22 December 2010

Fahira menanam bibit seledri

Lupa kalau hari ini kegiatan ibu sama Hira adalah bermain tanaman, rutenya dari taman sebelah sampe depan rumah hari ini menanam bibit seledri lagiih sambil siram siram tanaman
bibit seledri diambil dari telapak tangan ajaib ibunda yang cantik jelitah....
setelah diurek urek tanahnya kemudian ditabur benih seledrinyah..
dan setelah itu, diambil air segayung buat dibasahin tanahnya ..lalu ditunggu numbuhnya :) ...

"Ebo..ila ebad,..yah nanam nanam ..hihihih Ila kayak ebo yaaa"

Selamat Tinggal Ikan mas Koki...

Pagi ini, di Hari IBU yang cerah....well saya ucapken..selamat hari Ibu, terutama buat Ibundaku dan diriku sendiri yang sudah menjadi ibu..juga ibu-ibu yang ada di dunia ini :) ...

Di hari Ibu yang cerah 22 Desember...Hira dikejutkan dengan berita duka...Ikan mas Kokinya meninggal setelah 4 hari dia berenang terbalik ...akhirnya koma..dan dinyatakan meninggal :( ...mungkin karena ibu terlalu sibuk main pesbuk jadi lupa ganti air akuarium..maapin ibu ya nak.

Ikan sudah mengambang mungkin dari sejak tadi malam,.. kita ngga sempet nemenin dia disaat saat terakhir...dan juga Ibu siapkan tempat peristirahatan terakhir ya itu di pot seledri ...kebetulan 1 pot seledri itu mati dihajar panasnya sinar matahari ..jadi Ikan, kamu istirahat disana dengan tenang..serahkan tubuhmu untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah dipot supaya benih seledri yang ibu tabur tadi pagi tumbuh dengan baik :)

Sesaat sebelum dikubur..Hira sempat berdoa dulu supaya Ikan mas koki tidak dendam pada Ibu yang lupa ganti air akuarium....
Dan juga setelah itu tidak lupa Fahira yang manis, menghibur ikan sapu-sapu..ikan mas koki dan ikan item koki yang masih berduka sekaligus senang karena air akuariumnya akhirnya ibu ganti ...jadi lebih bening..., eh itu tanggalan kamera HP salah tuh...harusnya tanggal 22 Desember :( ..

21 December 2010

Mari kita mencoba membuahi bunga anggrek :p

Si ebo ini adalah pemula kalo dalam hal tanam menanam ataw bercocok tanam,...karena diberi hadiah bungga anggrek dari neneknya Fahira beberapa waktu lalu, jadilah punya anggrek ...anggrek ini ditempel dipohon buah delima setelah sempet nempel didinding halaman belakang.

Kemarin ibuku itu sempet berkunjung ngecek ngecek apa ibunya si hira ini berhasil melanjutkan dan memelihara semua bunga dan tanaman yang beliau berikan itu,...dan Ladalaaaaah...takjub dia ngeliat anggreknya berbunga..dengan indahnya...trus mulailah kita membahas gimana anggrek supaya bertambah banyak dan beranak pinak karena dirumah si nenek..banyak banget anggreknya hohohoho...dan lalu turunlah ilmu..buah membuahi si anggrek....
Kalau merunut pada gambar di atas, yang sebenernya enggak begitu jelas ...karena diphoto pake camera HP biasa,..caranya adalah begini, kalau kita ngeliat bunga anggrek dari deket, dibagian anther itu ada 2 buah biji yang (belon tau namanya apa) ketutup sama selaput...nah itu dicolek pake jarum..dimasukan ke lubang yang ada tepat dibawahnya...kalau digambar bawah biasanya letaknya di-column. sudah beres begitu ajah...dan tinggalin deh barang seminggu ..tapi ya tetep disiram..hohoho maka jadilah seperti gambar bunga kiri diatas atau dibawah inih :
Liat yang bagian hijau dibawah tangkai bunga..menebal itu lama lama ngegedein dan jadi calon benih anggrek...nanti keluar kayak kapas trus diselipin deh di pakis ..biar jadi anggrek :)
Beberapa bunga udah pada layu karena berhasil dibuahi....calon anggrek...semangat dah kalo udah berhasil beginih...hayuuuk ..punya bunga anggrek yang banyak,..nabung dulu ah buat beli media tanamnya ....

Saya simpankan foto yang lebih bagus yang saya dapat dari web : www.orchidshome.com
jadi kalau dilihat bagian yang dikerjakan sama kita itu ada dibagian stigma, column dan anther jadi yang ditusuk jarum itu... selamat mencoba :)

Jawaban Alloh atas Doa yang saya panjatkan kemarin

Okeh mari kita cerita lagi, bulan Desember bulan terakhir tahun 2010 (tiap orang juga pasti tau, enggak usah dijelasin :p) bulan dimana akhirnya Dno memutuskan untuk hijrah...hijrah menjadi ibu pekerja dan mempunyai bisnis sendiri ...sendiri disini artinya (saya+suami)...pekerjaan dan ide ide saya didukung penuh sama sang jagoan yang ganteng ituh...Dari mula membeli mainan yang sangat dicintai yaitu bamboo ...sampai disumbang jutaan ide ide nya untuk menyalurkannya lewat perasaan dan tangan-tangan ajaib yang Alloh beri untuk saya...Amien semoga kelak saya dan kami sekelluarga bisa menjalani itu....

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat sample colour agar tidak terjadi miss match dengan sipenyablon, padahal tau hari itu gerimis...dan niatnya memang sekalian cari paud or playgroup buat Hira, saya berangkat deh menuju borma...membeli beberapa peralatan perang berupa : cat air, kuas, dan pinsil gambar, kertas berwarna... tau rasanya seperti apa "BAHAGIA" sekali mengerjakan hal yang memang sepertinya tidak pernah lepas saya sukai dari sejak saya dilahirkan ....

MENGGAMBAR,...hehehehe saya adalah pelukis sejati untuk saya sendiri :p,.. seperti biasa waktu buat sample colour Hira juga ikut nimbrung.. ibu pegang kuas..dia juga... jadi sudah pasti diBorma tadi saya membeli 2 buah kuas ...karena saya ingat kembaran cilik saya dirumah hahahaha

mulai dari mengerjakan dilantai, sampai pindah keatas tempat tidur..dan sempet sengaja salah ngecat kasur (emang niatnya begitu sih dia jahil) dengan sabar dan tekun sampe termonyong-monyong diselingi ngeces :p akhirnya dia menyelesaikan satu lembar stiker warna dengan sempurna ...sampe catnya habis ..termasuk belepotan dibaju :)

Beberapa hari yang lalu,...waktu saya pergi ke Borma saya titipkan Hira dirumah asisten,...udah cerita belom kalo asisten yang sekarang orangnya cukup baik...cocok lah. disana Hira main diatas kursi kecil dan dengan antusias dia bilang itu adalah kursi kepunyaan dia... dan lebih takjubnya lagi beberapa hari kemudian..si bapak (suami sang asisten) menghadiahkan kursi itu ke Hira...sampai akhirnya saya punya ide untuk menawarkan ke beberapa teman diluar sana,...kursinya bagus...liat aja posisi duduk Hira waktu dijajanin Ayahnya kelapa Bakar...hahahah anak cewek kok duduknya begitu :p, Lalu apakabar sama Hira,
Ini kabarnya,...ternyata susah ya mendorong bocah buat konsisten mewarnai disatu tempat,..tipsnya adalah ditemani..ditemani menggambar sambil ribut .."ituuuh masih ada putihnya ayo diwarnai! masa kalah sama ebo" dijawab Hira "ibu salah tuuh masa meong walnanya olengs?" abis itu warna meong apa?? ....dijawab hira " ijooooo dooong" ...wew . Liat deh hasil mewarnai hira yang pas bagian badan si boowa...lumayan lah.

Owh iya, kemarin akhirnya bibit bunga yang ditanam Hira di gelas palstik dipindah ke taman depan rumah, ...hohoho dia takjub lho,...melihat proses dari biji bibit, timbul daun..dan akhirnya dipindah ketaman..semoga kelak betul berbunga dan ngga dimakan siput...heran siput itu datengnya dari dunia mana sih?
Terakhir..saya persembahkan ...Foto Fahira dengan temen barunya ...si ayam kicil, ayam punya orang, waktu Hira saya jemput dirumah nin,...heran ada apa sih sama ayam?

Thankyou Allah...Subhanalloh saya merasa sangat beruntung karena apa yang sesuai dengan keinginan saya sedang ada didepan mata...dan saya yakin yang terbaiklah yang Allah berikan..semoga tantangan yang diberikan ini..mampu saya hadapi ...Amien...

24 November 2010

Ceritanya begini...

Eh tau ngga, pagi ini enggak semangat bangun, sebenernya udah 1 minggu ini berasa enggak enak badan, jadinya lesu aja bawaannya ...dan jam 9 malem udah tumbang aja alias ngantuk. Begitu bangun duduk disebelah Mas yang lagi ngerjain sesuatu dikomputer...hohoho sambil nyeruput teh tarik anget, habis itu goda-godain Hira sambil trus diangkut ke bawah...dan seperti biasa bikin sarapan dan bekel untuk Mas.

Pagi ini bawaannya ngga enak banget, jadi diputuskan untuk ngudekuplek ditaman depan,...pengen mindahin kuping gajah dan beberapa pot, juga ganti penampang pot pake batako, sambil nyabutin rumput ...dan ternyata...keringetan banyak sodara-sodara. Yaaa acara main bersama tanaman ini sedikit mengurangi rasa "enggak enak" itu, lho Hira kemana Hira? ...Hira tentu ada disitu ngintilin sama sama pake sepatu bot juga sarung tangan..ditambah main tanah juga main air...jadi bonusnya ya acara mandi.

Udah beberapa hari ini Hira lagi keranjingan main game online, ...dari uptoten maen si boowakwala...jadi Dno ngga bisa ngapa-ngapain selain nemenin dia main game. Oh iya kemarin kan Hira dikasih hadiah sama amihnya ...seperangkat komputer :) jadi sekarang dia punya komputer sendiri. Dari Pagi sampe sore,...jadi kemarin itu Dno sengaja deh ngajak dia main diluar...dan hasilnya kok jadi malah main sama tukang kebun dikomplek ini hahahaha
Hira lagi ngerecokin para pegawai komplek tamansari..hahahaha , Abah Emo & Ibu Iyod
Yang lagi keranjingan main game edu dari uptoten
Ini salah satu mainan Hira ...Dno juga suka sama webnya boowa&kwala ini...semua gamenya mendidik dan merangsang otak hira dengan baik, kemajuannya banyak setelah main ini...tapi mainnya harus ditemenin lho ya :)
Gambar atas anggrek yang berbunga lagi :) ..cabe rawit yang mulai berbuah (ditaman depan), lalu itu tampak meja kerjaku kalau sedang mendesign dan browsing sana sini....ditambah softboard yang tadi siang dibikin sambil ditemenin Hira yang merengek-rengek minta ditemenin tidur siang...juga itu gambar kanan bawah...seledriku yang mulai tumbuh dewasa :)

22 November 2010

Meluruskan Tujuan

Mumpung tengah malem, pas lagi sepi sepinya...tiba tiba ingin menulis rada serius, Ngga terasa sudah akan ketemu tahun ke-4 menjadi istri dan include menjadi seorang ibu, terlepas dari seluruh kegiatan yang Dno miliki..ternyata ruarrrr biasa, lengkap perasaannya, ibarat kata seperti mencicipi es pak oyen di siang hari..pas lagi aus-ausnya...esnya tumpah :p

Tapi tahun ke 4 juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang kadang mengalami pasang surut emosi, naik turun semangat dan penuh perjuangan dalam rangka perang sama ego "kepengen kerja lagi"..dan bukannya enggak mencoba proses mencari kerja ini bahkan sudah dicoba beberapa kali berakhir dengan keputusan "udah dirumah aja :)"... saat saat terberat yang harus dilewati seperti rasa cemburu melihat teman yang bisa bekerja tanpa punya rasa khawatir sama sikecil dan cukup berani tahan banting dan tahan mental menghadapi itu semua.. segala masalah pelik dibaliknya (salut banget buat para ibu yang bekerja diluar rumah dan tetep mampu memperhatikan dan merawat keluarganya)..karena itu berat banget, terutama salut banget buat Ibuku yang dulu mampu tega..ngunci kami bertiga dalam kamar untuk ditinggal kerja..., tapi bukan itu inti tulisan ini...bukan masalah meninggalkan atau tidak...bukan juga masalah kerja atau tidak...bukan masalah perbandingan baik dan buruknya, tapi masalah saya yang harus meluruskan tujuan ...

Tepatnya bagaimana supaya keinginan, hasrat dan cita-cita saya mampu saya lakukan tanpa mengorbankan perasaan saya sendiri ? perasaan sedih waktu melihat Fahira menangis histeris saat saya tinggal pergi dipagi hari tempo hari,...perasaan buruk yang saya rasakan waktu dia memeluk saya dan bilang "ibu..jangan keja, ibu dilumah aja main sama ila..." perasaan dibutuhkan yang justru dulu saya dambakan ...sangat bertentangan dengan perasaan saya yang ingin bekerja, berkarir, berpenghasilan dan memenuhi nafsu lainnya....semoga dalam prosesnya saya mampu bertahan dalam segala keadaan...janji Alloh tidak pernah ingkar...semoga ridho suami berkah untuk saya...amien

Jauh dilubuk hati ...saya juga manusia yang lumrah punya rasa khawatir akan hari esok...tapi rasanya saya harus menulis ini agar saya selalu ingat tujuan saya semula... bahwa saya harus mulai memikirkan hidup diakhirat nanti...dan merinci semua daftar keinginan saya yang 90% bersifat duniawi... ingin beli ini itu ini itu ini itu, punya ini itu ini itu ini itu....dan merasakan ini itu ini itu ini itu... padahal investasi saya untuk akhirat nanti sudah didepan mata setiap saat...dunia begitu memikat dan hebat dalam membutakan siapapun ...semoga saya semangat terus berjuang!

dibanding ibu ibu yang ada diluar sana...pengalaman saya menjadi ibu masihnya nol besar...saya harap saya akan setegar mereka...sekuat mereka dan sesetia mereka pada partner hidupnya, saya juga berharap bisa menjadi partner yang solid dengan suami saya...Amien

Fahira - balon yang siap diletuskan :)

Fahira putri kecil ibu, pintar dan selalu riang...punya rasa ingin tau yang besar, setiap hari selalu memberikan ibu pengalaman menakjubkan, terimakasih sudah memberikan kebahagiaan dan kegembiraan buat ibu :') ...semoga kamu bisa menjadi cahaya penerang buat kami kelak...dan merawat kami pada saat tua nanti,...mendoakan kami kalau kami sudah meninggal,..terimakasih sudah memberikan rasa haru bahagia ketika kamu mengucapkan "hila sayang ibu dong" ...terimakasih juga kamu sudah mengajari ibu untuk mengingat betapa besar kasih sayang Nenekmu dan Aki mu pada ibu dulu ...semoga Hira selalu mendapatkan hal baik didunia maupun akhirat...dan Alloh Ya Rahman..Ya Rahim...selalu melindungi kita, Amien


- Bismillah -

18 November 2010

Idul Adha tahun ini..

Selamat Hari Raya Idul Adha, dan selamat berqurban...Tahun ini sholat Idul Adha di Jakarta,...tahun pertama hari raya Idul Adha tanpa Kakek, suasananya agak berbeda aja, tapi kita pasti akan terbiasa ...
Bangunin Hira agak susah, dibujukin liat Sapi baru mau mandi,..belum ribut gara gara Hira ngga mau pake mempes,...tapi akhirnya sukses juga ngajakin Hira sholat Ied dilapangan...tekun mengikuti gerakan sholat walaupun kayaknya masih liat kiri kanan suara anak lain nangis, kemarin dia takjub banget liat banyak sapi n kambing nongkrong dijalanan,..malah dengan ramahnya bilang "Dadah Sapi..Dadah kambing...." liat di foto deh, bibir Hira kayak agak tebel ya ...Dia lagi kena sariawan tu, kesian deh susah makan :( ..juga susah jalan (kalo yang ini ngga ada hubungannya sama sariawan..emang dasar aja maunya digendong).
Habis sholat ..kita terus sarapan deh, siap-siap ke rumah Omi Mul buat bantuin motong daging sama seru-seruan sama sodara-sodara, norak-norakan foto bareng sama Pak Yadi hohoho Om nya si Ontih dari keluarga si Opi pan artis :p, juga enggak lupa poto-poto sama calon manten ..ontih indri, paling topnya Hira poto-poto sama Star of the day..si empi..capi yang mo dipotong...
Dan dengan mengucap nama Alloh SWT, sambil memanjatkan rasa syukur ...Sapi pun di sembelih, mulai dari lehernya ...Eh, seru banget ya liat gimana proses kurban dari awal sampe akhir, apalagi semenjak menikah sama Mas..Dno jadi sering terlibat di panitia kurban komplek n juga keluarga di Jakarta..tiap tahun ada aja pelajaran yang bisa diambil...terutama proses menguliti dan memotong daging Sapi jadi sekitar 1200 pcs daging or tulang dan juga belajar mengenal bagian dari tubuh sapi ..daging mana sajakah yang sedap di buat masakan-masakan tertentu ....

komentar Hira liat sapi disembelih : "Ayah..sapi balah...kacian ya.." sayang Hira lagi sariawan jadi ngocehnya ngga sebanter kayak biasa ..

Disela-sela Dno motong sama tante-tante yang lain,... Hira sama si Emas ngicip-ngicip es Tjing Tjaw buatan Omi, aseli dari pu'un yang ditanam sendiri lhooow, pas banget lagi panas ngelekeb minum tjingtjaw..kalau minum es sariawannya jadi ngga begitu sakit kali ya...tapi engga juga wong abis itu dia nangis minta tidur ...

Acaranya dicukupkan sampe jam 4 sore ajah sodara-sodara, karena dagingnya ada yang harus dibawa ke Gg.Sailin, jadi sekalian pulang dan leyeh-leyeh dikamar si Amihna Hira,..sampe akhirnya kita pulang besokannya... dengan calon penghuni kulkas banyak sekali hehehehhe...
Iyah ini acara dirumah, beberapa jam setelah sampe rumah, Hira bantuin ebo nyuci piring...abis nyuci piring ...makan es krim ..bah enaknya ..anak sholehah kepunyaan Ayah dan ebo.
Ini yang terakhir..untuk hiburan kita semua...neneng anjarwati ..sebelum show :p

14 November 2010

Welcome to my project ...

Hallo,...betul banget beberapa minggu terakhir lagi sibuk banget maenan bamboo, dan sekarang projectnya dimatangkan project bekerja dari rumah dan menjadi motherpreneur. perkenalkan design "JAGOAN kecil" ...Awalnya memang punya niat dari jaman dahulu kala, eeh niatnya jadi menggebu-gebu semenjak punya Hira, pengen bikinin kaos kecil buat Hira yang mengandung banyak pesan dan lucu-lucu, murah tapi keren :p *menurut saya hehehe* dan diharapkan juga menurut kelian yang mampir dan tertarik sama design yang saya buat...semoga berkenan


Design 1. JAGOAN kecil pake topi

Design 2. JAGOAN kecil brushing his teeth

Design 3. JAGOAN kecil the bee

Bagaimana bapak-bapak, ibu-ibu, om tante, jeng-jeng, mbak, dan kakak...tertarik untuk beli dan menghadiahkan untuk anak-anak atau adik-adik yang anda cintai dan sayangi? atau barangkali berkenan memberikan masukan diantara 3 design diatas mana yang paling disukai :) ...

terimakasih sudah mampir ...

1 November 2010

Neng Hira

Sepertinya benih chosin dan kangkung yang kemarin itu sudah mulai tumbuh,..lucu-lucu baru 2 minggu sih tapi udah seneng aja liatnya,...
Seledrinya juga sudah mulai berbentuk daunnya,...tapi masih nunggu lama untuk liat dia mampu bertahan dipot itu atau akhirnya akan mengering :( ... berharap sih dia akan tumbuh dengan suburnya..disitu

sepulang dari Jakarta kemarin, mampir ke Dokter gigi buat nambal gigi geraham yang mencurigakan, iya dicurigai akan bikin sakit jadi mending minta ditambal sebelum sakit giginya datang hahahaha...sambil ngajak Hira periksa giginya juga. dan tau ngga Hira kok jadi nyandu digosok giginya
Ini Hira lagi bantu beli tahu, tukang tahu yang selalu lewat jam setengah satu siang...

Minggu kemarin Bantu bantu Ayah cuci Toki
Sama kaca mata kesayangan nya

14 October 2010

Panen kunyit dan nasib kebun mini ebo

Hari ini masih bertapa di sebelah rumah, masih ngebenerin sikebun mini...diubah ukurannya jadi 3x4 karena waktu ngobrol pagi-pagi sama Mas kayaknya lebih bagus ditempel ke dinding. Mangkas 2 pohon mangkokan sambil ngambilin kunyit-kunyit yang berserakan,..itu kunyit yang diambil baru setengahnya masih banyak yang tertanam didalam tanah. Udah ngos-ngosan aja ngerjainnya.. apalagi naikin tanah sampe ke permukaan batako ...iya, tapi seru :)

Sambil ditonton Hira yang lagi mainin HP,..gile tu HP berapa kali dijedot-jedotin ke kursi sama dinding sampe mati segan idupun ngga mau... Dno ogah ganti HP sampe HP itu bisa diperlakukan dengan baik oleh Hira :( ..tapi si Hira sekarang udah bisa motret pake HP hahahah pinter :D ...
Sudah hari ke-3 Hira dapet sariawan di bibir sebelah kanan, rewel dan pengen digendong ..ada aja alesannya. Dari mulai sakit kepala, enggak bisa jalan atau sakit perut ...obatnya digendong. Ngga makan nasi atau sayur ..maunya cuma nyedot susu dan activia, kasian banget..tapi harus sabar ...karena sariawan nanti juga sembuh :) ...jadi ibu ngga perlu bujuk hira jalan-jalan naik angkot :p ..ahahahaha gile hiburannya naek angkot chooooy...

Kemarin waktu mampir di toko Barokah dikasih Tips sama yang jaga toko, buat mengatasi kaki pecah-pecah, rendeman sama air garam habis itu disikat kaki jadi licin, jadi malem itu dipraktekin yang pastinya Hira sama Mas juga ikut nimbrung... tapi beneran kaki jadi licin lagi ...jadi suka sama mbak-mbak yang jaga toko :D . baek banget udah mau ngasih tau ...
Seneng lho liat foto ini,... dapet kunyit bisa banyak begitu. Ngga sabar ngasih Mbak'yu ratri si penjual jamu ...juga kirim-kirim tetangga yang mau hahaha ...Alhamdulillah...

By the way, seledri dan kemboja jepang sudah mulai tumbuh ...bayi bayi tanaman itu lucu banget ..... ngga sabar metikin seledri buat sop atau soto :D

12 October 2010

lagi seneng main dikebun

Haduh ...lagi hobi berkebun dan main dikebun sebelah ...dari pagi sampe jam 12 siang bisa ngudek uplek disebelah sampe kecapean....

Ayam petelur yang dipiara sisanya tinggal satu, karena sebelum lebaran udah dipotong 4 ekor ...sisa seekor tiap hari bertelur sebiji, keren deh ...berasa gimana gitu ngambil telur fresh dari pantat ayam :D, terhitung 2 hari sejak piara ikan ..ikan gurame sudah mati 3 ekor dugaan sementara adalah karena terkena jamur dari tempat belinya diduga kena saprolegnia dan sisa dari semua ikan Dno rendem di air biru, obat buat penyakit ikan..yah mudah-mudahan sembuh :).

Prakarya yang Dno kerjain di halaman depan masih belom selesai, 75% ...dan siram-siram rumput dibantuin sama Hira :)

Pagi ini anter hira ke posyandu, ..oleh-olehnya banyak dapet sedus susu SGM ditambah snack...tingginya masih 89 kok diposyandu ...dan berat 11 kg...timbangan dan ukurannya ngga sama dengan yang dirumah..lebih gede ditimbang dirumah ..tapi ngga apa yang penting Hira sehat :)

abis anter Hira ke posyandu, mulai lagi deh main dikebon sebelah,...hari ini list pekerjaannya

  • Buat kebun mini, untuk tanaman sawi dan kangkung juga tomat,..ukuran batako 4x2 batako, dan tanahnya dinaikan setinggi batako, dibantu Hira yang tugasnya memadatkan tanah. Tanah juga dicampur dengan kompos dan tanah lembang. lumayan menguras tenaga karena nyangkul dan masang batako itu berat hahahaha...sekedar informasi harga batako 1 buah Rp.2100 .. :)
  • Ganti tumpukan batu penahan cabe rawit, semula pake batu alakadar sama bata merah jadi diganti sekalian pinggirannya sama batako...biar lebih rapih..
  • ngelurusin Batako diarea depan kolam terpal, dan ngumpulin batu kali sedikit-sedikit ...biar kalau hujan turun, airnya diserap langsung (ini maunya si emas), juga kepengennya itu ditaruh batu kali aja ..biar enak diinjek kaki buat refleksi :)
  • Eh kita pesen lagi bor biopori, karena bor yang satunya itu diminta sama ibu buat nanam pohon jati..., rencananya wiken ini mau mindahin pohon naga...tapi itu harus nunggu emas dulu heheh soalnya biar ngerjainnya rapi :) eh bor biopori itu pesennya ke IPB, total kirim ke bandung dengan harga Rp 205.000 (sekedar informasi)

10 October 2010

Kolam Ikan Terpal untuk Nila dan Gurame

Dno mau ceritain proses pembuatan kolam terpal yang dibuat selama 2 minggu ini. buatnya sih setiap weekend aja, yang akhirnya selesai hari ini :

Berikut Dno ceritain tahap-tahapannya
  • Tahap awal adalah membeli kolam terpal yang sudah jadi dari Internet :) ini Mas yang pesen
  • Lalu kita (Mas dan Dno ) beli kayu bekas dari Jalan Sukarno Hatta. karena menggunakan kayu bekas lebih murah dan juga kita lebih sayanglah sama lingkungan, selama ada bahan yang masih bisa dipakai dan tidak perlu menebang pohon :D . kayu diukur dan didesign sesuai dengan besarnya kolam terpal designnya digambar dikertas atau sambil ngelamun-lamun sedikit. Kayu digergaji dipaku dipasang ..ini ngerjainnya bareng-bareng hoho seru banget karena Dno juga nyambi sambil masak juga n Dno sama Mas gantian suapin Hira, sambil gantian gergaji kayu dan maku-makuin kayunya.
  • Setelah rangka selesai, kita beli Cat ke IBCC beli cat kayu dan memilih warna coklat tua. Ini dikerjakan dicicil pagi-pagi setelah bikin bekel buat Mas, maksudnya supaya weekend bisa dilanjutkan langkah berikutnya.
  • Setelah Rangka selesai dicat dan kering seluruh permukaan , baru kolam dipasang, diikat menggunakan tali setelah sebelumnya dipasangi paku pengait supaya terpal kuat menempel pada rangka. "terpal sudah dilengkapi lubang untuk tali lewat dari sononya"
  • Terpal sudah terpasang dengan baik baru di isi air, diiisi setengahnya *ngabisin air dari torn"
  • Lalu kita pergi ke Jalan Peta disana banyak yang jualan ikan. ikan segala rupa ..kebetulan dapet ikan nila (yang masih kecil) Rp 2.000/ekor . gurame Rp 4000/ekor , nila 10 dan gurame 13 ekor itulah piaraan kita sekarang :) . Hira seneng banget di ajak beli ikan,...bisa megang-megang ikan juga ngobok-ngobok ikan disana, sampe ngga mau pulang...
  • Sampe dirumah itu kolam terpal yang udah dimasukin bola-bola hira dibersihin, diisi ikan beneran juga dipasang pompa air *pompa air ini dulu dipasang didrum ikan lele dan ikan lelenya udah jadi pecel lele* pompa air yang sempet patah bagian dalamnya itu diperbaiki dulu ...dicoba ganti pake korek kuping besi yang ternyata ngga cocok, akhirnya pake besi kecil bekas kalender, si pompa akhirnya berfungsi dengan baik...
  • karena kecapean istirahat sebentar, trus buat tutup kolam dari bambu dan kawat, kenapa ditutup...supaya enggak sembarangan dimasukin bola sama Hira hahahahah....

Nah Kolam Terpal sudah jadi...sudah di isi ikan, meski ada beberapa ikan gurame yang kondisinya menyedihkan dari sejak dibeli..salah satunya sudah berenang miring-miring dan terpaksa diungsikan ke aquarium koki sambil dikasih obat supaya jamurnya hilang ...semoga aja dia bertahan hidup untuk jadi ikan bakar ..

Dno, Mas juga Hira semuanya punya andil dalam proses pembuatan Kolam Ikan Terpal ini :) ...Wauaaah senangnya akhirnya kita miara ikan beneran ..ikan yang bisa dimakan. bangga dan senang bisa menyelesaikan Kolam ini ...seru karena dikerjain bareng-bareng ...dan kita nikmatin kolam sambil duduk dipinggirannya sambil jongkok ..plus ngobrol cekakan sama Mas juga Hira yang dari awal sampe akhir kocak banget komentar-komentarnya.

Berhasil atau tidak si ikan hidup ? ...ayo saksikan bareng-bareng. tapi keinginan kita sih pastinya berhasil ...

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam terpal dirumah ini adalah :
  • Terpal ukuran 2x1x0.5 meter Rp 90.000
  • kayu albasia untuk rangka Rp 250.000
  • Paku Rp 15.000
  • Tali tambang Rp.10.000
  • Paku pengait Rp. 10.000
  • cat Rp.60.000
  • pompa kolam /aquarium Rp 90.000 (karena ini pake yang bekas lele jadi ngga dihitung)
  • Ikan Nila dan Gurame ( Rp 72.000)
  • kawat ram 1.5 meter Rp.22.000
total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 529.000 ....

Cerita ini dno tulis untuk orang-orang yang tertarik untuk buat kolam yang sama atau bahkan lebih bagus dan dengan biaya yang lebih murah :) ...Prakarya keluarga Sudartha selanjutnya adalah buat Kebun Mini :) ... dan hari ini Mas udah beliin Dno batakonya...


Prakarya yang sedang berjalan saat ini adalah masang rumput gajah mini di lahan miring di halam depan...masih dalam proses pengerjaan....doakan cepat selesai :) Dno lagi suka sama aster yang baru dipindah ke pot...rame bunganya putih dan oranye :)

terimakasih sudah mampir ...


8 October 2010

Ayo senang-senang..

Masih dalam rangka meneruskan pengecatan rangka si kolam ikan terpal, yang akhirnya selesai juga, lalu abis itu keidean buat ngeratain tanah diwilayah pohon cabe rawit sampai ke ujung tembok dekat tiang listrik, jadinya niat itu pun dilaksanakan ...akhirnya berhasil rata sampai batas naro pasir :) ...dan nemu pohon buah naga .. yang ternyata tumbuh dengan cantiknya. Pohon Naga ini sempat kena musibah, dulu kepotong Kang Haris yang lagi ngerapiin rumput liar pake mesin ...dan dikirain udah mati, ternyata tumbuh :)


lalu pagi ini, niatnya adalah mencabuti rumput liar, jadi nambah pengen sekalian pasang rumput gajah mini, jadi tanah dicangkuli sedikit supaya gembur, setelah itu pergi ke tukang tanaman belilah 15 iket saja "mudah-mudahan cukup" ditambah tanah lembang dan bonus bunga aster. pergi ngendap-ngendap dari Hira yang lagi asyik kasih makan ikan diakuarium :) ... lumayan berat 15 iket dapet 2 karung ditaru di atas si Karim, dan jalan pelan-pelan aja karena takut jatoh ..berat bo hehehe...

jam 3 rumput selesai dipasang lalu turunlah hujan,..senangnya. habis itu mandiin Hira dan nemenin bobo karena dia ngantuk....

Acara mandi sekarang ditambah sama mainan rambut pas kramas, iya setiap hari mandi selalu pake acara cuci rambut...rambut disampoin trus dibediriin,...

biasanya kalo udah dibediriin trus hira maunya diangkat depan kaca,...Nah ebo siap tuh nyanyi "selamat ulang tahun kami ucapkan...tiup lilinnya tiup lilinnya tiup lilinnya sekarang jugaa...." fyuuuuuuuh ...niup rambut hira sampe mlenyon ..wakakakak abis itu dia ketawa juga kegelian trus bilang "booo..lagi booo...lagiiiii" ......hahahahah

Hampir setiap tukang sayur datang dan bilang "Yuuuuuur" depan rumah, yang heboh pasti Hira ...biasanya langsung lari terbirit-birit, terus teriak dari jendela ruang tamu..."tungguuuu ebo pake bibab....Mang bawaaa apaaaa? Mang bawa apaaaaaa?" ..si Mang Adi biasanya senyum-senyum sambil jawab pertanyaan si Hira..."bawa ayam..bawa daging..bawa sayuuur" ..hahahah dan pagi ini Hira teriak-teriak tanya Mang sayur sambil pake helm....

"Hira ayo mau ikut ngga ebo mau beli sayur nih?"
"tunggu buu ila pake ini dulu..."

tapinya lalu nangis ribut minta gendong, pengen ngintip gerobak si mang.
Ini dia, anak tetangga yang main sama hira ...umurnya 8-9 tahun, kalo main sama si Kaka hira bisa skip tidur siang, jadi Ayah pulang hira sudah merem...kasian Ayah. liat coba deh mimik muka hira yang seneng banget ditemenin main sama Kakak... :) .. tiup 8 balon semuanya diletusin pake ujung rumput ...bikin berantakan aja...