28 June 2008

Wiken ini dijajanin lagi sama Mas...


Sabtu ini, Mas ngajak jajan ke Gasibu ..ada pameran jajanan yang diprakarsai oleh kecap bangau, sembari nunggu jam 2 keidean bikin baju buat Hira.. ay bongkar mesin jahit sembari nungguin ngadatnya Hira selesai, ... berangkatlah kita jam setengah 3, berikut macet dijalan Caheum, tapi dengan sabar akhirnya sampe ke Gasibu setelah muter 4 kali nggak dapet parkir jadi diputuskan Mas parkir di depan Japati situ...

Tadinya sempet sms Karin, Danang n Sangga, ngajakin jajan tapi pada gak sempet, ya wis ..., padahal jajanannya lumayan lengkap, tapi ya kalo sebangsa ayam (digoreng, dibakar, dipepes dll) dah bosen..., jadi pas sampe disana Mas langsung mubeng-mubeng nggole'i jajanan... ngicipin Iga Bakar Sijangkung ..., Es teh, Es kelapa alpukat ...aja dah nggak sanggup lagi diisi perutnya langsung kenyang...liat yang lain jadi nggak selera lagi, ... mau berburu lagi keburu sore kasian Hira, jadi stan terakhir kita nangkring di Batagor Riri bungkus bawa pulang, sama beli cendol elisabet 5 gelas (dirumah lagi ada Mboy)...Beuuugh ntu juga dah banyak orang, puyeng ...bagusnya Hira tidur pules digerobaknya...

Pas pulang jalanan menuju rumah, macet banget...ada galian banyak, jadinya muter balik ambil Jl. Jakarta ... berikut dijalan aku dah mengusulkan supaya Mas DIET !!! ...pipi mas balapan ma Hira...Mbu ..Mbu..let :)) liat aja di foto itu pipinya dah Bulet . Pria !! kenapa mudah sekali membesar? padahal nggak pernah berendem di minyak tanah? ... kalo Mas nggak diet, aku nih mesti naikin berat badan :)) ... biar sama wakwakakaka...bisa emang??? kita lihat saja nanti :p ... Bu Doddi jadi Mbem...

27 June 2008

Becak baru :p

Hira sekarang mbecak ... sambil mampir kerumah Oma Latipah, berkunjung pagi-pagi sambil pamer kalo Hira dah mbecak sekarang. ..pagi-pagi bareng sama Nene' Roy refleksi pijat kaki pagi-pagi biar nggak pegel-pegel :) . Btw bukan maksud pamer lhow ;)) abis gimana baru si punya anak jadi seneng ... apa apa ditulis di blog hihihi.

Besok rencananya mau jalan-jalan sama Ayahnya, mau djadjan... sapa tau ada Pak Bondan lagi... jadi bisa bawa Hira + becak nya :)) ...nggak pegel kayak kemaren... Hira pan lumayan berad...

25 June 2008

Hira pake Babybath..ayo mandi

Hira...semenjak kamar kita pindah ke atas lagi, nggak bisa mandi seperti biasanya, harus pasang meja tapi ribet, jadi mulai saat kemarin itu, mandinya pake babybath ya, ternyata lebih enak, Hira nggak sering mainin kaki gaya katak lagi, tapi jadi tenang, sambil duduk diguyur ..slurrrrp, disabunin... dikeramasin ... enak beneeeerrrr... kadang-kadang sambil haung-haung .. ngobrol nggak jelas...sama Ibunya

Udah beres disabunin n dibilas *emang cucian* ... Hira diangkat ditaruh dikasur handuk dipijat sembari dengerin Bach For Babies and Mozart ...habis selesai dipijat+minyak telon, pake baju deh... siap-siap buat main babygym...

abis itu ngoceh sampe njerit-njerit, eeeeh trus auss, abis gitu sembari minum ASI Hira keleper-keleper..merem melek...tidur lagi :)) ...

*Ayah.., nggak sempet liat Hira mandi ya?, nih kayak ghini kalo lagi mau mandi naah*

Hasil Kebun



Habis ngambilin batu yang suka dipake orang buat nyambit rumah kita tu, jadi keidean buat nyabut singkong, tadinya malah pengen mberesin kebun dibelakang...tapi takut Hira keburu bangun.

Weits, Nanem sngkong disebelah rumah dari Hira masih diperutku umur 2 bulan gitu yak...waktu nanem macul berdua sama Mas Doddi, sekarang di panen, berhubung daunnya udah digundulin duluan buat sayur daun singkong kemarin dulu...jadi diacbut aja, di bantu pake pacul sama linggis, digali sampe keringetan, buat iseng dikukus, or dibuat kolak singkong.

Bibit singkong ini dulu diambil dari rumah Ibu di Bosas. ... hayah buuu sampeuuu !!!

20 June 2008

Nemu sendal dipangandaran?


dan setelah adu panco.... mulungin sendal dilaut .... hihihi

Mantan Reman


Lagi bersih-bersih file di kompi, eh nemu foto ini ... foto tahun 2004 waktu jadi atlet :p adu panco, ngerebutin wilayah kekuasaan,..Xixixixi boong ding aselinya lagi adu panco sama guide pariwisata di pangandaran, males kaaan?!!!!

Fahira...

Kalo masih kecil pake ini kayaknya lucu, kalo dah gede ??? ...

Pagi-pagi timbelnya dah penuh, ditambah sedikit bau asem ... duuuh, badanya dah gempal bentar lagi 3 bulan kira-kira beratnya berapa?

Kemarin terakhir ke Posyandu 6,2 Kg terakhir diukur panjang badan 63 cm... tgl 21 tar trus imunisasi DPT lagi, makin hari makin pinter ...

Sekarang kalo mandi harus extra hati-hati, kakinya tau-tau nendang, suiiing... gayanya dah kayak mau berenang. Semenjak lahir kalo dimandiin gak pernah nangis, seneng basah-basahan.

Kayaknya bulan depan dah punya troli... jadi bisa ngojek kedepan or diajak pegi ngaji ... jumpa fans sama oma-oma yang lain ... Hira pan nggak rewel kalo diajak dalan-dalan ...

Pagi ini malah ikut ngomentarin berita infotainment sampe njerit-njerit ... Dia kayaknya nggak suka ngeliat tampang Ahmad Dhani ... :))


Kangen gitu?

hii Dna, kadang kangen sama kamu degh... kangen direcokin, selamanya tinggal di gerlong rajin banget gangguin kalo pulang gawe, ngabisin semua cemilan, kadang nangis bareng... percaya? oon - oon gini Dno cuma pernah nangis depan temen cewek ya sama kamu doang... ahak jadi kangen kalo udah ngerumpi atawa nonton pelem korea trus rebutan pemeran cow yang ganteng *nggak penting banget* ... rela gitu ampe nggak tidur 2 hari cuma buat kelarin nonton... jalan-jalan bareng ... inget waktu gila naik bis bedua sembari nggak mandi *dua-duanya* pulang dari bogor ngejer kuliah !!!.... trus kejadian malu-maluin waktu beli tysu di Borma setiabudhi..... sekarang kita dah jauhan .. gak bisa foya-foya bareng lagi. dah sama-sama married... sama-sama punya anak ... dan sama sama stuck :p ... =))

18 June 2008

Kursi zaman dulu dan sekarang


hihih bisa begitu yaaa... lucu kaaan..., mas dulu suka ileran juga kayak hira kalo lagi di gendong Xixixixi... Eh sebenernya kalo rambutnya Hira dah numbuh mirip tu sama rambut Ayahnya waktu kecil ...

Mau?

Hira punya mainan baru, tapi nggak mau diliatin. Ayah mau?

"Halah ngemut telunjuk, ngemutin tangan" ...

Padahal kemaren udah diajarin ngemut jempol. Saking asyiknya sampe miring-miring badannya..ntar trus berguling ampe nengkurep tapi cilakanya nggak bisa telentang lagiih, hasilnya ? megap megap trus nangis hahahahahaha

Dah beberapa hari ini tidur dengan posisi tengkurep, lebih pules ..Hira nih kerjaanya minum, tidur, minum, tidur...kapan bisa cuci piring... beres-beres rumah? hihihi...tangannya ampe buled-buled gitu yak...lucu pan anak yu mas... mankanya kalo pulang beliin Dno cemilan *lhooo* Xixixixixixi...

17 June 2008

Anak ay lucu yak...

"Abis tidur ngapain yaaah...mestinya panas-panas gini enakna minum susu sambil *ngegeledak* hmmmm... atau tidur lagi ? Ayah pulangna masih lama... biar enak mending gaya dulu di kursi...sambil cari ide mau ngapain"


Berikut duber nya jago pan, sembari dikatain
"Hireee, maknya kecentilan poto-poto melulu... bukannya masak :p"

Trus dijawab "Iya neeh, dulce maria topinya kagak dipake lagi hihihi, gerah banget hari ini, hari ini masak apa yak"

Mari Nge- DJ *sedang sibuk..sedang sibuk...sedang sibuk*

Hihihi mainannya umurnya dah hampir sama kayak Emaknya..., Tapi teteup happy ajah...Ini dikasih dari Ayahna Hira..hihihi walau masih belajar lagu "Ibu Kita Kartini" tapi yaaa keren pan segini juga..pinter kan mas anak ay... dipotret sembari galak nggak mau digangguw :D ..duh Hiraa sok ipreeeeeet deghhh..

"Hwaah ngahunga..mberrrm emptaaah" gitu nyanyinya...lagunyaa dah kayak ABG paan.

Besok besok dah nyanyi apaan ya? Black Sabbath Mas? Xixixixixixi

16 June 2008

Siraman Jiwa....

Tersebutlah hari kemarin itu giliran RT jadi petugas pengajian rutin mingguan..kebetulah bagian bacain saritilawah.

Jam setengah 3 udah siap-siap, sembari memastikan Hira nggak aus, diriku makin siap buat pergi, nggak usah minta anter mas :) ..pergi sendiri aja pake montor :D ...menuju mesjid.

Pengajian minggu kali ini mendatangkan ustadzah Mpet, yang dipanggil ceu' Mpet katanya si dari pengajian yang di Hegarmanah sana. Kesan pertama ya seperti layaknya pengajian beberapa tausiah yang diberikan sedikit banyak bisa bikin hati jadi tenang dan nambah pengetahuan. Nah, kali ini lagi rajin aja iseng nulis rangkuman isi tausyiah yang didapat dari Ustadzah Mpet di Majelis Talim tadi...berhubung kali ini nggak jadi MC jadi sempet :D

Tema yang diusung oleh penyelenggara adalah Menjalin Ukuwah lewat Silaturahmi.. Tapi beberapa saat beliau datang beliau sudah memberitahu kami bahwa Afdolnya doa adalah Alhamdulillah... dan Afdolnya dzikir adalah Lailahaillallah..., supaya kita juga tidak lupa untuk selalu datang pada acara seperti ini untuk selalu menambah ilmu, karena kunci Surga adalah ilmu...beuuuuh refresh pikiran penat sejenak...lupa deh sama mahalnya cabe or bawang :p

Ada 10 Makna Silaturahmi yaitu;
1. Alloh meridhoi
2. Iblis benci dengan Silaturahmi
3. Yang didatangi akan merasa senang
4. Sisa umur kita menjadi berkah
5. Kita dapat tabungan di Akhirat
6. Kita dapat Ilmu
7. Kita dapat Rizki
8. Orang tua akan menjadi bahagia
9. Kita disehatkan oleh Alloh
10. Kita Mensyukuri Nikmat Alloh.

My comment

*kalo kayak gini jadi pengen sering menengok Ibu dan Bapak di rumah, atau mengunjungi tetangga/tapi tak usah pake bergunjing, bergunjing lewat YM ajah atau ketemu lebih banyak orang gitu*

Lalu kemudian masuk kedalam tausiah ke-2 yang diberi Judul "1,2,7"... kenapa judulnya kayak itu? awalnya si gue cengar-cengir *nampak penasaran* berikut yang sempat dicatat

1. SATU
Satu adalah Akidah/keimanan..., bahwa Allah SWT itu adalah Esa, Allah tidak mempunyai anak (seperti yang tercantum dalam surat Al Ikhlas), Allah sangatlah hebat, bisa menciptakan manusia dengan beragam sifat, Allahpun tidak pernah tidur hingga bisa selalu mengurusi manusia :) ...
*terlintas dalam pikiran gue "if that so, can I ask Him to take me home...take me away..or do I still need times for tobat?" ..* -- nampak insane ! ( desperado ya...gue tentunya)...

Ah Dno kamu masih jauh dari yang namanya SABAR ! IKHLAS..or SYUKUR !

2. DUA
2 menjadi istimewa ketika dibahas, bahwa ada 2 nama besar dalam Islam yaitu(Nabi besar Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim)mereka mempunyai keimanan yang begitu tinggi, ada 2 Kota besar yang disebut dalam Al Quran yaitu Makkah dan Madinah, ada 2 hari Besar yang dimiliki Islam yaitu Idul Fitri dan Idul Adha... dan ada 2 ajaran Islam yang benar yaitu Al Quran dan Sunah Rasul :)

Makkah : Disini ada makam Nabi Ibrahim, ada Safa dan Marwa tempat dimana Siti Hajar mencari air minum untuk bayinya yang ditinggal oleh Nabi Ibrahim hingga akhirnya Siti Hajar menemukan mata air zam-zam. Air yang tidak pernah ada habisnya *sama seperti ilmu Allah yang semakin digali semakin tiada habisnya*

Madinah : Tempat Nabi Muhammad SAW mengembangkan Islam, dan wafat serta dimakamkan disana.

Idul Fitri : Hari kemenangan setelah kita puasa selama Ramadhan
Idul Adha : Hari Kemenangan atas Haji dan Kurban.

7. TUJUH
Tujuh...hari,lapisan langit, bumi, tawaf, sai, lempar jumroh ...dan tujuh golongan orang yang dirindukan syurga yaitu:

1. Orang yang cinta masjid
2. Orang yang suka membaca Al Quran
3. Orang yang sering Tahajud
4. Orang yang sering Shaum baik yang wajid dan Sunah
5. Orang yang bersedekah dengan Ikhlas
6. Orang yang hormat pada Orang Tua, yang lebih tua, dan Guru yang memberi Ilmu
7. Orang yang rajin duduk di Majelis Talim

disambung ada 7 golongan orang yang doanya di Ijabah Alloh SWT
1. Doa orang yang didzalimi
2. Doa musafir
3. Doa orang yang Shaum
4. Doa Ibu untuk Anaknya
5. Doa pemimpin yang adil
6. Doa orang yang pergi Haji dan Umroh
7. Doa Anak yang Sholeh

Mendadak semua berputar dikepala..mendadak lalu pusing kepala... Seandainya semua waktu yang gue punya bisa hanya untuk memikirkan kehidupan setelah ini I meant nanti..., betapa merasa frustasinya *kenapa?* bahkan ketika melihat kehidupan yang gue jalani sebelum ini? akankah Tuhan memberikan MAAF untuk semua itu?

I want to do the right things *tapi kayaknya nggak mungkin*, mulai semua dari awal lagi * IYA tentu bukannya ini semua SEDANG* ... kalau dipikir hidup gue berubah 180 derajat...lebih baik dari pada kemarin... lebih merasa lega dan punya paradigma yang berbeda.

Coba melihat orang-orang disekitar gue sekarang? ada rasa ingin jadi seperti mereka...menjadi orang yang sepertinya dimata Dno *perfect* (suami,istri,anak -- begitu islami) dan bisa menghadapi semuanya dengan kesabaran...dengan Alhamdulillah dan Lailahaillallah ... Bukankah itu adalah suatu pertanda...Tuhan masih sayang sama Dno, masih menyelamatkan dan tidak pernah meninggalkan bukan? ... merasa beruntung karena tidak dibutakan terlalu lama..dan tidak dibiarkan terlalu lama...

Tapi pertanyaannya "Apa bisa?"...atau ini cuma mencari pembenaran...supaya lebih save kita bilang "lebih baik menjadi diri sendiri"

Kadang-kadang gue merasa sedang menjalani hukuman...tapi akh makin lama kalau dipikir mungkin malah ngaco jadinya...entah, mungkin sebenernya sekarang Dno lagi ada dalam masa pencarian..., ngeliat diri sendiri dicermin sebelum pergi... *wearing jilbab* satu diri yang lain masih sempet berbisik *ngga malu? apa udah pantes?* ...Tapi sampai kapan? menunggu pantas dan merasa pantas?

Ngga sadar.. diakhir pengajian waktu Ustadzah mengucapkan Do'a...hati terasa menjadi lebih sejuk... Manakala ada Orangtua yang mendoakan anaknya agar dikabulkan doanya, dan anak sholeh yang mendoakan orangtuanya agar dikabulkan doanya...dan mereka yang mendoa keluarganya agar menjadi sakinah, mawadah, warahmah..dikabulkan doanya ...dan mereka yang meminta ampun..diampuni dosanya..., dan tiba-tiba jadi terharu juga pengen cepet-cepet pulang sudah jam setengah enam... kangen Mas juga Fahira..

God I really need that, ketenangan hati... dan Mas, semua perasaan itu ...love and care, karena Alloh meridhoi, aku yakin itu...Aku bersyukur banget bisa melewati hidup ini bareng Mas and our Fahira...Alhamdulillah...semoga Aku bisa jadi istri yang baik buat Mas :) dan kita diberikan kesabaran, keikhlasan...keimanan yang lebih tinggi. ..memberikan Fahira pendidikan, Akidah, syariah dan Akhlak yang baik... semoga kita bisa menjadi orang tua yang baik untuk dia...Amien.

All praise belongs to God ... :)

13 June 2008

Belajar ...yuk Hira...


Biar lehernya kuat dari sejak umur 1 bulanan lebih dikit *dikit itu berapa?* Hira dah sering tak tengkurepin kayak gini.. lucu deh kalo ngeliat palanya goyang-goyang sambil protes-protes pengen dibaringin lagi...sekarang udah bisa agak lama gitu dia bisa nahan kepala...trus mulai nggak usah dipegangin palanya kalo lagi di gendong...gaya nyelempot ala Hira...

Ayo Hira...PR ni, bulan depan Hira harus bisa miringin badan ndiri...trus tengkurep ya ndiri ya..., harus bisa megang sesuatu duooonk, pan mainannya dah banaaaaaak ...

12 June 2008

Si Kampret ...!!!

Kalo udah begini ? pegimana coba...Mas bilang tuh kayunya mesti dikasih oli biar pada jatuh ! ...tapi masalahnya ini diatap lantai 2 gitu? ...dan lumayan cukup tinggi, sapa yang bisa naik kesana..., mas? takut jatuh ah...mungkin minta tolong mang ana :( ...syerem kayaknya udah satu keluarga menginap disitu, pertama 2, lalu 6, sekarang udah 9 ...besok??? aaaah tidaaak ???? mana buat lantai jadi kotor mesti dibersiin 3 hari sekali itu pun kalo inget? kalo lupa ya selamet aja numpuk itu kotorannya :( sebel kan ? sebel kan?!... emang rumah kita rumah drakula apa? *atau ini dampak dari ngidam dulu?...gue sebel sama bawang putih??? trus bikin mereka jadi demen betengger disitu* -- aaah sepertinya tidak! atau mereka lagi pada arisan? arisan rutin seperti pertemuan RT di perumahan kita? ..hihi makin ngaco neh..ya ya mungkin mereka lagi mengadakan pengajian diatap rumah kita...*ga lucu* hmm... Dampak dari naik BBM ? *makin nggak lucu*


Penyakit juga ngotorin rumah ... itu hasil jepretan camdig, motonya aja sambil merinding takut aja gitu pada jatoh ke kepala hihihih ...dicrop trus dilaporin sama mas via email...gaya pan? kalo trus dibiarin pasti nanti nambah banyak, pasti ngerusak ...walau gara-gara kelelawar ini kita jadi punya bibit lengkeng, rambutan sama sawo...tapi tetep aja syerem dan nggak gaya banget kalo banyak begitu? ...

11 June 2008

Tiap hari lain kelakuannya...

Ini gaya baru, dari pada naplok seharian didada, jadi nggak bisa ngapa - ngapain, maka digantilah .. dia ditaplokin ke bantal ... pules, sambil sesekali bangun cuma buat ngecek Ibuna ada disitu enggak... hihihihi pules ... gitu ..., jadi bisa nonton Grey's Anatomy ... sambil icip baso malang, sampe lupa mandi hihihi...

9 June 2008

Abis Vaksin BCG kok bernanah?

Ngehnya sih baru kemarin-kemarin ini, kok bekas suntikan BCG kemarin lukanya bernanah, ketauan pas mandiin Hira, panik kan? coba brows tentang ini ternyata normal ..fyuuuh lega. diobati pake apa? dikompres air anget aja, kata Dr Ira, Dokternya Ma2 katanya dikasih salep garamicyn tapi ndak beli, tar aja ketemu sama Dr Dida.

Anaku itu sekarang makin lucu...dah bisa rame dah bisa jebi-jebi kalo lagi sedih...bikin seneng aja ya. Bikin geregetan..yaa walau tiap anak kecil selalu bikin geregetan..hihihi padahal dulu ogah banget deket2 ama anak kecil...

Kena aja kalo lagi nangis begini...bikin ketawa terpingkal-pingkal mimik mukanya lucu, bulet tembem abis begini ntar bibirnya jebi-jebi gitu...

7 June 2008

wiken yang paling seruuu !!!

Beuh, tadinya gak begitu semanget diajakin Mas ke Lavie buat beliin Hira Baby Gym, Mas semangat banget buat beli mainan itu, jadi rencananya Sabtu ini pergi ke Lavie, sekalian mampir ke pameran jajanan yang disponsorin sama keju kraft di Gasibu, baru ke Indogrosir buat ngisi gudang hehehehe...kalo belanja makanan semangat daah...

Sebelumnya ke Lavie, Mas mampir dulu ke kantornya baru deh kita ke Lavie, akhirnya ketemu sama mainan Baby Gym buat Hira, Hira nih giliran diajak jalan-jalan ke luar pasti pules ..heran di Lavie aja sempet bangun cuma ngeluarin sepatah dua patah bunyi " naaah" trus merem lagi... :D

Yang paling seru doonk, Mas dengan semangatnya menuju Gasibu, biasanya dia ogah parkir kalo banyak mobil bejubel, tapi yang ini karena bunyinya "keju kraft" dan denger ada "Iga Bakar" maka tak heran dia sampe rela muter-muter buat dapet parkir. Sampailah kita di Gasibu dan berhasil turun dari mobil berbekal payung BRI yang udah butut ahahahahaha..

Panas-panas..sebelum berkeliaran didalam dengan tekun melihat petanya dulu biar nggak tersesat , baru deh kita kaya buntut ngikutin. Pertama berenti di stand burger, trus crepes, trus es kelapa muda trus es krim...trus pop ice dan terakhir batagor.....entah kenapa yang dicari selalu si batagor???? sementara si Mas Dno suruh kelayapan lagi mencari yang manis-manis lagi, diriku di wawancara sama mbak-mbak buat kuesioner *nggak penting banget* ... duduk ditengah-tengah lapangan dikursi yang dah disediain panitia lalu dikasih senter...Ahaaa senternya bisa dipake buat nyenterin idungna Hira kalo mau digali upilna.

Disela-sela makan tiba-tiba Pak Bondan dan gerombolan hitam trans TV lewat...wuaaah mau dunk poto bareng sama Pak Bondan hihih biar bisa pamer...poto bareng samping gerobak keren kan keren kan? Fahira nyelempot bobo nggak nyadar potobareng ma kakek hihihih...wuiiiih kapanlagi bisa poto bareng sama tukang jajan no 1 seindonesia *kampring ya Dno* ...dan inilah poto berikud pipi Dno gembil yaaaaak ...

Tadinya masih nggak pengen pulang, tapi kasian cuacanya makin panas, udah berasa Dehidrasi n pusing kepala, TAPI tunggu dulu, pengen poto2 sama Bara Patirajawane huhuy...Acara guna-guna hihih acara gula-gula yang ada di Trans ntu..yang Masku demen banget nonton... sembari ngga bisa icipin kue-kuenya.

Jepretannya Mas...pas ! :p ..hihi dah gitu pulang deh..., benerkan! abis panas-panasan berasa banget aus..minum sampe bergelas-gelas apalagi Hira kali ya udah gelisah, sampe dirumah Ayahna langsung deh rakit mainan yang baru dibeli, ternyata responnya bagus, Hira nampak senang bahkan sampe njerit-njerit melengking heboh gitu, kita semua yang liat girang deh..coba deh perhatikan mimik wajahnya yang siap-siap njerit berikut sarung tinju yang beda warna ituh :p ...maap ya, abis sebel nyari sarung tinju yang sepasang kok susah, biarin lah dirumah ini ..hehehe asal tangannya ketutup soalnya sekarang Hira mulai curi-curi ngemut tangan.

Nggak sabar liat dia belajar megang, menggenggam, meraih...mulai menggunakan kedua tangan dan semua jari jemarinya itu...padahal Ibuna udah rajin bersiin kukunya..supaya dia nggak nggores-nggores pipi sembarangan..