22 August 2009

Selamat datang Ramadhan

bibit Melon yang akhir nya tewas karena lupa nyiram :p, seengaknya sempet diabadikan halah™

Jreng... kita mulei :p, lama ngga ngeblog ya..., dah Ramadhan 1430, mo cerita apa ya? ..tahun ini seperti biasa ngetake sahur pertama, Ibu Roy dah balik ke Bandung lagi..."asyik", long wikend kemarin kita kan ke Jakarta jadi Tahun ini dipastikan ngga ikutan acara-acara Agustusan di komplek kayak tahun kemarin, selain males :p tahun kemarin udah puas jajal ikut ini dan itu hahahah jadi udah icip-icip rasanya berpartisipasi sama acara agustusan...tapi tetep sebagai warga negara yang cinta tanah air, kita tetep mengibarkan sang saka merah putih dihalaman depan yang rumputnya kemarin udah dirapiin...
Balik lagi ke cerita sahur pertama, tahun ini Dno pengen ngambil alih pembuatan makanan sahur :D, jadi Ibu Roy cuma bantuin kasih tau bikin bumbu, hahah didapur sempet ribut masalah bumbu.. soalnya Dno pengen cobain resep dapet browsing, tapi ujungnya Ibu mau deh nyampurin laos, salam ma sereh...heuehuehuheuu
Tahun ini Menunya sederhana aja, bikin Semur ayam + tahu, (oseng wortel, timun, tuna bumbu kuning), krupuk, pisang...enggak banyak banyak, jadinya bikin 16 porsi, ... masaknya santai aja der disambi bedua ma Ibu, buat 16 orang itu bikin 2 kali masak nasinya, satu tiga perempat kaleng dancow airnya seujung buku jari lebih dikit :D ...muat bikin 20 taker mangkok isinya 4 sendok munjung didedet-dedet...buat para ibu-ibu yang punya rencana bikin nasi kotak kan lumayan ya info beginian...rincinya ini deh

MENU SAHUR


SEMUR
- Paha Ayam 3 Kg (isinya dapet 30 gede-gede)
- Tahu 20 biji
Bumbu :
- B.merah, B.putih, kemiri,jahe, (blender aja)
- Kecap, pedes, bubuk pala, diborehin di paha ayam diemin sampe 2 jam-an biar nyerep
Cara masak :
- Tumis bumbu yang diblender bareng sama daun salam, sereh & laja, masukin garem secukupnya, inget kecap udah punya rasa asin sendiri lho...
- Masukin paha ayam yang udah diborehin bumbu tadi kedalam wajan, tambah air panas dikiiiit
- Goreng tahu dipenggorengan sebelah
- Masukin Tahu yang udah digoreng ke wajan yang isinya paha ayam tadi
- tambahin Air panas ...udah deh biarin sampe mateng :D

Wortel,timun, tuna bumbu kuning.
Bahan :
- Wortel : iris korek api, seduh bentar
- Timun : buang tengahnya iris korek api
- filet tuna : iris panjang, balur bawang putih & garem trus goreng bentar

Bumbu :

- B.Merah, B putih, kemiri, kunyit, jahe , cabe merah buang bijinya(blender)
- salam, sereh, laja
- garem, gula, cuka

Cara masak :
- Tumis bumbu yang diblender, sama salam, sereh, laja
- kasih Garem n gula n cuka ..rasain deh sampe pas
- masukin tuna goreng, trus wortel,..baru timun
- *boleh ditambah cabe rawit ama bawang merah kecil-kecil cemplungin aja*

Temen makannya, pisang, krupuk, jangan lupa beli dus / kotak plastik itu apa namanya lupa? ...sama sendok n plastik buat mbungkusin...dah selesai :D ...pastikan sayur or tumisan dah agak dingin waktu dibungkus supaya ngga basi, tapi kalo bisa deketan waktunya masih anget malah enak ya...


Nah ini temen makan siang buat Hira, puding tahu ...1 agar2 swallow + susu, air 6 gelas ...supaya Hira ngga konstipasi karena nolak sayur :( , ini juga jadi menunya Ibu Roy yang sering banget konstipasi, kasian Hira beberapa hari yang lalu Pup nya keras 3 hari ngga Pup ..jadinya nangis sambil Pup...sambil meluk Dno ...Deuhh suka kasian sambil pengen ketawa juga kalo kaya gitu...


Ini Nabil, cucunda Eyang putri Kamto...Hira kemarin sempet main sore-sore bareng anak-anak di blok belakang ...seru banget :), Dnonya lagi santai..jadi bisa jalan-jalan nemenin Hira keluar hira lagi lempar bola tuh..
Habis Jalan kedepan...ngos-ngosan istirahat bentar sambil merhatiin tukang baso mukul-mukul mangkok :p dia minum deh susu UHTnya
Tempat main kesukaan Hira,...ahahah ngga heran Ibu Roy ngejulukin Hira tikus kecil,....dia demen banget mindah-mindahin barang di gudang

Aaaaaah sampe jumpa di postingan berikutnya, Mohon maaf lahir dan bathin...selamat puasa ya teman-teman.



No comments: