27 April 2008

Habis mandi kuterus gaya...:)

Sabtu pagi... dapet telp dari mamih Hp nya ilang lagi dicopet orang, lagi ?????? karena ini yang ketiga kalinya. Ilang Hp kok hobi ...*ngedumel deh*
Pagi ini bisa bangun lebih pagi, Hira yang bangunin dia aus. sekarang tiap malem kan udah tidur betiga, jadi Si Mas punya dua kesayangan yang bisa dipeluk, buat nemenin dia tidur :) . rencananya kan mau mandiin Hira jam 9 soalnya semua kerjaanku udah beres, tapi karena Bapaknya masih ngelonin si genduk kecil, jadinya nunggu aja, mesra banget deh ngeliat Hira tidur pules di perut Ayahnya. Eh malem ini Hira nggak tak pakein pampers kok ..hebat kan :)

Udah mau siang nanti keburu rewel jadinya, Hira bangun keausan, minumnya banyak jadinya distop dulu abis ngompol pun. sekalian aja mandi ya de..


Mandi seperti biasa...anteng suranteng kayak nikmat, ekspresinya kayak gitu tu, mungkin dia suka lantaran airnya anget, juga selalu ada sesi pemijatan hihihi kayak keenakan gitu yaa..., Eh kemarin Mas sama Aku jalan-jalan, pengen beli kursi kecil buat dia biar bisa ditinggal dan nggak di alem terus, abis berat sih.. sekarang dah 4,4 Kg, setelah muter bentar akhirnya malah beli baby bath bed, lucu nih... liat aja si genduk kecil kayak nikmat duduk disitu... kayak udah gede aja, kalo duduk disitu dia ngeliatin sekeliling kamar trus merhatiin kita yang kegirangan...urrggh klo inget jaman dulu.. kadang masih berasa takjub ya... si Dno yang suka dibilangin kayak preman... sekarang bener2 berubah drastis ... bisa gitu? jadi Ibu hihihihih... jadi perempuan ...bener2 nikmaaaat ya mas? :p

25 April 2008

waktunya bersih-bersih

Namanya juga baru ! kalo masih bego ya wajar-wajar aja kali ya :p ... baru ngeh ternyata disela-sela tangan Hira yang dibungkus pake sarung tinju itu banyak berkumpul daki mirip debu kapas, lho? kan Hira mandi 2 kali sehari kok bisa? iya soalnya kalo mandi tangannya selalu mengepal jadi nggak ketauan :( ... baru tadi pas pengen guntingin kukunya yang kecil-kecil itu ketauan deh kalo sela-sela jadi sama lipatan ditelapak tangannya kotor... serat2 kain dari sarung tinjunya pada ngumpul disitu. Sekalian bersihin kuping juga deh ..anakku tadi tak meni pedi... tapi nggak dipakein kuteks duong.
Tipsnya bersihin kotoran kayak gini pake cotton buds yang dibasahin pake air...air anget yang disimpen digelas kecil, tapi nggak pake tumpah diatas spre kasur kayak eyyykeuuu :p... tar pasti diomelin mas :)) buru buru dah di hairdry hihii nggak kering tak setrika ajua.

Eh bai de wei bas wei, ternyata pake pampers itu bisa irit popok kotor sekitar 12 biji :))... tapi kasian liat wajahnya Hira nampak kesulitan kalo dipakein pampers.. hihihi bikin bingung pantat kali ya.. mau ntut susah mukanya suka lucu deh kalo mau ntut. Ngulet+ntut, pules bisa + ntut juga, Tapi bagus biar peyutna nda mbung..., tapi kalo udah malem giliran jam 1 ato jam 2 an gitu... Dno pilih pampers aja deh, ini waktunya dia beser sih. biar bisa pules mak sama bapaknya...

Hari ini selain meni pedi, salon kuping, Hira juga diupilin sama Ibuna...masih pake cotton buds nggak pake linggis seperti kang Ganjar :D . Hasilnya upil gede yang bikin napas nampak berisik jadi hilang, padahal proses pengupilan ini dilakukan pada saat dia bangun, sambil digendong didepan rumah sembari ngeliatan si Agus *tukang sayur* yang lagi sibuk nawarin brokoli buat Ibu Roy. Kepalanya ditenggakin dua lubang hidung nampak jelas didepan mukaku, cotton buds dimasukin sambil diputer pelan ... Hira merem melek lalu kayak bernapas lega, nggak lama Dno ngakak lantaran dia pasang *muka bingung* alisnya kayak koma bibir manyun... mirip banget bapak'e kalo lagi ditanya "serius amat mas?" ... pasti langsung pasang tampang ngeledek gitu ... alis koma bibir mengkerut agak manyun hihihi.

24 April 2008

Kamu kenapa sayang? Kolik kah?

"Hiraaaa.... Ibu bingung banget sama kamu hari ini dee..."
Dari pagi nda mau tidur, mau ngapa-ngapain susah, sedikit merem kok kayak pura -pura, begitu ditaru " Waaaaaaaa"njeritnya kok kuenceng temen...bikin kaget.
Sebentar diganti popok terus basah lagi, sebentar mangap-mangap keausan, hari ini baju Ibu dah abis 5, sampe akhirnya Ibu pake sarung ajah males tar cucian banyak :( kamu lagi demen pipis yaaa :( ... Cucian hari kemarin sampe 2 sesi ...terpaksa kamu di alem sambil nongkrong dipinggir mesin cuci, untung ada mesin cuci... mana ujan *ngga ada ojyeck..byecek* walau ujan semua bisa kering.
dari pagi kok baru tidur jam 3 sore,...berikut pake pup juga ngadat gara gara ditinggal nyetrika :p
kamu cyuraang, ibu juga pengen tidur tauuuu hiks...
Curiga sepertinya kamu punya masalah sama pencernaan "Ayooo ngakuuu!" masalahnya kamu sering ngeden2 ngga pup, trus kaki dikeatasin mulu... Ibu bantuin sendawa kok kamu malah nangis? Ibu kasih Minyak Telon sambil dielus kok kamu jadi teler? ehuuuuugegegh akuuu bingung...
bingung-bingung mending makan sambil ngeblog ... cari si Ayah onlen nggak ? huuu ternyata dia lenyap... mungkin koneksi dikantornya mati lagi...

Oh repotnya ....Oh ngantuknya.... *nguaap*

22 April 2008

Selamat Satu Tahun ya Mas !


"Eh ada calendar event?"
"Iya, itu aku yang buat"
"Selamat 1 tahun ya Mas " ...

Hari ini setahun jadi suami-istri .. :) semoga kita kayak Tigor sama Welas ... hihihi, Makasih ya Mas selama setahun sabar ngadepin aku... Makasih udah jadi suami, sahabat, pacar, abang dan berbagai peran termasuk jadi pelawak buat aku :')

18 April 2008

Jadi bingung

Antara Ramalan dan Kenyataan
Eh dulu sempet diramal sama si KK , kalo Dno bakal married diusia 30 dan nggak punya anak. Dulu juga sempet punya angan-angan buat milih jadi wanita karir ajah nggak pake nikah. habis pacaran lama-lama juga nggak jelas ujungnya *ini apes namanya*... TERNYATA ... suatu hari ketemu sama Mas Doddi, nggak pake basa-basi kelamaan... akhirnya nikah sama Masku ituh. nggak lama nunggu 12 bulan kemudian dikaruniai seorang putri yang lucu. JADI katanya umur 30 ..katanya nggak akan punya anak.. manaaaaa? Hari gini Dno percaya sama kayak begituan ...hhihii emang dari dulu juga kagak kok :p

Antara Kepengen sama yang terjadi
Kepengennya banyak yang lagi inget aja ada segini :
  1. Pengennya dulu melajang ajah selamanya ... eh ketemu sama jagoan yang ganteng dan baik hati.
  2. Pengennya nggak punya Baby dulu ... Habisnya harot sih :p pengen deket-deket mulu jadi aja ada Fahira.
  3. Pengennya kerja lagi sibuk lagi biar bisa foya-foya :p ... ngeliat sikecil baru lahir kok jadi bingung gimana ? nggak tega ninggalin dia ... tapi diriku pengen berkarir lagih... kelamaan diem dirumah otak berasa pekat, dan juga nggak banyak ketemu orang baru :(
  4. Pengennya punya usaha dari rumah aja gitu, ... tapi kepentok banyak hal hihih mungkin belom saatnya.
Dipikir-pikir semua poin diatas masuk kategori kehidupan duniawi ... egois pisan... Akh Dno juga punya banyak keinginan untuk kehidupan nanti, tapi ya nggak usah diceritain disini.

Kalo abis ngobrol ma temen yang pada kerja jadi sirik atau bacain cerita-cerita mereka yang pada sibuk jadi sirik :( ... pengen kerja lagi kayak mereka. Tapi giliran noleh ke Hira ... jadi pengen mewek :( , tar Hira gimana? ...tau akh jadi bingung.

Sekarang malah punya niat buat sekolah lagi aja... kemarin sih udah ngobrol dikit sama Ibuku. Pengen Sekolah lagi ajah... gimana?

16 April 2008

Aqiqah Hira yuu

sempet lagi ngeblog... hore...akhirnya Hira mau aqiqah jadi berhari-hari baru sempet ngeblog sekarang.. boro2 sempet chating atau mandi :p ngeblog aja nggak sempet :p .

11 April 2008
Setelah Mama Tien dateng kemarin, Hari ini Tante Mul, Tante Nana, Tante Eci, Ibu Mini sama Tante Yana dateng dianterin mas Boy buat bantuin acara Ekahan Fahira besok :). Pagi jam 9 kambingnya Hira disembelih sama pak Karja, Hira ngerti aja mbek nya disemblih, begitu niat dibacain eh Hira kedengaran nangis dari kamar.
Kambing dipotong-potong mau dibuat gule. Pasukan Ma2 Tien gesit dan handal menu buat ekahan besok cukup meriah.
Rencananya pake ruang sebelah, jadi ruang sebelah disulap rapi dan siap digunakan buat besok. Semua perabotan disingkirkan.
12 April 2008
Acara Ekahan Alhamdulillah lancar, walau hujan tapi banyak yang datang. Sebagian besar tetangga dan Ibu2 pengajian dateng, bikin 80 dus nasi kotak dan 100 piring kue-kue, yang tausiah Bapak ustadz H. Sunidja *dosen kita tu dulu* kebetulan sekomplek...
Fahira Raihana Sudartha, ustadz bilang artinya sangat bagus ahahahah siapaw duluw duwooong yang kasi nama... Fakhira itu artinya bagus... Raihana itu artinya mendapat rezeki, jadi arti nama anaknya Mas "mendapat rezeki yang bagus".
Acara selesai sebelum magrib. Mulainya juga Ba'da Ashar , Acara dimulai dari tausiah lalu setelah itu Hira dibawa keliling dan digunting rambutnya sama oma- oma dan nini - nene nya sambil bersalawat, Hira sama sekali nggak nangis... lha wong selamanya dibawa keliling Hira pules.
Sabtu sore ini kita sempet bekunjung ke Rumah Pak Hidayat.. nganterin bingkisan ke Pak Hidayat ;) eeh kita malah dikasih air zam2. Malemnya masih banyak tamu jadi kita ngungsi ke kamar atas .


13 April 2008
Pagi-pagi Mas cukurin rambutnya Hira, Aku juga ikutan, Bu Mini, juga Tante Yana yang rajin ngerok kepala hira sampe bersih. Waaaa diplontosin rame-rame Hira kepalanya Botak tak tak tak, jadi mirip kayak bayi :p, pengen tau berapa gram semua rambut Hira kalo dikumpulin? ga ada timbangan disini... rambutnya kan tebel.
Setelah Kita nyoblos pemilihan gubernur, Oma-oma pada pulang, Mas nganter pulang pergi kejakarta trus mbandung lagi, Berasa banget badan kayak kecapean juga ya, pengen panggil tukang pijet dueeeeccch....pegel2 nya makin berasa.

14 April 2008
Kita ke Dokter Anak.., Hira matanya belekan, kemarin sempet bingung mesti gimana, tau nya kemungkinan saluran airmatanya tersumbat dan buat ngobatin itu Hira dikasih salep mata juga harus dipijat dari deket alis ke arah bawah hidung supaya saluran yang tersumbat bisa plong lagi. tersumbatnya saluran airmata ini kalo dibiarin bisa fatal akibatnya ya? bakteri bisa pada arisan disitu. ow iya... Hari ini Hira di Imunisasi polio dan Hepatitis B ... Anaku itu nggak rewel kalo disuntik jarang nangis lama cuma bunyi sekali " oweeeeeeek" hihihi masih rewelan Emaknya ketimbang anakna :p . Terakhir ditimbang hari ini beratnya sudah 4,2 Kg ... mulai berasa pegel kalo gendong terlalu lama.

15 April 2008
Uuuh Hira rewel rewel rewel... semaleman nggak mau tidur :(. Tapi matanya udah nggak belekan lagi.. tak pijitin sesuai dengan perintah dari sang Dokter. apa gara2 imunisasi gitu? kok dia semalam kayak dehidrasi gitu... tidurnya juga berisik disertai dengan kentut sana kentut sini, uh eh eh aja kayak ngeden2 tapi nggak pup kasian deh..
Semalam sampe suruh mas browsing kalo bayi kembung mesti diapain...kasian dia nangis terus..., akhirnya Hira di telungkupin biar bisa sendawa trus perutnya sama punggungnya Aku kasi minyak telon sambil diusap sayang... duh kasian de kamu akhirnya tidur... dan kita bedua juga akhirnya bisa tidur ..., sekarang abis nyut2 sama Ibu, Hira ditengkurepin ataw dibikin tidur diatas perut aku atau tidur diatas perut Ayahnya, biar Hira nggak kembung, jadi Hira bisa sendawa sama kentut deh.

waah sedih, badan pegel dan pusing sembuh kalo dipeluk Mas :p . Ya ya ya ya tempat paling nyaman diseluruh dunia untuk saat ini ya si Mas ku itu :"> .

11 April 2008

Mirip sapa ya??

Mas lagi nilik-nilik... kayaknya kok mirip sama dia??? semuanya hihihihi...ampe foto waktu kecilnya dipajang barengan dalam satu meja..biar tampak meyakinkan,... lucunya turunan dari Mas lho...??? aku kok protes ya?? ... enak ajah !!!

ASI pertama kali..

Ketemu lagi sama Hira dah belah pinggir rambutnya.., setelah satu hari nggak ketemu..., Dno kucel amat yak ???

Perkenalkan ini Fahira .. :)


Ini Fahira ...

9 April 2008

Recovery... uh

Duh, masih berasa bekas luka jahitan, duh kok jadi sering pening kepala,...duh nggak enak badan, tiap hari begadang, duh kok cape yaa... badan semua pegel-pegel, kok jadi sensitif pula? Nggak sempet mandi pagi, abis melahirkan kok jadi kumel ya? ..semuanya berbentuk keluhan ... pengen cepet sembuh ajaaa ketemu Dokter Bams masih 1 bulan lagi buat ngomongin KB :D

Bapaku bilang temennya butuh 19 hari buat recovery... belom bayangin lamanya, inget waktu dipaksa buat pipis setelah melahirkan sama suster? bagian bawah sana terasa panas banget :) udah gitu pake acara nggak sadarkan diri di kamar mandi :( . Trus besoknya ditanya apa udah bisa pup? huh otot-otot bagian situ kayak pada trauma...buktinya buang gas aja nggak bisa ditahan.. pas lagi ada yang jenguk main tat tit tut aja :)) . Kebayang nggak sampe 4 hari konstipasi...hasilnya dikasih dulcolax 2 tablet oral, setablet lewat bawah... hasilnya kebayang kan? ludes semua ! sampe hari ke 16 ritual ke belakang ini nyeremin :)) .

Pantesan aja butuh 40 hari masa nifas berlangsung... itu makanya Dno pilih ASI ekslusif biar mempercepat pembentukan rahim ke bentuk semula. kemarin dulu nyangkain kalo perut dah kempes setelah melahirkan, nafas akan berasa lega... tetoooot salah !!! begitu bediri nafas kayak ilang setengah hahaha... bener bener harus diiket biar bisa nafas enak. atas jalan pelan agak bungkuk ..itu kejadian ma tiap perempuan atau cuma aku ya? sampai detik ini..stagen always, obat-obatan dari Dokter dan juga neplokin parem pusaka yang dicampur alkohol 70% buat ngatasin pegel-pegelnya itu.

bener-bener harus jaga kesehatan...jangan aja sampe batuk atau bersin..ahahahah sakit tau ! makan juga kalo bisa sayur-sayuran ajuah... biar ASI nya banyak dan kulit jadi bagus.

Abis melahirkan mas jadi sibuk, mesti bantuin aku bediri atau ngambil sesuatu... nggak enak banget bikin repot, tapi da gimana? Dnonya rewel, bawel, manja hiihih sabaaar aja atu ya :p ... kan Fahira nya udah dateng :) Masnya bisa diompolin tiap hari kakakakakak


7 April 2008

Ya ampyuuuuun Hiraaaa

Pagi-pagi masih tidur... pastinya langsung disamber aja sama Ibunya... Hira ngulet, menyeng kekiri menyeng kekanan...trus nguap...wuaaah ditelanjangin sama Ibuna ya De...dilap mukanya dikramasin trus dicemplungin ke air. Abis itu berjemur...kali ini Ibu mimin si tukang sapu taman yang ngajak Hira ngobrol "ci luk baaa....kekok"...nggak jelas deh.

Abis itu Hira selesai berjemur kan,.. trus pasti aus ...lidahnya udah nempel digusi depannya, sambil Neh...neh... celepok ceprot ceprot suaranya ampe teler trus bobo. Jam 2 siang bangun... nyannyi bunyinya "enggaaaak...enggaaaak..ennggaaaak" Ibu pan lagi makan ya De? ..jadinya lari deh...

"Duh anak Ibu...cayang auss ya de?"...uuuuh....tayang...sambil ditumpangin dibantal biar rileks. udah itu nggak mau diem ampe jam 4.30 sore????? Ibuna mulai stress....kok kamu nggak mau tidur... selamanya bangun 4 kali udah ganti popok, ceplak ceplok bedak, buang2 kapas...juga mbasahin kain flanelnya...hiks cuciana jadi banyak??? kalo kamu nggak mau bobo kapan ibu nyuci popoknya??? Mbak Erni kan dah nggak ada... dirumah jadi nggak ada yang bisa bantuin Ibu :( ...

Akhirnya stel CD ustad Rabani juz 30 dah deh ..sambil nyut-nyut Hira teler-teler...trus merem...

Alhamdulillah... popok bisa dicuci beserta teman2nya hari kemarin 18 lho, cuma hari ini kan hujan gede banget??? kamar kita sekarang penuh jemuran.... Ya wis gaya belakangan aja ya.. yang penting kamu sekarang tidur pake gaya "MERDEKA" ...tangan dua-duanya ditaru diatas hihihih ngegemesin... situkang ompol...

6 April 2008

Mari bergadang bersama-sama

*Bergadang jangan bergadang...* lirik lagu Rhoma Irama membahana...ditengah malam..., Pas lagi ngantuk-ngantuknya... denger suara "heh..euh..euh..heh"... broooooot. Wah... ndak salah lagi Hira na mpup ya Ibu. Jadi Ibunya bangun deh... Hira segera diangkat ke kasur plastik... ditungguin ya De, 3 sesi suara broootnya... Ayahnya juga bangun bantuin. Soalnya Hira mpup kena ke kain bedongnya :( kuning... kuning si Golden feses :p pada nempel dengan bau yang khas... si cantik ngeden-ngeden.

Ya ! selesai 3 sesi.. tidak nampak lagi ekspresi ngeden nya Hira...dibersiin, dilapin, dibedakin, dan lalu diangkat ke popok baru,...eng ing eng, kali ini Hira pipis ..Ahahahahah manis banget anakmu mas..., kok ya nggak sekalian tadi gituuu??? Hiranya ? pasang tampang polos kayak bilang "Peduli amat hehehehe... Biar Ayah Ibu kerepotan deh" Aku nyubit Bapak e abis gemes! *lho kok?*

Dah Selesai Hira digendong Ayahnya, Aku bersiin popoknya... biar besok nggak numpuk cucian, dirumah lagi nggak ada pembantu. pembantu pinjeman dari Ibu udah dipulangin, waaa repotnya... selesai nyuciin popoknya, Hira ngerengek dipangkuan Ayahnya..."Bentar ya Hira...Ibu belom selesai" Ayahnya sibuk ngajak Hira ngobrol, akhirnya nggak lama kemudian Hira Neplok didadaku sampe pules lagi....ck ck ck ck... Kita pengen kamu cepet gede sayang...

5 April 2008

Ayo Hira Mandi...

Hira Mandi ! padahal jam 7 pagi lagi merem :) ya berhubung Ayahnya pergi jam 8, jam 7.30 Hira udah harus cantik... siap dijemur.

Pertama Hira dibawa ke Meja Mandi. ditaru diatas kasur empuk anti air. Ibunya siapin air anget ngukur angetnya pake siku tangan, hmm udah pas Hira pelan-pelan diseka mukanya dulu ampe bersih, lalu dilap rambutnya sampe basah disampho-in teyus dibilas dimeuk-meuk pake anduk biar rambutnya agak kering duluan...baru deh secepat kilat Hira ditelanjangin, diangkut ketangan Ibuna, kepala dipegang sama Ibuna dicemplungin deh ke bak trus disiram pake air, disabunin, sela jari, pantat, ketekna leher semua di bersiin, dibilas..., trus Hira nggak pake nangis diangkat ke anduk bayi trus dikeringin sambil diajak ngobrol. dibalur minyak telon 1 tetes ditanganku buat di dadanya, 2 tetes di tanganku buat di punggungnya, dielus dari arah kepala sampai pantatna. nikmaaat... baru tah dah selesai di pakein kostum yang cantik.

kain Bedong, popok, baju, baru gurita..., uden na dibersiin dulu. Kalo jadual jemur pake kostum kebangsaan tanpa gurita. karena tar ditelanjangin dibawah sinar mentari pagi..cieee Hira kayak Bule2 di bali nude - nude yah :p.

Tar sambil dijemur, Hira suka diajak ngobrol sama yang lewat... ntah Ibu2 atau tukang yakult.. kalo nggak sama Pak karja, atau sama Ibu gendut ... :)) nggak jelas yaa. Sambil dijemur sambil bersiin sela sela kulit yang tidak tersentuh dan terlewat...tentu pake kapas basah :).

Moment mandiin Hira adalah moment favoritna Dno..., moment nyut2 nya Hira juga moment favorit Dno... yang paling lebih favoritnya lagi ...moment ngobrolnya Hira sama Ayahnya :) ...

4 April 2008

Keperluan Hira di 0 bulan

Kemarin dulu sempet bingung kan sama keperluan bayi. Kira-kira Hira butuh apa aja ya? Coba kita inget-inget. Sebelum Hira lahir, usia kandungan 6-7 bulan Dno sama Mas jalan2 survey kebutuhan utama Hira. Tapi yang diutamakan adalah kebutuhan Dno untuk melahirkan dulu. Apa yang harus Dno bawa kerumah sakit buat persiapan melahirkan. Kemarin itu ada yang nggak kepake, daftar bawaan untuk kerumah sakit kemarin itu :
Buat Ibu :
  1. Baju buat pulang 2 stel
  2. Alat Mandi : shampo,sabun, sikat gigi, kosmetik, handuk besar, handuk good morning, sisir
  3. Tisyu toilet, minyak kayu putih, pembalut Ibu hamil *jangan beli yang model pampers sakit soalnya* mending pake yang kayak softex punya atau kambium.
  4. gurita Ibu or stagen
Buat Baby :
  1. Gurita Bayi
  2. Selimut bayi
  3. baju bayi tangan kutung
  4. popok 2 biji/pampers 0 bulan
  5. Kain flanel/buat bedong
  6. sarungtangan dan sarung kaki
Nggak usah bawa kain dari rumah, nggak kepake :D soalnya di rumah sakit juga dikasi kostum kok :) semua barang itu dimasukin dalem 1 tas, begitu keluar flek dan his kemarin, dengan santai 1 tas itu dibawa mas ke mobil kayak mau jalan2 aja gimana. Mas bawa apa? bawa baju ama jaket yang melekat di badan :) soalnya kan bisa pulang ke rumah :p

Nah setelah sampe rumah terhitung 15 hari ini :

  1. Botol Dot beli 2 merek chicco nggak kepake :p , belom kali , soalnya ASI nya melimpah ruah jadi nggak repot, tinggal manajemen ASI aja kayak gimana. memastikan Hira dapet foremilk dan hindmilk jadi lengkap. nggak cuma dapet glukosa tapi lemaknya jadi Hira nggak cepet laper dan pup nya bagus. yang kepake malah botol kecil buat meres manual dapet paling banyak cuma 70 ml. Pake breast pump sakit hihihi putingnya jadi berpori2 gede bikin Hira keselek ntar. mending manual. trus sering basah kan mancer keluar kalau yang sebelah lagi disedot... jadi ditempelin sama breastpad aja enak. pake merek pigeon.
  2. Popok 12 nggak cukup. apalagi musim hujan... ngompol bisa lebih dari 12 kali belom nunggu kering. jadi pastikan punya lebih dari 12. enakan pake pampers sih..tapi Dno kasian tar dia lecet. mending repot dikit tapi dia nggak lecet-lecet. pampers dipake cuma kalo mau ke dokter atau dibawa pergi.
  3. Kosmetik bayi Zwitsal mode on lengkap. Anduk bayi yang permukaannya halus Kapas bulet beli di kimia farma, buat bersihin bagian kemaluan or pantat, kapas dibasahin pake air panas taru di tuperwear jadi nanti bisa dipake buat bersih2 nggak repot. dibanding pake mitu or sejenisnya Dno lebih milih ini. pake air yang nggak ada kandungan alkoholnya. Alkafil kain kasa beralkohol praktis buat puser belum puput dan sudah puput, tapi alkohol 70% juga beli aja. Minyak Telon tiap abis mandi pake 3 tetes aja biar anget badana. Washlap buat seka wajah dan mandiin
  4. Kain Bedong. Kain pernel 10 juga cukup. :D nggak tiap ngompol dicuci.. ngompol, basah, jemur, pake lagi. Setelah beberapa kali baru cuci.
  5. Perlak Hira cuma pake satu buat dikasur, Hira bobonya sama kita nggak pake Box. biar deket kalo males netein kan bisa sambil tidur :p
  6. Kasur busa : kasur plastik tipis yang dibaliknya lapis kain juga jadi multifungsi... kalo mandi Hira aku taru di kasur alas plastik buat bongkar bajuna, kalo pup Hira juga aku taru disini.
  7. Bak Mandi Hira mandi dah dicemplungin jadi butuh bak mandi.
  8. Tudung Saji buat menghindari nyamuk kalo tidur
  9. Bantal guling dan selimut bayi
  10. Termos air panas
  11. Sisir bayi... sebab Hira rambutnya tebel harus rapi dan cantik
Sejauh ini kebutuhan Hira baru segitu. lainnya dan beberapa barang diatas juga dapet dari kado yang jengukin Hira. Fansnya banyak :), boneka, tas bayi, gendongan, baju, alat mandi, pemanas susu dan makan buat nanti, kain bedong aaah Subhanalloh Hira banyak sekali Kadonya. belom kado do'a dari oma-oma yang jengukin :)) Barakallah... Semoga yang sayang sama Hira banyak ya :) ...

Nah buat Ibu sesudah melahirkan yang pasti sedia pembalut, kain kasa dan betadine. rajinlah menjaga kebersihan supaya luka cepet sembuh. Wejangan dari Ibuku, Ibu Sumarti Dno jangan dulu makan Daging ayam dan telur supaya cepet sembuh. perut dibalur parempusaka yang dicampur alkohol 70%. Trus minum jamu beras kencur karena kunyit mengandung antibiotik jadi luka cepet sembuh, lain itu nafsu makan jadi bagus bermanfaat untuk produksi ASI.

Buat yang bingung bikin beras kencur ini resepnya : (kencur, kuning, asem, gula, garem, beras beberapa sendok yang direndem 3 jam-an) semuanya blender sampe ancur seancur ancurnya. komposisi kencur lebih banyak dari kunyit. Dno aja bikin sendiri enak kok... sambil ngeblog sambil minum beras kencur pake es :p

3 April 2008

Akhirnya si Bilirubin itu turun

Inget nggak waktu kemarin, pikiran sempet nggak tenang...masalah Bilirubin ini bikin pikiran nggak tenang, brosing sana sini cari tau mesti gimana kalo sikecil dinyatakan kuning sama Dokter, setelah dijemur di sinar matahari jam 8-9 pagi dan di cekokin ASI setiap 2 jam...akhirnya Bilirubin Total Hira kemarin ada di angka 7 ... dari 12,05 - 12,14 normalnya dibawah sepuluh. berarti hatinya sudah sempurna.

Warna mpup Hira juga nampak tidak ada kelainan, masih golden feses, dan kadang hijau...konon karena Dno rajin makan sayur mayur. Kemarin pup yang terakhir keluar waktu jam 7 malem sebelum pergi ke prodia buat test bilirubin agak encer dan warna ijo...tapi Mas bilang itu wajar kok kalo Bayi seperti mencret... pencernaannya belom sempurna banget...pokoknya warna pup jangan sampe putih atau abu-abu.

2 hari yang lalu sempet kontrol ke Dr H.Bambang SpOg Cek luka bekas melahirkan sama ke Dr Dida, syukur deh nggak antri lama-lama jam 9 udah ada di rumah lagi. Jadual ke Dr Bams masih 1 bulan lagi kalo ke Dr Anak kali seminggu lagi...

Eh belom cerita ya...Berat Hira terakhir cek ke Dr.Dida...sudah 3,6 Kg artinya selama 3 hari makan ASI nya Ibu. Hira naik 200 gram. Berikut pengamatan perkembangan Hira selama 14 hari ini :
  1. Setiap bangun tangan dan kaki bergerak aktif, apalagi kalo lagi dicemplungin ke air. no tears kalo mandi... anteng suranteng.
  2. kepala udah bisa noleh kekiri dan kekanan.
  3. Kalo tidur udah nggak bisa di bedong, jadi cuma pake gurita ajuah, gaya tidur bervariasi :)
  4. komunikasi yang dilakukan :
    • dia akan bilang "euh..euh" sambil nendang2 kalo popok nya basah.
    • dia akan buka mulutnya berbentuk O kalau dia aus, kalau kurang yakin sentuh pipinya hira pasti ngerespon sambil buka mulut nya itu...
    • dia akan bersuara "euuuughhhh" dan semua mukanya jadi merah kalo dia mau pup.
    • Terakhir kalo Dno lambat ngerespon dia ngejerit melengking.
    • Kalo digendong...dia suka serius merhatiin muka yang gendong atau ngeliat langit-langit.
  5. Kebiasaan Hira selama 14 hari :
    • Pipis kurang lebih 16 kali satu hari
    • Pup 3 kali pernah seharian nggak pupup
    • ngenyot ASI setiap bangun tidur atau abis basah popoknya, lama ngASI rekornya ampe 4 jam.
    • Sesuai dengan kebiasaan waktu didalam perut, antara jam 1 sampe jam 4 pagi Hira pasti bangun
    • Hira nggak demen susu formula...
    • Kalau dijemur dimatahari Hira demennya tidur...nikmat kali ya sinar anget masuk ke badannya.
    • Kalo tidur ngelindurnya senyum sama cengengesan... hatinya riang gembira selalu, kadang2 mata ngebuka sebelah seperti sekedar ngecek Ibunya ada disitu atau nggak.

2 April 2008

Pup Baby normalnya berapa kali?

Seharian ini Hira nggak mpup.. Ayah gimana ini? Ibunya jadi panik. ternyata Bayi bisa nggak pupup beberapa hari, dan itu terjadi karena semua ASI yang diberikan sang Ibu diserap sama Bayi :)... Waw hebat. Bahagianya semua ASI yang dikenyot itu diserap semuanya??? tanpa ampas??
Hari Minggu Sempet pupup malam2 jam 2 an, Heiits Minggu pagi Kakeknya Hira dateng dari Jakarta... pengen denger Hira nangis tapi Hira kan nangisnya jarang :))... tapi seharian Minggu sampe Senin berakhir Hira nggak juga mpup.
Naaaah hari ini...Hira ceritanya mandi, pagi2 udah cantik sambil nunggu matahari datang... minum ASI dulu begitu tiga kali glek... bunyi deh... preet preet... preeet... iiiiih Hira minum kok sambil mpup... mana banyak lagiiiih :( ya udah bongkar lagi dueeeeh. kemarin malem ngompolnya banyak besok paginya mpupna yang banyak Hahahahaha....nikmatnya jadi Ibu yang masih newby hihihi berasa begonya dan takjub...
Mas.. :( coba Mas liat Hira mpupna banak...pasti Mas ketawain Dno dah...

1 April 2008

Biang keringat ? harus diapain?

Hari pertama Hira sampe dirumah, nene ikut nginep dirumah buat ngajarin gimana cara mbedong, masangin gurita bayi, ngerawat tali puser yang belom puput juga masangin segala sesuatunya. Hihiw terus terang cara-cara nyokap tuh banyak bertolak belakang sama semua yang Dno dapet dari brosingan di Internet. Yaah tapi Ibu kayaknya masih nganggap aku cuma anak bungsu manja yang serba nggak tau dan nggak bisa ngapa ngapain hihihi. Yo wes aku tak nurut saja... supaya ndak ribut.

Mandinya Hira cuma dilap, trus dilumuri minyak lentik dicampur 3 tetes minyak telon...lalu dijemur di panas pagi yang ceraah... akibatnya... biang keringet satu persatu muncul :( kasian kan... jadi sebel deh. biang keringat paling banyak muncul dijidat... di leher juga lipatan tangan dugaan sementara ini karena dipasangin lampu tepat di belakang kepala... atas saran Ibuku juga.

Ngeliatnya kasian kan, Setelah diskusi sama Ayahnya akhirnya diputuskan untuk nyeburin Hira mandi selayaknya orok-orok mandi. Sabtu sore beli Bak Mandi di kerfur. Minggu pagi Hira dimandiin pake sabun juga di keramasin. Sueegerrrrrrr... meskipun bibirnya gemeteran tapi cuwek aja tak mandiin. Hira baek deh mandinya nggak pake nangis :)

Setelah Mandi juga pake Bedak, Biang keringat nggak seganas kemarin, tapi nggak tau juga rencananya mau ke Dokter lagi. Syukur dirumah bisa brosing jadi begitu ada masalah bisa cari tau penanganannya pake apa dan sharing dengan beberapa orang :).