29 October 2008

Mari membuat komposter

Lama nggak ngeblog, lagi asyik sama komposter, hehe... setelah ngabisin 4 hari browsing sana sini tentang komposter... akhirnya cocok dan kayaknya pengen punya seperti yang dibuat pak Sukamto... kalo pesen kejauhan? kayaknya bisa buat sendiri buat dirumah...aaakhhh bulatkan niat dan tekad, Bismillah...

Setelah mengumpulkan informasi gimana cara buat komposter Dno coba terjemahkan kedalam gambar di kertas , kayaknya seperti ini deh ..
  • Pertama ngembat gentong yang ada di kamar kosong dirumah rumah neneknya Hira, bawa pake taxi soalnya mas sibuk *nggak bisa nganter*..sopir taxi nya keki...
  • Kedua minta anter satpam yang merangkap jadi tukang ojek di komplek ini *motorku sudah disita Ibu Negara* buat beli pipa PVC,lem dan keran
  • Ketiga Telp si KK buat nganterin bor listrik kepunyaan Babe, soalnya bor dirumah dibawa ke Jakarta
  • Keempat Pagi-pagi ikut mas pergi kedepan sekalian cari kain kasa...dan sepanjang sindanglaya tak ada yang jual padahal udah jalan kaki...dapet-dapet ya dipasar :) sekalian belanja sayuran deh
  • Kelima buat MOL, tape ketan item kloter kedua bekas lebaran, campur sama gula , dan air dalem botol Vit, tambahin lagi pake yakult ..*berhasil nggak ya??*
  • Keenam hari H mengerjakan gentong bakal komposter dikebun samping rumah, kenapa hari keenam??? karena itu permintaan si mas *sebel kan* katanya kalau deno bikin sendirian tar jadinya nggak rapi ....*huuuuh meni gitu*
Bikinnya dari jam 9 sampai jam 1 siang, Team nya ya Mas sama Dno doang, Mas yang melakukannya, Dno yang siapin keperluannya + gergaji motong2 pipa sesuai dengan perintah si mas... sembari sudah merusak 2 mata bor punya Babe...dan telunjuku hiks..hiks...kegergaji. bikin 3 lubang di drum itu yang agak susah ..nggak bisa cuma pake bor, jadinya dibantu pake solder.

Komposter akhirnya jadi *tidak semudah yang dibayangkan*, lalu didiemin sehari, diisi air...buat ngetes bocor atau nggak :D , akhirnya resmi dipake hari Selasa :D..dan Saudara-sudara dengan bangga...mempersembahkan ...liputan proses pembuatan komposter...

Mas lagi ngebor drum, tadinya dibor dihalaman dapur..
repot pindah deh kesamping

Sudah selesai, bersimbah keringet...pose depan komposter ,
setelah dikasih sesajen es teh manis rasa apel

Dan..setelah 10 hari digunakan...melewati cuaca bandung yang lagi pancaroba akhirnya timbul belatung-belatung yang diceritakan oleh sumber-sumber di Internet... geli ya ..ah tapi cuek aja, menurut tips disekitar lubat tutup drumnya diolesin sabun...dan barusan sudah tak olesi sabun colek :D...,

*apa jadinya kalo belatungnya aku kasih liat sama mas >:) * pasti slurrp... slurrp gitu kayak ekspresi kalo liat pup nya Hira :))

titik titik putih yang keliatan itu ....
belatung-belatung yang lagi pada nempel didinding drum

Saya mengucapkan terimakasih kepada sumber-sumber yang membahas tentang komposter, berkat informasi yang lengkap, sampah dirumah kami jadi sangat berkurang ... hanya sampah kering saja yang diangkut oleh tukang sampah :) ...

semua sumber saya dapatkan dari :
www.rt10vni3.blogspot.com
www.ahmadridwan.files.wordpress.com
www.tangerangkota.go.id
www.clearwaste.blogspot.com
www.akuinginhijau.wordpress.com

dan Google :)

PS : nggak sabar menunggu hasilnya :D ... eh Dno tertarik juga bikin komposter an aerob ..nih, rencananya mau bikin dikebun sebelah... nunggu persetujuan mas :)

5 comments:

Gadgethunter said...

salam kenal mbak :)

jauh2 browsing ternyata ketemunya orang sini2 juga :) saya tinggal di arcamanik mbak. Boleh kapan2 lihat2 komposternya?

wass

amirul said...

wah terimakasih atas tampilanya cara membuat komposter, saya telah lama klak-klik klak klik mouse cari di internet, cara membuat komposter tapi bentuk dalam pipa paralonnya tidak dijelaskan, ternyata yg bener dilubangi dan di hubungkan kran air, kukiran air endapan lindi paling bawah yg di hub. kran air ternyata pipanya yg di hubungkan.
sekali terimakasih segala infonya

djoko susilo
di Kediri - Jawa timur

dheno said...

Pak djoko susilo, kalo menurut saya mending bapak bikin komposter takakura saya juga ada bahas itu diblog saya, yang saya bikin pake drum ini cuma bertahan 4 bulan, karena hasilnya ngga maksimal,...air lindi bau banget dan saya ngga bisa nemu cairan boisca, malah jadinya ada banyak lalat,...dan jadi ngga nyaman aja,...tapi kalau bapak masih penasaran silahkan dicoba,...saya pribadi kurang puas dengan komposter yang ini ngurusinnya kewalahan... kompos yang bagus dan berhasil saya hasilnya ya dari komposter takakura,...praktis dan tidak berbau :) ....maaf kalau kurang berkenan

amirul said...

kalo untuk menghilangkan bau lindi, yg pernah saya baca di internet, pakai buah nanas yang di jus kemudian di masukan ke dalam komposter jadi air lindi yang keluar bisa bermacam - macam aroma tergantung buah apa yang di jus tapi itu baru sekedar baca, belom praktik sih.....


djoko susilo
kediri jawa timur

dheno said...

iya? saya malah belom pernah nyoba, :D ...saya keburu males pak, soalnya selain itu..keran lindinya mampet jadinya sampe sekarang ngga keurus, mampet karena ada lalat mati yang ada disitu, banyak masalah yang saya temukan,jadi saya beralih ke komposter takakura ...dan hasilnya bagus :)