28 March 2008

Ke Dokter Anak :)

3 hari setelah Hira pulang udah dijadualkan untuk ketemu sama Dokter anak, Huhuy...pertama ke Dokter anak, ditemenin Ibu sama Bapak *manja* ya enggak...masalahnya Dno nya belom bisa gendong Hira..masih berasa sakit n nggak bisa duduk sembarangan, jadi Hira digendong neneknya.

Jam 7 malem setelah Ayahnya pulang kita berangkat menuju Dokter Dida, prakteknya cuma dari jam 7-8 malem. Alhamdulillah berat badan Hira setelah 7 hari ini nambah jadi 3400 gram. tapi Hira harus cek darah buat tau Bilirubinnya, kata Dokter, Hira keliatan kuning. kalo ternyata hasilnya tinggi Hira kayaknya harus disinar. Jadinya kita pegi ke Biotest di Buahbatu.

Waktu umur 4 hari Bilirubin Hira 12.05 setelah 7 hari bilirubin naik jadi 12.14 . Ayahnya langsung telp Dokter, Dokter bilang boleh dirawat dirumah aja, Ibunya disuruh nete'in sama njemur Hira supaya kena sinar matahari jam 8-9 pagi. Jadi kita bawa balik Hira lagi.


22 March 2008

Dokter yang bantuin HIra lahir

Pengalaman pertama sih, begitu tau terlambat Dno coba test pake test pack 2 merek, pas hari Ulang Tahun Mas. hasilnya positive :) horay...lalu bingunglah kita. Setelah ngobrol sama beberapa temen Mas yang udah pada punya anak disaranin ke Limijati.

Dokter pertama yang didatangi itu Dr Kingky Tjandra Prawira SpoG di Rumah Sakit bersalin Limijati di Jalan RE martadinata 33-39. Dateng kesana diperiksa dalem Hira masih 2 mili :) lucu deh...ngerasa nggak sreg dengan Dokternya hihihi karena periksa dalem :p plus mahal akhirnya...ketemu sama....

Dokter kedua, atas saran Ibu Guntina dan Kang Ganjar yang Saudara, istri dan Ibunya cocok dengan Dokter ini, Dokter Hendra Gunawan SpoG di Rumah Sakit bersalin Hermina di Pasteur. Bener aja ketemu sama Dokter Hendra cocok banget, baik ramah dan bagus. pokoknya sreg kontrol sampe bulan ke 8 februari kemarin...sampe akhirnya Ibuku protes nggak mau Dno melahirkan di Hermina karena kejauhan dari rumahnya jadi nanti takut nggak kan sempet nemenin...jadinya Mas sama Dno mulai cari tempat yang deket sama TSBB.

Ibu sempet kasih saran ke Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar, kita nurut aja nyoba kesana...hihih jauh banget dibandingin Hermina, masalahnya 3 anak Ibu konon dulunya lahir disitu, tapi nurut ajah...periksa dokter yang biasanya ngabisin kurang lebih Rp 200.000 turun drastis jadi maksimal Rp 50.000 ajah tapi dituker sama penuh antrian, lama dan proses yang lama. yang periksa banyak. kebanyakan satu orang periksa bawa keluarga :)) . jadi tempat duduk untuk ngantri penuh.

Lalu kita sempet ke DEA tempat bersalin di Cisaranten, tapi keputusan kita enggak akan kesitu deh..tempatnya serem. pulang terakhir dari Astana Anyar Ibu telp kasih tau kalo temennya abis melahirkan di klinik khusus kebidanan Harapan Bunda di Jalan Pluto Raya Blok C. sama Dokter Bambang, akhirnya tanggal 120308 kita kesana. Dokter Bambang ini prakteknya malem kita aja kebagian jam 11 malem waktu itu...kalo di Hermina mungkin sama dengen Dokter Hanirono ya? adanya malem. Klinik khusus kebidanan Harapan Bunda kayaknya punya Dokter Bambang nya deh, tempatnya nyaman, ada 2 gedung besar plus kolam ikan yang bikin hati jadi tenang. Dokternya dan Bidannya ramah-ramah, biaya melahirkan disitu juga nggak begitu mahal, berkisar antara 1-3 jt untuk normal dan 3-6 buat yang sesar. Bisa tanya n liat langsung mengenai informasi ttg ini di kasirnya...sekedar Informasi no telp klinik nya 022-7506490 kali aja ada yang minat kesitu :p.

Dokter Bambang + Bidan yang baik-baik yang akhirnya bantuin Dno melahirkan Hira, selain itu selamanya proses Dokter nggak pernah lupa bilang Bismillah, pas Hira Lahir Shalawat dan Adzan juga dikumandangkan...Hira Lahir dua kali di Adzanin ...satu sama Dokter..satu lagi sama Ayahnya....Alhamdulillah....semoga sikecil tumbuh dengan sehat dan sayang sama kedua orang tua juga keluarganya.

21 March 2008

Hanya Sekali


iya..hanya sekali seumur hidup ..., kejadian yang paling indah yang pernah kita alami dari saat Mas ngelamar aku, lalu menikah, trus hari ulang tahun Mas aku tau kalo aku hamil...dan akhirnya Fahira lahir ..., Hira yang lahir dengan selamat, berkat doa dari kedua orang tua kami dan semua kerabat :') ...

Foto Mas lagi Adzan... baru pindah dari ruang bersalin, sementara Dno masih terbengong-bengong habis melahirkan...

Akhirnya Fahira lahir...

Akhirnya Dno jadi Ibu,...mas jadi Ayah. setelah gajag-gijig bawa Bebih selama 9 bulan dan bingung mau melahirkan dimana, akhirnya ketemu sama RSB Harapan Bunda di Margahayu Pluto no 6.

Tanggal 19 kemarin emang jadual ketemu sama Dokter Bambang. Janjinya nggak akan seminggu dari pertemuan terakhir Hira bakal lahir. tapi ternyata belum tu...pas ketemu lagi Dr Bams bilang besok pagi pasti dah balik lagi ke situ :D udah plus bukaan :p .

Bener aja, begitu pulang jam 12 malem, siap-siap mau tidur...perut berasa mengencang seperti biasa...kenceng trus bentuknya penjul. makin kesini mulesnya makin deket...malah berasa kayak pengen pupup, saking lama nunggu itu pup yang tidak teguh pendirian mau keluar atau nggak jadinya sambil main game...ampe jam 4 pagi berasa bosen akhirnya pilih menyerah. ternyata ladalahnya kok ada flek coklat hihih berseri seri deh...toel-toel mas sambil nunjukin ada flek di anduk good morning aku...horeee itu tanda2 mau melahirkan. Abis mas mandi and sholat subuh...siap siap ke Harapan Bunda. Satu tas penuh yang dah disiapin dari bulan ke 6 akhirnya diboyong. trus telp Ibu sama Bapak ngasih tau kalo kita mau pergi ke Harapan Bunda.

Kamis 200308
Jam 6 man gitu, berangkat dari rumah, nembus jalan cisaranten yang penuh dengan polisi tidur ma lubang..hiks maunya itu polisi tidur pada disuruh bangun dulu...

Jam 7.30 sampe dengan waktu kontraksi tiap 2 menit sekali baru bukaan 2...rasanya heboh banget deh tapi dibawa seneng and hepi aja. sambil ngemil lemper jalan-jalan disekitar, setelah ganti kostum melahirkan sambil nunggu bukaan dateng makan dulu, jalan-jalan disekitar harapan bunda, liat ikan dikolam pada makanin akar eceng gondok...Mas emang suami yang paling baik sedunia..ekspresinya kalem juga pecicilan nggak bikin stress...malah support abis sama Dno.

