4 April 2008

Keperluan Hira di 0 bulan

Kemarin dulu sempet bingung kan sama keperluan bayi. Kira-kira Hira butuh apa aja ya? Coba kita inget-inget. Sebelum Hira lahir, usia kandungan 6-7 bulan Dno sama Mas jalan2 survey kebutuhan utama Hira. Tapi yang diutamakan adalah kebutuhan Dno untuk melahirkan dulu. Apa yang harus Dno bawa kerumah sakit buat persiapan melahirkan. Kemarin itu ada yang nggak kepake, daftar bawaan untuk kerumah sakit kemarin itu :
Buat Ibu :
  1. Baju buat pulang 2 stel
  2. Alat Mandi : shampo,sabun, sikat gigi, kosmetik, handuk besar, handuk good morning, sisir
  3. Tisyu toilet, minyak kayu putih, pembalut Ibu hamil *jangan beli yang model pampers sakit soalnya* mending pake yang kayak softex punya atau kambium.
  4. gurita Ibu or stagen
Buat Baby :
  1. Gurita Bayi
  2. Selimut bayi
  3. baju bayi tangan kutung
  4. popok 2 biji/pampers 0 bulan
  5. Kain flanel/buat bedong
  6. sarungtangan dan sarung kaki
Nggak usah bawa kain dari rumah, nggak kepake :D soalnya di rumah sakit juga dikasi kostum kok :) semua barang itu dimasukin dalem 1 tas, begitu keluar flek dan his kemarin, dengan santai 1 tas itu dibawa mas ke mobil kayak mau jalan2 aja gimana. Mas bawa apa? bawa baju ama jaket yang melekat di badan :) soalnya kan bisa pulang ke rumah :p

Nah setelah sampe rumah terhitung 15 hari ini :

  1. Botol Dot beli 2 merek chicco nggak kepake :p , belom kali , soalnya ASI nya melimpah ruah jadi nggak repot, tinggal manajemen ASI aja kayak gimana. memastikan Hira dapet foremilk dan hindmilk jadi lengkap. nggak cuma dapet glukosa tapi lemaknya jadi Hira nggak cepet laper dan pup nya bagus. yang kepake malah botol kecil buat meres manual dapet paling banyak cuma 70 ml. Pake breast pump sakit hihihi putingnya jadi berpori2 gede bikin Hira keselek ntar. mending manual. trus sering basah kan mancer keluar kalau yang sebelah lagi disedot... jadi ditempelin sama breastpad aja enak. pake merek pigeon.
  2. Popok 12 nggak cukup. apalagi musim hujan... ngompol bisa lebih dari 12 kali belom nunggu kering. jadi pastikan punya lebih dari 12. enakan pake pampers sih..tapi Dno kasian tar dia lecet. mending repot dikit tapi dia nggak lecet-lecet. pampers dipake cuma kalo mau ke dokter atau dibawa pergi.
  3. Kosmetik bayi Zwitsal mode on lengkap. Anduk bayi yang permukaannya halus Kapas bulet beli di kimia farma, buat bersihin bagian kemaluan or pantat, kapas dibasahin pake air panas taru di tuperwear jadi nanti bisa dipake buat bersih2 nggak repot. dibanding pake mitu or sejenisnya Dno lebih milih ini. pake air yang nggak ada kandungan alkoholnya. Alkafil kain kasa beralkohol praktis buat puser belum puput dan sudah puput, tapi alkohol 70% juga beli aja. Minyak Telon tiap abis mandi pake 3 tetes aja biar anget badana. Washlap buat seka wajah dan mandiin
  4. Kain Bedong. Kain pernel 10 juga cukup. :D nggak tiap ngompol dicuci.. ngompol, basah, jemur, pake lagi. Setelah beberapa kali baru cuci.
  5. Perlak Hira cuma pake satu buat dikasur, Hira bobonya sama kita nggak pake Box. biar deket kalo males netein kan bisa sambil tidur :p
  6. Kasur busa : kasur plastik tipis yang dibaliknya lapis kain juga jadi multifungsi... kalo mandi Hira aku taru di kasur alas plastik buat bongkar bajuna, kalo pup Hira juga aku taru disini.
  7. Bak Mandi Hira mandi dah dicemplungin jadi butuh bak mandi.
  8. Tudung Saji buat menghindari nyamuk kalo tidur
  9. Bantal guling dan selimut bayi
  10. Termos air panas
  11. Sisir bayi... sebab Hira rambutnya tebel harus rapi dan cantik
Sejauh ini kebutuhan Hira baru segitu. lainnya dan beberapa barang diatas juga dapet dari kado yang jengukin Hira. Fansnya banyak :), boneka, tas bayi, gendongan, baju, alat mandi, pemanas susu dan makan buat nanti, kain bedong aaah Subhanalloh Hira banyak sekali Kadonya. belom kado do'a dari oma-oma yang jengukin :)) Barakallah... Semoga yang sayang sama Hira banyak ya :) ...

Nah buat Ibu sesudah melahirkan yang pasti sedia pembalut, kain kasa dan betadine. rajinlah menjaga kebersihan supaya luka cepet sembuh. Wejangan dari Ibuku, Ibu Sumarti Dno jangan dulu makan Daging ayam dan telur supaya cepet sembuh. perut dibalur parempusaka yang dicampur alkohol 70%. Trus minum jamu beras kencur karena kunyit mengandung antibiotik jadi luka cepet sembuh, lain itu nafsu makan jadi bagus bermanfaat untuk produksi ASI.

Buat yang bingung bikin beras kencur ini resepnya : (kencur, kuning, asem, gula, garem, beras beberapa sendok yang direndem 3 jam-an) semuanya blender sampe ancur seancur ancurnya. komposisi kencur lebih banyak dari kunyit. Dno aja bikin sendiri enak kok... sambil ngeblog sambil minum beras kencur pake es :p

No comments: