16 December 2009

Bermain ke Seaworld Indonesia


Desember ini jadualnya padat ya,...kemarin kita ke Jakarta, dateng ke nikahannya Arie & Ranti, sengaja ambil cuti buat sekalian nemenin Hira ke Seaworld ditemenin sama om Boy juga..lumayan dapet 3 hari di Jakarta ... walau ngga semua berjalan lancar :), itu foto hira waktu bangun pagi ...duduk-duduk di halaman rumah kakek sambil nungguin kucing

Ekspresinya takjub banget ngeliat ikan gede-gede seliweran,..sambil ngegebrak-gebrak akuarium raksasa, hira sekarang udah ngerti ikan walau manggilnya masih "Ikang..ikam...ikanih" ...
Jalan-jalan ke Seaworld ini dalam rangka memperkenalkan banyak jenis ikan ke hira, kita sempet nunjukin ikan patin yang besar banget, beberapa macam ikan hiu ...kura-kura,buaya bah macem-macem deh..walau kebanyakan hira bengong karena baru pertama kali liat dengan mata kepala sendiri ..
Kita berempat nonton acara makan siang para hiu ...dno jadi berasa takjub juga hiunya gede banget yak hihihi ...syereem...
Nah kalo ini ..bagian relaksasi...diajakin mas supaya kakinya digigitin ikan...heuuhehue rasanya geli tapi udahnya enak banget ...
Sekali lagi Hira bengong ...masih bertanya tanya kenapa kita pada telanjang kaki ..kok dia ngga diajakin ya?
Woooo ....kaki dno lagi diserbu ...kekekeke pasti banyak kulit matinya..abis ini ikan semua pada mencret dah ..
Hadiah dari Ayahnya, ...Hira dikasih nemo buat nambahin koleksi teman bermain dirumah, sepanjang perjalanan pulang dipegangin terus degh..sambil diajak ngobrol pake bahasa dewa..

Sebelum pulang,...minta Omboy potoin kita,...perasaan belom pernah punya foto betiga kayak gini ...wah tar deh diceritain lebih lengkap acara bulan desember ...ini lagi sempet aja ngeblog ...sekalinya ke Jakarta banyak tempat dan orang yang pengen kita kunjungi...tapi apadaya..enggak sempat bo ....lain kali lain waktu ya ...

14 December 2009

Hira ke Dokter gigi


kunjungan pertama ke dokter gigi, Hira ngecek giginya ke Drg. Murni di Arcamanik :) ..., baik ramah dan pinter menghadapi anak kecil. gigi Hira diperiksa pake kapas yang sebelumnya dicelupin ke pasta yang manis dan seger ...Alhamdulillah enggak nangis dan pinter banget

6 December 2009

TIPS untuk perawatan komposter Takakura

Nah dipikir-pikir penting juga buat meringkas beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan komposter Takakura dan pembuatan kompos, jadinya ini Dno catat disini aja.. biar suatu saat bisa dibaca lagi kalau lupa...maklum sesekali kalo bingung bisa nengok kesini ...

Bagaimana dan apa saja sampah di rumah untuk dimasukan kedalam komposter ?
  • Sampah dipilah kalau didapur dipisah mana yang plastik dan sisa potongan sayuran or sisa makanan...
  • Sisa buah-buahan, sisa sayuran Dipotong, ukuran2 – 5cm, contoh kangkung yang sisanya suka panjang2 itu dipotong2 dulu karena semakin kecil potongan, semakin cepat proses pembusukan.
  • Sisa makanan kita : sayur --> tiriskan pake saringan
  • Lalu kalau sudah baru dimasukan ke komposter, tutup lagi pake kasa isi sekam bakar (sumber karbon kan ini: dapat mengurangi muncul larva lalat juga mempercepat proses pembusukan) kalau ngga ada sekam bakar bisa pake dedak, sekam, serbuk gergaji, pupuk kandang, kompos
  • Jangan lupa mengaduk komposter supaya cepat busuk
  • Kalau mau panen kompos sebaiknya pakai sarung tangan plastik ..biar kalo nemu larva bisa ambil trus dibuang ...mengurangi rasa jijik.
Cara kerja:
  • Sampah dapur yang dimasukkan di Keranjang Takakura sebaiknya dalam materi yang kecil. Semakin kecil materi, semakin mudah diuraikan. Untuk sisa sayur dan buah, potonglah kecil-kecil.
  • Gali starter kompos di dalam keranjang tersebut dengan cetok. Luasan dan kedalaman galian, sesuaikan dengan banyaknya sampah yang hendak dimasukkan.
  • Masukkan sampah pada lubang yang digali. Tusuk-tusuk sampah tersebut dengan cetok.
  • Timbun sampah tadi dengan kompos di tepian lubang.
  • Tutup kompos tersebut dengan bantalan sekam.
  • Tutup permukaan keranjang dengan kain.
  • Yang terakhir, tutuplah dengan tutup keranjang.
Masalah yang sering timbul dan cukup mengganggu :
  • Lalat dan larva lalat (belatung)
biasanya karena daging, tulang, dan minyak masuk ke komposter, ini bisa mengundang lalat masuk dan bertelur solusi : kalau sudah muncul belatung tambahkan sekam dan aduk-aduk supaya belatung mati, masukan sampah baru subuh atau habis magrib biar kalau ada lalat ..lalatnya masih buta :p
  • Bau
Sampah terlalu penuh dan padat, atau malah lembek solusi tambahkan sumber karbon ini terjadi karena didalam kurang oksigen, ditambahin sekam bisa jadi agak kering
  • Lindi - air sampah
Biasanya karena memasukan sampah basah, tidak ditiriskan solusi jemur atau tambahkan sumber karbon

Catatan:
Letakkan Keranjang Takakura di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.
Bila kompos kering, perciki air bersih sambil diaduk merata. Suhu ideal adalah 60 derajat celsius.

Cara Pemanenan
Bila kompos di dalam Keranjang Takakura telah penuh, ambil 1/3-nya dan kita matangkan selama seminggu di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sisanya yang 2/3 bisa kita gunakan kembali sebagai starter untuk pengolahan berikutnya.

Pertanyaan-pertanyaan Umum Seputar Keranjang Takakura

Sejak diluncurkan tahun lalu, Keranjang Takakura telah dipakai puluhan ribu keluarga. Apa saja pertanyaan-pertanyaan pemakainya?


- Di mana tempat yang tepat untuk menempatkan Keranjang Takakura?
Salah satu kelebihan Keranjang Takakura adalah praktis, mudah dipindah-pindah dan bisa ditempatkan di mana saja. Bahkan di dapur pun bisa. Prinsipnya, tempat tersebut tidak terkena sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

- Apakah sampah yang dimasukkan dalam Komposter Takakura akan menimbulkan belatung?
Tidak ada belatung pada Keranjang Takakura kendati setiap hari, para pemakai memasukkan sampah. Asal belatung adalah dari telur lalat. Kendatipun lalat telah bertelur pada makanan dan makanan tersebut dimasukkan ke Keranjang Takakura, telur lalat tersebut tidak akan menjadi belatung karena bahan-bahan yang ada di dalam keranjang takakura, misalnya, sekam, tidak memungkinkan perkembangbiakan belatung.

- Apakah timbul bau busuk dalam pemakaian?
Tidak. Namun untuk sayuran basi sebaiknya dicuci dulu dan ditiriskan, baru dimasukkan ke Keranjang Takakura.

- Apakah Keranjang Takakura bisa dipakai untuk keluarga besar?
Keranjang Takakura dedesain untuk ukuran sampah rumah tangga sehari-hari dengan maksimum penghuni 7 orang. Bila jumlah anggota keluarga lebih dari itu, sebaiknya memakai Keranjang Takakura lebih dari satu buah.

- Bagaimana kita tahu, Keranjang Takakura berfungsi dengan baik atau tidak?
Cara paling gampang adalah dengan meletakkan telapak tangan kita kurang lebih 2 cm di atas kompos. Bila terasa hangat, bisa dipastikan proses pengomposan berjalan dengan baik. Bakteri yang mendukung proses pengomposan sedang bekerja. Bila telapak tangan tidak terasa hangat, bakteri tidak bekerja maksimal. Bisa jadi kompos starter tersebut terlalu kering hingga memerlukan air. Percikkan air pada kompos tersebut. Pelan-pelan, suhu dari starter tersebut akan meningkat dengan bekerjanya mikroorganisme yang mengubah sampah menjadi kompos.

- Apakah sampah yang dimasukkan harus dicacah lebih dulu?
Ya, proses perubahan sampah organik menjadi kompos akan lebih cepat terjadi bila sampah yang berasal dari sayur ataupun buah-buahan dicacah terlebih dahulu.

- Bahan-bahan apa saja yang bisa dimasukkan dalam Keranjang Takakura?
Sisa sayur dan sisa-sisa masakan ataupun buah-buahan. Caranya dengan memotong kecil-kecil (mencacah) buah ataupun sayuran. Upayakan memasukkan sayuran yang belum basi. Bila sayuran telah basi, cuci dulu sayuran tersebut, tiriskan, dan bisa dimasukkan ke komposter Takakura.

- Berapa bulan Keranjang Takakura penuh dan bagaimana penanganannya bila sudah penuh?
Umumnya, keranjang Takukura penuh antara 2-4 bulan, tergantung jumlah sampah yang dimasukkan. Bila sudah penuh, ambil sepertiga bagian paling atas. Kompos yang diambil tadi didiamkan 14 hari, barulah bisa dipakai. Sedangkan yang tetap tinggal di keranjang, bisa dipakai sebagai starter untuk pengomposan kembali.

- Apa fungsi-fungsi kardus dan bantal sekam pada unit komposter Takakura?
Kenapa dipilih kardus, karena kardus tidak kedap udara. Bisa saja diganti denga media lain, misalnya karpet. Sistem pengomposan Takakura tergolong aerob di mana bakteri tergantung pada pasokan udara. Kardus juga berfungsi sebagai perangkap starter kompos agar tidak tumpah, karena keranjang yang dipakai memiliki lubang yang relatif besar. Sedangkan bantal sekam di bagian bawah keranjang berfungsi sebagai penampung air lindi dari sampah bila ada, sehingga bisa menyerap bau. Bantal sekam juga berfungsi sebagai alat kontrol udara di tempat pengomposan agar bakteri berkembang dengan baik.

sumber :
http://keranjangtakakura.blogspot.com
mbah google

5 December 2009

Panen kompos dari komposter takakura dan ganti dus..

Pertama sediakan dus, gunting, box buat naro kompos dan kawat penyaring dan komposter takakura
taro deh didepan mata, dan mulai dikerjain,...saring kompos nya, trus sisanya masukin ke dus baru yang udah dipasang di keranjangnya...susunan keranjang jangan sampe di robah ...jadi tinggal ganti dus nya aja..dusnya kenapa diganti ? karena udah robek,..dan karena kemarin sempet masukin daging jadinya banyak worm nya hiiiiii serem liat deh ...ada 100 lebih kali calon lalat hahahhaah *HOROR*
Kalau punya burung pemakan worm udah tak kasih ..karena jijik tak siram air panas, dikasih ke Lele ..juga lele nya ngga doyan...Leleku lebih doyan pelet hahaha
Ini hasil terakhir, dus udah terpasang dan di kuali tanah itu adalah hasil komposnya....indah, wangi dan menyuburkan ...irit 15.000 buat beli pupuk ...lumayan dan sampah berkurang banyak :) senangnya ...tinggal nunggu punya Bor Biopori...

29 November 2009

Selamat hari raya Idul Adha 1430 H

Idul Adha,..tahun ini ngga jadi ke Jakarta, Omih dan keluarga & Kakek & om Boy mau ke Mbandung, jadi kita ngendon aja di Bandung, Jumat pagi dah mbangunin Hira, paling pagi bangun ya Mas, Hira masih tidur diboyong ke kamar mandi, kesian matanya masih kriyep kriyep ngantuk, Abis Sholat Ied mberesin rumah ..trus cabut ke rumah Nene di Bjs ..si nene mo bikin komposter takakura ...minta percontohan supaya bisa bikin komposter di lingkungan sekolah Dian Kencana ...*semoga aja bener...go green* ...

Untung Kita belom makan, jadi pas sampe ke rumah Ibu, Akinya Hira lagi nyate ..ada Kari Ayam juga n ketupat ..lengkap deh, 10 menit bikin bumbu kacang buat sate abis itu makan bersama sampe bego ...
Idul Adha taun ini , kurban 19 sapi sama 14 kambing, kalau taun kemarin Dno dapet tugas di bagian masak ditempat bu Rina nyediain konsumsi buat panitia, taun ini dapet tugas mbantuin bu Bony & the geng dibagian penukaran kupon, ...900 kupon disebar , dan ternyata ada pengalaman tersendiri disetiap bagian, dibagian kupon ya mesti ngitungin berapa kupon yang masuk dari luar buat dituker sama daging yang baru dibungkusin panitia ...kayak bikin catetan gitu lah ampe pusing sendiri karena nyatetnya pindah-pindah ..tapi lancar tahun ini ngga ada acara motong sendiri, karena ketum panitianya udah minta disembelihin + dipotong2 jadi kecil , jadi tukang yang dateng kemarin itu plus tukang potong ...panitia tinggal nimbang , mbungkusin ...
Pas hari pemotongan itu sempet hujan gede,.. Fahira sama Mas dirumah, sesekali Dno dateng buat kasih ASI, .. pas hujan berenti Papa sama Om boy dateng...abis itu sore semua udah dateng ...jadi rumah rame deh...
Jumat sabtu ini cape banget ...betewe..Met Idul Adha ya buat para blogger yang mampir ke blog Dno :) ...

22 November 2009

Memelihara ikan dalam drum


Akhirnya, drum dan ikan sudah jadi, kemarin sempet mampir ke Jalan Peta disana ada pasar Ikan, tadinya pengen beli ikan koki bali yang matanya keluar itu, tapi setelah dipikir ngga suka ah, pengen punya ikan nemo tapi harus pake air laut, jadi balik ke awal niatnya mau cari ikan patin kalo ngga pengen piara gurame, jadi beli patin 20 rebu isinya 8 biji ..dan belanja tanaman air juga box filter air buat aquarium, n belanja obat biru buat ikan cupang nya Hira.

Kemarin sambil nganterin buku Bayiku anaku (Dr Wati) ke nchie, sempet mampir kerumah om kury, ngobrol dan kangen-kangen sama eyang putri..abis itu baru ke Jl. Peta buat ikan, sampe ke rumah jam 5 sore ...karena laper bikin menu cepet aja...

Mas masang pipa ke drum ditemenin Hira, Dno masak : Tempe goreng, oseng kangkung pedes, sambel terasi, peda goreng, tumis jamur & masak nasi,...abis selesai makan bareng deh ..enak banget diluar soalnya lagi turun ujan ..lumayan deres.

Habis itu prakarya diterusin naroin drum buat ditanamin ikan patin... beres jam 10 malem ...Hira sempet jatoh adri kursi sampe benjol palanya... udah ngga mau diem ajrut-ajrutan ditempat yang strategis buat celaka :(

Nah Pagi ini, bangun tidur ....bikin kopi brownis sama roti coklat 2 tangkep ...sarapan bareng kita betiga sambil gojekan ...disebelah, dengerin cerita Mas yang takjub nemuin si Lele udah ada di kebun cabe ..lagi merayap "mau melarikan diri" ...

Habis itu Dno kasih makan hira deh ...sambil bikin mie goreng ...hari minggu ngga kemana-mana .. mau dinikmati bertiga... sambil bobo siang :) ...

19 November 2009

Memelihara cabe rawit dan ikan :)


Lagi punya proyek buat ngerombak halaman sebelah, sebenernya sih dikasih ide sama Papanya mas n Bapak, Papa menyarankan supaya bisa piara udang ...Bapaku menyarankan supaya mulai berkebun karena itu nikmat sekali ..dan ternyata bener banget ...hobby baru menanam segala tanaman ini rasanya asyik banget,... ngga heran ternyata penyakit si Ibu yang suka ngajak taneman ngobrol sekarang nular sama Dno.

Proyek pertama sebelum hujan turun setiap hari kemarin adalah melakukan pertolongan sama tanaman jeruk punya Mas, ...dan hasilnya si jeruk kembali hidup,...juga tanaman rambutan. trus nyangkulin tanah dipekarangan yang dulu lebat sama daun sirih, dibikin undakan biar bisa ditanamin cabe rawit dan bawang daun..., dan mulai belajar nanam segala macam tanaman dipot pot kecil.

Senangnya bertambah setelah Mas punya niat buat miara ikan, sampe pesen ketukang ikan bibit lele, satu kantong plastik kemarin itu dibilangnya "secangkir" ada kali 100 ekor sepanjang 3 cm ... dan buat melaksanakan ide ajaib itu kita siapin akuarium akrilik lengkap sama filter air ...bahkan sampe order om boy buat bawa pompa kolam punya Papa di Jakarta.

Setelah 5 hari berlalu ... bibit lele tinggal 12 biji ..sisanya mati :p ..sampe hari ini masih browsing mengenai cara memelihara lele... tapi ngga begitu kecewa juga pasalnya masih punya 2 ekor lele yang udah besar ... 2 lele ini dapet dari Mang sayur :p ...


Sekarang Dno lagi kepingin punya kolam ikan dihalaman sebelah ... ini design sementara tapi masih nyari alternatif yang lain, sementara pengen kayak gini, sengaja ditaruh diblog supaya ngga lupa ntar nya :p .... moga -moga aja bulan depan udah bisa terealisasi

Rencananya kolam bakal dibikin jadi 2 kedalaman 1/2 meter dan 1 meter ...kolam sebesar 1 x 2 meter aja cukup kali ya ...buat miara ikan patin, gurame atau Lele :) supaya kalau ada acara bakar-bakar ikan tinggal ambil dari kolam situ...
Disudut ruang sebelah itu space kosong yang tadinya buat naro komposter drum , diganti jadi buat naro beberapa tanaman yang kurang tahan sama terik matahari , yang daunnya besar itu talas hitam boleh bawa dari rumah Bapak, dan Bapak bawa dari rumah Mbah Jo di Gunung Kidul sana... sementara disitu dno lagi coba nanem puring , palem dan beberapa tanaman lainnya ...

Drum-drum itu rencananya bakal dibenerin lagi, jadi bertingkat dan mau Dno cat supaya lebih genjreng :p ...yang rombak pastinya Mas ...yang ngecet pastinya Dno,... semoga aja wiken ini udah bisa keliatan lebih rapi dan enak buat ditongkrongin :)
Untuk sementara beberapa bibit cabe rawit dikandangin dikandang kelinci, belom semuanya sih soalnya masih kekurangan tempat bibit ..., tempat bibit dibikin dari aqua bekas yang digunting trus direkatkan pake selotip ..

Fahira takjub ngeliat ikan lele yang masih pada balita ...walau waktu ngeblog bersisa 12 biji ..tapi tiap pagi dia semangat buat ngajak ngobrol ikan-ikan stress itu ... hahahaha
Dibeliin ember buat siram tanaman sama Mas ... tapi yang semangat pake Hira dong, Ebo masih punya selang kok :)

....ah beberes dulu ..tar dilanjutin kapan-kapan ...cucian hari ini banyak ...lagi muter dimesin cuci :p

28 October 2009

Ngeblog...lagi

markiblog...mari kita ngeblog,...pagi ini jetleg lho, tak kirain masih hari kamis ..taunya dah jumat, sabtu bakal banyak banget acara..berencana kondangan, ke rumah ibu, jenguk baby uthie n danang, sekalian jajanin hira ke lavie, moga-moga aja bisa semuanya :)

Cape? ...wah jangan ditanya, namanya juga IRT, tapi tetep berusaha semangat, sesekali down itu lumrah namanya juga manusia biasa...Owh iya ini mau cerita, tentang beberapa bulan terakhir ini, Dno sengaja mengurangi aktifitas sosial...enggak mau terlalu banyak berkecimpung jadi sosialita...jadi akhirnya kuputuskan saja buat lebih sibuk dalam rumah,..menambah kegiatan berkebun dan merombak kebun diseblah rumah, mau dijadikan taman secara bertahap..tapi ada kebunnya juga..., jadi pohon jeruk, mangga, rambutan, sama bayi cabe masuk dalam daftar perhatian...sekaligus memanfaatkan kompos bikinan sendiri itu... :)

Tanya kenapa sebabnya? sebabnya karena seorang teman kasih teguran, selama ini dno masih punya banyak kekurangan dalam pergaulan...ahahah jujur itu menyakitkan tapi sekaligus menyadarkan ...akhirnya dno bisa membatasi mana yang prioritas... Akrab itu ngga penting, dan orang orang disekitar kita belum tentu mengerti dengan apa yang kita buat n katakan, jadi dibanding banyak konflik ke depannya mending yaaa secukupnya saja..toh dalam semua kondisi dan lingkungan manapun orang2 seperti itu akan selalu kita temukan ...betul kata buku,...berteman dengan buku itu lebih baik...dan curhat cuma sama Alloh .. hasilnya selama sebulan terakhir semua jadi lebih menyenangkan :) ...

Buang jauh-jauh pikiran untuk mencari kerja "bukan saatnya"...sekarang siasati dengan baik hari-hari yang harus dijalani... jiaah tambah dewasa ya :)

kangen nyeritain Hira..

Ceritanya habis mandi sore, minta dipakein sepatu, ngga lama ngASI..trusan bobo..lengkap dengan sepatunya...
Tiap bulan sekarang dijadualkan berenang, pertama berenang nyobain kolam depan itu..dia ngadat ngga mau pulang, pintu mobil sampe ditahan sama kaki ngga mau diajak pulang, padahal berenang sampe bibirnya biru ...habis berenang besoknya nafsu makannya jadi nambah ...
Sebenernya ini pic waktu dia ngadat,... gayanya sekarang kalo ngadat begini, baringan, tiarap, sambil mengkerung-kerung, trus kalo dideketin tar tangan kita ditangkis sambil ngeluarin kata-kata mutiara "NGGA MAUHH"
kudapan sore buat hira..., niatnya mau bikin pancake..tapi jadinya kayak dadar gulung :p ... bahan tepung,susu,pisang, keju, gula,margarin,telor ...enak deh disiram pake madu...col-col-col ...
Ini dapet dari mbak Rina di kalimantan,..thx banget ya...semalam sholat berjamaah sama hira...walau cuma kuat serakaat dah gitu mabur...tapi seneng nya luar biasa,...Ayahnya juga seneng liat anaknya mulai belajar sholat ...doakan Hira jadi anak sholehah ya ...Amien
Doakan juga si pohon mangga... dipindah ke kaleng mati ngga ya? ..semoga aja enggak :)

1 October 2009

Cerita bersama Fahira...

Namanya bukan manusia kalau ngga ngeluh,...dah lama banget ngga ngeblog ya,...ngga ada yang mau diceritain,...bukan ngga ada tapi males :p ..sekarang lagi kebetulan buka blogspot nih... pertama...

Ramadhan
2 kali ngga sahur karena Dno ngga bangun :) ..., trus ngadain acara bukber sama Iman n Bombom yang lain ngga pada dateng...soalnya udah pada mudik n kejauhan kali ya dateng kerumah kita, masakan jadi mubazir ngga kemakan deh...untung masih ada ibu2 yang suka sapu taman ..mau kita bagi makanan...

Lebaran

Mohon maaf lahir dan bathin ya,...kemarin mudik lebaran ke jakarta, taun ini Dno pribadi kayaknya ngga begitu dapet kliknya bulan Ramadhan, tapi bulan Ramadhan ini puasa...Hira kan udah bisa makan jadi ngga 100% tergantung sama ASI,..cuma pas sholat Ied Dno ngga pegi, ...yang paling seru acara nongkrong dirumah Omi Mul, Hira main siram-siraman sama Ontih Indori...4 hari di Jakarta, pulang ngga mampir kerumah Ibu, soalnya pada ke Jogja...ketemu sama nene nya hira pas hari kamis, aroma cape...tapi seneng aja ketemu sama keluarga :)

Fahira, pagi-pagi siap pake rok dan sepatu, judulnya mengejar ayam... nguber-nguber sampe si ayam stress ngga bisa pup 3 minggu dan berakhir dirumahsakit omni :p ..ketabrak truk karena lupa jalan pulang heuhuehuehu...kesian si ayam, tapi biarlah..pulang dari Jakarta dan sempet kenalan sama ayam ..hira bisa menggantikan suara ayam dengan suara Uu Uu..di nada C .."cempreng" .. :p

Habis mengejar Ayam,..Ebo n Ayah mampir nangkring di rumah si Omih n si ontih, ini pas lagi disiram air ..biar cepet tumbuh subur... waktu itu si ontih masih nyangkain hira adalah kuping gajah jadinya disembur air biar tumbuh subur...tapi abis itu si ontih cepet-cepet insyaf segera menyadari kesalahannya ..karena ternyata makhluk mungil berbaju merah itu adalah putrinya si Ebo yang cantik jelita ..lincah dan gembira ..halah
Sudah dibandung, Ayah pengen foya-foya...tapi karena Ebonya laper jadi pengen makan n minum dulu,..aus sodara-sodara..sementara Ebo minum air kolam, Ayah n Hira nunggu sambil sabar dianterin kue "dorayaki rasa stroberi" buat Fahira ..., walau akhirnya kue dorayaki Ebo juga yang abisin ..maaf ya nak.. Ebo lagi laper ...
Selama ke Jakarta kemarin Hira lupa ngga bawa si baby,..sekarang dah bisa kasih nama..namanya Abee..., makanya waktu pulang ampir seharian dia kasih ASI buat si Abee ..ahahaha Ebo aja ampe ngakak geli...dia bener bener peniru ulung deh, pas lagi kasi ASI si Abee dibelai-belai n dicium trus diajak ngobrol bahasa Venus..mirip banget Ebo kalo lagi kasih ASI sama Hira ...kebayangnya tar kalo punya anak laki pegimana ya??? apa bisa niru begini "walaaaah"
Ini, Fahira pengennya ngelap kaca sambil pake helm,...biar ngga kejedot n miring-miring jalannya,...seharian itu pengennya pake helm...sembari tu kaca malah belepotan,..masa iya kaca disemprot pake trika? panan harusnya pake Mr.clear toh nduk? ...ngga apa yang penting Hira dah ngerti kalo pekerjaan ngelap kaca itu termasuk pekerjaan yang baik dan ada pahalanya..karena bikin rumah jadi bersih..bersih kan sebagian dari iman ya nduk... hehehehhe
makan cone, di toni jack's,..dah pengen nyobain ..ternyata enakan toni jacks...seru slogan nya "better than that one" dibanding McD, kemarin penasaran aja ya sama Toni Jack's kepunyaan Pak Bambang Rachmadi, salut sama semangatnya dan keberaniannya...menunya hampir mirip..enggak sama,...tapi hampir mirip..., logonya perompak...tapi tetep Ebo enggak suka kita sering-sering makan makanan kayak gini,..:) enggak baik buat kesehatan ya :) ...cukup sesekali aja...inget....sehat itu mahal nduk..

Dalam rangka "susah makan"...maka Ebo membuatkan Hira sebuah meja saji, lengkap dengan renda-renda dijahit kheseuuuus dengan penuh kasih sayang..supaya Hira punya singgasana, kita pinjem dulu jejengkok si nene roy yang suka dipake buat naek mobil itu, Ebo sulap jadi meja yang cantik sekali ...dah Ebo senang ternyata Hira sangat suka sama meja itu..pas ya? pas ya? sarapan pagi, makan siang..tak lupa duduk dikursi sambil pake topi kesayangan..wokeeeh anak Ebo sudah bisa mulai makan normal...walau gusinya masih sakit karena si geraham yang lain lagi antri numbuh...air liur dimana-manaa..:) sabar ya nak ...
Dalam rangka berenang setiap bulan pada minggu pertama or kedua,...untuk melatih motorik kaki dan tangan... Hira lagi penasaran pengen cepet-cepet nyebur, setengah ngintip kok banyak anak TK n SD yaa??? ...berenang 1 jam sampe gemeteran...tapi ngadat ngga mau pulang ahahahah anaku ini nyandu renang...kalo dah liat gaya kataknya ibu-ibu dipinggir kolam yang bawa anak nanya "anaknya umur berapa bu?" ..udah pinter ngangkat kepala diair ya? gayanya kaya katak? ...*pernyataan terakhir bikin ebo bengong* hahah hira ..gayamu kayak katak ...??

Pesan dari Ebo : jangan lupa segera buat SIM !! n pake helm standar !! hati-hati dijalan jangan suka meleng kalo bawa sepeda...itu awas si Abee jangan sampe jatuh, trus tombolnya jangan sering dipencet..tar kamu disangkain tukang eskrim...

Cieeee dikasih sepeda sama Ayah,...ebo dapet apa? Ebo dikasih baso tahu..kuah kacang :p ...karena mulai besok, Ebo harus nemenin Hira naik sepeda keliling Bandung ..."Walaaah"
Ini fresh,...bantuin Ebo berkebun :) sambil nggundukin tanah...Ebo lagi sibuk merhatiin bawang daun yang mulai layu :( ...dooh jangan sampe pasukan bawang daun mati..kan sedih ya nduk...mana Ebo lagi meyakinkan diri kalau kita akan sanggup punya kebun dan taman yang hijau dan permai
Sampe niat gitu beli garpunya n bikin komposter..ini baru permulaan..miyane, kita harus semangat seperti hira semangat mengejar ayam :) ...barusan Ebo nonton miss tips, sebelumnya ada Ibu yusuf Kala yang pintar sekali menanam pohon di pot,..jadi kepingin juga punya pohon dipot...tapi barusan udah ngadu sama Ayah ya,...Ebo bilang "Yah blender bawang putih n cabe trus di fermentasi, buat pestisidanya...supaya tanaman sehat" dan jawaban si Ayah :"Wah selama ini kita makan gorengan dicocol pestisida?" ...wakakakakakak sempruuul...
Sebenernya masih banyak yang pengen diceritain diblog ini, dah lama banget ya ngga update,...setengah sibuk sih ya, pengen nulis resep resep lagi, pengen juga cerita kalo kemarin bikin beberapa baju lagi...n banyak lagi..tapi ya artisnya bentar lagi bangun.. :) nanti lagi aja deh..masih banyak waktu..., yang jelas..semakin kesini semakin senang :) ...

Makasih ya Mas,..dah suruh Deno jadi Ibu Rumah Tangga...banyak banget pengetahuan yang Dno dapetin...dan pelajaran berharga... :) love you full ..ehehehehehehe ...nanti ku bikinin pestisida buat cocolan bakwan :p

7 September 2009

Manfaatkan waktu luang

Minggu ini mau cerita apa ya? ...sebenernya malem tu bisa ngeblog tapi kadang suka males,.. lagi ngga semangat buat ngeblog,.. Hira sekarang udah satu setengah taun, bakat jailnya makin keliatan, kayaknya dia suka banget kalo ngeliat ibunya panik :( or orang orang disekitarnya panik

Hari ini Hira bisa bilang .."buuuuh,...ciniiii " ahahahah bahagia banget dipanggil sejelas itu dengan embel embel perintah supaya Dno mendekat..., eh dah seminggu lebih dia lepas diapers lho...mulai belajar pipis n pup di kamar mandi, dapet tips dari Omi ...tiap bangun buru-buru lepas celana trus tatur di kamar mandi,...abis itu tiap 3 jam ajak pipis ...nah kalo pup tandanya idungnya kembang kempis, or mukanya aneh ....ini juga Dno masih banyak salah nebak, tapi seru ...asal Hira makin pinter, Ebo ngga keberatan nyuciin bekas ompolnya kok :)

Ngomong-ngomong kemarin itu sempet bikin baju lagi buat Hira, lumayan buat ngisi waktu,... maksudnya menghilangkan kejenuhan dari rutinitas, boong kalo kita ngga pernah ngerasa sumpek,..sesekali pasti ngerasa sumpek..makanya sebisa mungkin jangan dipake ngelamun,.. abisan suka inget yang enggak2 trus jadi sebel,..trus jadi marah..trus yah setan aja isinya :p ...apalgi kalo diingetin sama orang yang dah bikin idup jadi runyam ! damn semoga dibalas Alloh segala perbuatannya !!!

Bajunya Hira nih,...buat maen sehari hari :)

Langsung dijajal...sambil ngompol n pegang remote
Kadang suka ngadak bingung, hari ini menunya apa ya? biar ngga itu itu aja..seminggu ini bikin perkedel jagung mulu, karena bikinnya cuma 2 menit ahahahaha,...tolong tolong mulai karatan dan ngga kreatif nih.

Benernya pengen nulis beberapa resep masakan yang berhasil dicoba ...tapinya keburu males. hari ini pala pusing...kayak ngga enak badan...udahan dulu deh ceritanya :)
Jiaaaaah, Fahira neng geulis mbantuin Ebo bikin talam ubi :p yang berakhir jadi bubur ubi kekekekeee

Tangan mungil lagi ngocok adonan duduknya ampe begitu

23 August 2009

Berasa sibuk...dan sedih

Hari ini selain sibuk pengen manen komposter, pengen bikin sayur krecek, oseng daging, trus bikin bubur kacang ijo...disambi dari jam 2 siang gitu.
Eh tadi subuh abis balik dari mesjid ngantuk banget,...imamnya panjang banget baca surat nya, sampe rumah ternyata Hira masih pules, ya udah dno tidur lagi aja, tau tau dah jam 9 lewat gitulah, perasaan males banget bangun badan berasa masih melayang, buru buru mandi biar ngga lemes, mandi bayem... Mas masih pules, dan...

Dno : Maaaas...bangun atuh dah siang ih !!! (sambil teriak)
Hira : Baaaas...aletekayene yaaah !!!

Waduuuh,...beberapa hari ini udah menduga..., dia suka mukul pintu tangga ndongak keatas sambil bilang ..."baaas?" ..."baaas" dan siang ini,....berubah jadi "Maaaas" benerkan? kayaknya mesti ganti kalo manggil mas depan hira, diubah jadi Ayah..., minggu ini udah jelas banget dia bisa bilang "Ibuuu" senangnya, nunggu bisa dipanggil sama anak sendiri aja lama bangeeet daah

Eh nih siang ini bikin sayur krecek, tak tulis ya resepnya disini buat para pemula seperti dno...suka lupa

RESEP SAYUR KRECEK
Bahan : Tahu diiris empat, krecek (rendem dalem air panas biar minyaknya ilang) , kacang tolo (rendem semaleman) trus rebus sampe mpuk saring, Santen.
Bumbu : kemiri, b.putih, b.merah, cabe merah buang bijinya --> haluskan
cemplungin : salam, laos
Cara masak : oseng bumbu halus + salam + laos, kasih garem n gula dikit tambah air panas , abis itu masukin kacang tolo , masukin tahu goreng, masukin krecek, masukin santen. dah jadi deh, eh kalo suka boleh dicemplungin cabe rawit kayaknya enak


Sekarang kalo mandiin Hira mesti ada acara bermain, udah ngga mau diem, rasanya kayak abis lari keliling lapangan..ngos..ngos, pas pake baju ada acara kejer-kejeran, kadang nolak pake baju yeee, tapi senengnya hari ini dia makan banyak banget... besok pasti gembolannya banyak ahahahahah...
Piyama Hira, tulisannya Dno yang buat nih... bukan "Babe gue Banteng" ..tapi "Babe gue GANTENG" ...hihihi motonya susah anaknya ngga mo diem..dapet pas lagi nonton Cinta Melati buat si marvel ahahahahahaha, gaya duduknya kok gitu?

Cemong, blepotan bedak...bodo deh, yang penting anteng jadi Dno bisa sambil beres2, Ini Hira lagi nggodain Ayahnya yang lagi main game.

Dirumah...kayak ngga ada matinya ya ada aja yang dikerjain, tapi kalo lagi males..beuuuugh bisa kayak KEBO ai ngebooo..seharian melototin brosingan, udah sore tau tau panik belom ngapa-ngapain ...teteup wee harus dikerjain. kalo mo ngeluh yang dengernya udah bosen ahahaha, kesian Dno ngeluh mulu, tapi beneran sumpah...cape lho :( . wah wah ini kalo ngeblog lagi emosi ...jadinya malah curhat,...maapkan moga moga besok hari kita jadi lebih baik.. *makanya usaha dari sekarang ini juga*

Doain ya, bulan depan bisa kebeli kulkas no frost, ...kulkas dirumah jebol atu :( berasa ngga enak hati nih...moga-moga bener ada rejeki *Amien*

Panen kompos dari komposter takakura

Setelah bingung, nyari kawat nyamuk akhirnya nemu juga dibelakang, tadinya mau minta tolong mang Ana buat bikinin saringan sederhana, tapi lama datengnya, abis nyuci nunggu hira tidur siang baru deh siap-siap sediain seng nampan, tong sampah, kawat nyamuk n sendok semen,...kompos takakura diseret buat dikuras isinya,..Ibu Roy sampe bangun dari bobo siang, sumringah enggak lupa nyarter,..

Ibu :No, ntar taburin dipot depan ye,..pot taneman yang diambil dari emul
ai :iye...tar kita tabur, tapinya nunggu 3 hari dulu, mo didiemin dulu bu, ini ngga bole kena sinar matahari dulu
Ibu :No, itu pan kalo banyak bisa dijual,..jual aja?
ai :ahahaha, baru seupil...mo maen jual aja, tar kalo dah banyak kita pasang plang JUAL KOMPOS !!! (ahahahah mang bisa? tar diprotes warga lho)

Eh dulu itu beli starternya 2 bungkus or sebungkus ya, lupa..jadinya sekarang lumayan banyak ..hasilnya bagus..komposnya item, baunya wangi...ngga kayak air lindi yang dikomposter satunya itu...dah ampir setengah tahun ngga dibuka tu, ngga kuat baunya.. :(, makin yakin aja sama komposter takakura ini, selain mudah, nggak bau, praktis, dan bersih buatnya... moga moga tetep semangat buat mengolah sampah..
hasil ngumpulin beberapa bulan ..

saringan kompos

hasil panen kompos, dianggurin dulu 3 hari baru dipake :) dapet lumayan banyak