30 August 2007

Minggu ke-9

Iseng-iseng kemarin cari info? ...kalau dihitung usia janin dalem peyut yang belom begitu melendung nih usianya baru menginjak minggu ke-9, tapi (menurut perhitungan Dokter) usia kehamilan sudah minggu ke-11, dari asalnya sekedar nge-brows di internet jadi kesasar sama web baby, seru disitu banyak tipsnya, jadi kalo dirangkum bisa jadi begini kali yak :p

Pada usia kehamilan 9 minggu janin sudah bisa dinamakan fetus. Bayi yang berbentuk embrio sudah berubah menjadi manusia. Iris pada mata sudah berfungsi namun mata masih tertutup. Telinga luar sudah mulai terbentuk dan telinga bagian dalam sudah mulai terisi oleh cairan. Jadi pada minggu kesembilan ini sikecil sudah mulai membentuk organ keseimbangan. Sikecil sudah bisa berenang dalam perut ibunya, ginjal mulai bisa berfungsi jadi pada minggu ini sikecil sudah mulai bisa pipis J.

Ibu nya?

Mendekati pada akhir trisemester ini, perubahan fisik tidak banyak terjadi, perut juga tidak cukup buncit seperti orang yang sedang hamil.Memiliki sikecil dalam perut merupakan pengalaman yang luar biasa bagi tubuh kita. Kalau kita dapat menjaga kesehatan pada saat hamil, maka kita akan hamil pada saat kita sehat dan siap untuk menjadi Ibu yang penuh dengan energi.

Yang harus diperhatikan.

Kenaikan berat badan harus diperhatikan, berat badan mungkin akan naik 0.5 Kg sampai dengan 2 Kg. Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein. Seperti tempe, tahu kali ya? Atau makan kacang-kacangan terutama kacang kedelai, susu kedelai bagus banget tuh. Tidur yang cukup, olahraga yang cukup dan banyak minum air putih (non sugary) dan minum Vitamin C.

Ow iya..catatan buat minggu ini :
  • Mual-mual masih terjadi, bahkan muntahnya agak banyak ...masih benci ma bawang putih *mas curiga dheno jadi drakula, ditambah sekarang nggak demen keluyuran*
  • Belom berencana ke Dokter nunggu aja ntar awal bulan..mau ganti Dokter nih.
  • Coba mengkonsumsi CDR, untuk asupan kalsium,Vit C dan Vit D
  • Coba olahraga pagi dengan *hanya jalan-kaki * sambil jajang bubur ayam
  • Coba makan sedikit tapi sering :p
  • Naga-naganya sikecil bakalan pinter deh, soalnya dheno dibeliin vit sama mas...:p
  • Seminggu ini dheno demen nonton pelem india yang di ANtv *apa sikecil ntar suka dangkdut?* ..oh tidaaak...tapi dangkdut dah nyampe Amerika Bo ! *so what*
  • Agak sedih kalo ditinggal pergi...kemarin aja mewek :p...dih manja amat yak.

No comments: