7 September 2008

Ikan Mas ...

Dari beberapa hari yang lalu, Mas udah cerita kalo dia diundang temennya (Kang Hedi) buat mancing ikan wiken ini, so pasti yang jelasnya, Dno n Hira nggak diajak ...soalnya pasti repot, udah kebayang duluan aja bakalan bosan nunggu Mas duduk sambil nungguin ikan kejebak di umpannya. Jadi pagi-pagi dia udah mandi, Dno siapin alat pancingnya yang dah lama ngendon di lemari...dan berangkatlah si Ganteng menuju Sapan, tempat dia mancing ikan.

Hari ini, Auntienya hira datang ke Bandung sama Om Mboy...jadi Mbunya ikut jalan-jalan keliling Bandung aja *abis ditinggal Mas* ..Hira pules jadi nggak diajak *tega yaaaah demi jalan-jalan*. Sore-sore jam 4 udah sampe dirumah..buru-buru deh masak buat buka puasa..trus mandiin Hira.

Jam setengah enam sore Mas pulang ...Waaaa bawa Ikan hasil mancing, dengan semangat diunjukin sama kita :

Dno : "Dapet berapa mas?"
Mas : "DUA...., *Mantab*...bonusnya DUA !!! ..jadi EMPAT !!! *terkekeh-kekeh kayak pendekar*

Abis buka puasa, semangat deh minta diajarin bersihin Ikan sama Ibu Roy, *Dno belom pernah ngolahin ikan sumpah ini pertama kali*, lumayan Ikan yang dibawa gede-gede. ternyata gampang bersihin ikan...pertama balur ikan sama garem n cuka (biar nggak licin), kerik sisiknya sampe copot, belah perutnya ambil isinya. buang kulit dalem ingsang ikan. udah beres.

Ikan Mas sama Ikan Patin, seekor dimasak buat menu Sahur yang lain masuk kulkas tinggal digoreng. buat menu lain. Ikan itu akhirnya dimasak pake bumbu ala Ibuku. jadinya seperti ini :


Bumbu Halus : (Bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, ketuncar, pala, kunyit, garem)
Bumbu Rajang : bawang bombay, bawang daun
Tambahan : sereh, daun salam, laos, jahe

*Ikan di goreng sampe kering,
* Bumbu halus + bumbu rajang di tumis sampe mateng, masukan bumbu tambahan , masukan air sampe mendidih lalu masukan Ikan, tambah air santan, tambah gula merah sesuai dengan selera, jadi deh.

No comments: