25 June 2009

Bikin baju Hira :p

Iseng, bosen maen pesbuk, bosen ngobrol, hiburan lain apa? ...bongkar lagi sisa-sisa kain di gudang, dan gunting sana gunting sini ... bikin baju buat Hira main, Baju anak-anak bikinnya gampang banget deh... hihihi sehari aja jadi, ... buat dirumah ini, buat main ini ..bikin yang simpel ajah ...taraaaa hira pake baju ini pasti lucu,...sambil mondar mandir dalem rumah, trus abis itu dia ngaca ...doooh yang diomongin masih tidur nih jadi pengen buru-buru makein deh hahahah..., kalo Hira suka nanti Ebo bikinin lagi,... Hira lucu juga pake rok -rok gitu ...kok, ^__^

23 June 2009

Need Help Takakura jadi sumber lalat :(

Takakura yang dibuat kemarin sukses ...tapi cuma sebentar, salahnya dno sering ngebulk sampah baru dimasukin jadi mungkin lalat pada sempet bertelur dan akhirnya bergabung dengan isi takakura huhuhuh sedih, lain itu Dno juga masukin sisa daging dan tulang ayam ...mungkin makin berkembang biak, padahal pas tau ada belatung Dno tambahin sekam dan aduk aduk biar belatungnya mati...tapi ternyata dalam waktu 4 hari saja...lalat lalat itu pada berkeliaran didalam takakura,... hasilnya Takakura disemprot pake HIT ..dan lalat semoga kaw mati didalam sana :( ..aku sediiiiiih, tapi mau diulang lagi bikin takakuranya , cuma mau beli kompos starter nya, besok mau minta mas temenin buat buang ke sebelah, biar jijiknya ada yang nemenin n bareng bareng ....kayaknya nanti langsung buang aja sampahnya jangan pake dikumpulin dulu :( ...Dno sebal

22 June 2009

Resep batita untuk Hira (15M)


Ini resep makanan Hira yang baru dicoba kemarin,... sejauh ini dia suka sih :) malah makan sampe habis ...

MMR, mulai makan sendiri, dan main tanah ...

Kemarin hari sabtu tanggal 20 pas 15 bulan duong, jadi jadualnya imunisasi MMR buat Fahira, walaupun sudah bangun pagi, tapi tetep males mandi hahaha,..jadinya niat mau pertama ke Dokter jadi harus ikut antri panjang,...mana sempet kebingungan nyari sendal nyit-nyitnya Hira...jadinya puyeng ngubek-ngubek sana sini, taunya keselip di tas Ebonya..hihihi jadinya nampak *malu* padahal udah nyalahin Hira..."Hira si..naronya ditas Ebo :p" ..., Imunisasi MMR kemarin Hira nangis, tapi sebentar kita menduga karena Hira udah takut duluan liat persiapan si Dokter..jadi buru-buru Dno kasih senter buat mengalihkan kecurigaannya itu,...dan bener Hira kaget di enjus sama Dokter,...tapi pas keluar pintu ruangan nangisnya berhenti :) ...Hira anak pinter sih.
Habis dari Dokter kita pergi ke rumah si Nene' n Aki nya Hira, rupanya dirumah lagi mbangun kamar 2 biji lagi,...lagi banyak pasir n debu, pas dateng kesana Ibuku masih belom pulang,...jadi kita main-main dulu sama Aki, gangguin Aki yang lagi sibuk...Hira juga main sama kaka sepupunya *Riza sekarang dia udah kelas 1 SD*... dirumah Ibu, Dno biarin Hira main pasir,main sepeda, main segala rupa :) ...sampe bajunya kotor,... syukur kaki bekas suntik MMR kemarin ngga bengkak..jadi ngga ada acara ngamuk disore hari karena kaki sakit dan bengkak, alias aman deh...
Liat Dia main pasir,..sambil disuapin sesekali, iya bukan sama pasir,..tapi sama fritata, biar praktis sambil kelilingan rumah...ngikutinnya aja udah cape :p ...
Belakangan ini bingung sama pola makan dia, bener ngga kadang kadang Hira melakukan aksi tutup mulut,.jadi agak susah mbujukin dia makan, untung kemarin itu mas beliin buku resep buat makanan batita...beberapa dicoba,..dan hasilnya Hira mau makan banyak...oleh karena itu pupnya juga banyak :p ...seneng kalo liat dia makan banyak, tapi bingung karena berat badannya kok ngga nambah-nambah ya? ...

Habis makan dia main sama Bebenya,...bebe dibiarin pingsan dilantai, enggak dikasih minum...kalo di ingetin baru deh dikasih minum..., kalau udah anteng kayak gini..disambil emaknya sambil bersihin sayuran or sambil masak ... kalau dah gede tar pasti dno suruh bantuin kerjaan rumah :) heheheh *niat*
Beberapa hari terakhir ini, kalau mulai susah disuapin, Dno sediain kursi dan meja, dia pegang sendoknya sendiri...dan ternyata makan jadi menyenangkan kalau begini :) ..walau berantakan dilantai karena motorik nya belum sesempurna orang dewasa tapi seenggaknya Hira udah pintar mengarahkan sendok or garpu ke mulut, dan bisa nyuapin Dno juga,...duuuh kalo nyeritain kayak gini ..kadang suka malu, anak orang lain juga pastinya sama..., tapi biar aja atuh ya,...pengalaman pertama punya anak,..apa-apa diceritain .. :p

19 June 2009

Facebook, kerja bakti, masuk kedalam lemari haha

Cuaca sekarang aneh, bisa dingin banget bisa panas gerah,...malem itu bukan karena gerah tapi karena bajunya basah, jadinya cuma pake kaos dalem, belom dipakein baju dah kabur muter-muter diruang tengah...gangguin Ayahnya yang lagi browsing, iya nih gara gara dikenalin facebook sama Mas, jadi ngendon aja depan kompi...sampe jadi antisosial, males ikut kegiatan diluar rumah,.. males aja *emang lagi ga mood pun*...ngga sabar nungguin Hira bisa ngomong, supaya bisa saling jawab, ngga pake bahasa giberis lagi, ya minimal kita ngga nebak-nebak apa maunya gitu,...soalnya kadang suka salah mengartikan bahasanya dan bahasa tubuhnya itu...

Kemarin itu Ayahnya pulang malem, hari ini bikin nuget dari filet ikan kakap salmon sekalian test buat hira ngemil ntar gitu, ya sebagian dijadikan menu makan malem, dicocol saos ama bikin sop,..we ambendino bikin sop..., habis makan malem ngga bisa beresin dapur cuci piring dan peralatan masak, soalnya Hira lagi sombong, ngga mau digendong n main sama Ayahnya, jadinya langsung ke Atas aja supaya dia cepet tidur, bukannya tidur dia malah ngeluarin semua baju dia dari cabinet dan berusaha masuk kesitu..., Kita jadi ketawa-ketawa padahal mata Dno dan sepet deh...cape n ngantuk.
Kalau pagi, abis Ayahnya pergi..biasanya kamar diberesin kan, dirapiin...nah ini bagian favorit, Hira pengen ngangkat kasur tempat dia main dikamar, nemenin naik turunnya kasur ini kadang sampe 1/2 jam, dengan sabar ta' jabanin aja sampe bosen... kalau udah bisa dibediriin kasurnya dia tepuk tangan,..Ebonya juga tepuk tangan,...tar dia turunin lagi, sampe kadang nindihin badannya hahahaha...ya ukur aja badannya yang kecil sama ukuran kasur, belom kalo dia dah liat sprei dirapiin...langsung naek deh dia jalan-jalan diatas kasur sambil njatuhin badannya trus nyungsep ke tumpukan bantal..., kadang capeee banget buat ngerjain ini dan itu, ...tapi ya emang gitu sehari-hari nya,...nikmat ya? ...sayangnya badan kadang ngga fit jadi ada aja masa-masa kecapean dan bete ...
Ada sih kepengen cari pembantu lagi,...tapi buat apa? mending kalo dapet yang bagus..yang kemarin-kemarin nyusahin mulu..., kata Ibu Roy "kalau mau enak...kerjain sendiri" ...iya, enaknya emang gitu :) ...cape or stress itu biasa...pasti bakal cepat berlalu ...ngga kan kerasa *ngarepnya si gitu* ...

17 June 2009

Akhirnya Tikus tewas

Tikusnya sudah tewas..., senangnya hatiku :p ...., nunggunya hampir seminggu akhirnya tewas hahahaha... ngomong-ngomong tikus jadi keingetan kemarin liat tukang ngambil kodok pas lagi ke dokter bambang...*enggak nyambung sih ya*
Akhirnya senin diputuskan untuk cek ke Dokter Bambang, dapet nomer 80 jam 11 malem, kasian deh Hira ampe dari pake jilbab+jaket dibuka semuanya gara gara kegerahan nungguin Ebo, jam 11 malem ...diagnosa sementara mungkin Dno ngga cocok pake IUD jadi ada pendarahan dan sementara dikasih transamin supaya mempercepat pendarahan, tapi kalau ngga berenti juga...opsinya dicopot, di istirahatkan dulu ...weeeheeew ay musti belajar mengenai alat kontrasepsi yang lain or belajar sistem tanggal ...kayaknya mesti tau deh, tapi berharap ini cuma karena cape or stress aja,...jadi masih bisa tetep pake IUD..., cuma ngebayangin mau dicopot or pasang lagi itu lumayan pedeeeees !!! arrrgghhh... jadi perempuan memang sulit *ngeluh lagi* ..., kayaknya mesti leyeh-leyeh yang banyak...secara kerjaan dirumah itu megelin dan butuh energi banyak ...fffffiiyuuuuuh, semoga cepat berlalu ... *berkaca-kaca*

13 June 2009

kok ?

Iya kok, kok rasanya kayak gini ya? makin mendem...makin melempem,..gimana jeh? need help 911 ...bohong kalo semua ngga pernah ngalamin...saat-saat dimana merasa down banget :( ..halah layak ngga sih diomongin disini ... macem bom waktu dipendem melulu tar meledak :( ...wuuuusssh .... yo wes ben... karepe' opo, ra kwat paling semaput hehew...

10 June 2009

posyandu, potong poni, dan belajar semir sepatu

Duh lagi puyeng sama tikus, ada tikus masuk rumah lumayan gede, dan sekarang lagi disekap dikamar ..belom berani ngubek nyari dia sembunyi dimana,... jadi pake racun tikus merek dora sama sekalian pasang lem, tapi si tikus terlalu cerdik untuk kemakan umpan,... mas bilang "tikusnya lagi puasa" .. jadi ngga makan umpan :p

Kemarin giliran jadi kader posyandu, sebelumnya kebayang repot mana Hira ngga ada yang jaga, tapi ya akhirnya dibiarin aja main sendirian, sementara Ebona melakukan tugas dengan baik... ya seenggaknya sampe Hira ngamuk karena bosen... kemarin merhatiin Hira main sama anak-anak sebayanya..., main mainan edufuntoys gitu,...diem diem merhatiin dari jauh ternyata dia udah pinter masukin papan-panan kecil itu ke tiangnya... sayang ngga sempet difoto. tapi gerak motorik nya bener-bener banyak kemajuan, untuk gambil dan memperhatikan detil lubang dan mencocokan mainan yang dia pegang... sekali lagi ngucap "ALHAMDULILLAH" ...

Untuk kemampuan yang harus dimiliki sama anak umur 1 tahun 2 bulan, sudah tercapai...brows pake kata "child development milestones".

Eh trus kita pulang duluan, karena Hira ngantuk, jadi Dno buru-buru deh kesian dia udah ngantuk,...kemarin senin lebih kocak lagi, bangun pagi-pagi udah pup...abis mandi dia pengen ikutan Ebo semir sepatu si Ayah, yah jadinya dikasihin aja tu semir ma sepatu... dia ngerti mainin sikat semir,... keingetan sama nasehat Ibu-ibu kemarin supaya ngajarin Hira banyak hal dan ngga terlalu manjain dia ...

Kemarin sempet juga ditegor kenapa Hira ngga dipakein kaos kaki,.. malah telanjang kaki, nah itu dia kubilang "biarin aja...bagus kok buat Hira?"...maaf ya mas... biar Hira jadi anak yang tahan... hehe tapi kalo jalan2 jauh kan tetep kita pakein sendal toh ...wong sekarang dia lagi hoby lari nubruk sana nubruk sini ... liat aja kemarin gayanya nelp sambil kelilingan rumah hahahahaha... "aku ngga ajarin lhoo.."

Fahira waktu Ebo lagi sibuk bantuin ngukur berat badan, tinggi badan & lingkar kepala anak-anak lain..
lain kali kita belajar nyetrika baju ya de' hahahahaha
Acara potong poni ...Ebo sampe tahan nafas biar nggak salah potong poninya, Ayah bagian foto-foto
Ini lho..Hira bengong liat monyet pake baju n pake topeng ...baru kali itu dia liat monyet kecil, biasanya dia ngejer kucing ...kali ini kenalan sama yang namanya monyet..
si Mang puyeng monyetnya keras kepala, katanya monyetnya sempet ngamuk karena kepalanya dipegang Hana, ..ow iya kita nonton doger monyet di tetangga sebelah hihi...bareng sama Hana & baby Nadia

8 June 2009

sibuk...

Ceritanya jumat kemarin ikut berpartisipasi acara sungkeman dan pengajian dirumah tetangga, udah seminggu sebelumnya narasi acara disiapkan... dan syukur banget pas hari H acaranya lancar Dno ngga terbata-bata bawainnya ...sepanjang acara denger tausiah ustad.. jadi keingetan terus sama Mas,.. beruntung banget ya punya suami kayak mas :p...semua kriteria suami yang baik yang diceritain sama Ustad Amri ada di Mas ..heuheu.. Dno bisik sama Bu latipa "hiii jadi kangen sama Mas hahaha"...*norak*

kemarin sempet nyatet beberapa point yang dibilang sama Ustad tentang syarat untuk mendapatkan keluarga sakinah, mawadah dan warahmah.
  • Menikah karena ikhlas semata karena Alloh SWT
  • Didasari Iman dan takwa kepada Alloh
  • Dikuatkan dengan sholat
  • Disinari dengan baca Al Quran (akan mendapatkan sakinah, Rizki, didatangi malaikat, dan karena Al Quran adalah pedoman hidup)
  • Punya Iman dan kesetiaan yang kuat
  • Menjalin Silaturahmi dengan kedua belah pihak
  • Menjaga ucapan dan sikap,...jaga lidah dan tangan
Jika semua dilaksanakan..InsyaAlloh Hilang musibah, kita akan terpuji dan mulia...
Ditengah-tengah tausiah Dno merenung lho... bersyukur banget memutuskan diam dirumah,..semoga semakin dikuatkan..niat untuk menjadi Ibu dan Istri yang baik. Itulah kenapa Dno ngga pernah khawatir sama Rezeki,...dengan doa dan ibadah, Alloh cukupkan buat kami ..Amien. Buat waktu yang mungkin singkat ...Syukur Alhamdulillah... sampai saat ini kami masih saling menyayangi satu sama lain ...hehehe... semoga keluarga kelian juga sama ya....

Ya kembali ke ritual,.. maka di hari sabtu pergilah kita ke Pabrik Bima buat ambil panci yang direparasi kemarin sekalian gantian reparasi panci press soalnya gagangnya patah, *demen banget ngerusak ya?* jadi selama panci disandra disana... eikeh tak akan bisa masak daging empuk bentar.. tapi kudu lama.. abis dari Bima, pergi kondangan ke kologdam abis itu sampe rumah deh dengan keadaan perut yang kenyang...

hari Minggunya..beres-beres rumah , masak plecing kangkung sama tahu goreng ajah ... lagi bingung mau bikin apah,.. abis magrib diajak mas wisata kuliner ke Jalan Cendana.. nyobain baso Atom yang ada di detik bandung ituh,.. dan hasilnya ..merekenyeng-nyeng ...kekenyangan ...hahahhahaha...
pulang dari sanah.. cita cita mau nyuapin Hira tapi ngantuk berat jadinya ya mending bobo aja ..Hira kenyang ASI deh ... pules,.. secara Hira ngga bisa ikut icip baso ..soalnya Dno kasih sambelnya kebanyakan... ampe kepedesan.

3 June 2009

kepinteran Hira

hari ini bangun kesiangan :D, Hira tiba-tiba bangun tengah malem hihi ... belakangan pola tidurnya kan diubah, masih jetlag. Abis beres kerjaan pagi, Dno ajak Hira ke Mesjid ada gladi buat acara hari jumat dirumah bu Ading,... kumpul sama Ibu-ibu komplek yang emang jadual hari itu lagi pada belajar taranum, duuuh kepingin banget bisa,... ikutan, kepingin bisa... tapi Oma Ilyas bilang Dno mesti sabar ... tar tunggu Hira bisa ditinggal ..atau manggil aja guru buat belajar dirumah :D ... *banyak pisan kepengen*

Seperti biasa Hira ngga nakal kalo dibawa kumpul2 gitu... , tapi pulang dari Mesjid dia ngamuk..hihih ngantuk n laper, jadinya pas nyampe kerumah makan banyak... trus blingsatan kesana kemari... kemarin dia matahin CD room :( ...pinter kan? hari ini aja berasa kayak mau abis energi,.. sampe sms sama Mas ...*hampir menyerah* ..suatu saat kita bakal metik hasilnya :) .. semenjak Hira bisa jalan... dia pasti minta keluar rumah, baju ditarik atau tangan ditarik dituntun menuju pintu... sambil giberis entah ngomong apaan hahahaha...

Kemarin pas jalan-jalan sore,...kita ketemu sama Pinkan, temen seumuran hira..lebih tua 6 bulan, lucu banget ngeliat mereka saling teguran ..kekekeke pake bahasa bayi..., Hiranya Dno lepas mana ngga pake sepatu or sendal gitu.. jalan kaki dia ngejer kucing

1 June 2009

Proyek hari ini... buat KOMPOSTER TAKAKURA

Kemarin lagi Car free day di Depan gedung sate, Dno kan sempet ngobrol sama Ibu *lupa namanya padahal dah kasih kartu nama segala* Dno diajarin sebentar tentang komposter TAKAKURA, dan lebeung ... cuma merhatiin aja dengan langsung menatap sang komposter ... diem diem ngiler juga ya,.. secara komposter yang kemarin dibikin itu banyak worm nya dan biang laler gede gede, udah gitu saluran lindinya mampet :( ... udah dicolok dengan banyak gaya bisa netes tapi kemudian nggak netes lagi...malah bau :( ... bau banget, Niat mau beli cairan boisca belum kesampean kesana... dan akhirnya ditinggalkan tanpa semangat.. *padahal awalnya semangat*

Pulang dari wikenan kemarin itu, kan dibeliin sekam sama Mas Doddi, kebetulan punya kain nyamuk bekas bikin kebaya dulu, juga kain nyamuk pasangan ayunan bayi Hira, jadinya nggak ada hal yang menghambat lagi,... semua bahan sudah tersedia dirumah termasuk keranjang cucian yang nganggur diatas, sisa kain yang dah dijaitin , en tentunya mesin jahitku yang super itu...

brosing-brosing ...dapet file dari ypbb.teranett.or.id buat memastikan komposter yang dibuat bener apa enggak dan sumber-sumber dari web dan beberapa blog keren. dengan Percaya diri yang amat sangat ..en mumpung Fahira lagi maknyus pulesnya... sambil mindik mindik proyek membuat komposter takakura pun dimulai ... dan laporannya sebagai berikut.. :
ini pada prinsipnya sama, sampah yang dimasukan adalah sampah yang udah dicacah supaya mudah mengalami pengomposan ....
Rincinya nanti dibahas lagi,...soalnya Dno ngantuk,... cape banget hari ini, Hira dah matahin CD room, 2 kali makan besar, ngabisin susu UHT 1 dus hehe, ngemil kue, e'e pagi dan sore ...jiaaaah, mbrantakin rumah dalam rangka belajar segala macam bentuk,...termasuk memeluk 2 buah wortel sepanjang siang ..., makin kreatif dan pintar nih anak Mas teh ... Alhamdulillah Alloh maringi putri pinter sedunia ... hehe...

*Mas... aku pamer komposter takakura niiih ...*

Bawa ole-ole dari Car Free Day Jalan Dipenogoro

Dari sejak hari kamis gitu, Mas dah ngajakin Hira buat jalan-jalan mumpung Car Free Day,.. yang ceunah bakal diadain di sepanjang Dago... padahal pindah ke Jalan Diponegoro. Maka dari itu walaupun sabtu itu bangunnya kesiangan... tapi tak mengapa masih sempet buat nikmatin jalan Diponegoro,.. untuk yang pertama kali seumur hidup bisa leyeh-leyeh ditengah jalan ...menikmati hilir mudik sepeda ontel, dan pemandangan masiwa dan masiwi yang keren-keren, juga anak-anak pramuka yang pada rame...

Jujur lho, Dno seneng banget kalo ada moment beginian, bener-bener seger... karena sekarang kan banyakan dirumah,... karena kebetulan kayaknya perdana, jadi lumayan rame banyak hiburan, entah selanjutnya akan ada macem beginian atau hanya snob? ..., tapi walaupun begitu Dno sempet ngobrol sama beberapa orang, termasuk noni necis yang deket kumpulan sepeda ontel, juga Ibu-ibu yang ngebuat anyaman dari limbah plastik,...dan terakhir Ibu yang dengan semangat ngajarin Dno bikin komposter takakura dan ngajarin Dno gimana caranya ngelipet plastik biar jadi TAS !!! KEREN KAN !!! jadinya Dno beli atuh starter komposter hehe.. 2 bungkus sepuluh rebueun.

Car Free Day bubar jam 11, abis itu makan nasi gudeg sama Mas, kita kecapean ..Hira tidur deh dijalan,...dijalan tiba-tiba keidean pengen ke rumah stroberi yang di lembang sonoh ... hihi bingung telp uthie dah nanyain jalan...searah jalan yang mau ke the peak, *tapi ngga searah ke taman safari nya*.. pas nyampe kesana ilang feeling,... tempatnya asyik buat bobogohan bukan buat senang-senang sama Hira ,.. jadi kesimpulannya ngga asik ah... jadinya muter balik malah beli sekam, dipinggiran jalan nya itu kan banyak banget tukang tanaman. beli sekam sekarung Rp 7.500 ...nggak apa nggak jadi maen sama stroberi ... yang penting udah punya sekam :D

Keluar-keluar kearah lembang, kita mampir deh ke tempat susu murni, tempat dulu nemenin si uwie yang lagi patah hati, tapi enggak puas juga makan disitu... Hira ngecengin air mancurnya hahahah
kita lagi nikmatin Car Free day ...
beberapa kegiatan yang ada di Car Free day kemarin itu ...salah 4 diantaranya ..hidup go green :p