Jam 10 dicek lagi baru sampe bukaan 3 ...uuuh lama...tapi mari makan dulu sama winko + ayam krispi...Ibu+ Bapak, Lek Wagino dari semarang, Lina, a Nur, Riza nemenin di sana

Jam 1 ...bukaan 6 nggak kuat lagi jalan-jalan rasanya kaki udah pegel banget, paha berasa pegel jadinya aku ajak mas kedalem, ke ruang bersalin nunggu bukaannya lengkap, sambil duduk sila kayak orang semedi biar nggak terlalu sakit..heheh berusaha menghipnotis diri sendiri. cukup membantu..ngebayangin ada dipantai, ampe mbayangin ada di pinggir tebing liat pemandangang bagus banget...abis itu kok tiba2 kebayang pizza ya? malah sempet ngerumpi dulu sama Mas.
Jam 2 ...Dno disuruh baringan ma mbak suster, bukaan 7 ketuban pecah dari awal baringan menikmati his yang dateng sampe akhirnya nahan supaya nggak ngeden, Mas selalu megang tangan Dno tapi Dno nggak sampe nyakarin duoonk... akhirnya rasa pengen ngeden itu makin nggak tertahan. tapi disuruh nahan :( bete banget... Mas terus bilang "sabar ya Dno...Tahan ya ..." lalu akhirnya disuruh ngeden berkali-kali heuuuuuughhhh... sampe dibantuin suster "heuuuuuuugh" .. oweee...oweeee ... Subhanallah... Subhannallah akhirnya Fahira Raihana Sudartha lahir begitu keluar kepalanya hiiiiiw lucunya....

Dno teriak "Assalamualaikum De...ini Ibu De" Hira ditaro didada sambil berusaha nyari tete...inisiasi dini...mukanya mirip sama Mas waktu kecil lahir jam 14.34 WIB, hari Kamis 20 Maret 2008, bertepatan dengan Maulud Nabi Muhammad SAW. Akhirnya nafas lega setelah bali ditarik..Dokter tinggal finishing :)) ...Sedihnya kita kok ditinggalin... Ibu sama Mas ikut keluar menghilang sama Bidadari kecilnya... hahaha ..lupa deh sama Dno.

Jam 6 pindah ke ruangan, masih berasa sakit gitu pengaruh obat bius lokalnya ilang...jadi sempet teler termehe-mehe nggak bisa tahan perihnya, Dno ditemenin sama Mas yang terus megang tangan Dno...malem itu sempet nggak sadar dikamar mandi sampe 3 kali... lemes badan tapi Dnonya masih takjub gitu...hihihi...

Jumat 210308 pagi dibawa turun, rupanya ada pembuluh darah pecah..makanya semalem teler... jadi harus ada operasi kecil buat nutup pembuluh darahnya itu, menjelang operasi terakhir kedengeran cuma Mas disuruh cari darah ke PMI, begitu sadar tau tau udah rapi...berikut terpasang kateter dan di masukin 2 labu + 2 kantong darah... disitu baru tau kalau sifat golongan darah B itu kentel..jadi infusannya sering macet....menderita kaaaan.

Akhirnya ketemu sama sicantik Fahira pagi-pagi udah dibedong rambutnya disisir belah pinggir...Mas sama aku senyum-senyum seneng, rambutnya tebel... terharu banget... Mas makasi ya selama melahirkan kemarin Mas udah ada disamping aku ... nemenin juga berani... bersyukur banget dikasih Mas sama Hira buat ngelengkapin hidupnya Dno.

Senin 240308
Pulang dijemput Mas, Mama Titien, juga Ibu... Dno masih belom bisa duduk di mobil :D , hari pertama...dirumah...hari kedua..sampai dengan hari ini....rasanya Nikmat sekali...ini masih berasa aras-arasen *males* tapi semangat kalo ngeblog.. oh iya mulanya Hira ngga boleh dibawa pulang, Hasil Lab bilang kadar bilirubinnya 12 jadi harus diinepin ... tapi akhirnya kita bawa pulang, mau dirawat dirumah aja. untuk sementara ceritanya sampe disini....mau kasi ASI buat Hira yang cantik itu... yang anaknya sang jagoan ituw.. :">