29 November 2009

Selamat hari raya Idul Adha 1430 H

Idul Adha,..tahun ini ngga jadi ke Jakarta, Omih dan keluarga & Kakek & om Boy mau ke Mbandung, jadi kita ngendon aja di Bandung, Jumat pagi dah mbangunin Hira, paling pagi bangun ya Mas, Hira masih tidur diboyong ke kamar mandi, kesian matanya masih kriyep kriyep ngantuk, Abis Sholat Ied mberesin rumah ..trus cabut ke rumah Nene di Bjs ..si nene mo bikin komposter takakura ...minta percontohan supaya bisa bikin komposter di lingkungan sekolah Dian Kencana ...*semoga aja bener...go green* ...

Untung Kita belom makan, jadi pas sampe ke rumah Ibu, Akinya Hira lagi nyate ..ada Kari Ayam juga n ketupat ..lengkap deh, 10 menit bikin bumbu kacang buat sate abis itu makan bersama sampe bego ...
Idul Adha taun ini , kurban 19 sapi sama 14 kambing, kalau taun kemarin Dno dapet tugas di bagian masak ditempat bu Rina nyediain konsumsi buat panitia, taun ini dapet tugas mbantuin bu Bony & the geng dibagian penukaran kupon, ...900 kupon disebar , dan ternyata ada pengalaman tersendiri disetiap bagian, dibagian kupon ya mesti ngitungin berapa kupon yang masuk dari luar buat dituker sama daging yang baru dibungkusin panitia ...kayak bikin catetan gitu lah ampe pusing sendiri karena nyatetnya pindah-pindah ..tapi lancar tahun ini ngga ada acara motong sendiri, karena ketum panitianya udah minta disembelihin + dipotong2 jadi kecil , jadi tukang yang dateng kemarin itu plus tukang potong ...panitia tinggal nimbang , mbungkusin ...
Pas hari pemotongan itu sempet hujan gede,.. Fahira sama Mas dirumah, sesekali Dno dateng buat kasih ASI, .. pas hujan berenti Papa sama Om boy dateng...abis itu sore semua udah dateng ...jadi rumah rame deh...
Jumat sabtu ini cape banget ...betewe..Met Idul Adha ya buat para blogger yang mampir ke blog Dno :) ...

22 November 2009

Memelihara ikan dalam drum


Akhirnya, drum dan ikan sudah jadi, kemarin sempet mampir ke Jalan Peta disana ada pasar Ikan, tadinya pengen beli ikan koki bali yang matanya keluar itu, tapi setelah dipikir ngga suka ah, pengen punya ikan nemo tapi harus pake air laut, jadi balik ke awal niatnya mau cari ikan patin kalo ngga pengen piara gurame, jadi beli patin 20 rebu isinya 8 biji ..dan belanja tanaman air juga box filter air buat aquarium, n belanja obat biru buat ikan cupang nya Hira.

Kemarin sambil nganterin buku Bayiku anaku (Dr Wati) ke nchie, sempet mampir kerumah om kury, ngobrol dan kangen-kangen sama eyang putri..abis itu baru ke Jl. Peta buat ikan, sampe ke rumah jam 5 sore ...karena laper bikin menu cepet aja...

Mas masang pipa ke drum ditemenin Hira, Dno masak : Tempe goreng, oseng kangkung pedes, sambel terasi, peda goreng, tumis jamur & masak nasi,...abis selesai makan bareng deh ..enak banget diluar soalnya lagi turun ujan ..lumayan deres.

Habis itu prakarya diterusin naroin drum buat ditanamin ikan patin... beres jam 10 malem ...Hira sempet jatoh adri kursi sampe benjol palanya... udah ngga mau diem ajrut-ajrutan ditempat yang strategis buat celaka :(

Nah Pagi ini, bangun tidur ....bikin kopi brownis sama roti coklat 2 tangkep ...sarapan bareng kita betiga sambil gojekan ...disebelah, dengerin cerita Mas yang takjub nemuin si Lele udah ada di kebun cabe ..lagi merayap "mau melarikan diri" ...

Habis itu Dno kasih makan hira deh ...sambil bikin mie goreng ...hari minggu ngga kemana-mana .. mau dinikmati bertiga... sambil bobo siang :) ...

19 November 2009

Memelihara cabe rawit dan ikan :)


Lagi punya proyek buat ngerombak halaman sebelah, sebenernya sih dikasih ide sama Papanya mas n Bapak, Papa menyarankan supaya bisa piara udang ...Bapaku menyarankan supaya mulai berkebun karena itu nikmat sekali ..dan ternyata bener banget ...hobby baru menanam segala tanaman ini rasanya asyik banget,... ngga heran ternyata penyakit si Ibu yang suka ngajak taneman ngobrol sekarang nular sama Dno.

Proyek pertama sebelum hujan turun setiap hari kemarin adalah melakukan pertolongan sama tanaman jeruk punya Mas, ...dan hasilnya si jeruk kembali hidup,...juga tanaman rambutan. trus nyangkulin tanah dipekarangan yang dulu lebat sama daun sirih, dibikin undakan biar bisa ditanamin cabe rawit dan bawang daun..., dan mulai belajar nanam segala macam tanaman dipot pot kecil.

Senangnya bertambah setelah Mas punya niat buat miara ikan, sampe pesen ketukang ikan bibit lele, satu kantong plastik kemarin itu dibilangnya "secangkir" ada kali 100 ekor sepanjang 3 cm ... dan buat melaksanakan ide ajaib itu kita siapin akuarium akrilik lengkap sama filter air ...bahkan sampe order om boy buat bawa pompa kolam punya Papa di Jakarta.

Setelah 5 hari berlalu ... bibit lele tinggal 12 biji ..sisanya mati :p ..sampe hari ini masih browsing mengenai cara memelihara lele... tapi ngga begitu kecewa juga pasalnya masih punya 2 ekor lele yang udah besar ... 2 lele ini dapet dari Mang sayur :p ...


Sekarang Dno lagi kepingin punya kolam ikan dihalaman sebelah ... ini design sementara tapi masih nyari alternatif yang lain, sementara pengen kayak gini, sengaja ditaruh diblog supaya ngga lupa ntar nya :p .... moga -moga aja bulan depan udah bisa terealisasi

Rencananya kolam bakal dibikin jadi 2 kedalaman 1/2 meter dan 1 meter ...kolam sebesar 1 x 2 meter aja cukup kali ya ...buat miara ikan patin, gurame atau Lele :) supaya kalau ada acara bakar-bakar ikan tinggal ambil dari kolam situ...
Disudut ruang sebelah itu space kosong yang tadinya buat naro komposter drum , diganti jadi buat naro beberapa tanaman yang kurang tahan sama terik matahari , yang daunnya besar itu talas hitam boleh bawa dari rumah Bapak, dan Bapak bawa dari rumah Mbah Jo di Gunung Kidul sana... sementara disitu dno lagi coba nanem puring , palem dan beberapa tanaman lainnya ...

Drum-drum itu rencananya bakal dibenerin lagi, jadi bertingkat dan mau Dno cat supaya lebih genjreng :p ...yang rombak pastinya Mas ...yang ngecet pastinya Dno,... semoga aja wiken ini udah bisa keliatan lebih rapi dan enak buat ditongkrongin :)
Untuk sementara beberapa bibit cabe rawit dikandangin dikandang kelinci, belom semuanya sih soalnya masih kekurangan tempat bibit ..., tempat bibit dibikin dari aqua bekas yang digunting trus direkatkan pake selotip ..

Fahira takjub ngeliat ikan lele yang masih pada balita ...walau waktu ngeblog bersisa 12 biji ..tapi tiap pagi dia semangat buat ngajak ngobrol ikan-ikan stress itu ... hahahaha
Dibeliin ember buat siram tanaman sama Mas ... tapi yang semangat pake Hira dong, Ebo masih punya selang kok :)

....ah beberes dulu ..tar dilanjutin kapan-kapan ...cucian hari ini banyak ...lagi muter dimesin cuci :p