus dan akar berisi -- (Tips dari bapakku dan kakak iparku)
Tomat kecil sudah mulai berbunga..
Paria sudah mulai berbuah, kabar gembiranya Papa mertuwa mbawain beberapa bibit semangka, terong ungu,terong lalap, cabe rawit, paria ...itu next project :D
Ini cabe merah besar, daunnya cantik banget ...mungkin karena media tanamnya bagus, tapi dia belum berbunga, doakan semoga dia berbunga ya

18 January 2010

Menikmati Januari 2010

Ini weekend yang paling seru,... Januari ini bener-bener bulannya ebonya Hira. Setelah iseng baca-baca blog dan browsing kemarin itu keidean lagi buat selalu mencatat apa yang dilakukan tiap hari.. ya apapun itulah. Sebenernya dulu ini adalah kebiasaan tapi kemudian engga diterusin. Itu lho macam punya schedule harian gitu... jadi beberapa hari yang lalu bikin deh. Tadinya mo beli aja buku kecil, tapi yen tak piker-piker kok ya ngapain gitu? mending motong kertas bekas yang belakangnya masih kosong. buat mencatat hari ini ngapain dan besok apa yang mo dikerjain. seru kan? jadi ceritanya ngga ada yang kelewat hehehe...apa yang mau dilakukan besok ..dicatet , kayak dulu lagi ...

Wokeh mari mulai bercerita ngapain aja kita itu...
Weekend ini perpanjang SIM C ..pertama bangun jam 6 santai apalagi lagi M , trus mandiin hira trus siap-siap deh bawa perkakas...yaitu dompet yang isinya duit dan fotocopy KTP. sabtu ini udah dijadualkan sama Mas...buat urus perpanjang SIM istrinya. Jadi diantarlah Bu Doddi ke polwil, sampe disana hira digendong sama Mas, trus Dno diunjukin bagan cara2 perpanjangan SIM...okeh dateng dulu ke ruang kesehatan (diperiksa mata,buta warna, sama cek tensi bayar Rp 25.000) habis itu ke loket Asuransi (bayar asuransi Rp.30.000) abis itu ke loket pendaftaran (SIM asli dikasihin, tar trus dapet Map isinya data) abis itu ke loket BRI (kasih Map tadi ke loketnya trus tar dipanggil, bayar Rp.60.000 dapet bukti bayar) abis itu ke ruang pengisian data (disini ngisi data) trus ke tempat foto (difoto +cocokin data yang diinput dah bener atau belum) dah itu ambil di loket terakhir tempat ambil SIM. Selesai 1,5 jam ...berikut hari itu dateng kepagian teller nya lon dateng... ngurus perpanjangan SIM ini ternyata beda-beda ...temenku ngurus di mobil yang keliling itu kena Rp 105.000 trus ditempat lain cuma Rp 95.000 *entah ya kok bisa ngga seragam gitu*

weekend ini bikin lubang biopori baru sebiji, berikut gambarnya dibawah

Mas lagi buat lubang biopori, asistennya tentu Aku dong, bagian motret, sediain glove, ember & gayung, juga bagian ngelap keringetnya :p n bersiin mata bor ...kompak kan?
Sementara kita sibuk berprakarya..Fahira sibuk dengan kegiatannya sendiri

weekend ini juga punya ayam kampung pemberian kakaku buat hira, kita namain elizabeth (jadi mirip nama cendol ya? cendol elizabeth) ditambah 5 DOC ayam negri dibeliin Mas buat Hira, jadi total punya 6 Ayam yang masih AUS..."ayam umur semingguan" ...nambah lagi kesenangan Dno nih, miara makhluk hidup, sampe seharian nyiapin kandangnya, gini nih enaknya tadi juga Dno bilang sama Mas

"Mas enak ya punya suami?"
"Kenapa?"
"Ya kalau urusan beginian nih, macam pengen ngebor gini bisa nyuruh dan malah dibantuin"

Kandang, tempat makan dan minum nya, tadang pupupnya, juga lampu nya semua dirapiin sama Mas ...rapih deh prakaryanya (sampe jam 10 malem lho)...
Hira semangat kasih makan dan nemenin ayam makan ...sambil melukin si bebek "ayam..mamam...minyum"

weekend ini juga dikasih Anggrek sama Ibu...jadi sekarang nambahin mainannya ...beberapa aglonema dan tanaman sayur dan anggota baru yaitu Anggrek bulan. Ini plus diajarin cara ngawinin nya lho ..hehehe...biar nanti jadi banyak. ngomong-ngomongin taneman baru beberapa bulan ini sih nyoba berdekatan...dan ternyata asyik banget. Bor Biopori yang kemarin dibeli itu ternyata bisa meringankan beban bikin lubang pas mindahin bibit Cabe Rawit dan Tomat, juga kepake pas mindahin bibit Palem,..moga-moga aja pada hebat dan tumbuh sehat.
Anggrek ..dari Ibuku, makasih banget lho Bu ..berarti sekarang beliau sudah percaya anaknya bisa ngerawat tanaman :p

Ini kabar semua tanaman yang lagi dipelihara dan disayang-sayang,...paria jakarta ini sudah mulai berbuah, cabe rawit dan cabe merah masih belum berbuah,...

Lagi semangat beresin rumah, lantai bawah sama atas pengen diberesin, jadi satu satu...termasuk kamarnya Hira yang tadinya mirip gudang, Dno suka sembarangan taru baju or barang-barang ...jadi kamar hira ngga punya nuansa kamar anak kecil...setengahnya mirip tempat naro barang :p ...jadi tadi lemarin Mboy dikeluarin dan dirubah posisinya...belum sreg sama susunan ruang tengah...tapi ini lumayan begitu beres Hira langsung main dikamarnya ..hahah seneng dia, Ibunya juga dong..wong liat dia buka-buka majalah dikamarnya dia jadi berasa bahagia banget ...mulai hari ini akan ada aktifitas bermain dikamarnya hahahaha...

Enak banget kan Yah? ..moga-moga Ayah juga senang sama kamar Hira yang baru ini :)

Masih dalam rangka pengen ganti suasana, kemarin keingetan Mas mau buat beberapa lubang biopori dihalaman samping dapur, jadi ada rencana pindahin tatakan Torn yang dikirim Papa dari Jakarta. Jadi biar enak trus keidean mindahin sendiri,..hahaha...angkat tatakan besi itu dari garasi ...trus taru dihalaman samping dapur, abis itu kurang torn sampe kosong ..baru angkat ke atas tatakan besi,..sisanya biar tar Mas yang rapiin ...kayaknya itu perlu dikasih triplek or papan di bawahnya gitu ....trus Hira ngapain? ada dong ...bantuin disitu tuh keliatan kok di gambarnya...girang banget dia main air...sampe baru tidur jam 2 siang.

210110
Sebenernya udah ketebak, benerkan insting seorang ibu itu kuat, "Ni anak pasti pipis diatas karpet bentar lagi,..." baru mau diangkat eeeeeeh dia malah lagii pipis di karpet ..telatkan??? alamat cuci karpet ..ya pasti dicuci karena kalo laundry kelamaan juga sayang duit...hehe. nggak usah marah dong ...wong anaknya pinter kok :p
Tuh kan, kalo dikasih tampang-tampang begitu Ebo-nya ya ngga bisa marah hahahaha.....

Kebetulan tadi pagi iseng pengen bikin cingcau, kemarin sempet bikin tapi gagal karena bikinnya diblender..jadinya malah bubur daun *bego ya* ya ya terimakasih sudah ditertawakan..., jadinya hari ini bikin cingcau mengikuti petunjuk yang benar, daun di remes-remes trus disaring ..dan Owh Owh...begini lah jadinya...lebih senangnya lagi..Hira doyan ..walau cuma 5 kali suap, karena dia abis makan sepiring jadinya udah kenyang duluan...
dah ya nanti postingan dilanjut lagi ...

Eh ini kegiatan IRT sejati ! ...hahahaha barusan ada yang bilang Dno itu IRT sejati kerjanya beres-beres terus ... makasih :) suatu saat berasa lho bahagianya menikmati kegiatan itu semua ... :)

11 January 2010

Selamat datang Tahun Baru...

Makin kesini makin jarang ngeblog ya :), Desember kemarin diajak jalan-jalan sama Mas ke Jakarta, ngapain?
Ini foto para ibu-ibu dan mbak-mbak r-o-d kemarin di Jakarta

Ketemu temen-temennya mas. Senang banget rasanya, mengingat most of my time dihabiskan dirumah. Dulu waktu sebelum nikah pernah dikenalin di Semanggi...orang-orangnya ramah dan menyenangkan :) ... berbekal peta dari google map supaya tidak tersesat, sampai jam 10 siang dan pulang jam 3 sore ...
Gayanya Hira waktu difoto sama Om farhan

Habis pulang dari Jakarta besoknya sakit... sampe bikin semua orang repot? iya ...karena dirumah cuma ada Hira...kena demam sampe 39.7 C ...sambil menggigil telp Ibu buat dateng kerumah dan akhirnya semuanya dateng hehehe termasuk Mas pulang langsung dari kantor...begitu berasa demam tadinya udah mau berendem aja di air anget, tapi karena kemarinnya pergi, itu water heater dimatiin lupa ngga dinyalain jadinya mandi air dingin dan makin menggigil,... antara puyeng demam ngga jelas juga Hira yang nangis jadi ngga keruan deh...berasa banget pasti kalau kejadian ajaib ini terjadi lagi?

Pelajaran juga sih...gara gara pengen namatin nonton serial quen soendeok jadi kurang istirahat , dan waktu perjalanan mungkin PD sebelah kiri lupa dikasih ke Hira, jadinya kena mastitis...sakit banget dan itu penyebab demam, kesenggol dikit aja sakit banget ...pas nyadar begitu reda demam langsung dikosongkan,...Hira juga jadi ngga mau isep PD sebelah kiri ...mungkin gara gara keringet juga kali ya..jadi ada bakteri masuk...2 hari terus dikompres botol anget sama diperes ..dikeluarin sampe kosong ...ngga lagi lagi deh ngerasain mastitis sampe begitu...

Hira ku itu makin lama makin pinter aja, sekarang udah mulai belajar bicara 2 kata or 3 kata, tapi yang jelas sekarang udah bisa dimengerti deh kata-katanya seperti :

"Buh ..maniih " (Bu mandi")
"mau ini.."
sambil nunjuk sesuatu yang dipengenin atau,
"Nenen bopo"(Dia mau ngASI sambil bobo)

Banyak deh bahasanya, sekarang dah tahun 2010, bulan maret nanti tepatlah 2 tahun usia Hiraku itu, ngga terasa udah 2 tahun jadiSaHM...Stay at Home Mom. Sampai detik ini besyukur banget sama Alloh udah kasih kesempatan luar biasa jadi Ibunya Fahira dan istrinya Mas... selain karena kabaikan dan kasih sayangnya...juga supportnya buat ngedukung selalu Dno jadi IRT dan selalu mengingatkan untuk tetap jadi IRT.

Semalam ini jadi topik pembicaraan kami lho, waktu makan malem bersama, ngeliat Hira makan Tilohnya,... apa jadinya kalau Dno kerja,..mungkin akan banyak moment yang ilang...dan mungkin hasilnya Hira ngga akan seceria itu ..sepintar itu ...se ekspresif itu.

Bulan ini kita betiga kena Batuk Pilek, awalnya yang kena batpil Hira, karena musim ujan juga Mas juga kena..trus ngerembet ke Dno, jadinya kita semua satu rumah Flu... Bulan ini Ibuku juga sakit, terhitung dari tanggal 31 Des kemarin sempet ke rumah sakit beberapa hari dirawat pertama dikiranya kena liver, tapi ternyata radang empedu, sekarang sudah pulang kembali ke rumah dalam proses penyembuhan, semoga aja bisa sembuh total dan ngga kecapean.

Bulan ini juga sempet nemenin Hira berenang ...berenangnya udah lumayan, tangan dan kaki sudah bisa digerakan dah pinter deh walau belum bisa dilepas hehe...
Bulan ini juga akhirnya punya BOR BIOPORI, awalnya sempet baca dibeberapa artikel dan berita, trus pas nemenin Mas cuci motor di P88 arcamanik situ sempet baca buku go green yang bahas tentang BOR BIOPORI ini, semakin bulat tekad buat punya pas tau ternyata Mas juga pengen punya, jadi pesanlah kemarin itu ke Pak Wahyu, dapet alamat email dan telpnya ...setelah kirim email trus sms jadinya cepet hanya tunggu 2 hari aja BOR BIOPORI nya dateng ke rumah dianterin sama TIKI, pesan 1 transfer via bank Rp 225.000 itu udah sama ongkir. mata bornya tajem deh...kemarin pas bongkar bungkusannya didalemnya disertai dengan selembar petunjuk penggunaannya. Walau sudah baca di beberapa artikel tapi tetep juga grogi bikin sendiri, jadi mau tunggu Mas yang buat nemenin bikin lubang nya...

Kenapa beli BOR BIOPORI? karena pengen tau...dan selain itu komposter takakura lagi penuh ..kalo udah kepenuhan sama sampah dapur biasanya Dno kubur sampahnya..tetep tadinya pingin tanah jadi sehat dan gembur...mumpung musim hujan dan lagi semangat buat tanem-tanem gitu lho.., lubangnya balom bikin...tapi nanti kalau sudah bikin tak buat ulasannya diblog...
Desember kemarin kita pergi ke IBCC lagi ada banyak jajanan disana, sementara kita jajan Hira main di rumah balon, ni lagi kejadian dia naik ke atas tapinya ngga berani turun,... jadi dibantuin sama penjaga rumah balonnya, jago lho dia...berani naik setinggi itu hahaha...

Ini berenang hari sabtu.. pas sama moment bagi rapot anak SD, iya ceritanya ada yang ngadain bagi rapot di pinggir kolam renang...payahkan jadinya sebentar aja kolam jadi penuh kayak cendol,...Hira berenangnya jadi ngga puas ya, males pulang dia..sampe sedih
Kalau udah kena air ..susah diangkat...maunya berenang sampe tahun depan kali,...ditanya "udah ya" jawabnya "ngga mauuuu" sambil gemeteran ..padahal bibirnya udah biru gitu...
Ini lagi gangguin sepupunya main game, game tembak-tembakan lagi..tekun banget gangguin hira nih, sampe sepupunya udahan main game nya....
Lagi diajarin Ayah sempot tanaman...eh dia kayaknya suka deh tanam menanam, soalnya kalau lagi ngebon dia biasanya ikut nimbrung main tanaman dan siram-siram...
Ini lagi main bareng Nadia, temen mainnya Hira...Hira tetep ngga mau kasih pinjem boneka ade nya itu ...
Ini waktu di nikahan ranti...ini foto sama ontih indori ...liat deh dari nyengirnya aja udah ketauan siapa itu ya..., Dno kurus banget hueuehuhe tapi sebenernya sama kok dari belom nikah sampe sekarang berat itu bertahan di 50 kg,...sebel dikatain kurus melulu... :(
Ini..torerorejing...Mas kow ganteng banget disini lho..aura ke-bapak-an mu muncul hihihi... tapi dno kok ya ngga habis pikir kemarin kok bisa-bisanya dipanggil "om" sama pak' le ku hawahwahwahwa....