30 September 2008

Mudik ke Jakarta

Fahira pules dijalan...menuju Jakarta

Mau lebaran, pulang ke Jakarta ... Setelah beberapa hari sebelumnya akhirnya Iim, pembantu dirumah dipulangkan. Lebaran pertamanya Fahira ...sama Kakek dan Nini nya di Jakarta.

Hanya 2 jam perjalanan, Jalanan bener bener lowong sih. Sepanjang jalan Hira merem pun.

Lebaran di Jakarta tentunya lebih rame dibanding lebaran di Bandung :D . Lebarang Hari pertama ketemu sama Om dan Tante nya Mas, Oma-Omi dan Opa - Opi nya Fahira ..

Lebaran hari kedua kita pergi ke Bogor - Cibatok *lemburnya Ibu Roy* ... Masa kecil nya si Nenek. berikut macet dari 4 jam *hira juga nggak nangis tuh anteng* eh nangis ding...karena kejedot AC mobil hihihihi.

Dalam perjalananan menuju Bogor sempet pecah ban di Tol. jadinya penghuni mobil kijang pada turun ... piknik di bawah pohon rindang dipinggir Tol ...trus maju lagi deh ...hari sabtunya kita pulang lagi ke Bandung. Tanggal 6 Mas udah mulai kerja lagi...




Sebelum pulang Fahira foto bareng sama Kakek dan Nini nya


Dipinggir Tol... Fahira lagi sama Te' Nabila dan Te'Fauzia

Mas n Om Acu lagi sibuk ganti ban ...

26 September 2008

Sugeng Riyadi ...


"Kulo, Sakeluargo ngaturaken Sugeng Riyadi 1 Syawal 1429 H. Bingahing manah awit Gusti sampun hangganjar kamenangan, lumebet dateng dinteng ingkang fitri. Nyuwun pangapunten sedoyo lepat lan kekhilafan. Mugi Gusti tansah ngluberaken rahmat, karunia, taufik lan hidayah dateng kito sedoyo..."




24 September 2008

Kesel sama Pembantu ? atau emang Males ?

Eh tau nggak, akhir-akhir ini Dno lagi mengalami gangguan jiwa, akhir-akhir ini rasanya pengen banget cari kerja lagi dan beraktifitas kayak dulu..., gara-gara ngeliat temen-temen yang kayaknya pada asik kerja dan mengejar karir gitu, gara-gara empet sama kerjaan dirumah :p ...gara-gara rutinitas sehari-hari . Tapi setelah dipikir-pikir ... rasanya kurang tepat kalo Dno kekeuh sumerekeuh buat kerja lagi...kok jadi nggak bersyukur dengan yang ada sekarang ... padahal sekarang nikmat banget ... dibanding orang-orang yang nggak seberuntung Dno.

Tiap-tiap liat Hira ketawa ... pikiran Dno berubah lagi, tapi disaat-saat tertentu Dno kayak gila musti ngapain lagi dirumah otak kayak konslet ngeblank gitu aja. Mas selalu aja nggak pernah berenti buat ngeyakinin bahwa Dno harus tetep dirumah dulu merawat dan mendidik Hira dengan baik supaya sehat dan punya mental serta pengetahuan yang baik... Kadang-kadang juga Dno ngerasa orientasi hidup Dno sendiri sekarang sudah berubah ...

Jadi Ibu rumah tangga ...ternyata nggak segampang yang Dno pikir, ngurusin pekerjaan rumah dan mikirin ini dan itu .. kadang bikin pusing, masih untung kita nggak ngontrak rumah, malah ada pembantu ...makan juga nggak susah, dan segala kebutuhan pokok terpenuhi, ya Alloh barusan abis nganterin pembantu ke puskesmas,..Dno banyak liat orang-orang yang keadaannya nggak seberuntung Dno. sambil nunggu si Iim dipanggil Dokter, Dno sempet mikir kalo Dno kerja? mungkin nggak akan sempet ngurusin hal-hal kayak gini... Dulu kerja yang dipikirin malah lebih enteng dari ini ... sekarang jadi istri Mas, banyak banget hal baru yang Dno kerjain dan dipikirin.

Ngomong-ngomong tentang si Iim, ini sudah bulan ke-6 dia kerja sama kita, yaa dari awal masuk udah keliatan kalo hasil kerjaannya kurang memuaskan, tapi berhubung cari pembantu susah dan lagi butuh jadi dikuat-kuatin deh...sampe akhirnya kita semua udah ngerasa cukup deh, kayaknya abis Lebaran ini iim nggak usah pulang lagi ke sini.

Masalah tentang pembantu, kayaknya umum banget ya. Padahal kerja disini Dno pikir malah enak lho .. nggak terlalu berat-berat banget *nyuci,nyetrika,nyapu, ngepel itu yang utama* tambahannya mbantuin masak, malahan dia bisa tidur siang, makanpun nggak sulit *maksudnya kita nggak nakar, atau ngebeda-bedain ini buat pembantu dan itu buat kita. Ya sesuai dengan namanya kerjanya itu ya membantu...terutama membantu Dno dan Ibu Roy dirumah :(.

Guedegh dan juga sebel, khusus yang iim ini kalo dikasih tau atau disuruh, padahal kita udah pake "tolong" dan "terimakasi"* mukanya pasti cemberut kalo nggak nyolot njawab lagi...maunya ngaso kayak yang nggak punya inisiatif buat memikirkan "habis ini ngerjain apa ya" ...ini mesti ada acara disuruh dan dikasih tau... *jadi ngomel* ... yang paling bikin hati jadi nggak enak ...dia itu nggak demen sama masakan kita ... ini itu nggak suka ... bikin senewen aja. kolak labu ? sayur tumis? manisan? tempe mendoan ? semur daging? sayur ikan? makanan-makanan macam itu dia mana demen ... *olo -olo pisaaan sieta teeeh * padahal kalo cerita tentang kehidupan di garut kesannya mereka sekeluarga pemakan segala bahkan lebih tragis... saking nggak punya minyak goreng maka semua makanan direbus pake aer *naha atuh beut kieu???*

Udah 3 hari ini dia ngeluh sakit gigi gara-gara makan kacang yang dicampur rendang... giginya sakit tapi selama 3 hari ini kerjaannya cuma tidur-tiduran dikamar ... katanya nggak bisa ngapa-ngapain??? sampe kesel liatnya ..tapi anehnya kalo ketemu sama Hira ... dia bisa ceria dan nampak segar bugar sementara rumah berantakan, jadinya Dno ekstra keluar keringet, ya hira, ya masak, ya beres2 rumah, ya beres-beres dapur hiks hiks ditambah sahur kadang dia telat bangun semua udah beres dia baru bangun. Jadinya setelah meeting serius dengan Mas dimeja makan waktu sahur kemarin itu ... sepakat si Iim di anter ke puskesmas aja... bukan ke dokter gigi biasa kita pake *iiiiiiih ngapain atuh, kalo kerjanya bagus mah kita juga rela..dia dapet pelayanan kesehatan istimewa dari kita..puskesmas juga samaaa laah*

Pagi itu dia berusaha nolak buat diajak ke puskesmas, kayak anak kecil padahal umurnya dah 18 tahun. Jadinya Dno esmosi ... mengharuskan dia siap-siap walau dia berusaha nolak ... kalimat sakti keluar sembari esmosi "Kamu harus ke Dokter, kamu harus sembuh... kalo sembuh kamu bisa KERJA !!!" *kayak nggak ada belas kasihan gini?* akhirnya dia ikut sama Dno sepanjang jalan mukanya sakit megangin pipi *padahal nggak keliatan bengkak* sepanjang jalan dno mikir * yang sakit pan giginya... tangan dan kaki masih bisa digerakin masa sih nyapu aja nggak bisa? * waaah pokoknya ngedumel deh ...dah ngumpulin banyak dosa nih Dno... sabar sabar ... Innalloha ma'a sobirin

Ya....Alloh ...minta abis lebaran dapet pembantu baru yang sesuai dengan harapan.. yaaah minimal kayak Nia dulu deeeeh ... rasanya nggak enak banget pegel hati... hhhgghhhhg lega hati kalau abis ngedumel gini ... coba pikir??? enak jadi Ibu Rumah Tangga ...atau kerja ...???? hihihihih kali sama repotnya kalo kerjanya ngeluh kayak gue :p ...


18 September 2008

Hira cepet gede..dah bisa panggil iboo..

Bayiku belajar makan lagi, akhir-akhir ini Hira suka banget mengeksplorasi mulut, apa yang ada ditangan pasti dimasukin mulut, termasuk henpon. Kalau di telp sama nini nya dari Jakarta henpon diplototin, dipegang trus di mut deuugh...basaaah.

Ya jadi sekalian kemarin waktu blanja-blanji Ayahnya beliin biskuit sama susu formula, jajal makan biskuit... hasilnya bajunya kotor ...baru bangun tidur dikasih minum dikit trus dikasih biskuit hihihi seru liatnya belepotan. sayang Hira masih nggak suka susu formula ...bingung puting dia, selama ini belom pernah jajal dot jadi dikasih dot malah digigit bukan di isep...harus sabar ngajarinnya ... biar bisa minum selain ASI.


Nah kalo ini, pagi-pagi abis beli sayur Hira belom mandi, lagi pose sama Oma Latifah... si oma tampak grogi gendong anaku itu. Hira kok keliatan gendud ya???... hihi hihi kayak cowok :p

weits.. Hira lagi nggong-nggong...asyik bentar lagi merangkak ...siap siap lebih seruuu

Nah ini acara main sama nene Roy ...diamparin kasur palembang di teras rumah belajar merangkak dengan semangat ...tapi masih berjuang ngangkat pantatnya, dadanya udah lumayan kuat sekarang udah jago deh tenkurep telentang ...apalagi kalo udah di box..semua jadi daerah jajahan hira.. ekspresinya serius kalo lagi belajar ...hiii yang terakhir itu ...mirip si Ayah kalo lagi serius ..hahahah GALAK ..tatapannya...tatapannya...hihihih awas di hipnotis !!!

Eh seriusnya dia sekarang kayak udah bisa ngomong "iboo..boo...boob..boop.." kayak manggil Ibu ..ibu,,hiii Dno yang GR gitu ..tapi biar lah walau baru Iboo..iboo...tapi diriku sudah sangat bahagia sekali ...biasanya kalo udah dipanggil gitu Dno langsung peluk aja ampe demple ...hahahah geregeeet siih...

16 September 2008

Siraman sebelum nikah, kapan lagi akan begini?


Habis ngobrol sama *temen* yang mo married akhir tahun ini, jadi buka-buka file bekas persiapan married dulu, eh ngeliat ini jadi nangis ..*untung nggak lagi puasa* foto Ibu,Wied,Bapak sama Dno tanpa lina *kk no2* , jarang banget lho kita kayak gini?

Pelukan sama Ibu sambil nangis, sambil dikasih wejangan supaya Dno tetep jadi anak baik dan nurut sama Mas ..., juga dikasih wejangan supaya bisa melupakan masa lalu yang buruk-buruk...
Sangat jarang banget Bapak bisa mengungkapkan ekspresinya seperti ini,... mengingat Dno sama Bapak ngga begitu deket.

Ya Alloh, Dno inget gimana dulu siap-siap acara siraman ini, sempet liat foto waktu Bapak cium jidat Dno, kok hati langsung terenyuh ya... disitu keliatan banget Bapak sama Ibu sayang sama Dno...

Kalo liat foto ini...berat rasanya, coba liat deh muka semua orang-orang disitu pada sembab ... sedih atau bahagia karena nyadar kalo Dno udah mau married dan dibawa pergi sama Mas ? ...

Anak bungsu yang paling susah diatur,...dan suka punya karep sendiri, ...tapi mandiri :p, ternyata hidup ini nggak segampang yang ada dalam bayangan ya.... :)

Ya Alloh Maha mengabulkan do'a, semoga Alloh mengampuni kedua orangtuaku dan menempatkan mereka di Surga-Mu kelak ya Alloh...., Amien

12 September 2008

Untuk Dno, Mas, dan Fahira

SURAT AL FATIHAH
Sabda Rasulullah SAW :

"Allah Mahasuci dan Mahatinggi berfirman: "Aku telah membagi Al Fatihah menjadi 2 bagian, untuk-Ku dan untuk Hamba-Ku. Separuh Untuk-Ku dan separuh untuk hamba-Ku akan mendapat bagian dari permohonan yang diucapkannya"

"Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah! Bila hamba membaca :

Alhamdu lillahi robbil 'aalamin, Allah ta'ala menyahut : "Hambaku memuji-Ku'
Bila hamba membaca arrahmanir rahiim, Allah ta'ala menyahut :'Hamba-Ku menyanjung-Ku'
Bila hamba membaca maaliki yaumid diin, Allah ta'ala menyahut 'Hamba-Ku memuliakan-Ku'
Bila hamba membaca iyyaaka na'budu waiyyaaka nasta'iin, Allah ta'ala menyahut "inilah kewajiban hamba-Ku terhadap-Ku dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang dimintanya'
Bila hamba membaca ihdinash shiraathal mustaqiim, shiraathal ladzina an' amta 'alaihim ghairil maghdhuubi'alaihim wa ladh dhaliin, Allah ta'ala menyahut : "itulah hak hamba-Ku, dia akan mendapatkan apa yang dimintanya"

(HR Muslim, Abu 'Awanah dan Malik)

الفاتحة

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَالضَّالِّينَ

AL Fatihah
  1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
  2. Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam
  3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
  4. Yang menguasai di Hari Pembalasan
  5. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan
  6. Tunjukilah kami jalan yang lurus
  7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri Nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.
... setiap kita sholat kita melakukan komunikasi 2 arah dengan Alloh SWT ... :)

*ini postingan buat Ella juga :) ..

10 September 2008

Mas Jagoan Nangkep Uler

Pagi-pagi si Mas udah siap-siap seperti biasa, Dno udah mandiin Hira juga bawa Hira kebawah buat nemenin Ayahnya mau berangkat, Hira dibaringin dikursi tempat kita biasa duduk kalo nonton TV, sambil becanda-canda gitu.

Mas duduk santai sambil liat-liat koran dulu, tiba-tiba dia bilang "No, No.....Uler No ..." sambil nunjuk ke arah lantai deket kamarmandi deket ruang TV, dan bener aja uler kecil lagi meliuk-liuk mirip tali warna item tapi panjang... syereeem. buru-buru deh teriak " Iiiiiiiiiim bawain tongkat..." langsung deh ...tuk..tok..tok...tok...pletaak, dan *ulernya mati*

LEGAAAAA...., Mas trus buang ke sungai depan rumah, tapi tunggu dulu...nggak afdol kalo nggak difoto hihihihi sambil teriak "Maaaaaas aku bawa henpon dulu ...sebentar...ceklik...ceklik..heheheheh" , "Halah...hahahaha" si Mas protes sembari pose ....ini dia fotonya.


Heran ya padahal dulu waktu kuliah sempet dititip miara uler lho ...sampe Erni sama Wike pada protes nggak bisa tidur lantaran takut tu uler lepas... kok sekarang jadi syerem liat uler ... dulu juga miara karena dititipin sama Wawan ding...

9 September 2008

Hira belajar makan MPASI

Fahira, hari ini belajar makan lagi sudah mulai MPASI... Hari pertama dikenalin sama bubur nasi (nasi dibubur, trus disaring lagi biar lembut tambahin air ASI dikit) habis semangkuk kecil, Hari kedua dikenalin sama bubur nasi lagi, hari selanjutnya Ibunya malas ...hira dibeliin biskuit bayi Promina rasa beras merah + ASI... ( tapi rencananya mau bikin tepung beras merah sendiri ah buat Hira ..masih nyari tau caranya).

Jadual makannya dah 3 kali sehari, Pagi ...siang ...sore, Hira pinter banget makannya, semuanya masuk ke mulut *nggak disembur, atau dikeluarin lagi* Eh liat deh ekspresinya kalo lagi mau makan...

Di fotoin sama si Mas sampe girang kayak gitu, Dno ngikut cuma tangannya doang , sejak bisa makan selalu nemenin Ayahnya makan... Alhamdulillah ya Alloh Hira sampai hari ini sehat ... makannya juga banyak :)

Menu makan Hira sampe hari ini baru ini :
  1. bubur kentang + ASI
  2. bubur nasi + ASI
  3. biskuit bayi + ASI
belum nyoba yang lainnya ... nanti cari tau lagi, Dno belom kenalin Hira sama buah-buahan tapi rencananya hari ini mau dikenalin sama pepaya, Hiraaaa ayo makan pepaya >:) ...

7 September 2008

Ikan Mas ...

Dari beberapa hari yang lalu, Mas udah cerita kalo dia diundang temennya (Kang Hedi) buat mancing ikan wiken ini, so pasti yang jelasnya, Dno n Hira nggak diajak ...soalnya pasti repot, udah kebayang duluan aja bakalan bosan nunggu Mas duduk sambil nungguin ikan kejebak di umpannya. Jadi pagi-pagi dia udah mandi, Dno siapin alat pancingnya yang dah lama ngendon di lemari...dan berangkatlah si Ganteng menuju Sapan, tempat dia mancing ikan.

Hari ini, Auntienya hira datang ke Bandung sama Om Mboy...jadi Mbunya ikut jalan-jalan keliling Bandung aja *abis ditinggal Mas* ..Hira pules jadi nggak diajak *tega yaaaah demi jalan-jalan*. Sore-sore jam 4 udah sampe dirumah..buru-buru deh masak buat buka puasa..trus mandiin Hira.

Jam setengah enam sore Mas pulang ...Waaaa bawa Ikan hasil mancing, dengan semangat diunjukin sama kita :

Dno : "Dapet berapa mas?"
Mas : "DUA...., *Mantab*...bonusnya DUA !!! ..jadi EMPAT !!! *terkekeh-kekeh kayak pendekar*

Abis buka puasa, semangat deh minta diajarin bersihin Ikan sama Ibu Roy, *Dno belom pernah ngolahin ikan sumpah ini pertama kali*, lumayan Ikan yang dibawa gede-gede. ternyata gampang bersihin ikan...pertama balur ikan sama garem n cuka (biar nggak licin), kerik sisiknya sampe copot, belah perutnya ambil isinya. buang kulit dalem ingsang ikan. udah beres.

Ikan Mas sama Ikan Patin, seekor dimasak buat menu Sahur yang lain masuk kulkas tinggal digoreng. buat menu lain. Ikan itu akhirnya dimasak pake bumbu ala Ibuku. jadinya seperti ini :


Bumbu Halus : (Bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, ketuncar, pala, kunyit, garem)
Bumbu Rajang : bawang bombay, bawang daun
Tambahan : sereh, daun salam, laos, jahe

*Ikan di goreng sampe kering,
* Bumbu halus + bumbu rajang di tumis sampe mateng, masukan bumbu tambahan , masukan air sampe mendidih lalu masukan Ikan, tambah air santan, tambah gula merah sesuai dengan selera, jadi deh.

4 September 2008

Hira main sama Ayah...


Lagi sama Ayah, Hira sekarang udah bisa jerit-jeritan, udah bisa ketawa ngakak, udah bisa ngambek ... udah bisa meraih mainannya, duuuuuuuh Hira ..cepet gede atuuuuh ..,

Liat deh Ayahnya...megangin Hira yang lagi antusias ngeliat HP, hihihi..kalo dikasih HP langsung diemut ...

Masak kali ini ...Puasa kali ini ...

Bulan Ramadhan Tahun ini, mau nyoba jadi ibu rumah tangga yang baik, termasuk menyediakan makan buka dan sahur dirumah, Alhamdulillah sudah 3 hari ini, waktu sahur bisa bangun jam 2 pagi. Habis dibangunin sama Hira :p ...hebat ya, Hira tau aja kalo Ibunya harus masak ...

Masak bulan Ramadhan ni seru ..kalo Mas bilang "lagi lucu-lucunya" ...tiap hari kayak bingung hari ini mau buat apa? masak buat buka apa? buat sahur apa? ... mengingat disini cuma mengandalkan tukang sayur yang dateng :p ... untung Mas selalu bisa diajak berunding kapanpun, jadi Dno semangat banget masaknya ..., lebih semangat ngeliat dia makan.

Menu hari ke-1 ( Sayur kari, agar2 serut +sirop coco, ayam goreng)
Menu hari ke-2 ( Bakwan Udang, oseng sawi, balado telor kentang, agar-agar item pake air gula)
Menu hari ke-3 ( (Risoles isi Rogut(wortel,buncis, keju,daging,susu,telor rebus) + sayur sop+ nuget, agar-agar ijo pake sirop coco pandan)
Menu hari ke-4 (pastel isi daging+sayur, balado tongkol, cah kangkung, es kelapa muda) ...

Resep pastel yang tadi dijajal, ni ya Dno tulis disini :

Kulit : 250 gr tepung terigu, 60 gr mentega, 1 sdk makan masako+garam dikit, air 60 ml, ( satuin sampe kalis)
Isi : buncis, wortel, daging ayam cincang, kornet, susu, bwg bombay, bawang merah, bawah putih, bawang daun, garam, gula, minyak goreng . (dioseng-oseng)

*Trus buat deh pastelnya :p...bikinan Dno masih payah, itu foto pastel sebelum digoreng soalnya Hira keburu bangun :p*

Ternyata lebih enak makan aja langsung dibanding bikinnya, hihihi lamaaa...

3 September 2008

Panen Mangga


Pohon mangga depan pekarangan berbuah banyak, hari ini diputuskan untuk diambil aja semua, soalnya bikin ngiler tiap orang lewat, berasa nggak enak dengernya, jadi suruh Aries sama Jaja *yang biasa bersihin taman di komplek* buat ngambil semua mangga.

Semua tetangga jadinya kebagian dong, termasuk juga Ibuku dan KKu di rumah, suruh KK ipar kerumah, abis nggak mungkin sempet kesana, sekalian titip risoles buat Bapak buka puasa. Sisanya masih setengah karung mau dibuat manisan mangga, kalo Iyul + Mboy dateng ke Bandung mau titip buat Papa di Jakarta...

Dno juga mau bikin rujak aaah .... :)




1 September 2008

Selamat Puasa ya ....
















Bapak Doddi dan Ibu Doddi mengucapkan ...

Marhaban ya Ramadhan ..., mohon maaf lahir dan bhatin... selamat menjalankan Ibadah puasa 1429 H, semoga amal ibadah kita mendapatkan limpahan rahmat dan nikmat dari Alloh SWT, Amien.

Kali ini kita ..puasa bersama Hira, iya ...udah ada Hira :) puasa taun kemarin Hira masih dalam perut ...lagi bikin mabok mbu nya...kali ini InsyaAlloh Merayakan Idul Fitri bersama Hira juga ... Alhamdulillah :) terimakasih ya Alloh... sungguh nikmat yang luar biasa :)